Inilah 10 Pantai Cantik di Manado yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Anggie Warsito

Kamu penyuka pantai, sudah tahu kalau di Sulawesi Utara ada banyak sekali pantai dan pulau cantik yang bisa dikunjungi? Jika bosan dengan pantai di Jawa dan Bali, kamu bisa lho jadikan Sulawesi Utara sebagai destinasimu selanjutnya. Provinsi yang memiliki pulau paling utara di Indonesia ini, worthed untuk dikunjungi. Apalagi banyak pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Jika kamu suka snorkeling ataupun diving, Sulawesi Utara juga terdapat surga bawah laut yang sudah diakui dunia. Selain itu, Keluyuran akan merekomendasikan destinasi lainnya. Jadi, ini nih, 10 pantai di Manado dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi ketika traveling ke Sulawesi Utara. Disimak, yuk!

1. Pantai Paal, Minahasa

Pantai Paal, Minahasa (Copy)

*

Pantai berpasir putih yang berjarak sekitar 60 km dari Kota Manado ini tergolong bersih, bebas dari sampah, dan cocok untuk dijadikan destinasi berlibur bersama keluarga. Meski jauh dari Kota Manado, Pantai Paal selalu ramai dikunjungi wisatawan pada waktu libur dan akhir pekan.

Jika kamu suka dengan wisata dan permainan air, di sini tersedia banana boat yang bisa kamu coba. Ombaknya yang besar, memungkinkan juga buat kamu bermain selancar. Kamu yang ingin menikmati biota lautnya, bisa snorkeling juga lho! Kalau tidak bisa berenang, kamu bisa menyewa life jacket serta snorkeling gear-nya.

  • Alamat : Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari 06.00 – 17.00 WITA
  •  Tiket Masuk : Rp10.000

2. Pantai Patokan, Bolaang Mongondow

Pantai Patokan, Bolaang Mongondow (Copy)

*

Jika pantai pada umumnya memiliki garis pantai yang panjang dan membentang luas, lain halnya dengan Pantai Patokan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ini. Pantai ini terletak di bawah bukit dengan ciri khas tebing di kanan dan kirinya, memberikan suasana berbeda untuk menikmati indahnya pantai.

Jarak dari Kota Manado ke Pantai Patokan cukup jauh, kurang lebih 143 km. Jika dari Kotamobagu, jaraknya 41 km. Lebih dekat dibandingkan dari Kota Manado. Sesampainya di sini, kamu perlu menuruni tangga kayu. Meski menempuh jarak yang jauh, Pantai Patokan tetap worthed untuk dikunjungi.

  • Alamat : Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

3. Pantai Likupang, Minahasa

Pantai Likupang, Minahasa (Copy)

Pantai Likupang merupakan tempat ditemukannya penyu hijau dengan bahasa latin Chelonia Mydas yang merupakan salah satu jenis penyu langka. Di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai berpasir putih, dihiasi bukit hijau dan tentunya memiliki kekayaan alam bawah laut yang memesona.

Terletak 48 km dari Kota Manado, kamu bisa datang ke sini menggunakan transportasi umum dari Terminal Paal 2 sampai ke Terminal Likupang. Lebih mudah jika kamu menyewa kendaraan atau menggunakan kendaraan pribadi. Meski jauh dari Kota Manado, kamu takkan menyesal datang ke sini.

  • Alamat : Likupang, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Pantai Pulisan, Minahasa

Pantai Pulisan, Minahasa (Copy)

Tempat yang memiliki panorama pantainya yang cantik dan memiliki bukit yang memesona ini namanya Pantai Pulisan. Meski terbilang masih sepi jika diantara pantai lainnya di Sulawesi Utara, pantai ini talah satu pantai yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Minahasa Utara.

Ada yang khas dari Pantai Pulisan. Di sini, terdapat bukit savanna, hingga goa yang menyerupai laguna. Gradasi warna air lautnya sangat terlihat jelas dan memesona. Kamu bisa menjelajah pulau dengan menyewa perahu untuk menikmati panorama alam lebih dekat. Di sini, terdapat gazebo yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat.

  • Alamat : Pulisan, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

5. Pulau Lembeh, Bitung

Pulau Lembeh, Bitung (Copy)

Kamu suka diving? Di Pulau Lembeh, terdapat 92 titik selam yang dihuni sekitar 300 spesies binatang bawah laut. Salah satu spesies yang menjadi primadona di Selat Lembeh adalah mini octopus. Kamu juga bisa berkeliling pulau untuk menikmati beberapa spot menyelam dengan menyewa kapal nelayan di sini.

Pulau Lembeh masuk ke dalam wilayah Kota Bitung, berjarak sekitar 43 km dari Kota Manado. Kamu perlu menempuh waktu kurang lebih 90 menit untuk sampai Kota Bitung, dari Manado. Selanjutnya, kamu menyeberang ke Pulau Lembeh dari Dermaga Ruko Pateten dengan biaya Rp8.000 dan menempuh waktu 45 menit. Tertarik ke sini?

  • Alamat : Pulau Lembeh, Bitung, Sulawesi Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis. Sewa kapal keliling pulau : Rp200.000 – Rp300.000/kapal

6. Pantai Tumbak, Minahasa

Pantai Tumbak, Minahasa (Copy)

Satu lagi pantai cantik dari Minahasa, Pantai Tumbak namanya. Salah satu primadona bahari di Sulawesi Utara yang belum terekspos dan memiliki potensi wisata alam bawah laut yang sangat menawan. Buat kamu yang suka snorkeling, diving, dan memancing, Pantai Tumbak sangat tepat untuk dikunjungi.

Pantai Tumbak berjarak sekitar 90 km dari Kota Manado. Kalau kamu ingin liburan ke sini, perlu menempuh waktu kurang lebih 3 jam perjalanan darat. Setelah menempuh perjalanan panjang, sesampainya di sini kamu bisa langsung snorkeling di beberapa titik yang perlu kamu coba.

  • Alamat : Tumbak Madani, Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Tenggara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

7. Pantai Batu Angus, Bitung

Pantai Batu Angus, Bitung (Copy)

Pantai yang berada di Kota Bitung ini terdiri dari batu-batu besar. Meski begitu, air lautnya yang jernih membuat terumbu karang terlihat jelas dari permukaan laut. Di pinggir pantainya terdapat batu karang besar yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat dan menikmati keindahan alamnya.

Jika kamu datang dari Manado, perlu menempuh jarak 61 km dengan waktu 2 jam perjalanan. Sedangkan dari pusat Kota Bitung, jarak yang ditempuh 18 km saja. Di sini juga disediakan resort dan tempat beristirahat buat kamu yang ingin menikmati Pantai Kasawari lebih lama.

  • Alamat : Kasawari, Aertembaga, Kota Bitung, Sulawesi Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

8. Paradise Ocean Park Manado

Paradise Ocean Park Manado (Copy)

*

Kamu suka wisata air? Manado memiliki wahana wisata air terlengkap di Sulawesi Utara. Di sini kamu bisa mencoba water sport sperti banana boat, parasailing, wakeboarding, kayaking, water ski, dan jetski. Tak hanya itu, pecinta alam bawah laut juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving di sini.

Jika kamu suka jelajah pulau, bisa juga lho mencoba island hopping menggunakan kapal yang disewakan di sini. Nah, kalau kamu ingin berenang namun tidak berani berenang di laut, di sini juga disediakan kolam renang dengan view laut. Lengkap dan menyenangkan untuk mengisi liburanmu!

  • Alamat :  Jl. Likupang-Girian, Maen, Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara
  • Waktu Operasional : Sabtu – Kamis 09.00 – 17.00, dan Jumat 08.00 – 17.00 WITA
  • Tiket Masuk : Mulai Rp150.000/pack

9. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua (Copy)

Salah satu gugusan pulau di Taman Nasional Bunaken ini memiliki keunikan yang tak dimiliki gugusan pulau lainnya. Pulau Manado Tua memiliki dinding karang dengan kedalaman 20 – 25 meter di dalam dasar laut. Jika kamu suka scubadiving maupun freediving, wajib mencoba menyelam di sini!

Di Pulau Manado Tua, terdapat Gunung Manado Tua bersejarah yang merupakan tempat tokoh penting Manado disemayamkan. Hal unik lainnya, di pulau ini terdapat jangkar besar peninggalan kapal Portugis. Menarik kan?

  • Alamat : Manado Tua, Kepulauan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis. Sewa kapal : Mulai Rp800.000 – Rp1.300.000/kapal

10. Taman Nasional Bunaken

 

Pulau yang satu ini, pasti sudah tak asing bagi kalangan traveller. Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu primadona di Sulawesi Utara yang terkenal dengan keindahan alam yang masih alami. Alam bawah lautnya benar-benar memikat hati bagi siapapun yang suka aktivitas diving. Pulau ini, jangan sampai kamu lewatkan ketika traveling ke Sulawesi Utara, ya!

Taman Nasional Bunaken terdiri dari beberapa gugusan pulau yang memiliki keunikan tersendiri. Pulau tersebut diantaranya, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage, Pulau Bunaken, Pulau Naeng Kecil, dan Pulau Naeng Besar. Menuju ke sini, kamu bisa menyeberang dari Kota Manado sekitar 30 menit. Yuk, ke Bunaken!

  • Alamat : Pantai Liang Bunaken, Wori, Kota Manado, Sulawesi Utara
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.500

Nah, itulah 10 pantai di Manado yang bisa kamu kunjungi. Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, sudah pasti memiliki berjuta keindahan alam khususnya pantai. Liburan selanjutnya, mau ke pantai yang mana?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram