10 Pantai Terbaik di Yogyakarta untuk Mengisi Liburanmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yogyakarta merupakan daerah istimewa yang berada di Pulau Jawa. Nama Yogyakarta berasal dari kata “Ayogya” yang berarti kedamaian, dan “Karta” yang berarti baik. Sesuai dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta membuat siapa saja merasakan kedamaian ketika mengunjunginya. Tak heran, Yogyakarta selalu ramai dikunjungi pada musim libur.

Pariwisata di Yogyakarta boleh dibilang sangat lengkap. Terdapat tempat wisata sejarah, budaya, kota, gunung, goa, hingga pantai yang siap menyambut traveler dari seluruh penjuru Nusantara. Yogyakarta dikenal juga dengan pemandangan pantai yang memesona. Berikut ini telah dirangkum 10 pantai di Yogyakarta yang recommended untuk dikunjungi.

1. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

* sumber: wisatakita.com

Pantai yang satu ini, pasti sudah tak asing didengar. Pantai Indrayanti menjadi salah satu primadona pantai berpasir putih di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebenarnya, nama Pantai Indrayanti berasal dari Restoran Indrayanti yang letaknya tak jauh dari pantai memesona ini. Restoran yang cukup dikenal hingga menjadi landmark Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti memiliki nama resmi Pantai Pulang Syawal, akan tetapi wisatawan lebih mengenalnya dengan Pantai Indrayanti. Pantai ini berada di satu kawasan dengan Pantai Sundak dan Pantai Krakal. Ombak di Pantai Indrayanti terbilang cukup bersahabat, sehingga kamu bisa bermain air di tepi pantai.

  • Alamat: Jl. Trenggale Watuwalang, Pantai, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

2. Pantai Drini

Pantai Drini

* sumber: dolanyok.com

Pantai Drini merupakan salah satu pantai unik di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Terdapat batu karang besar yang menjadi pemisah antara pantai area barat dan pantai area timur. Di sini, kamu tak hanya bisa menikmati keindahan dari tepi pantai saja, melainkan kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling dan menikmati alam bawah laut Pantai Drini.

Pantai Drini terletak di perbukitan tinggi, sehingga kamu bisa melihat pemandangan lebih luas. Pantai Drini memiliki hamparan pasir putih nan lembut dan air laut yang jernih. Di pinggir pantai terdapat kursi-kursi payung serta gazebo untuk sekadar bersantai sambil menikmati indahnya salah satu pantai di Gunung Kidul ini.

  • Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp4.000/orang

3. Pantai Slili

Pantai Slili

* sumber: www.jejakpiknik.com

Pantai Slili merupakan pantai kecil di Kabupaten Gunung Kidul. Luas pantai ini hanya sekitar 100 m2 dan dihiasi dengan pasir yang berwarna putih. Pantai Slili terbilang masih sepi pengunjung jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Gunung Kidul. Letak Pantai Slili tak jauh dari Pantai Krakal yang dipisahkan oleh bukit.

Pantai Slili disebut juga dengan Pantai Watu Lawang. Karena di area ini terdapat pulau kecil atau bukit karang yang memiliki lubang menyerupai pintu. Meskipun Pantai Slili masih sepi pengunjung, di sini tetap disediakan fasilitas yang cukup lengkap. Kamu bisa menikmati Pantai Slili di sebuah gazebo yang dibangin di pinggir pantai.

  • Alamat: Jl. Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

4. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

* sumber: www.nativeindonesia.com

Pantai di Yogyakarta bukan hanya ada di Gunung Kidul saja. Di sini, terdapat pantai yang lekat dengan cerita legenda Nyi Roro Kidul, yaitu Pantai Parangtritis. Pantai ini dihiasi dengan pasir kehitaman yang lembut dan arus ombak yang cukup deras. Mitosnya, pengunjung dilarang menggunakan baju berwarna hijau, sesuai dengan mitos Ratu Pantai Selatan.

Meskipun memiliki cerita legenda dan mitos yang melekat, tak mengurangi pesona Pantai Parangtritis. Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Diantaranya menyewa ATV, atau menyewa delman untuk menikmati pantai dengan cara yang berbeda. Selain itu, di sini sudah disediakan warung makan untuk kamu yang suka berwisata kuliner.

  • Alamat: Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

5. Pantai Greweng

Pantai Greweng

* sumber: dolanyok.com

Pantai Greweng merupakan salah satu pantai yang letaknya tersembunyi di Kabupaten Gunung Kidul. Kamu perlu menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 45 menit melewati perkebunan warga untuk bisa sampai di pantai ini karena perlu trekking, akan lebih menyenangkan jika kamu datang bersama teman-teman dan camping di pantai ini.

Ada banyak hal menarik di Pantai Greweng. Selain letaknya tersembunyi, Pantai Greweng diapit dua bukit karang besar di kiri dan kanan. Di tepi pantainya, terdapat aliran air tawar yang bermuara ke pantai. Kemudian ada goa alami yang disebut sebagai Goa Pertapaan. Biasanya, pengunjung akan bermalam agar bisa menikmati pemandangan lebih lama.

  • Alamat: Jl. Pendowo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

6. Pantai Sundak

Pantai Sundak

Pantai Sundak merupakan pantai di Gunung Kidul yang letaknya tak jauh dari Pantai Indrayanti. Pantai ini dinamakan Pantai Sundah karena mitosnya, zaman dahulu terdapat hewan anjing atau biasa dikenal dengan asu, dan landak berkelahi. Sehingga, pantai ini diberi nama Sundak yang diambil dari Asu dan Landak.

Pantai Sundak dihiasi dengan pasir putih yang terhampar luas serta laut dengan obak yang cukup besar. Di sini kamu tidak disarankan untuk berenang karena ombaknya cukup ganas. Meski begitu, kamu tetap bisa menikmati keindahan Pantai Sundak dari pinggir pantai sambil menikmati makanan yang dijual di sekitar pantai.

  • Alamat: Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

7. Pantai Krakal

Pantai Krakal

* sumber: www.pegipegi.com

Pantai Krakal merupakan ekosistem bagi beragam biota laut. Menurut sejarah, Pantai Krakal awal mulanya berada di bawah permukaan laut yang kemudian mengalami perubahan akibat peristiwa epirogenesa negatif yang mengakibatkan naiknya lapisan bumi, hingga akhirnya kini menjadi sebuah pantai.

Pantai Krakal dihiasi dengan bukit karang besar di pinggir pantainya. Kamu bisa naik ke bukit karang ini untuk melihat pemandangan Pantai Krakal lebih luas. Dari atas bukit, kamu bisa menikmati matahari terbenam yang sangat eksotis. Jika kamu suka dengan beraktivitas di bawah laut, tak ada salahnya mencoba snorkeling di Pantai Krakal.

  • Alamat: Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

8. Pantai Siung

Pantai Siung

Kamu suka panjat tebing? Jika biasanya panjat tebing dilakukan di pegunungan, bagaimana jika mencoba panjat tebing di pantai? Apakah tertarik? Nah, di Jogja, ada sebuah pantai yang bukan hanya menyuguhkan pemandangan pantai yang eksotis saja. Pantai Siung terletak di antara batuan besar dan pegunungan.

Tebing batu yang ada di Pantai Siung, bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk panjat tebing. Kemudian dari atas, kamu bisa melihat pemandangan pantai serta laut lepas yang dihiasi perbukitan hijau di sekitarnya. Jika lelah, kamu juga bisa camping di sini dan menikmati sunset serta sunrise yang memesona.

  • Alamat: Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

9. Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai yang satu ini sedang ramai dibicarakan karena keunikannya. Berbeda dengan pantai lain, Pantai Timang memiliki pulau berupa bukit karang besar di tengah laut yang bisa diakses menggunakan gondola atau jembatan gantung yang dibuat atas inisiatif masyarakat setempat agar tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Jembatan Pantai Timang mulai dibuka untuk umum mulai tahun 2017. Ketika menyeberang dari Pantai Timang ke pulau kecil di seberang pantai, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda. Jika biasanya menyeberang menggunakan jembatan di atas sungai, di sini kamu akan menyeberang di atas derasnya air laut yang dapat memicu adrenalin.

  • Alamat: Jl. Pantai Selatan, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Ypgyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000/orang

10. Pantai Glagah

Pantai Glagah

* sumber: garasijogja.com

Kabupaten Kulon Progo dikenal dengan tempat wisata alam di dataran tinggi yang berudara dingin. Namun, Kulon Progo juga memiliki pantai eksotis. Salah satunya adalah Pantai Glagah. Pantai ini terbilang unik. Bukan pasir pantai seperti pada umunnya yang menghiasi Pantai Glagah. Melainkan hamparan pasir besi yang luas nan indah di tepian.

Bukan hanya itu saja, Pantai Glagah juga memiliki laguna yang jarang dimiliki pantai lain di Yogyakarta. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru, diantara memancing, dan berkeliling laguna dengan perahu sampan sambil menikmati indahnya pemandangan.

  • Alamat: Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp5.000/orang

Itulah rangkuman 10 pantai di Yogyakarta yang recommended untuk mengisi hari liburmu. Kira-kira pantai mana yang paling kamu suka? Jangan lupa ajak sahabat untuk berlibur ke pantai di Yogyakarta, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *