9 Pantai di Pasuruan yang Menarik untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau berlibur ke daerah Jawa Timur, wisatawan bisa mengunjungi salah satu kabupaten di provinsi tersebut, yaitu Pasuruan. Kota ini letaknya berbatasan langsung dengan Kota Surabaya. Selain terkenal dengan kompleks Pegunungan Tengger dengan Gunung Bromo, Pasuruan juga memiliki wisata bahari yang bisa coba dikunjungi.

Pantai di Pasuruan memiliki keunikan tersendiri lho! Ingin tahu pantai di Pasuruan yang menarik untuk dikunjungi? Simak ulasan berikut ini.

1. Pantai Lekok

Pantai Lekok

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=FeJHZwqm_xA

Pantai di Pasuruan yang pertama yaitu Pantai Lekok. Terletak di sebelah utara Kabupaten Pasuruan, pantai ini berbatasan langsung dengan laut Jawa. Lokasi tepatnya dari pantai ini adalah di Desa Pangaletan, Jatirejo, Kec. Lekok, Pasuruan. Pantai di Pandaan ini menjadi favorit dari warga Pasuruan.

Yang menjadi daya tarik pantai ini adalah pasir putih kecokelatannya disertai deretan perahu nelayan yang berada di tepi pantai tentunya menjadi pemandangan yang menarik. Selain bisa menikmati deru ombak dan angin, wisatawan juga bisa  menyaksikan perahu-perahu nelayan di bibir pantai.

Tak ketinggalan, mereka juga bisa berburu berbagai ikan-ikan segar. Pantai Lekok memiliki sebuah tradisi unik yang diselenggarakan tiap tahunnya yang disebut dengan Ski Lot, yaitu aksi belut, lele, dan kepiting sambil berselancar di atas lumpur. Tradisi ini biasanya diadakan ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

Tak mengherankan jika pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada momen besar umat Islam tersebut. Untuk berwisata ke pantai ini tak memerlukan biaya yang mahal. Tiket masuknya hanya Rp7.500 saja. Bagaimana? Murah bukan?

  • Alamat : Pengaletan, Jatirejo, Lekok, Pasuruan,
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Rp7.500

2. Pantai Blandongan

Pantai Blandongan

Pantai di Pasuruan yang bisa menjadi tujuan destinasi wisata berikutnya adalah Pantai Blandongan. Berlokasi di Kelurahan Blandongan, Bugulkidul, Pantai Blandongan tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tapi juga berbagai fasilitas lengkap yang dapat dinikmati pengunjung.

Di sini, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan, bermain voli pantai, atau hanya berjalan-jalan santai di tepi pantai. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berfoto dengan latar matahari tenggelam yang tentunya terlihat indah. Pantai Blandongan bisa jadi tempat bermain sambil menikmati alam baharinya.

Jika pengunjung ingin menikmati pemandangan indah dan romantis, tapi tak membuat kantong bolong, Pantai Blandongan bisa menjadi pilihan. Harga tiketnya hanya sebesar Rp5.000. Oh iya, jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan saat berada di pantai ini. Buang sampah pada tempatnya, ya!

  • Alamat : Desa Blandongan, Bugulkidul, Pasuruan
  • Jam buka : 24 jam
  • HTM : Rp5.000

3. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul

* sumber: klasikle.blogspot.com

Pantai Penunggul merupakan pantai yang terkenal yang memiliki pasir berwarna putih. Pantai di Pasuruan ini berada Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Pasuruan. Di sini pengunjung bisa menikmati wisata mangrove atau bakau yang luasnya sekitar 144 hektar.

Jadi, tak hanya bermain ombak dan pasir putih di tepi pantai, pengunjung juga bisa belajar mengenai beberapa tipe tanaman bakau, contohnya Abisina Alba, Rhyzapora Mucronata, Alasina Marina & Rhyzapora Apiculata.  Fasilitas di Pantai Penunggul juga sudah cukup lengkap.

Pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas, seperti kamar mandi, area parkir, warung makan, sampai tempat istirahat. Untuk pengunjung yang ingin berwisata ke pantai ini dan menikmati keindahan pantai dikenakan tiket seharga Rp10.000.

  • Alamat : Sawah & Tambak, Penunggul, Nguling, Pasuruan
  • Jam buka : 07.00 – 18.00 WIB
  • HTM : Rp10.000

4. Pantai Tambak Bahak

Pantai Tambak Bahak

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ahc1qDghwhk

Pantai Tambak Bahak di Pasuruan yang terletak di jalur pesisir pantai utara Pulau Jawa ini bisa dijadikan pilihan destinasi wisata yang menarik. Pantai Bahak berbeda dengan pantai-pantai lainnya karena di sini pengunjung bisa menemukan air laut yang begitu bersih dan jernih sampai yang berwarna kebiruan.

Warna ini berpadu dengan warna pasirnya yang yang berwarna putih sehingga menciptakan pemandangan alam yang sangat memesona. Tak sedekar bisa dikunjungi untuk menikmati keindahan pemandangan alamnya, Pantai Tambak Bahak juga menyajikan berbagai olahan ikan.

Tak berbeda dari Pantai Blandongan, pantai yang berada di Kabupaten Pasuruan ini beroperasi 24 jam. Pengunjung juga bisa menjumpai warung-warung makan yang menyajikan menu-menu yang menggugah selera tentunya. Untuk tiket masuknya, dipatok seharga Rp5.000.

  • Alamat : Jalan Tambak Bahak Sawah, Kabupaten Pasuruan
  • Jam buka : 24 jam
  • HTM : Rp5.000

5. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Jika mendengar namanya, orang-orang mungkin akan menebak mengapa pantai ini diberi nama Pantai Pasir Panjang. Ya, memang pantai ini mendapatkan namanya karena lokasinya disebut-sebut mempunyai garis pantai terpanjang di Pasuruan.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mendapati Pantai Lekok yang kawasan perairannya saling terhubung jika mereka menjelajahi sepanjang bibir Pantai Pasir Panjang. Pantai ini juga memiliki panorama alam yang tak kalah cantiknya dari pantai-pantai sebelumnya.

Wisatawan yang berkunjung bisa merasakan kesegaran ketika mendengarkan suara gemuruh ombak saat menghantam batu karang. Jika ingin bermain air di pantai, jangan lupa untuk membawa handuk beserta baju ganti supaya tidak kedinginan setelah seru-seruan bermain.

  • Alamat : Wates, Lekok, Pasuruan
  • Jam buka : 24 jam
  • HTM : Gratis
  • No Telp: 0823-3539-3339

6. Pantai Kisik

Pantai Kisik

Pantai Kisik merupakan salah satu pantai di Pasuruan yang masih belum banyak dikunjungi oleh wisatwan. Para pengunjung yang datang ke pantai ini bisa menyaksikan banyak kapal nelayan serta pemandangan yang indah di sore hari. Karena masih belum begitu terkenal, pantai ini buka 24 jam.

Pengunjung bisa menyaksikan pemandangan perahu-perahu nelayan yang berbaris di pinggir pantai di wisata alam Pasuruan ini. Pemandangan di pantai semakin indah saat hari mulai senja. Sayangnya, karena belum banyak dikunjungi, informasi tentang pantai ini masih minim.

  • Alamat : Kabupaten Pasuruan
  • Jam buka : 24 jam

7. Pantai Karang Hitam

Pantai Karang Hitam

* sumber: yukvika.blogspot.com

Jika dilihat dari namanya, beberapa orang mungkin mengsalahartikan kalau karang di Pantai Karang Hitam ini semuanya berwarna hitam. Ternyata nama pantai ini diberikan karena pantai ini mempunyai keindahan yang memukau terutama di saat matahari tenggelam.

Jadi, ketika matahari mulai tenggelam, karang-karang yang berada di pantai ini akan terlihat berwarna hitam. Selain itu, pantai ini berbeda dari pantai lain yang berada di Pasuruan adalah warna pasirnya yang cokelat bersih. Seperti pantai-pantai lain, di sini juga terdapat perahu-perahu yang berwarna-warni.

Keberadaan perahu-perahu tersebut memperindah pemandangan pantai. Sayangnya, pantai ini belum mendapatakan sentuhan dari pemerintah daerahnya sehingga fasilitas penunjang untuk para pengunjung belum banyak. Akan lebih baik jika mulai dibangun beragam fasilitas penunjang.

  • Alamat : Pasuruam, Kebun, Wates, Lekok, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka : 24 jam (Senin-Minggu)

8. Pantai Panggung

Pantai Panggung

* sumber: jejakpiknik.com

Pantai di Pasuruan ini belum banyak diketahui oleh banyak pengunjung. Seperti halnya pantai-pantai lain di Pasuruan, Panti Panggung juga memiliki hamparan pasir hitam kecokelatan disertai ombak yang tenang sehingga pengunjung betah berlama-lama di pantai ini.

Keunikan yang dimiliki pantai ini bisa disaksikan ketika air sedang surut. Pengunjung akan bisa menyaksikan hamparan pasir bak lumpur yang terlihat eksotis. Selain itu, di sini juga terdapat beragam perahu nelayan yang tampak seperti terdampar di tengah-tengah padang lumpur.

  • Alamat : Laut Jawa No.kel, Panggung Rejo, Purworejo, Kota Pasuruan
  • Jam buka : 24 jam (Senin-Minggu)

9. Pantai Watuprapat Nguling

Pantai Watuprapat Nguling

Ada lagi pantai di Pasuruan yang juga jarang diketahui oleh banyak orang yaitu Pantai Watuprapat Nguling. Belum banyak orang yang mengulas mengenai pantai ini, tetapi Pantai Watuprapat layak untuk dikunjungi karena memiliki panorama alamnya yang cukup menyegarkan.

Di sekitar pantai juga terdapat tanamanan bakau yang membuat suasana semakin sejuk. Pengunjung bisa menyusuri wilayah bakau itu dengan berjalan melewati jembatan yang sudah disediakan. Pilihan lainnya yaitu menyewa perahu supaya perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

  • Alamat : Sekolahan, Watuprapat, Nguling, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Itulah pantai-pantai yang bisa kamu kunjungi saat kamu berkunjung ke Pasuruan, Jawa Timur. Pantai-pantai di Pasuruan ini tak kalah indahnya dari pantai-pantai lain di Indonesia. Sayangnya, sebagian pantai belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Tertarik untuk berlibur ke pantai di Pasuruan?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *