Inilah 8 Pantai di Madura yang Akan Membuatmu Terpesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Madura merupakan sebuah pulau di timur laut Jawa Timur, yang masuk ke wilayah Provinsi Jawa Timur. Pengunjung yang ingin berlibur ke Madura, bisa menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, atau jika membawa kendaraan pribadi bisa pula melalui Jembatan Nasional Suramadu yang menghubungkan antara Surabaya dengan Madura.

Madura terdiri dari empat kabupaten, yakni Sumenep, Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. Wisata di Pulau Madura bisa dibilang tidak seterkenal daerah lain di Jawa Timur. Padahal di sini terdapat banyak destinasi wisata, bahkan ada pulau kecil tak berpenghuni yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Pernah ke Madura? Keluyuran telah merangkum 8 pantai di Madura yang akan membuatmu terpesona. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Pantai Nepa, Sampang

Pantai Nepa, Sampang

Pantai Nepa merupakan salah satu pantai di utara Pulau Madura, tepatnya di Kabupaten Sampang. Pantai Nepa masuk ke dalam kawasan Objek Wisata Hutan Kera Nepa. Di sini, kamu tak hanya bisa wisata pantai saja. Melainkan bisa bertemu dengan kera yang dibiarkan hidup liar di Hutan Kera Nepa.

Jarak dari Jembatan Nasional Suramadu sampai ke Pantai Nepa kurang lebih 90 km dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Pantai Nepa terbilang masih alami dan belum banyak tersentuh wisatawan. Ombak di Pantai Nepa pun tidak besar, jadi kamu bisa bermain air di tepi pantai sambil menikmati pemandangan.

  • Alamat : Jl. Raya Batioh, Duwa Asem, Batioh, Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura
  • Operasional : 07.00 – 19.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang

2. Pantai Slopeng, Sumenep

Pantai Slopeng, Sumenep

Di Sumenep, ada sebuah pantai dengan pasir putih yang membentang sepanjang 3 km. Pantai Slopeng namanya. Bukan hanya pantai berpasir putih saja yang menjadi daya tarik. Melainkan, di Pantai Slopeng terdapat pohon kelapa yang menjulang dan melambai seolah menemani waktu santaimu di pantai.

Pantai Slopeng memiliki arus yang tenang, air laut biru, dan pemandangan laut lepas sejauh mata memandang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Slopeng adalah sore hari ketika menjelang senja. Kamu akan melihat matahari terbenam berwarna keemasan hingga akhirnya sore pun berganti malam.

  • Alamat : Jl. Raya Ambunten, Ambunten, Trebung Ghetteng, Dasuk, Kabupaten Sumenep
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

3. Pantai Lombang, Sumenep

Pantai Lombang, Sumenep

Satu lagi pantai yang menarik di Madura. Pantai Lombang merupakan destinasi wisata yang terletak di ujung timur Pulau Madura. Berjarak kurang lebih 30 km dari pusat kota Sumenep, kamu akan disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang membentang luas sepanjang 12 km. Selain itu, Pantai Lombang dikelilingi pohon cemara dengan tinggi kurang lebih 4 meter.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Lombang. Kamu bisa menyusuri pantai, snorkeling, hingga berkuda di tepi Pantai Lombang. Bagi kamu yang ingin menikmati Pantai Lombang dengan cara yang berbeda, kamu pun bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar ke tengah laut.

  • Alamat : Area Kebun, Lombang, Batang Batang, Kabupaten Sumenep, Madura
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

4. Pantai Mamburit, Kangean

Pantai Mamburit, Kangean

Madura memiliki beberapa pulau kecil di sekitarnya. Salah satunya adalah Pulau Kangean. Berjarak kurang lebih 100 km dari Kabupaten Sumenep, kamu perlu menempuh perjalanan kurang lebih 12 jam untuk bisa sampai ke Pulau Kangean. Sesampainya di pulau ini, kamu akan langsung disapa oleh nyiur yang menari-nari.

Pulau Kangean memiliki banyak pantai yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Mamburit. Pantai ini terbilang masih tersembunyi. Maka kamu akan merasa seperti sedang berada di pantai pribadi ketika mengunjungi Pantai Mamburit. Di sini, kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling dan menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Kangean.

  • Alamat : Mamburit, Kangean, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Gili Iyang

Gili Iyang

Gili Iyang merupakan salah satu dari gugusan pulau kecil di Madura. Gili Iyang disebut juga sebagai “Pulau Awet Muda”. Itu karena di pulau ini kamu akan menemukan banyak penduduk yang berusia seratus tahun, makanya pulau kecil ini disebut sebagai Pulau Awet Muda.

Gili Iyang bisa diakses melalui Pelabuhan Dungkek, Kabupaten Sumenep. Kamu perlu berlayar sekitar 45 menit untuk bisa sampai di pulau ini. Setelah sampai di Gili Iyang, kamu akan disambut dengan pulau kecil nan cantik di timur Madura. Gili Iyang memiliki kadar oksigen yang tinggi, itu sebabnya penduduk di sini berusia panjang.

  • Alamat : Gili Iyang, Banraas, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis. Penyeberangan Rp15.000/orang

6. Gili Raja

Gili Raja

Gili Raja merupakan pulau kecil di tenggara Pulau Madura. Secara administratif, masih masuk ke dalam kawasan Kabupaten Sumenep. Kamu bisa menjangkau Gili Raja melalui tiga pelabuhan, diantaranya Pelabuhan Cangkarman di Aeng Bejeh Kenek, Pelabuhan Tanggek di Banbaru, dan Pelabuhan Cangcang di Lombang.

Penyeberangan ke Gili Raja membutuhkan waktu 45 – 60 menit. Pulau ini merupakan pulau berpenghuni yang penduduknya berasal dari suku Madura. Meski tak setenar Gili Iyang maupun Gili Labak, pulau ini tetap memiliki pesona yang menarik untuk di-explore.

  • Alamat : Gili Raja, Giligenteng, Kabupaten Sumenep, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Pantai Sembilan, Gili Genting

Pantai Sembilan, Gili Genting

Gili Genting merupakan pulau di Sumenep yang memiliki keunikan. Terdapat sebuah pantai yang diberi nama Pantai Sembilan. Asal usul nama Pantai Sembilan karena pasir pantai di sini berbentuk seperti angka sembilan  jika dipotret dari udara menggunakan drone. Pantai berpasir putih bersih ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Gili Genting dapat dijangkau melalui Pelabuhan Saronggi dengan biaya Rp10.000/orang. Waktu tempuh dari Pelabuhan Saronggi ke Gili Genting kurang lebih 45 menit menggunakan perahu motor. Sepanjang berlayar, kamu akan disuguhkan dengan laut biru yang jernih. Setibanya di Gili Genting dan Pantai Sembilan, kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling di pantai cantik ini.

  • Alamat : Jl. Raya Bringsang, Bringsang, Giligenteng, Kabupaten Sumenep, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

8. Gili Labak

Gili Labak

Pulau kecil nan eksotis yang satu ini, pasti sudah tidak asing di dengar. Gili Labak menjadi pulau yang paling terkenal di Madura. Pantai berpasir putih dan memiliki kekayaan alam bawah laut yang memesona membuat pulau kecil ini sangat disukai pengunjung. Tak hanya dari Madura dan Jawa Timur saja, Gili Labak sudah ramai dikunjungi dari daerah lain di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan Gili Iyang dan Gili Genting, Gili Labak berjarak paling jauh. Pengunjung membutuhkan waktu hingga 2 jam penyeberangan dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep. Meskipun fasilitasnya terbilang masih belum sempurna, di sini sudah tersedia  penginapan hingga villa dengan harga yang beragam. Kamu pun wajib mencoba snorkeling di Gili Labak.

  • Alamat : Gili Labak, Kombang, Talango, Kabupaten Sumenep, Madura
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Itulah 8 pantai di Madura memesona yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi hari libur. Jawa Timur memang kaya akan wisata yang belum banyak terekspos, padahal potensi wisatanya sangat besar dari Pacitan hingga Madura. Jadi, yuk, liburan ke Madura!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *