Inilah 8 Destinasi Pantai Memesona di Sekitar Kota Medan

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Medan merupakan Ibu kota Provinsi Sumatera Utara dan menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Sebagai salah satu kota terbesar, akses menuju Kota Medan pun terbilang mudah. Kamu bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Kualanamu, bus antara kota antar provinsi, atau bisa juga naik kapal Pelni ke Pelabuhan Belawan.

Kota Medan menyimpan banyak hal menarik yang bisa dieksplor. Mudahnya transportasi ke Medan, membuat kota ini wajib masuk ke dalam daftar wisata selanjutnya. Terkenal dengan Danau Toba, di sini juga terdapat banyak pantai cantik nan memesona. Simak ulasan 8 pantai cantik di sekitar Kota Medan yang bisa kamu kunjungi berikut ini.

1. Pantai Romantis

Pantai Romantis

* sumber: cerita-kig.blogspot.com

Pantai sering dijadikan sebagai destinasi wisata yang menyenangkan, bahkan bagi sebagian orang, pantai dinilai sebagai tempat yang romantis. Begitu pula dengan pantai di Sumatera Utara yang satu ini. Pantai Romantis namanya. Salah satu pantai di pesisir Perbaungan, Serdang Bedagai ini memiliki kesan romantis.

Pantai Romantis menyediakan pondok atau gazebo yang terbuat dari bambu dan dilengkapi dengan hiasan kelambu berwarna-warni. Sejak masuk area pantai, pengunjung disambut dengan nuansa pink dan terdapat jembatan panjang yang dihiasi dedaunan rambunctious. Pantai yang berjarak 60 km dari Medan ini cocok dikunjungi bersama pasangan.

  • Alamat : Jl. Pantai Tengah No.20, Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara
  • Operasional : 07.00 – 19.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp25.000 – Rp35.000

2. Pantai Kampung Nipah

Pantai Kampung Nipah

Pantai Nipah merupakan pantai dengan hutan mangrove yang memesona di Sumatera Utara. Pantai ini terletak di Kabupaten Sedang Bedagai, berjarak kurang lebih 58 km dari Kota Medan dan bisa ditempuh kurang lebih 1 hingga 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Setibanya di Pantai Nipah, kamu akan disuguhkan dengan hutan mangrove yang rimbun dan pantai yang indah.

Pantai ini sering juga disebut dengan Pantai Mangrove Kampung Nipah. Area wisata Pantai Nipah dikelola oleh warga setempat. Sehingga di sini bukan hanya bisa melakukan wisata pantai dan hutan mangrove saja, kamu juga bisa melihat langsung proses pengolahan tanaman bakau menjadi makanan. Selain wisata alam, kamu pun mendapat wisata edukasi.

  • Alamat : Sei Naga Lawan, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara
  • Operasional : 07.00 – 18.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

3. Pantai Cermin Kanan

Pantai Cermin Kanan

* sumber: www.becaksiantar.com

Pantai Cermin merupakan nama salah satu daerah di Kabupaten Serdang Bedagai. Di sini terdapat banyak sekali destinasi wisata. Salah satunya adalah Pantai Cermin Kanan. Pantai ini berjarak kurang lebih 54 km ke arah timur dari Kota Medan. Di sini menyediakan berbagai hal seru untuk mengisi hari libur.

Pantai Cermin Kanan memiliki theme park yang dilengkapi dengan berbagai permainan seru, seperti kolam renang, jungkat-jungkit,ember tumpah, perosotan, hingga bermain di kolam ban. Selain itu, di pantai ini juga terdapat wahana water sport seperti speed boat, banana boat, jetski, fishing boat,  serta dilengkapi dengan resort yang mewah

  • Alamat : Pantai Cermin Kanan, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

4. Pantai Bali Lestari

Pantai Bali Lestari

Pantai yang satu ini, dinilai memiliki pesona yang tak kalah indah dengan pantai yang ada di Pulau Bali. Pantai Bali Lestari merupakan salah satu destinasi wisata di Sumatera Utara yang recommended untuk dikunjungi ketika keluyuran ke Medan. Pantai ini berjarak kurang lebih 54 km dari kota Medan, letaknya tak jauh dari Pantai Cermin Kanan.

Pantai Bali Lestari memiliki pasir putih bersih yang membentang luas dengan air laut yang biru bersih. Pantai ini menghadap langsung ke Selat malaka dengan ombak yang terbilang cukup aman dan tidak terlalu besar. Di sini, kamu bisa camping di pinggir pantai, hingga berjemur di tepi Pantai Bali Lestari.

  • Alamat : Jl. Mayjend H. T. Rizal Nurdin, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp15.000/orang

5. Pantai Pandan

Pantai Pandan

* sumber: indonesiantourist-spots.blogspot.com

Pantai Pandan merupakan salah satu destinasi pantai cantik di Sumatera Utara. Pantai ini berapa di pesisir barat Kabupaten Tapanuli Tengah, atau Sibolga. Berjarak kurang lebih 340 km dari Kota Medan, kamu perlu menempuh waktu selama kurang lebih 8 jam. Meski jarahnya terbilang jauh, tetapi pantai ini menjadi salah satu destinasi yang recommended dikunjungi.

Pantai berpasir putih yang membentang dari timur ke barat ini di memiliki air laut biru yang sangat jernih, dan tenang. Sehingga pantai ini sangat aman untuk dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak. Pantai Pandan bisa dieksplor menggunakan speed boat atau perahu motor. Menikmati keindangan pantai di Sibolga, wajib kamu lakukan.

  • Alamat : Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

6. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara

Pantai Mutiara merupakan salah satu pantai cantik di Kabupaten Serdang Bedagai. Pantai ini masih satu garis dengan Pantai Cermin dan Pantai Bali Lestari. Pantai yang menghadap ke Selat Malaka ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk menyaksikan pesona matahari terbit.

Pantai Mutiara menyediakan pondok asri dimana pengunjung bisa beristirahat hingga menggelar acara kecil-kecilan. Selain itu, ada pula hiburan karaoke gratis yang cocok untuk melaksanakan liburan bersama keluarga atau komunitas. Bagi yang membawa anak-anak, Pondok Mutiara juga memiliki tempat bermain anak.

  • Alamat : Kota Pari, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp8.000/orang

7. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto

* sumber: www.pegipegi.com

Menyeberang ke sisi barat Sibolga, terdapat Pulau Nias yang memiliki berjuta keindahan. Meski jaraknya terbilang jauh dari Kota Medan, Pulau Nias recommended dikunjungi bagi kamu yang memiliki waktu banyak untuk mengeksplor Sumatera Utara. Di pulau ini, terdapat Pantai Tureloto yang terletak di sudut Pulau Nias.

Pantai Tureloto merupakan pantai dengan ombak yang tenang. Padahal, pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Mulanya, pantai ini memiliki pasir pantai yang membentang luas, tetapi setelah terjadi gempa bumi pada tahun 2005, Pantai Tureloto berubah menjadi hamparan batu karang yang tersebar di tepi pantai, berpadu dengan pasir putih yang cantik.

  • Alamat : Tureloto, Balefadoro Tuho, Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

8. Pulau Paropo

Pulau Paropo

Jika biasanya pantai berada di dataran rendah, beda dengan yang satu ini. Pantai Paropo atau dikenal dengan Pulau Paropo merupakan destinasi yang mirip seperti pantai dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Pulau ini berada di kawasan Danau Toba, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Pulau Paropo memiliki pasir yang membentang luas seperti pantai, dengan air danau kehijauan yang sangat cantik. Salah satu hal yang bisa dilakukan di Pulau Paropo adalah camping. Di sini, pengunjung bisa membangun tenda yang menghadap langsung ke danau. Pulau ini menjadi alternatif bagi pencinta pantai, tanpa takut dengan udara panas yang menyengat.

  • Alamat : Silahisabungan, Paropo I, Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp10.000/orang

Demikian informasi 8 destinasi pantai yang memesona di sekitar Kota Medan. Ternyata, bukan hanya pesona Danau Toba saja yang menarik, ada juga pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai lain di Indonesia. Yuk, keluyuran ke Medan!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *