Inilah 10 Pantai Cantik Nan Eksotis di Kepulauan Riau

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kepulauan Riau menyimpan begitu banyak destinasi wisata pantai yang mengagumkan. Pantai yang cantik, banyak tersebar di kepulauan Riau. Masih banyak potensi pantai yang belum dikembangkan. Kejernihan air lautnya dan pasir putihnya menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Kepikiran untuk berlibur ke pantai di Kepulauan Riau? Simak ulasan 10 pantai yang wajib kamu kunjungi di Kepulauan Riau. 

1. Pantai Sisi – Kepulauan Natuna

Pantai Sisi – Kepulauan Natuna

Pantai Sisi berada di Kecamatan Serasan yang terletak di Kepulauan Natuna. Sebuah pantai dengan keindahannya yang menakjubkan dengan pasir pantainya yang putih dan bersih. Pasir pantainya yang bersih dan lembut ini membentang sepanjang kurang lebih 7 km.

Selain kamu dapat menyusuri pantainya yang bersih, kamu juga bisa menikmati air lautnya yang jernih. Warna air lautnya yang hijau toska dihiasi dengan terumbu karang yang cantik. Pantai Sisi pernah menyandang status sebagai pantai alami terbaik tahun 2006 versi Majalah Island.

Perjalanan untuk menuju pantai ini harus kamu tempuh dengan menggunakan Kapal. Perjalanan menuju kesana memakan waktu yang lama, sehingga kamu harus memperhatikan waktu saat kamu berkunjung Kepulau Serasan ini. Ombak yang tinggi akan mempengaruhi perjalanan menuju pulau ini.

  • Alamat: Kec. Serasan, Kep Natuna. Provinsi Kepulauan Riau
  • Jam buka: –
  • HTM: Gratis

2. Pantai Trikora – Kepulauan Bintan

Pantai Trikora – Kepulauan Bintan

Pantai Trikora memiliki empat bagian pantai dari Trikora satu hingga Trikora 4, letaknya berada di pulau Bintan. Garis pantainya sekitar 25 km panjangnya, dengan dihiasi pohon-pohon kelapa dan juga pohon pinus. Pantai ini juga memiliki bebatuan yang tersebar di sepanjang bibir pantai.

Pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan air lautnya yang jernih berwarna hijau toska. Tempat ini telah memiliki fasilitas dasar, sehingga kamu dapat menikmati keindahan pantainya dengan nyaman. Di pantai ini juga kamu dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan melakukan snorkeling.

  • Alamat: Ds Malang Rapat. Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan, Provinsi Kepulauan Riau
  • Jam buka:24 jam
  • HTM: Gratis

3. Pantai Pulau Bawah – Kepulauan Anambas

Pantai Pulau Bawah – Kepulauan Anambas

Pantai ini berada di Pulau Bawah yang berada di Pulau Anambas, yang masih tidak diketahu banyak orang. Pulau ini hanya dapat diakses melalui laut, atau kamu juga bisa menggunakan kapal terbang yang dapat mendarat di laut. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 300 hektar.

Jika kamu inging menikmati Pantai dari Pulau Bawah, kamu harus reservasi terlebih dahulu, minimal untuk 3 malam. Kunjungan ke pulau ini dibatasi hanya untuk 70 orang. Kegiatan memancing adalah hal yang tidak boleh kamu lakukan di pulau ini, karena lautnya masuk dalam daerah yang dilindungi.

Kebeningan dari laguna yang dimiliki pulau ini menjadi daya tarik orang untuk melakukan kegiatan snorkeling  dan diving di pantai ini. Kamu akan melihat keindahan dari terumbu karang dan biota laut yang masih terjaga. Selain air lautnya yang bening, pantainya pun memiliki pasir putih yang lembut.

  • Alamat: Ds. Kiabu. Kec. Siantan, Kab. Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau.
  • Jam buka: –
  • HTM: Harus melakukan reservasi 

4. Pantai Taman Batu Alif – Kepulauan Natuna

Pantai Taman Batu Alif – Kepulauan Natuna

Pantai ini memiliki ciri yang khas yaitu batu megalit dengan ukuran raksasa yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Pantai ini juga memiliki air yang jernih dan juga pasirnya yang putih. Saat ini batu-batu besar itu dihubungkan dengan sebuah jembatan kecil, yang dapat kamu susuri.

Kamu tidak boleh melewatkan momen saat matahari terbit dan terbenam dengan sangat cantik di pantai ini. Untuk melihat keindahan pantai ini kamu hanya memerlukan waktu 15 menit berkendara dari Ibu Kota Natuna. Dipantai ini juga dibangun sebuah homestay dengan arsitektur yang unik.

  • Alamat: Ds. Sepempang. Kec. Bunguran Timur, Kab. Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000 

5. Pantai Batu Kasah / Cemaga – Kepulauan Natuna

Pantai Batu Kasah

Pantai Batu Kasah atau sering disebut juga dengan Pantai Cemaga, karena letak dari pantai ini berada di Desa Cemaga Kecamatan Bungutan Selatan. Pantai ini terlihat cantik dan eksotik dengan batu-batu granit besar yang menghiasi bibir pantai. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang lembut.

Jika kamu ingin menuju ke pantai ini kamu bisa menempuhnya dalam waktu 1,5 dari Ibu Kota Natuna. Tetapi jangan lupa untuk membawa bekal karena belum ada fasilitas tempat makan di pantai ini. Jika kamu ingin bermalam di daerah pantai ini kamu juga harus membawa tenda sendiri.

  • Alamat: Ds. Cemaga. Kec. Bunguran Selatan, Kab. Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000 

6. Pantai Padang Melang – Kepulauan Anambas

Pantai Padang Melang – Kepulauan Anambas

Pantai Padang Melang berlokasi di Pulau Jemaja di Kabupaten Anambas, dan garis pantai yang dimilikinya merupakan garis pantai terpanjang di Kepulauan Riau. Garis pantainya sekitar 8 meter dan melewati dua wilayah kelurahan yaitu, Kelurahan Letung dan Kelurahan Desa Bukit Padi

Pantai ini memiliki pantai dengan pasirnya yang putih dan lembut, serta memiliki air laut yang jernih dan kontur pantai yang landai. Pantai ini juga telah memiliki fasilitas dasar yang kamu perlukan seperti kamar ganti, kamar kecil, kedai tempat makan dan juga terdapat surau kecil untuk beribadah.

  •  Alamat: Ds. Cemaga. Kec. BunguranSelatan, Kab. Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp10.000 

7. Pantai Kusik – Kepulauan Anambas

Pantai Kusik - Kepulauan Anambas

* sumber: catatansikudaliar.blogspot.com

Satu pantai lagi yang juga terletak di Pulau Jemaja, pantainya yang masih alami menjadi daya tarik pantai ini dijadikan destinasi wisata. Pantainya berpasir putih dan air lautnya yang jernih berwarna toska serta kontur pantainya yang landai. Pantai ini juga dihiasi dengan pepohonan yang rindang.

Pantai ini juga memliki terumbu karang yang cantik yang cocok untuk kamu yang senang dengan kegiatan snorkeling. Pantai ini juga telah memiliki fasilitas sederhana seperti mushola dan warung, dan tempat penyewaan alat snorkeling. Selain itu penduduknya ramah dalam menyambut wisatawan.

  • Alamat: Ds. Rewak. Kec. Jemaja, Kab. Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis 

8. Pantai Pulau Penjalin – Kepulauan Anambas

Pantai Pulau Penjalin – Kepulauan Anambas

Pulau Pejalin sering dikatakan sebagai Pulau terindah yang ada di Kepulauan Anambas. Keindahan dari pulau ini adalah pantainya yang memiliki pasir berwarna putih dan lembut. Pantai di Pulau ini memiliki air yang bening berwarna biru, dengan terumbu karangnya yang cantik berwarna-warni.

Pantai ini cocok buat kamu yang senang dengan kegiatan snorkeling dan diving, kamu akan menemukan beragam biota laut didalamnya. Pantainya yang berair jernih ini memiliki kontur yang landai dan ombaknya yang tenang. Pantai ini juga dihiasi dengan batuan berukuran besar nan eksotis.

Jika kamu ingin mengunjungi pulau ini, kamu harus menempuhnya dengan menggunakan speedboat, tarifnya bergantung negosiasi dengan pemilik kapal. Saat berkunjung ke Pantai Pulau Penjalin, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan keindahan dari pantai Pulau Penjalin ini.

  • Alamat: Ds. Ladan. Kec. Pal Matak, Kab. Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM: Rp200.000 

9. Pantai Selat Rangsang – Kepulauan Anambas

Pantai Selat Rangsang – Kepulauan Anambas

Pantai Selat Rangsang sangat cocok untuk kamu yang senang dengan petualangan di bawah laut. Pantai ini surga untuk orang yang senang dengan kegiatan diving, snorkeling, dan juga berenang. Tetapi di pantai ini juga kamu dapat berjalan santai di pasirnya yang putih dan airnya yang bening.

Waktu yang disarankan untuk berkunjung ke Pantai yang tersembunyi ini adalah di saat bulan April – Oktober. Diwaktu itu udaranya terasa sejuk dan ombaknya tidak terlalu tinggi. Jika kamu berencana menginap di pulau ini kamu harus membawa tenda sendiri dan jangan lupa izin kepada penjaga pantai.

  • Alamat: Kec. Siantan Timur, Kab. Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau.
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

10. Pantai Pasir Panjang Senggiling – Pulau Bintan

Pantai Pasir Panjang Senggiling – Pulau Bintan

Pantai Senggiling merupakan sebuah objek wisata yang berada di Pulau Bintan, tempatnya tersembunyi dan masih jarang di kunjungi wisatawan. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang. Pantai ini memiliki ombak yang cukup kuat.

Akses menuju pantai ini masih terbilang cuup sulit, sehingga kamu harus mempersiapkan segalanya sebelum pergi. Perbekalan wajib kamu bawa, karena tidak terdapat fasilitas apapun di pantai ini. Saat menuju ke pantai ini kamu akan melawati pos penjagaan perkebunan, kamu wajib melapor disana.

Walaupun akses menuju ke tempat ini cukup sulit, tetapi kamu tidak akan melupakan keindahan Pantai Senggiling dengan air lautnya yang jernih berwarna biru cerah. Pasir putihnya yang terbentang sangat panjang. Pantai ini juga bersebelahan dengan kawasan resort mewah Lagoi.

  • Alamat: Ds. Senggiling. Kel. Sri Bintan, Kab. Bintan, Prov. Kepulauan Riau.
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Keindahan pantai-pantai di Riau memang menggoda untuk kamu kunjungi. Pantai-pantainya yang masih alami, sangat cocok untuk digunakan melepas stress dengan berbagai kegiatan  seperti snorkeling, diving, ataupun berenang, tetapi jika tidak  bisa berenang, kamu juga dapat berjalan santai menyusuri pantai-pantai yang berpasir putih yang lembut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *