Inilah 5 Pantai di Kulon Progo yang Indah dan Menenangkan

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 16 Februari 2021

Jika kamu tinggal atau ada rencana untuk mengunjungi kota Yogyakarta, ada satu daerah yang tidak boleh terlupakan yaitu Kabupaten Kulon Progo. Karena di Kulon Progo ternyata ada deretan pantai-pantai indah yang sangat populer. Di Kabupaten Kulon Progo kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil bermain wahana air yang juga tersedia disana.

Jika kamu merasa penat dengan suasana pantai yang terlalu ramai, di Kulon Progo ada juga pantai yang tidak terlalu ramai. Salah satunya seperti Panta Bugel yang suasananya masih tenang dan tidak terlalu ramai, karena pantai ini memang masih terbilang baru. Selain itu kamu juga bisa menemukan konservasi penyu yang ada di Pantai Trisik Kabupaten Kulon Progo.

Kali ini kita akan merangkum daftar-daftar pantai yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa membaca informasinya di artikel di bawah ini.

1. Pantai Congot

Pantai Congot

* sumber: pariwisataku.com

Pantai Congot mungkin akan memberikan suasana yang benar-benar baru bagi para pecinta wisata pantai. Karena Pantai ini memiliki ciri khas yang sangat unik, dimana pasir yang ada di Pantai Congot berwarna hitam bukan putih. Bukan hanya itu, disekitar Pantai Congot juga terdapat hutan mangrove yang bisa kamu nikmati keindahannya.

Kamu bisa enjoy berjalan-jalan sambil menelusuri hutan mangrove yang ada di Pantai Congot bersama teman-teman. Jika kamu menyukai berbagai makanan laut, Pantai Congot adalah tempat yang sangat tepat untuk kamu. Karena di Pantai Congot kamu bisa bebas membeli berbagai ikan lainnya yang masih segar langsung dari para nelayan.

Bukah hanya ikan mentah, kamu juga bisa membeli berbagai hidangan seafood di warung-warung yang berada di sekitar Pantai. Bukan hanya makan, kamu juga bisa membeli berbagai kerajinan tangan dari serat daun pandan yang dibuat para penduduk sekitar sebagai oleh-oleh.

  • Alamat: Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Yogyakarta
  • Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: (0274) 773095
  • Kisaran Harga: Rp3.000 / orang

2. Pantai Glagah

Pantai Glagah

* sumber: blogkulo.com

Jika kamu mencari pantai yang paling populer di Kabupaten Kulon Progo, jawabannya adalah pantai Glagah. Salah satu daya tarik dari Pantai Glagah ini adalah adanya area yang disebut dengan Batu Pemecah Ombak Pantai atau tetrapod. Batu beton yang terdapat di Pantai Glagah pun cukup unik, karena memiliki empat kaki dengan ukuran sekitar satu meter kubik dan jumlahnya ada ratusan.

Selain digunakan untuk memancing, batu beton ini juga terkadang dijadikan background untuk berswafoto. Di pantai ini Kamu juga bisa menikmati berbagai permainan air seperti kano, perahu kayuh hingga sampan kecil. Selain itu kamu bisa berjalan-jalan disekitar kebun Agrowisata Kusumo Wanadri. Kamu bisa berjalan-jalan sambil minum air kelapa muda menikmati indahnya laut dan kebun di sekitarnya

  • Alamat: Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Rp5.000 / orang

3. Pantai Pasir Kadilangu

Pantai Pasir Kadilangu

* sumber: jogjarafira.com

Pantai Pasir Kadilangu juga masuk dalam daftar pantai baru di Kabupaten Kulon Progo, karena baru dibuka tahun 2016 silam. Meski baru di buka bukan berarti pantai ini kalah populer dari pantai-pantai lainnya di Kulon Progo. Justru di Pantai Pasir Kadilangu terdapat banyak spot foto yang sangat menarik bagi  banyak wisatawan.

Di antaranya seperti Kibar Kadilangu, Jembatan Cinta, Kadilangu Van Java, Tower Kadilangu, Ular Naga Kadilangu, Sangkar Penantian dan jembatan Tempo Dulu. Spot-spot foto dan wisata ini memang sengaja di buat agar dapat membuat para wisatawan betah berada di pantai.

Meski namanya adalah Pantai Pasir Kadilangu, kalian tidak di anjurkan untuk bermain pasir di pantai ini. Karena dikhawatirkan dapat merusak hutan mangrove yang mengelilingi seluruh kawasan pantai. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan pantai, jangan sampai merusak pantai dengan tumpukan sampah.

  • Alamat: Pasir Kadilango, Jangkaran, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta
  • Jam Operasional: 06.00 – 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Rp5.000 / orang

4. Pantai Bugel

Pantai Bugel

Pantai Bugel mungkin tidak sepopuler dan selengkap pantai-pantai lainnya yang ada di Kabupaten Kulon Progo. Pantai Bugel adalah pantai yang baru dibuka pada tahun 2017, sehingga pantai ini masih tenang dan sepi dari pengunjung. Belum lagi perjalan menuju Pantai Bugel ini terbilang cukup sulit, karena harus melewati jalan yang terjal.

Tapi pantai ini mungkin bisa menjadi salah satu pantai yang cocok untuk kamu menenangkan diri sambil melepas penat dari kehidupan perkotaan. Kamu bisa mendengarkan suara deru ombak dan menikmati udara laut sambil duduk santai di sisi pantai. Sayangnya, di Pantai Bugel ini sangat tidak dianjurkan untuk berenang ke tengah lautan, karena dikhawatirkan akan terkena ombak besar.

Meski sepi, justru Pantai Bugel ini memiliki keindahannya tersendiri yang membuat kita makin nyaman. Di beberapa area Pantai Bugel ini juga ditumbuhi berbagai tanaman yang memang tumbuh khas pantai. Kamu juga bisa datang untuk menikmati sunrise atau sunset bersama dengan teman, sahabat atau keluarga. Tapi ingat, jangan sampai mengotori apalagi merusak keindahan alami yang ada di pantai yah.

  • Alamat: Gumuk Waru, Bugel, Panjatan, Kulon Progo, Yogyakarta
  • Jam Operasional: 06.00 – 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Gratis

5. Pantai Trisik

Pantai Trisik

Ingin berwisata alam sambil edukasi, pantai Trisik adalah pantai yang paling tepat untuk kamu. Di Pantai Trisik kamu tidak hanya dapat menikmati indahnya laut, tapi kamu juga bisa belajar mengenai Penyu. Karena Pantai Trisik sudah menjadi Kawasan konservasi penyu yang ada di daerah Yogyakarta. Pantai Trisik memiliki penangkaran Penyu yang sengaja dibuat dan dikelola oleh masyarakat sekitar.

Kamu bisa melihat sekumpulan anak-anak penyu berjalan-jalan dengan bebas di tepi pantai. Makannya kamu harus berhati-hati saat bermain atau berlarian di pantai, jangan sampai melukai para penyu. Pantai Trisik juga menjadi pantai yang cukup banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang mudah untuk diakses.

Pantai Trisik juga memiliki warna pasir yang hampir sama seperti di Pantai Congot yang berwarna gelap. Pasir di Pantai Trisik juga tidak berwarna putih seperti pantai pada umumnya, tapi berwarna coklat kehitaman. Hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin berenang di lautnya, berhati-hatilah dengan ombaknya karena terkadang ombak di Pantai Trisik cukup besar.

  • Alamat: Dusun Trisik, Desa Banaran, Galur/Brosot, Kulon Progo, Yogyakarta
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Rp5.000 / orang

Bukan hanya indah, tetapi pantai-pantai di Kulon Progo ini juga dapat memberikan ilmu baru. Jika kamu sempat untuk mengunjungi Kabupaten Kulon Progo, setidaknya sempatkan diri untuk ke Pantai Trisik. Karena tidak semua pantai di Indonesia memiliki fasilitas penangkaran penyu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram