keluyuran web banner

Pesona 10 Pantai Indah di Pacitan untuk Mengisi Liburanmu

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 25 November 2019

Pacitan merupakan kabupaten kecil di ujung barat Provinsi Jawa Timur, yang menjadi tempat kelahiran bagi Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kabupaten ini diberi julukan Paradise of Java. Bukan tanpa alasan, Pacitan memang memiliki berjuta keindahan yang bisa mengisi liburanmu dan sayang jika dilewatkan.

Pacitan disebut juga sebagai Kota 1001 Gua, karena memiliki banyak sekali gua. Tak hanya itu, letaknya yang berada di selatan Pulau Jawa, Pacitan memiliki garis pantai yang panjang dengan pesona yang sangat memesona. Kali ini, Keluyuran mau memberikan informasi tentang 10 pantai di Pacitan yang cocok untuk mengisi hari libur. Apa saja? yuk, simak artikel ini!

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar (Copy)

* sumber: www.jelajahpulau.com

Pantai Klayar selalu menjadi primadona pantai di Pacitan. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu terdapat batu karang besar yang jika terkena ombak besar akan mengeluarkan air mancur dari atas batu. Hal ini takkan kamu temukan di pantai lainnya.

Tak hanya itu saja, di Pantai Klayar terdapat aliran air tawar yang berasal dari sungai, dan mengalir langsung ke arah pantai. Keindahan dan keunikan Pantai Klayar, akan membuatmu betah berlama-lama di sini. Terlebih Pantai Klayar sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata seperti warung makan, toilet, serta musholla.

  • Alamat : Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

2. Pantai Ngiroboyo

Pantai Ngiroboyo (Copy)

* sumber: pacitanku.com

Tentu kamu sudah tidak asing dengan Sungai Maron nan eksotis di Pacitan. Buat kamu yang ingin menjelajahi Sungai Maron, dapat menggunakan perahu dari Pantai Ngiroboyo. Pantai ini merupakan salah satu pintu untuk menuju Sungai Maron.

Pantai Ngiroboyo merupakan pantai dengan pasir putih kecokelatan yang eksotis. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan biasa digunakan untuk belajar berselancar. Jika dibandingkan dengan Pantai Klayar, Pantai Ngiroboyo cenderung masih sepi pengunjung. Cocok buat kamu yang suka dengan suasana tenang.

  • Alamat : Kalak, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • Operasiona : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

3. Pantai Buyutan

Pantai Buyutan (Copy)

* sumber: iklantravel.com

Garis pantai Pacitan, memiliki pasir yang putih dan bersih. Salah satunya di Pantai Buyutan. Hamparan pasir putih yang cantik dan laut yang biru jernih akan menyambutmu ketika datang ke sini. Namun, ada hal unik dari tempat ini. Tak hanya sekadar pantai, di Pantai Buyutan terdapat batu karang berbentuk mahkota Dewa.

Menurut cerita, batu tersebut merupakan mahkota Dewa Narada yang terjatuh ke laut ketika terbang di atas pantai. Letak batu tersebut tak jauh dari bibir pantai, menambah eksotisme Pantai Buyutan. Selain itu, di sini juga terdapat perbukitan karang yang menjadi spot favorit untuk menyaksikan sunset.

  • Alamat : Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  •  Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

4. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo (Copy)

* sumber: ihategreenjello.com

Beberapa pantai di Pulau Jawa, terdapat air terjun alami yang langsung mengarah ke pantai. Salah satunya ada di Pantai Banyu Tibo, Pacitan. Sesuai dengan namanya, Banyu Tibo yang berarti air terjun. Uniknya, air terjun di sini takkan kering meski memasuki musim kemarau. Karena air yang dihasilkan berasal dari sungai.

Jika kondisi air laut sedang surut, kamu bisa bermain air di bawah air terjun. Perlu berhati-hati, karena ombak di sini cukup besar. Apabila ombak sedang besar, kamu tetap bisa menikmati keindahannya dari atas tebing Pantai Banyu Tibo.

  • Alamat : Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000/orang

5. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung (Copy)

* sumber: www.jejakpiknik.com

Pantai Watu Karung terkenal karena peselancar Internasional, Bruce Irons, mengabadikan momen di pantai ini. Pantai berpasir putih yang terhampar luas, dan dikelilingi perbukitan karang, serta sabana hijau yang cantik menjadi daya tarik Pantai Watu Karung.

Kamu yang menyukai water sport, dapat mencoba sensasi berselancar brsama ombak Watu Karung, dan menyelam bersama ikan serta menikmati pesona alam bawah lautnya. Setelah mencoba water sport, kamu bisa membangun tenda dan camping di Pantai Watu Karung. Jangan lupa abadikan momen matahari terbenam, ya!

  •  Alamat : Pringkuku, Ketro, Watukarung, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Pantai Srau

Pantai Srau (Copy)

* sumber: scprodblog.blogspot.com

Kamu ingin bersantai di pantai yang sepi? Pantai Srau memiliki tiga bagian pantai yang dikelilingi bukit karang, di sini kamu bisa memilih akan menikmati pemandangan Pantai Srau dari sisi yang mana. Ketiga spot ini memiliki pesona yang berbeda-beda. Sehingga kamu takkan bosan untuk mengeksplorasi Pantai Srau.

Bagian pertama, kamu bisa melihat pantai dan laut dari atas perbukitan karang. Bagian kedua, menjadi spot paling diminati, yaitu spot ­sunset. Kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam dari sini. Bagian terakhir, adalah tempat camp dan sumber air tawar. Berbeda dengan pantai lain, Pantai Srau memiliki sumber air tawar yang jaraknya tidak jauh dari area pantai.

  • Alamat : Candi Pringkuku, Candi, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

7. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul (Copy)

* sumber: www.garispantai.com

Jika pantai pada umumnya terdapat hamparan pasir, laut biru, dan bisa dinikmati dari tepi pantai, berbeda dengan yang satu ini. Pantai Ngandul tidak terdapat pasir, melainkan tebing yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Di atas tebing terdapat sungai yang mengalirkan air langsung ke laut.

Berbeda pula dengan Pantai Banyu Tibo, air yang dialirkan dari sungai di Pantai Ngandul langsung menuju ke air laut tanpa melewati pasir pantai. Pesona yang jarang ditemukan di pantai lainnya. Kamu bisa duduk bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan Pantai Ngandul yang memesona.

  •  Alamat : Widoro, Donorojo, Krajan Wetan, Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

8. Pantai Soge

Pantai Soge (Copy)

* sumber: www.garispantai.com

Pantai Soge terbilang sangat strategis dan mudah dijangkau. Kamu bisa melihat pantai ini langsung dari tepi jalan. Pantai dengan pasir putih bersih dan ombak yang indah bisa kamu lihat bahkan sebelum kamu tiba di pantai ini. Jika dilihat dari jalan, mungkin Pantai Soge terlihat seperti pantai biasa. Namun, tak hanya pantai yang bisa kamu nikmati di sini.

Di Pantai Soge, terdapat danau kecil berair asin. Air danau ini berasal dari ombak yang tidak kembali ke laut ketika surut. Kamu bisa menikmati danau dengan perahu serharga Rp15.000/ orang. Selain itu, ada pula Muara Sungai Soge yang jernih dan memiliki panjang 150 meter. Kamu bisa bermain air sungai dan pantai sekaligus.

  • Alamat : Dondong, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000/orang

9. Pantai Kasap

Pantai Kasap (Copy)

* sumber: blogkulo.com

Pantai Kasap dikenal sebagai miniaturnya Raja Ampat. Terdapat gugusan pulau-pulau kecil di tengah laut, nampak seperti di Misool, Raja Ampat. Lokasi Pantai Kasap masih satu wilayah dengan Pantai Watu Karung. Kamu bisa mengunjungi dua pantai ini sekaligus dan menikmati keindahan yang berbeda.

Seperti pantai lainnya di Pacitan, Pantai Kasap memiliki pasir putih dengan ombak besar yang memesona. Jika air laut sedang pasang, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Kasap dari atas bukit samping pantai. Di atas bukit kamu bisa melihat keindahan gugusan pulau kecil di Pantai Kasap dengan lebih jelas.

  • Alamat : Gumuharjo, Watukarung, Pringkulu, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong (Copy)

* sumber: phinemo.com

Jika di Bali ada Pantai Batu Bolong, dan di Sumba ada Pantai Bwanna, maka di Pacitan ada Pantai Karang Bolong. Tak seperti pantai lainnya, Pantai Karang Bolong tidak berpasir. Hanya memiliki sebuah tebing besar yang menjorok ke tengah laut. Permukaan yang luas dan ditumbuhi rerumputan hijau, memungkinkan kamu untuk bisa duduk bersantai di atas tebing ini.

Pantai Karang Bolong letaknya dekat dengan Pantai Klayar. Jadi, setelah puas bermain di Pantai Klayar, kamu bisa mengunjungi Pantai Karang Bolong untuk menyaksikan matahari terbenam dari atas tebing.

  • Alamat : Karang Bolong, Kendal, Sendang, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

Demikian informasi 10 pantai eksotis di Pacitan yang bisa mengisi hari liburmu. Menikmati pantai yang cantik dan memesona pasti menjadi dambaan semua orang. Pantai mana yang menjadi favoritmu?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram