Inilah 10 Wisata Pantai Terbaik di Kawasan Gunung Kidul

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daerah Gunung Kidul kini dikenal sebagai destinasi wisata favorit dengan berbagai keindahan alamnya. Salah satu daya tarik utama dari kawasan ini adalah beragam pantainya yang memiliki pesonanya masing-masing. Di sepanjang kawasan Gunung Kidul, kamu bisa menemukan banyak pantai dengan lokasi yang cukup berdekatan.

Ingin tahu pantai terbaik yang ada di kawasan Gunung Kidul? Keluyuran sudah merangkumnya untuk kamu, simak ulasannya berikut ini ya!

1. Pantai Slili

Pantai Slili

Pantai Slili sering disebut juga dengan nama Pantai Watu Lawang, yang dalam bahasa Jawa berarti pintu batu. Penamaan ini dikarenakan di Pantai Slili kamu akan menemukan sebuah pulau kecil dengan lorong di bagian bawahnya yang menyerupai pintu. Pantai Slili tampak seperti surga tersembunyi karena lokasinya yang diapit oleh dua buah bukit.

Di Pantai Slili kamu dapat bermain-main dengan air lautnya yang jernih dan pantainya yang masih bersih. Selain bermain di pantai, kamu juga melakukan kegiatan snorkeling dengan menyewa peralatan yang ada disana. Pantai Slili juga sering menjadi lokasi untuk berbagai upacara adat seperti pesta laut yang bisa dilihat oleh para pengunjung pantai.

  • Alamat: Jl. Pantai Krakal Kecamatan Tepus Gunungkidul
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp10.000 per orang

2. Pantai Baron

Pantai Baron

Menurut sejarahnya, Pantai Baron dulunya merupakan tempat penyimpanan senjata seorang bangsawan Eropa yang sangat sakti, yaitu Baron Sekeber. Pantai ini memiliki keunikannya tersendiri yaitu dengan adanya pertemuan antara air tawar dari sungai dan air asin dari laut di sekitar pantai ini.

Selain menikmati keindahan air laut yang hijau kebirua-biruan karena tercampur air tawar, di pantai ini kamu juga bisa mencoba berbagai aktivitas seru seperti mengunjungi mercusuar dan melihat keindahan pantai dari ketinggian atau berenang di sungai bawah tanah. Konon jika kamu dan pasanganmu berenang bersama disini, maka cinta kalian akan dipersatukan.

  • Alamat: Rejosari Kemadang Tanjungsari Gunungkidul
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp10.000 per orang

3. Pantai Seruni

Pantai Seruni

Pantai Seruni di Gunung Kidul dikenal karena keindahan pasir putihnya yang mengagumkan dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi di sekitarnya. Nama Seruni sendiri memiliki arti emas. Konon penamaan ini diambil karena pantai ini ibarat tambang emas bagi para warga di sekitar pantai yang mencari rezeki di pantai ini.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Kamu bisa bermain bola sepak atau voli di bibir pantai yang cukup panjang ini. Di sebelah timur Pantai Seruni juga ada sebuah tebing yang menjadi spot favorit bagi para pencinta kegiatan memancing. Di bawah tebing ini ada aliran air tawar yang tidak pernah berhenti sehingga menjadi tempat bagi banyak ikan.

  • Alamat: Jl. Seruni Pallantikang Gunung Kidul
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp10.000 per orang

4. Pantai Gesing

Pantai Gesing

Di Pantai Gesing, kamu bisa melihat aktivitas dan keseharian para nelayan dengan perahu-perahunya yang berlalu-lalang di sekitar pantai ini. Ini membuat Pantai Gesing juga sering disebut sebagai pantai nelayan. Pantai ini juga memiliki spot yang sangat ikonik untuk dijadikan latar foto, yaitu dua buah karang yang berdiri kokoh.

Di sekitar pantai ini juga ada tempat pelelangan ikan yang menjual berbagai ikan segar hasil tangkapan para nelayan. Kamu bisa membeli dan memilih sendiri ikan-ikan yang ada disini dengan harga yang cukup murah. Setelah membelinya, kamu bisa membawa ikan tersebut ke warung-warung di sekitar pantai untuk diolah menjadi santapan yang lezat.

  • Alamat: Girikarto Panggang Bolang Gunung Kidul
  • Nomor telepon: 0822-2173-7224
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp5.000 per orang

5. Pantai Drini

Pantai Drini

Pantai Drini di Gunung Kidul memiliki julukan pantai perawan karena kondisi pantainya yang masih bersih dengan udara sejuk dan air laut yang jernih. Pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia dengan lereng pantainya yang cenderung curam, yaitu sekitar 10 derajat. Di sekitar pantai kamu bisa melihat pemandangan batuan karst dari Gunung Sewu.

Kawasan Pantai Drini dibagi menjadi dua bagian. Sisi bagian barat digunakan untuk dermaga tempat pelelangan ikan bagi para nelayan. Sementara di sisi bagian timur, kamu dapat menemukan laguna dengan ombak yang cukup tenang dan sering dijadikan spot untuk kegiatan snorkeling.

  • Alamat: Banjarrejo Tanjungsari Gunungkidul
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp10.000 per orang

6. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal memiliki keindahan alam yang eksotis dengan perbukitan karst yang membentengi di sekelilingnya. Pantai Pok Tunggal juga memiliki sebuah spot yang cukup unik yaitu adanya aliran sungai bawah tanah dengan air tawarnya yang tidak tercampur dengan air laut.

Pantai Pok Tunggal juga memiliki ombak yang cukup tenang sehingga pantai ini cocok digunakan sebagai tempat untuk melakukan diving atau snorkeling. Deretan tebing karst yang menjulang di sekitar pantai juga sering dijadikan area untuk olahraga ekstrim seperti rock climbing.

  • Alamat: Desa Tepus Kecamatan Tepus Gunungkidul
  • Nomor telepon: 0852-9257-1714
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp3.000 -10000 per orang

7. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti dikenal dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih dan air lautnya yang jernih berwarna biru. Di pantai ini kamu juga akan menemukan sebuah bukit yang bisa kamu daki untuk menikmati pemandangan Pantai Indrayanti dan bentangan Samudera Hindia dari atas ketinggian bukit tersebut.

Di Pantai Indrayanti kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bermain jet ski atau bersantai di pinggir pantai dengan menyewa payung pantai yang ada disana. Kamu yang membawa anak kecil juga bisa mencoba berbagai wahana anak yang disediakan secara gratis.

  • Alamat: Dusun Ngasem Desa Sidoharjo Gunungkidul
  • Nomor telepon: 0821-3306-5501
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp10.000 per orang

8. Pantai Muncar

Pantai Muncar

Akses jalan menuju Pantai Muncar memang cukup jauh dan berliku, namun semua itu akan terbayar dengan keindahan Pantai Muncar yang akan kamu dapatkan. Kamu bisa berjalan di sepanjang pantai yang masih cukup sepi dengan menikmati hamparan pasir putih dan cangkang-cangkang dari hewan-hewan laut yang hidup di sekitar pantai.

Karena tempatnya yang masih sepi dan airnya yang masih sangat jernih, kamu bisa dengan mudah menemukan ikan-ikan berenang di sekitar pantai. Selain penduduk sekitar, para pengunjung pantai juga bisa ikut menangkap ikan-ikan ini.

  • Alamat: Duwet Purwodadi Kecamatan Tepus Gunungkidul
  • Nomor telepon: 0852-9296-6969
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

9. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo dikenal sebagai salah satu spot terindah untuk menikmati sunset di Gunung Kidul. Nama Wediombo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti pasir yang luas, dimana pantai ini memang memiliki pantai yang lebih luas dibanding pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya.

Di Pantai Wediombo kamu bisa berenang di sebuah kolam renang alami yang terbuat dari bebatuan karang dengan air yang jernih dan segar. Selain itu, ombak di Pantai Wediombo juga cocok bagi kamu yang hobi berselancar.

  • Alamat: Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Gunungkidul
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp5.000 per orang

10. Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang memiliki fasilitas wahana yang unik dibandin pantai-pantai yang lain. Di pantai ini kamu bisa mencoba wahana gondola atau kereta gantung yang bisa menguji adrenalinmu. Gondola ini merupakan akses di antara dua bagian Pantai Timang, yaitu sisi timur yang berupa pantai dengan pasir putih dan sisi barat yang berupa bongkahan karang dan bukit bebatuan.

Gondola ini memiliki panjang lintasan sekitar 50 hingga 100 meter dimana anda akan melintasi lautan berombak dibawahnya. Selain mencoba gondola, anda juga bisa menikmati keindahan Pantai Timang dengan pemandangan batu karangnya.

  • Alamat: Jl. Pantai Selatan Jawa Purwodadi Tepus Gunungkidul
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp10.000 per orang

Itulah 10 pantai terbaik di Gunung Kidul yang bisa menjadi rekomendasi tempat liburanmu. Dari sepuluh pantai tadi, manakah yang pernah atau ingin kamu kunjungi? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *