10 Pantai di Jamaika dengan Pemandangannya yang Memukau

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 17 Oktober 2021

Berkat lokasi geografisnya, tak mengherankan jika pantai di Jamaika menarik wisatawan dari seluruh dunia. Jamaika merupakan sebuah pulau besar yang memiliki ratusan mil garis pantai. Karena itu negara ini diberkahi dengan beberapa pantai yang indah. Beberapa pantai yang terbaik berada di komunitas resor besar seperti Negril dan Montego Bay.

Namun wisatawan juga masih bisa menemukan bar, tempat berselancar, dan tepi laut yang bagus di tempat-tempat yang tak mengharuskan membayar tiket, seperti di Port Antonio dan Treasure Beach. Rasanya wisatawan tak akan bisa menahan godaan untuk tidak berkunjung ke pantai-pantai indah dengan perairan aquamarine dan pantai pasir putih halus ini.

Tak hanya memiliki makanan khas Jamaika yang enak-enak, Keluyuran sudah merangkum beberapa pantai di Jamaika yang memiliki pemandangan indah. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Pantai Negril

Pantai Negril
  • Lokasi: pusat kota Negril, Jamaika

Disebut juga Pantai Seven Mile, Pantai Negril merupakan salah satu pantai di Jamaika yang paling popular. Terletak di pantai barat, pantai berpasir putih panjang yang popular ini, membentang kurang lebih lima mil walaupun julukannya "tujuh mil". Pantai Negril, saking popularnya, sering dipadati pengunjung yang datang untuk berenang, berjemur atau melakukan olahraga air.

Di pantai ini mudah sekali untuk menemukan persewaan perahu layar dan kayak untuk pergi ke perairan. Di Negril terdapat banyak resor, seperti Catcha Falling Star yang mempunyai akomodasi mewah serta fasilitas kelas atas yang dilengkapi dengan kolam renang kecil dan suite.

Berkunjung ke pantai di Jamaika tak akan lengkap tanpa menikmati chicken jerk sebagai menu makan siang. Wisatawan bisa menikmati hidangan tersebut di tepi laut di kursi santai dari vendor lokal. Ada juga atraksi dan aktivitas lainnya yang disuguhkan di Negril.

2. Pantai Cornwall

Pantai Cornwall
  • Lokasi: di sisi barat Teluk Montego
  • Jam buka: 09.00-17.00
  • HTM: $1,50-$2,50

Pantai Cornwall bagi tamu yang menginap di Royal Decameron merupakan sepotong kecil surga yang tenang, sempurna untuk melakukan relaksasi. Berada di dekat Teluk Montego, pantai ini tidak jauh dari Hip Strip, pusat denyut ibu kota pariwisata Jamaika, Montego Bay. Di sini bisa ditemukan segala hal mulai dari perbelanjaan dan restoran sampai penjelajahan kota.

Kalau ingin berada di pantai, wisatawan bisa menikmati koktail buah dengan mendatangi bar yang letaknya tidak begitu jauh. Bisa juga mengunjungi gubuk pantai yang menjual makanan lokal yang lezat. Pantai ini memiliki air yang jernih dengan pasirnya yang lembut dan putih. Tentunya wisatawan tak akan menolak untuk menjelajah pantai ini.

3. Pantai Doctor’s Cave

Pantai Doctor’s Cave
  • Lokasi: Teluk Montego, Jamaika
  • Telepon: +1 876-952-2566

Mendengar namanya yang berupa gua, mungkin orang akan berpikir pantai ini berupa lubang berbatu, tapi sebenarnya Pantai Doctor’s Cave adalah pantai paling popular di Teluk Montego. Nama pantai ini diberikan saat Sir Herbert Barker, chiropractor Inggris, mengklaim kalau air pantai ini mempunyai khasiat penyembuhan. Sejak itu tempat ini pun menjadi popular.

Pantai ini bentuknya berupa lengkungan yang cantik dengan bagian depannya berupa pasir yang halus, air berwarna biru tua serta platform menyelam yang terapung. Tentunya ini membuat banyak turis merasa bahagia berada di sini.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini termasuk BBQ bar, restoran, kafe internet dan olahraga air. Selain itu ada juga barang untuk disewa, seperti kursi pantai, peralatan snorkeling atau handuk.

4. Pantai Teluk Boston

Pantai Teluk Boston
  • Lokasi: pantai utara Pulau Jamaika

Nama pantai di Jamaika ini diambil dari kisah perdagangan pisang yang berhasil antara Boston, di Amerika Serikat, dengan daerah teluk ini sehingga pantai ini dinamai dengan nama kota New England yang terkenal. Boston Bay pun mapan dan mengalami lonjakan ekonomi sehingga komunitas ini pun ikut berkembang.

Pantai Teluk Boston sekarang ini merupakan salah satu dari sedikit wilayah pantai di Jamaika yang menarik bagi para peselancar karena lokasinya ideal untuk bermain di atas ombak dengan papan selancar. Selain itu, pantai ini juga ini juga terkenal dengan hidangan lokalnya yaitu chicken dan pork jerk yang dijual di stan makanan yang berjejer di pantai.

5. Pantai Dunn's River Falls

Pantai Dunn's River Falls
  • Lokasi: Main St, Ocho Rios, Jamaika
  • Jam buka: 08.30-16.00
  • HTM: $US12-J$600
  • Telepon: +1 876-974-4767

Dunn's River Falls Beach merupakan salah satu pemandangan pantai yang paling menakjubkan juga eksotis. Selain area pantainya, pantai di Jamaika ini seperti namanya merupakan air terjun yang luar biasa impresif untuk dijelajahi. Terletak di dekat kota Ocho Rios yang menjadi pusat keramaian wisatawan, Pantai Dunn's River Falls mempunyai air terjun dengan ketinggian sekitar 180 meter.

Meskipun banyak orang yang senang berjalan melalui berbagai tingkat air terjun, area pantai adalah tempat yang sangat ideal untuk menghabiskan hari dan ber-snorkeling. Untuk aktivitas lainnya wisatawan bisa memesan perjalanan sehari dengan menggunakan perahu di sekitar area atau tur ke air terjun.

6. Lime Cay

Lime Cay
  • Lokasi: di lepas Port Royal, Jamaika

Berjarak hanya sekitar 15 menit dengan naik perahu dari Port Royal, ini sebuah pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari Pantai Kingston. Ketika air pasang, Lime Cay terkadang menghilang di bawah permukaan laut. Pulau ini tidak layak untuk dihuni tapi merupakan tempat favorit yang disenangi oleh penduduk setempat di akhir pekan.

Pantai ini tidak menarik biaya bagi siapapun yang ingin datang ke sini. Dengan sedikit biaya, wisatawan mungkin bisa meyakinkan nelayan setempat untuk membawa mereka dengan kapal untuk datang ke pulau ini.

Lime Cay terkenal sebagai lokasi snorkeling-nya yang luar biasa karena wilayah ini sebagian besarnya belum tersentuh. Pastikan untuk membawa peralatan snorkeling sendiri.

7. Bloody Bay

 Bloody Bay
  • Lokasi: Jamaika barat - utara kota resor Negril

Walaupun namanya tidak begitu menarik, Bloody Bay merupakan tempat peristirahatan yang asyik untuk didatangi. Bloody Bay terbagi jadi bagian privat berupa resor tepi pantai yang menawarkan akomodasi rumah pohon mewah yang bisa membawa mereka langsung ke pantai yang tenang dan terlindungi.

Di dekat pantai terdapat penyewaan kayak dan peralatan olahraga air. Pantainya memiliki pasir putih yang lembut yang mengarah ke area berenang yang dangkal. Di area berenang tersebut, wisatawan bisa mengapung di atas rakit atau hanya berjalan di dasar berpasir di dalam air.

8. Pantai Winnifred

Pantai Winnifred
  • Lokasi: Portland, Jamaika
  • Jam buka: 06.00-18.00
  • Telepon: +18762907150

Ini merupakan pantai umum yang ramah keluarga dan indah. Banyak hal yang bisa dilihat dan dilakukan. Saat melewati pasir putih terdapat bulu babi, jadi wisatawan harus melangkah dengan hati-hati.

Di sini terdapat surga terumbu karang tropis yang dipenuhi dengan ikan berwarna-warni serta tanaman air yang cerah yang membuatnya jadi sebuah tempat yang indah dan tempat yang bagus untuk snorkeling di sore hari.

Gubuk pantai yang berjajar di pasir menjajakan makanan segar dan minuman. Jadi kalau wisatawan ingin tinggal sampai malam hari di sini, mereka tak akan kelaparan. Ada juga penjual barang dagangan dan kerajinan tangan untuk mereka yang ingin membeli suvenir.

9. Pantai Treasure

Pantai Treasure
  • Lokasi: St. Elizabeth

Treasure Beach letaknya tak jauh dari jalan setapak yang berada di sepanjang pantai selatan Jamaika. Sebenarnya, ini merupakan kumpulan dari 4 desa nelayan yang terpisah satu sama lain dan pantai pasir hitam yang membentang sekitar 6 mil. Tempat ini hampir jarang dijamah turis.

Kurangnya wisatawan ini karena daerah tersebut letaknya dari bandara sekitar 2 jam dengan berkendara melewati jalan yang sangat bergelombang. Tetapi hal itu sepadan dengan keindahan pantai di Jamaika ini.

Di Treasure Beach terdapat beberapa pilihan penginapan, di antaranya penyewaan pondok tepi pantai serta wisma yang menawan. Kebanyakan dari tempat tersebut berada di Frenchman's Bay dan Calabash Bay, dua pantai terpopuler di daerah itu. Meski terisolasi, Treasure Beach tidak akan pernah membosankan. Selain menikmati pantai, wisatawan juga bisa menikmati sajian lokal.

10. Pantai Frenchman’s Cove

Pantai Frenchman’s Cove
  • Lokasi: di paroki Portland, Jamaika
  • Jam buka: 09.00-17.00
  • HTM: US$4-US$8

Pantai Frenchman's Cove merupakan harta karun yang bisa ditemukan di Port Antonio. Pantai dengan pasir keemasan yang lembut serta air berwarna safir yang dinaungi oleh kanopi pohon zamrud dan tebing berbatu. Pantai di Jamaika unik karena sungai mengalir dari Blue Mountains dan langsung berlabuh ke Laut Karibia, menciptakan oasis tropis yang menawan.

Untuk mengunjungi pantai pribadi ini dikenakan biaya. Pantai dengan pemandangan yang lebih tenang dibandingkan lokasi lain di Jamaika ini sangat popular di kalangan mereka yang tahu tentang keberadaan pantai ini.

Pantai memang selalu menarik untuk dikunjungi, tak terkecuali pantai di Jamaika. Air jernih berwarna biru toska, pasir keemasan yang lembut serta ombak yang tenang, menjadikan pantai-pantai di atas menarik bagi wisatawan.

Ketika perlu sedikit rileks dan mencari kesegaran, pantai adalah salah satu pilihan tempat yang tepat, seperti halnya pantai-pantai di Jamaika ini. Pantai mana yang menurutmu paling menarik untuk dikunjungi?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram