10 Pantai Terkenal di Prancis yang Secantik Pantai Karibia

Saat ditanya tempat liburan terkenal di Prancis, orang pasti akan menyebutkan Menara Eiffel atau Museum Louvre. Selain itu, Prancis juga terkenal akan fashion dan restoran-restoran Michelin star-nya. Namun ternyata Prancis juga memiliki keindahan alam lain berupa pantai-pantai yang indah.

Ratusan pantai berjajar di Laut Mediterania yang berkilau, Selat Inggris, dan Samudra Atlantik. Daerah terkenal di Prancis yang memiliki pantai-pantai yang indah dan pantai resor adalah French Riviera. Salah satu tempat yang terkenal di wilayah ini, yaitu Saint Tropez.

Namun selain daerah tersebut, pantai terbaik di Prancis terbentang dari bukit pasir di utara hingga di sepanjang pantai barat dan Mediterania di selatan. Mari kita intip keindahan pantai terkenal di Prancis di artikel berikut ini!

Baca juga: 10 Kebiasaan Unik Orang Prancis yang Menarik Diketahui

1. Pantai Etretat, Normandia

Pantai Etretat, Normandia
  • Alamat: 76790 tretat, Prancis
  • Jam buka: 09.30-20.30
  • HTM: Gratis

Etretat merupakan salah satu pantai terkenal di Prancis Barat Laut. Pantai ini terkenal akan tebing putih dan lengkungannya. Di bawah tebing terbentang pantai berpasir yang  banyak disukai oleh para peselancar.

Mungkin kalau di Indonesia keindahannya seperti Pantai Atuh atau Pantai Kelingking yang berada di Nusa Penida, Bali. Selama berabad-abad pantai yang indah ini menarik seniman Prancis ternama seperti Claude Monet dan Gustave Courbet.

Selain itu, pantai ini juga muncul dalam novel The Hollow Needle karya Arsene Lupin. Di bagian yang menawarkan pemandangan tebing spektakuler ini tidak terdapat fasilitas apa pun, tapi di pantai utama terdapat semua fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Untuk bisa mengakses pantai dan menjelajahi tebing Etretat, pengunjung bisa melakukannya dengan mendaki atau dengan naik perahu. Bagi mereka yang tertarik untuk menjelajahi tebing harus mengikuti rambu dan peringatan karena tidak ada pengaman yang jadi penghalang.

2. Calanque de Port Pin, Marseille

Calanque de Port Pin, Marseille
  • Alamat: Vaufrèges, 13260 Marseille, Prancis
  • HTM: Gratis
  • Telepon: +33420105000

Calanque de Port Pin merupakan pantai terkenal di Prancis lainnya. Tempat ini berupa teluk yang dalam dan terlindungi dengan baik serta berdekatan dengan Calanque d'En-Vau di sisi lain. Calanque de Port Pin merupakan bagian dari Taman Nasional Calanques dan di bagian Prancis ini, tempat tersebut adalah salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi.

Daerah ini memiliki kombinasi dari pasir, kerikil serta bebatuan dengan hutan pinus hijau subur disekelilingnya yang memberikan keteduhan pada pengunjung. Air lautnya sangat jernih dan tanpa ombak sehingga cocok untuk anak-anak juga orang dewasa. Harus diingat di dekat tempat berenang tidak terdapat fasilitas pendukung.

Untuk sampai di pantai, aksesnya cukup sulit. Pengunjung harus berhati-hati karena turunan menuju pantai berupa batu kerikil yang licin. Pilihan lainnya yaitu mengakses pantai dengan naik perahu.

3. Pantai Palombaggia, Corsica

Pantai Palombaggia, Corsica
  • Alamat: Route de Piccovagia, 20137 Porto Vecchio.
  • HTM: Gratis

Pantai yang berada di Corsica ini adalah pantai terkenal di Prancis yang akan memberikan suasana Mediterania kepada pengunjung. Di sini pantainya berhiaskan perairan berwarna pirus, pohon pinus, dan hamparan pasir yang panjang. Pantai Palombaggia di Porto Vecchio sering terpilih sebagai salah satu pantai terbaik di Prancis.

Di pantai yang terkenal ini membentang pasir putih halus kurang lebih satu kilometer.  Seluruh pantai memiliki berbagai fasilitas dan menawarkan aktivitas olahraga air. Selain itu, pantai ini juga ramah penyandang disabilitas. Pengunjung boleh membawa hewan peliharaan tapi jangan merokok karena area ini merupakan area bebas rokok.

Terletak sekitar 20 menit dari Porto Vecchio, pantai ini jaraknya sekitar 40 menit dari Bonifacio dan mudah dijangkau dengan mobil. Saat musim panas, ada bus yang beroperasi di daerah tersebut.

4. Saint Malo, Britany

Saint Malo, Britany
  • Alamat: Plage du Mole, St-Malo, Prancis
  • Jam buka: 24 jam

Saint Malo merupakan kota tua yang kaya dengan sejarah. Baru-baru ini kota tersebut terpilih sebagai tempat pantai terbaik di Prancis. Pengunjung akan merasa seperti melakukan perjalanan ke masa lalu saat berjalan di sepanjang jalan berbatu kota ini. Kota tua yang juga kota pelabuhan ini dilingkupi oleh tembok granit yang tinggi.

Dahulu tempat ini pernah ditempati oleh privateers, yaitu bajak laut yang didukung oleh raja. Selain pantainya yang indah, tempat ini juga memiliki hidangan lokal yang lezat, seperti tiram dan crepes, yang akan bisa ditemukan di banyak restoran dan pasar kota.

Sesudah menjelajahi benteng berdinding, pengunjung bisa berjalan ke pasir keemasan, yang merupakan salah satu pantai terbaik di Prancis di Emerald Coast. Plage du Môle merupakan pantai berpasir yang indah yang berada di Selat Inggris. Pantai ini bagus untuk berenang dan karena ada dermaga jadi terlindung dari angin.

Saint Malo juga dilengkapi dengan stasiun penjaga pantai musim panas sehingga membuat pantai ini populer di kalangan wisatawan yang datang dengan keluarga. 

5. Pantai Notre Dame, Ille de Porquerolles

Pantai Notre Dame, Ille de Porquerolles
  • Alamat: le de Porquerolles, 83400 Hyères, Prancis
  • HTM: Gratis

Pulau Porquerolles merupakan salah satu tujuan musim panas kelas atas di Prancis. Salah satu pantai terkenal di Prancis berada di sini, yaitu Pantai Notre Dame. Pantai ini sering disebut saat berbicara mengenai pantai di Porquerolles.

Hamparan pasir emas dan hutan pinus subur yang memberikan keteduhan merupakan pemandangan yang bisa didapatkan di pantai ini. Ini merupakan tempat liburan yang cocok untuk keluarga dengan anak kecil. Sayangnya pantai ini tidak menawarkan banyak fasilitas tepat di pantai.

Akan tetapi pantainya yang luas dan terpencil serta jauh dari keramaian membuat pantai ini ideal untuk berjemur, berenang dan piknik. Pantai ini berjarak sekitar 3 km dari pusat Porquerolles dan untuk sampai di pantai ini cara terbaiknya yaitu dengan berjalan kaki atau bersepeda.

6. Biarritz dan Pantai Basque

Biarritz dan Pantai Basque
  • Alamat: 1 Bd du Général de Gaulle, 64200 Biarritz, Prancis
  • Telepon: +33 5 59 24 59 55

Biarritz merupakan salah satu resor pantai yang elegan yang ada di Prancis. Tempat ini sukses menarik wisatawan kalangan atas sejak Belle Epoque atau “Zaman yang Indah”, yaitu di antara tahun 1800an hingga saat pecahnya perang dunia kesatu.

Keindahan Biarritz melampaui French Riviera dalam urusan pantainya. Pantainya berpasir halus dengan deburan ombak, dan angin laut yang menyegarkan.

Grande Plage merupakan salah satu pantai yang terbesar dan luas. Pantai ini berada di bawah bayang-bayang Hôtel du Palais yang terkenal. Ini adalah sebuah penginapan mewah yang pernah menjadi kediaman tepi laut dari Napoleon III dan istrinya, yaitu Permaisuri Eugénie.

Saat peak season, garis pantai Grande Plage yang luas tersebut dipenuhi oleh wisatawan yang berjemur dan cabanas bergaris, yaitu tenda tempat berteduh di tepi pantai.

Quai de la Plage yang merupakan kawasan pejalan kaki di sepanjang Grande Plage adalah tempat wisatawan berjalan-jalan santai sambil mengagumi garis pantai Teluk Biscay yang megah.

7. Pointe De Saint-Hernot, Britany

Pointe De Saint-Hernot, Britany
  • Alamat: 29160, Crozon, Prancis
  • HTM: gratis

Semenanjung Crozon mempunyai teluk-teluk kecil tersembunyi dengan pemandangan tebing terjal yang menonjolkan beberapa pantai terkenal di Brittany. Di Pointe de Saint-Hernot pengunjung bisa menjelajahi tebing terjal dan pohon pinus yang mengelilingi hamparan pasir yang menakjubkan.

Tempat ini merupakan surga bagi pejalan kaki lengkap dengan jalur pantai yang berkelok-kelok di sekitar Cap de la Chèvre yang berada di titik paling selatan semenanjung. Aktivitas lainnya yaitu menjelajahi gua laut dengan naik kayak atau menikmati kota Crozon dan pelabuhan Camaret yang indah.

8. Plage De L'île Saint-Nicolas, Britany

Plage De L'île Saint-Nicolas, Britany
  • Alamat: Finistère, Brittany, Prancis
  • HTM: Gratis

Beberapa pantai terindah di Prancis terdapat di kawasan pulau-pulau, seperti Pulau Saint Nicolas yang merupakan salah satu pulau utama di kepulauan yang ada di sini. Pengungjung bisa naik feri dari kota-kota di pesisir Finistere ke Kepulauan Glenan. Saint Nicolas merupakan cagar alam yang terkenal dengan bunga putih cantik di kawasan ini, yang disebut Glenan Narcissus.

Di sini tidak terdapat bangunan yang indah, hanya ada segelintir kafe dan sekolah menyelam yang terkenal. Pengunjung bisa bersantai di pasir putih Pantai Saint-Nicolas yang mempesona. Selain itu, mereka juga bisa berenang di laut dengan air berwarna pirus yang keindahannya sering dibandingkan dengan pantai di Karibia.

Untuk menemukan pulau-pulau tak berpenghuni di dekatnya, pengunjung bisa mengikuti tur perahu dan berjalan ke Bananec melintasi hamparan pasir ketika air surut. Kepulauan Glenan bisa diakses selama musim semi dan musim panas, jadi pastikan cek tanggal kunjungan sebelum datang ke sini.

9. Deauville, Normandy

Deauville, Normandy
  • Alamat: Promenade des Planches, 14800 Deauville, Prancis
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: +33 2 31 14 40 00

Daerah Deauville terkenal sekali dengan Festival Film Amerika yang diselenggarakan secara tahunan, lapangan golf, kasinonya yang megah, pacuan kuda, serta gala regatta. Selain itu, tempat ini memiliki pantai dengan hamparan pasir keemasan yang indah. Payung ikoniknya yang berwarna-warni menghiasi area pantai.

Di kawasan pejalan kaki berjajar pondok pantai. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk berjalan-jalan di sepanjang kawasan pejalan kaki saat Pantai Deauville masih lebih tenang. Bisa juga datang saat matahari terbenam. Di sekitar trotoar terdapat nama-nama terkenal. Ini adalah Walk of Fame Hollywood versi Deauville.

10. Plage De Trousse-Chemise, Ile De Re

Plage De Trousse-Chemise, Ile De Re
  • Alamat: Rte du Feu du Fier 17880 Les Portes-en-Ré

Nama pantai yang berpasir halus ini jika diartikan adalah ‘lengan digulung’. Letak pantainya berada di antara deburan ombak dan hutan pinus. Pantai ini diabadikan pada tahun 1960-an dalam lagu hit melankolis 'Trousse Chemise' yang dibawakan oleh Charles Aznavour. Tempat ini  masih menjadi salah satu tempat tercantik di pulau pedesaan dengan panjang sekitar 19 mil.

Di sini pengunjung akan menyaksikan bukit pasir yang terhampar luas, rawa-rawa liar, dan desa-desa bercat putih. Untuk menikmati makan siang tiram segar atau kerang dan kentang goreng, pengunjung bisa mendatangi restoran tepi pantai terdekat.

Prancis yang merupakan pusat mode dunia ternyata memiliki pantai-pantai yang indah. Beberapa pantai-pantai terkenal di Prancis ini muncul dalam lagu, lukisan juga novel karya seniman terkenal. Keindahan pantainya bisa disamakan dengan pantai-pantai di Karibia.

Hanya saja untuk berkunjung ke pantai-pantai terkenal di Prancis ini ada waktu-waktu tertentu. Biasanya di saat musim panas karena di musim lain cuacanya cukup dingin. Jadi, sudah siap berjalan-jalan di pantai-pantai yang ada di Prancis?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram