10 Pantai di Garut yang Masih Alami dan Tersembunyi

Ditulis oleh Siti Hasanah

Tidak seperti pantai yang biasanya terdapat hamparan pasir, Pantai Puncak Guha sendiri adalah berupa tebing yang tinggi yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Puncak Guha menawarkan pemandangan laut yang dapat kamu lihat dari tempat yang tinggi.

Pada bagian atas tebing terdapat daerah yang berumput sangat cocok buat kamu yang senang camping plus dengan pemandangan laut lepas sebagai latarnya. Kamu juga bisa menikmati indahnya matahari yang tenggelam dari Puncak Guha bersama dengan pasanganmu.

  • Alamat: Ds. Sinarjaya Kec. Bungbulang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Rp5.000, Parkir Motor Rp3.000, dan Mobil Rp5.000

9. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya adalah pantai yang banyak didominasi oleh karang, sehingga tidak memungkinkan untuk kamu gunakan untuk berenang. Satu hal yang unik adalah pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang terbilang besar.

Ada hal unik lain dari Pantai Rancabuaya adalah adanya curug yang terdapat di sebuah tebing yang airnya langsung mengalir ke pantai Rancabuaya. Selain pantai yang banyak memiliki karang tetapi terdapat juga pasir putih nan halus.

  • Alamat: Ds. Purbayani Kec. Caringin, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 jam
  • HTM: Senin – Jumat Rp5.000 & Sabtu – Minggu Rp10.000

10. Pantai Manalusu

Pantai Manalusu

Pantai Manalusu satu spot pantai yang dapat  kamu gunakan untuk berenang dan diving karena air pantainya yang masih bersih, dan terdapat banyak biota lautnya seperti sebuah aquarium yang besar. Ada macam ragam ikan yang terkadang kamu dapat temukan di taman lautnya.

Selain terdapat taman lautnya, di Pantai Manalusu ini juga terdapat hamparan pasir putih dan perahu-perahu nelayan yang bersandar di pinggir pantai. Selai itu juga sudah terdapat warung-warung yang menjual makanan, dan kamu wajib mencicipi lemu yang ada di disana.

  • Alamat: Ds. Cigadog Kec. Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat
  • Jam Operasional: 24 jam

Masih banyak lagi Pantai di Garut yang dapat kamu  kunjungi, yang mungkin masih tersembunyi. Perlu adanya penataan dari pemerintah agar pantai-pantai ini dapat lebih dikenal lagi, dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Harga yang tertera di sini sewaktu-waktu dapat berubah, jadi cek kembali sebelum kamu memutuskan untuk bepergian. Selamat berlibur!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram