7 Pantai di Padang dengan Pemandangan Sunset yang Menawan

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 1 Juni 2021

Banyak orang bilang, Padang surganya makanan enak. Kota yang masyarakatnya disebut sebagai “perantau terbaik”, berhasil menyebarkan masakan khas Padang yang sangat enak. Banyaknya perantau dari Kota Padang ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan sampai Papua, bukan berarti kota ini tidak nyaman untuk ditinggali.

Kota Padang dengan icon Jam Gadang yang selalu menjadi ciri khas ini menyimpan beragam keindahan alam dan pariwisatanya yang sayang untuk dilewatkan. Berada di pulau Sumatera bagian barat, Padang memiliki deretan pantai cantik yang bisa kamu kunjungi. Kali ini, Keluyuran akan merekomendasikan 7 pantai di Padang untuk liburanmu!

1. Pantai Padang

Pantai Padang

Sesuai dengan nama kotanya, Pantai Padang terletak di kota Padang dan sangat dekat dengan pusat kota. Pantai Padang disebut juga Taplau, atau singkatan dari Tapi Lauik, yang berarti tepi laut dalam bahasa Indonesia. Letak Pantai Padang, benar-benar berada di pinggir jalan, sehingga cukup mudah ditemui. Bisa juga dijadikan sebagai destinasi utama sesampainya di Kota Padang.

Pantai yang menghadap ke barat, tentu sangat tepat dikunjungi pada waktu sore hari menjelang sunset. Di sini, kamu bisa menyaksikan cantiknya matahari terbenam di laut lepas Pantai Padang yang memesona. Di sekitar Pantai Padang, terdapat bukit yang menjorok ke laut atau disebut sebagai Gunung Padang.

  • Alamat : Purus, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  •  Tiket Masuk : Gratis

2. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Kamu tahu legenda Malin Kundang dari Padang? Cerita yang sudah banyak dikenal tentang seorang pria yang durhaka terhadap Ibunya, kemudian Ibunya mengutuk anak tersebut menjadi batu. Di Pantai Air Manis, terdapat batu berbentuk orang sedang bersujud, yang dipercaya masyarakat sebagai batu Malin Kundang.

Keberadaan batu Malin Kundang sangat menarik perhatian. Karena bentuk batu tersebut benar-benar seperti manusia yang sedang bersujud. Selain itu, di dekat pantai ini terdapat Pulau Pisang yang bisa kamu kunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut. Letak Pantai Air Manis sendiri berada di balik Gunung Padang.

  • Alamat : Air Manis, Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

3. Pantai Caroline

Pantai Caroline

Pantai Caroline merupakan pantai dengan pasir putih dan dilengkapi dengan pohon kelapa landai di pinggir pantainya. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan menantang, cocok  dikunjungi buat kamu pecinta surfing. Tak hanya itu, alam bawah Pantai Caroline juga menarik untuk di eksplorasi.

Terumbu karang yang cantik, serta beraneka ragam ikan hias yang sangat menawan. Pantai Caroline juga merupakan akses ke pulau-pulau kecil di Sumatera Barat, seperti Pulau Talena, Pulau Sirandah, Pulau Pisang, dan Pulau Kasiak. Kamu bisa menyeberang ke pulau-pulau ini dengan biaya mulai Rp500.000 menggunakan perahu.

  • Alamat : Jl. Padang Painan, Bungus Selatan, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

4. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan

Pulau kecil nan cantik dan memesona dari Sumatera Barat ini bernama Pulau Pasumpahan. Untuk menuju ke sini, kamu perlu menyeberang selama kurang lebih 25 menit dari Teluk Bungus. Pulau Pasumpahan memiliki luas hanya 5 hektar saja, namun keindahannya akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

Kalau kamu suka mendaki, di sini terdapat bukit kecil yang bisa kamu daki. Dari puncak bukit kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat memesona. Rasa lelah setelah mendaki, akan terbayar dengan cantiknya pemandangan gugusan pulau di sekitar Pulau Pasumpahan. Jika kamu ingin bermalam, di sini sudah disediakan penginapan juga lho.

  • Alamat : Jl. Sungai Pisang, Teluk Kabung Selatan, Bungus Teluk Kabung, Kota Padang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp15.000, penyeberangan Rp35.000 – Rp50.000

5. Pulau Pasir Gadang

Pulau Pasir Gadang

Satu lagi pulau cantik di pesisir barat Sumatera, dimana kamu bisa menemukan bintang laut berwarna merah. Pulau Pasir Gadang namanya. Memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, hanya setengah lapangan bola, pulau ini hanya bisa dikunjungi ketika air laut sedang surut. Karena saat sedang pasang, hampir seluruh daratan akan tenggelam.

Pulau Pasir Gadang, bisa disebut pula sebagai Pulau Gusung. Pulau dengan pasir putih yang bersih dan halus. Di sini, kamu bisa berenang di bagian utara pulau, dengan air yang tenang dan pemandangan bawah laut yang memesona. Di sini, kamu bisa melihat bintang laut merah yang sangat aman dan tidak beracun.

  • Alamat : Teluk Bayur, Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 16.00
  •  Tiket Masuk : Gratis

6. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Bila kamu biasa melihat pantai dengan pasir putih dan dihiasi pohon kelapa di pinggir pantainya, kamu bisa melihat pemandangan tersebut secara langsung di Pantai Nirwana. Pantai berpasir putih bersih ini terdapat pohon kelapa yang menghiasi area tepi pantai. Cantik, seperti yang ada pada gambar atau lukisan!

Di pantai ini, kamu bisa melihat kapal nelayan, kapal penumpang dan kapal dagang yang datang dan pergi dari Pelabuan Teluk Bayur. Saat air laut sedang surut, kamu bisa melihat batu karang dan koral kecil yang bertebaran di tepi pantai. Jika kamu datang di waktu sore, kamu bisa menyaksikan matahari terbenam berpadu dengan lampu pelabuhan serta kapal yang epic!

  • Alamat : Jl. Raya Padang – Painan, Teluk Bayur, Padang Selatan, Kota Padang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 18.00
  • Tiket Masuk : Rp 10.000

7. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Kota Padang. Pantai berpasir putih kecokelatan ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga sangat memungkinkan digunakan untuk surfing. Hamparan pasir di sini cukup luas dan datar, kamu bisa bersepeda di Pantai Pasir Jambak.

Jaraknya cukup jauh dari kota Padang, sekitar 17 – 20 km dari pusat kota. Jika kamu ingin beristirahat, di sini sudah disediakan penginapan dan guest house. Kamu bisa berjalan-jalan menyusuri tepi pantai, duduk santai di gazebo sambil menikmati deburan ombak, dan berjemur. Tak hanya itu, sunset di sini juga cantik lho!

  • Alamat : Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Koto Tengah, Kota Padang
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Harga Tiket Masuk : Rp3.000

Kota Padang berada di bagian barat Indonesia. Tentu, keindahan pantainya akan semakin memesona di waktu sore menjelang malam. Menyaksikan cantiknya pemandangan ketika sang surya ‘pamit’ setelah menerangi hari, akan menjadi hal yang tidak terlupakan ketika kamu berkunjung ke sini. Tertarik berlibur ke kota Padang? Selain bermain di pantai, jangan lewatin untuk cobain kuliner legendarisnya ya. Yuk rencanakan liburan menyenangkan ke Sumatera Barat!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram