10 Pantai Terkenal di Irlandia yang Tak Kalah Indahnya

Irlandia bagi sebagian orang mungkin terkenal sebagai destinasi wisata dengan kastil abad pertengahannya yang indah, padang rumput yang hijau menghampar, dan domba yang berkeliaran. Mereka tak mungkin berpikir kalau negara ini memiliki pantai-pantai yang indah layaknya pantai yang ada di negara-negara seperti Maladewa, Bahama, Indonesia, Filipina atau Thailand. 

Walaupun Irlandia tidak memiliki cuaca yang cerah seperti negara-negara tadi, tapi ternyata beberapa pantai terkenal di Irlandia memiliki penampilan yang cantik dengan pasir lembut yang berpadu dengan tebing hijaunya. Untuk menjawab rasa penasaran kamu akan keindahan pantai-pantai di Irlandia, yuk simak ulasan berikut ini! Dijamin pasti kamu akan terkejut.

Baca juga: 10 Lokasi Syuting di Irlandia dari Film-Film Ternama

1. Keem Bay, Achill Island

Keem Bay, Achill Island
  • Alamat: di ujung barat Pulau Achill
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Keem Bay atau Teluk Keem berdiri di atas di pantai dengan pasir berwarna keemasan yang memandang ke arah air biru jernih. Orang mungkin akan mengira ini adalah pantai di Thailand. Akan tetapi, begitu melihat tebing hijau yang mengelilingi teluk kecil yang jarang dilalui ini, pasti orang akan langsung teringat dengan Irlandia. 

Dari lima pantai dengan sertifikat Blue Flag yang berada di Pulau Achill, Keem Bay merupakan surga terpencil. Lokasinya terselip di ujung barat pulau, yang berada tak jauh dari kota Dooagh.

Saat berjalan-jalan di sepanjang pasir yang berada di teluk ini, khususnya ketika sunset, orang-orang tidak akan menyangka kalau ini adalah salah satu pantai terkenal di Irlandia.

2. Pantai Portsalon

Pantai Portsalon
  • Alamat: Drum, Co. Donegal, Irlandia
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Dikenal juga sebagai Ballymastocker Strand, Pantai Portsalon yang luar biasa ini merupakan salah satu pantai paling menakjubkan yang berada di Irlandia. Portsalon di Donegal terpilih sebagai pantai terindah kedua di dunia sehingga menarik pengunjung dari jauh datang berkunjung. Pasir keemasan membentang di sepanjang teluk.

Pantai ini juga memiliki perbukitan hijau serta kota-kota pesisir yang terletak di kedua ujung pantai. Pemandangan Semenanjung Inishowen tidak tertandingi. Ingin melihat pemandangan yang menakjubkan? Datanglah sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan dari atas bukit pasir.

3. Pantai Inchydoney, County Cork

Pantai Inchydoney, County Cork
  • Alamat: P85 AT27, 51, Pulau Inchydoney, Inchydoney, Co. Cork, Irlandia
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Gratis

Pantai Irlandia selatan ini merupakan salah satu tempat terbaik yang dimiliki pulau ini. Pantai Inchydoney bebas dari bebatuan serta sampah dan memiliki pasir putih yang lembut sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin berjalan-jalan tanpa alas kaki. Untuk bisa menjelajahi pantai ini hingga ke perairan yang sebening kristal, datanglah saat air surut.

Inchydoney dianggap sebagai salah satu pantai bersertifikat Blue Flag di Irlandia. Artinya pantai ini telah disertifikasi oleh Yayasan Pendidikan Lingkungan yang mempromosikan kesadaran lingkungan serta pembangunan berkelanjutan. Blue Flag juga berarti pantai ini merupakan kawasan yang air dan pantainya bersih dan aman.

Untuk pemula yang ingin berselancar, ombak di di pantai yang fantastis di Cork ini sangat cocok sekali. Ideal juga untuk para peselancar yang lebih berpengalaman. Saat peak season, pantai ini dijaga oleh banyak penjaga pantai yang bertugas untuk memastikan keselamatan pengunjung.

4. Trawmore Bay, Achill Island, County Mayo

Trawmore Bay, Achill Island, County Mayo
  • Alamat: Trawmore Strand, Keel, Achill, Co. Mayo, Irlandia

Di Irlandia terdapat pantai yang bersertifikat Blue Flag, salah satunya adalah Trawmore Bay yang indah ini. Pantai ini dibentuk oleh pasir keemasan sepanjang 4 km yang berada di antara Pedesaan Keel dan Dookinelly yang terletak di pesisir barat Pulau Achill.

Meski tak setenar Keem Bay yang berada hanya 3 km jauhnya, tapi campuran pasir dan sirap ini merupakan keindahan tersendiri. Pantai ini terkenal di kalangan bodyboarder dan peselancar yang ingin menguji keterampilan mereka di ombak Atlantik.

Perenang harus tetap berada pada ujung barat (Keel) karena di tempat lain arusnya sangat kuat. Trawmore juga adalah pantai di Irlandia yang paling banyak difoto, khususnya dari sudut pandang Tebing Minaun yang berada di ujung timur pantai.

Tebing ini menjulang tinggi hingga ketinggian sekitar 466m dan ini adalah tempat yang sempurna untuk menyaksikan pantai dengan pemandangan terbaiknya.

5. Pantai Silver Strand, County Donegal

Pantai Silver Strand, County Donegal
  • Alamat: Malin Beg, Glencolumbkille, Co. Donegal, Irlandia
  • Jam buka: 24 jam

Di Donegal terdapat sebuah surga yang indah. Keajaiban ini berbentuk bulan sabit yang terbuka ke arah air berwarna pirus yang sebening kristal. Di kedua sisi terdapat tebing dramatis serta air terjun yang memesona yang bisa membuat pengunjungnya merasa damai.

Pantai Silver Strand aman dan dangkal sehingga sangat populer di kalangan wisatawan yang datang bersama keluarga. Jika mereka datang bersama anak kecil saat musim panas, di sini akan ada penjaga pantai yang mengawasi putra-putri mereka.

Selain musim panas, Silver Strand yang berada di desa kecil bernama Malin Beg ini sepi pengunjung. Untuk liburan yang romantis, datanglah pada bulan April atau Mei. Saat itu mungkin udaranya masih dingin, tapi pantai ini akan sepi dari keramaian.

6. Pantai Murder Hole, Donegal

Pantai Murder Hole, Donegal
  • Alamat: Di pantai utara Donegal, Irlandia
  • Jam buka: 24 jam

Mendengar namanya mungkin siapapun akan merasa seram. Namun pantai yang ada di Donegal ini adalah salah satu pantai yang patut untuk dikunjungi. Murder Hole merupakan julukan untuk pantai tersembunyi tapi spektakuler ini. Pantainya terbentuk dari formasi batuan dengan pasir keemasan dan terletak di ujung utara Semenanjung Rosguill.

Dikatakan asal nama ‘Murder Hole’ dari laut Atlantik Utara yang terkenal dengan arusnya yang kuat dan cekungan pahatan angin di garis pantai yang berbatu.

Untuk mencapai pantai, pengunjung harus melintasi padang yang luas, tapi usaha mereka akan sepadan dengan pemandangan menakjubkan yang menunggu di sana. Datanglah saat air surut agar bisa mengakses pantai lebih banyak lagi.

7. Dog’s Bay, County Galway

Dog’s Bay, County Galway
  • Alamat: Ervallagh, Roundstone, Co. Galway, Irlandia
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: gratis
  • Telepon: +353 91 509 510

Pantai di Galway ini berbentuk seperti tapal kuda. Bagi mereka pencinta pantai, tempat ini wajib dikunjungi. Dog's Bay lokasinya saling berhadapan dengan Guerteen Bay, yang juga tak kalah indahnya dan berada tak jauh dari jalan menuju Clifden.

Kedua pantai ini lokasinya saling berdekatan dengan jarak beberapa menit berkendara. Bisa juga ditempuh dengan jalan kaki singkat, dari desa Roundstone.

Dog's Bay yang terlindung dengan baik menjadikan pantai ini sebagai salah satu tempat terbaik untuk berenang dan olahraga air yang aman di pulau ini. Pengunjung bisa selancar layang atau selancar angin. Keindahan lainnya yaitu air di sepanjang bentangan pantai yang sepanjang kira-kira 1,6 kilometer ini bersih dan sangat jernih.

Kalau lihat pasirnya, pasir yang berada di Dog’s bay bukan dibentuk oleh bebatuan tapi berasal dari cangkang kecil sejenis makhluk laut yang bernama forminifera. Karenanya pasirnya sangat lembut dan berwarna putih.

Saat musim panas, akan tumbuh bunga liar di tengah rerumputan yang dikenal dengan vegetasi machair. Tanaman hijau ini dianggap langka dan hanya ada di pantai barat Irlandia.

8. Coumeenoole, County Kerry

Coumeenoole, County Kerry
  • Alamat: Coumeenoole North, Co. Kerry, Irlandia
  • Jam buka: 24 jam

Semenanjung Dingle memiliki pantai terkenal di Irlandia. Salah satunya adalah Coumeenoole yang berada di Slea Head Drive dekat Dingle. Di pagi hari yang cerah, air laut berwarna pirus itu tampak seperti laut tropis ketika menerjang pantai dengan pasir berwarna keemasan. 

Saat air surut merupakan waktu terbaik untuk datang ke pantai ini karena area untuk dijelajahi semakin luas dan pengunjung juga bisa lebih dekat ke tebing bergerigi yang mengesankan di dekatnya. Para kitesurfer dan windsurfing mencintai tempat ini. Jadi meskipun tak seramai pantai-pantai di Asia Tenggara, pengunjung tak akan merasa sendirian karena kehadiran mereka.

Konon, pantai yang terpencil dengan dibentengi oleh tebing di atasnya ini menawarkan pengalaman berkunjung ke pantai yang sangat aman dan tenteram.

Karena terlindung oleh tebing membuat pantai ini tempat yang aman untuk dikunjungi oleh keluarga yang datang bersama anak-anak. Banyak pengunjung yang mengatakan mereka bisa menghabiskan waktu di sini selama berjam-jam.

9. Pantai Killiney, County Dublin

Pantai Killiney, County Dublin
  • Alamat: Killiney, Co. Dublin, Irlandia
  • Jam buka: 24 jam

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada di pinggiran selatan Dublin di Killiney. Killiney adalah pantai panjang yang berbatu dan merupakan tempat tinggal beberapa selebritis ternama seperti Bono dari U2 dan Enya. Pantai ini memiliki pemandangan Teluk Killiney yang luas, yang konon mempunyai beberapa kemiripan dengan Teluk Napoli.

Killiney populer di kalangan pejalan kaki, perenang, dan keluarga yang datang pada hari libur. Saat hari cerah, pantai ini dikunjungi banyak wisatawan. Cara terbaik menikmati pantai di Dublin ini adalah dengan berjalan kaki dari ujung ke ujung.

10. Pantai Ballyquin, Ardmore, County Waterford

Pantai Ballyquin, Ardmore, County Waterford
  • Alamat: Pebble Beach, Ballyquin, Ardmore, Co. Waterford, Irlandia

Pantai yang sangat terpencil ini terletak sekitar 5 km timur laut kota populer Ardmore yang berada di tepi laut. Pantainya berbentuk lengkungan pasir putih yang indah dan di tepi timurnya terdapat kolam batu pasang surut. Bellyqueen banyak dikunjungi oleh penduduk setempat yang datang ke sini untuk berenang di pagi hari.

Di malam hari, pantai ini merupakan tempat yang bagus untuk surf fishing, yaitu olahraga menangkap ikan sambil berdiri di garis pantai atau mengarungi ombak. Para penduduk akan melemparkan tongkat pancing mereka dengan harapan dapat menangkap flatfish atau ikan Bas.

Ternyata Irlandia tak hanya dikenal dengan kastil-kastilnya juga tebing-tebingnya yang sering muncul di video klip, tapi negara ini juga memiliki pantai yang indah. Pantai-pantai terkenal di Irlandia umumnya berdekatan dengan tebing hijau yang indah.

Jadi lain kali saat berkunjung ke Irlandia, jangan lupa untuk mengunjungi pantai-pantainya. Adakah pantai yang membuatmu sangat ingin mengunjunginya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram