Inilah 6 Pantai di Purworejo yang Wajib Dikunjungi

Pantai memang selalu menjadi destinasi terbaik untuk menikmati berbagai permainan air yang menyenangkan. Bahkan pantai juga menjadi destinasi wisata alam yang cocok untuk anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Bukan hanya itu, kita juga bisa menikmati berbagai kuliner laut yang masih segar dan berbelanja berbagai oleh-oleh khas untuk orang rumah.

Kali ini kita akan membahas mengenai destinasi wisata alam pantai yang ada di Kabupaten Purworejo, Jawa Barat. Pantai-pantai di Purworejo juga dikenal karena kecantikan dan pesonanya yang tidak diragukan lagi. Pasalnya laut di Purworejo menghadap langsung ke Samudera Hindia, yang akan memberikan pemandangan horizon luas dan cantik.

Penasaran dong, kira-kira pantai mana saja sih yang bisa kita kunjungi saat berada di Kabupaten Purworejo. Informasi lebih lengkapnya bisa kamu baca di artikel di bawah ini.

1. Pantai Jetis

Pantai Jetis

* sumber: phinemo.com

Mencari pantai yang memiliki banyak spot foto yang cocok juga untuk jadi tempat nongkrong, kamu wajib sekali datang ke Pantai Jetis. Alasannya, karena di Pantai Jetis ini kamu akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang kekinian. Mudai dari spot foto, menaiki kuda poni, naik ATV, berenang atau hanya sekedar bermain pasir.

Selain berbagai fasilitas wisata, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai kuliner yang ada di Pantai Jetis. Kamu bisa mencoba berbagai hidangan laut yang dapat memuaskan lidah dan perutmu. Tenang saja, untuk harga berbagai kuliner lautnya masih terjangkau dan cukup bersahabat.

Bukan hanya itu, keindahan alam di Pantai Jetis juga benar-benar dapat memanjakan mata mu. Pantai yang dikelilingi oleh pohon kelapa, pohon salak, bakau dan air laut sangat jarang ditemukan di pantai lainnya. Kamu bisa berjalan-jalan menikmati semilir angin, sambil melihat keindahan laut yang terpapar di depan mu.

  • Alamat: Patutrejo, Kec. Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Rp3.000 / orang

2. Pantai Pasir Puncu

Pantai Pasir Puncu

Jika kamu merasa sangat penat dengan berbagai aktivitas perkotaan yang melelahkan, kamu bisa datang ke Pantai Pasir Puncu. Karena pantai ini adalah salah satu pantai di Purworejo yang masih sangat alami dengan deburan ombaknya. Hingga kini, Pantai Pasir Puncu masih terus di kembangkan agar dapat menarik minat banyak wisatawan.

Pantai lainnya yang menjadi surganya bagi para pemancing adalah Pantai Pasir Puncu yang berada di Desa Keburuhan. Banyak sekali orang-orang yang sengaja datang ke pantai ini untuk memancing sambil menikmati keindahan lautnya. Biasanya para pemancing datang secara rombongan baik bersama teman dan keluarga.

  • Alamat: Keburuhan, Ngombol, Kabupaten Purworejo
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Rp7.500 / orang

3. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang

* sumber: phinemo.com

Satu lagi pantai di Purworejo yang selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan saat musim berlibur, yaitu Pantai Jatimalang. Saat datang ke Pantai Jatimalang, kamu akan dimanjakan dengan keindahan lautnya yang luar biasa. Laut di Pantai Jatimalang dikenal sangat bersih dengan airnya yang sangat jernih dengan gradasi warna biru dan hijau toska yang indah.

Pantai Jatimalang juga sangat terkenal dengan keragaman biota laut dan terumbu karangnya yang sangat cantik. Kamu bisa mengajak teman dan keluarga untuk melakukan snorkeling agar bisa melihat secara langsung keindahan lautnya. Kamu bisa mengajak teman dan keluarga agar snorkeling mu semakin menyenangkan.

Tapi ingat, saat snorkeling jangan sampai merusak terumbu karang yang ada. Kamu harus berhati-hati dan menjaga keindahan bawah laut yang sudah dijaga oleh masyarakat setempat. Bukan hanya di laut, kamu juga harus menjaga kebersihan pantainya, selalu ingat untuk membuang sampah pada tempatnya.

  • Alamat: Desa jatimalang, Kec Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Gratis

4. Pantai Roro Inten Pagak Ngombol

Pantai Roro Inten Pagak Ngombol

Bagi kalian yang menyukai kegiatan memancing, Pantai Roro Inten Pagak Ngombol ini akan menjadi surganya. Pasalnya pantai ini menyediakan spot pemancingan yang bisa kamu nikmati sepuasnya bersama teman dan keluarga. Kamu juga bisa menikmati keindahan pantai sambil minum kopi dan menyantap kerang di warung yang ada di sekitar pantai.

Sayangnya jika kamu ingin berenang di Pantai Pagak Ngombol kamu harus benar-benar ekstra hati-hati. Pasalnya, ombak di pantai ini memang cukup besar dan ditakutkan akan membahayakan jika berenang terlalu jauh. Kamu mungkin bisa mencari daerah yang ombaknya tidak terlalu tinggi demi keselamatan selamat berwisata.

Sampai sekarang Pantai Roro Inten Pagak Ngombol masih sering melakukan pengembangan demi bisa memanjakan para wisatawan. Kelebihan lainnya dari Pantai Pagak Ngombol, yaitu pantai ini sangat ramah akan penderita disabilitas. Di Purworejo, hanya Pantai Pagak Ngombol satu-satunya pantai yang memberikan fasilitas untuk memudahkan kaum disabilitas.

  • Alamat: Sawah, Pagak, Ngombol, Kabupaten Purworejo
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Gratis

5. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang

Saat kamu datang ke Pantai Ketawang ada satu hal yang paling direkomendasikan, yaitu melepaskan alas kaki. Kamu bisa merasakan betapa lembutnya pasir hitam yang ada di Pantai Ketawang, saat berjalan tanpa alas kaki. Kamu bisa berjalan-jalan santai menikmati indahnya pantai dengan semilir anginnya yang menenangkan.

Selain bisa menikmati keindahan laut, kamu juga akan disuguhkan dengan panorama dari Gunung Sewu dan Gunung Menoreh. Sedangkan di bagian baratnya, kamu bisa menikmati keindahan Karst Gombong. Satu lagi yang tidak kalah hebat, yaitu adanya mercusuar yang letaknya tepat berada di tengah rawa sebagai sumber irigasi.

  • Alamat: Pantai Ketawang Indah, Sengoro Wetan, Ketawangrejo, Kec. Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon:  -
  • Kisaran Harga: Gratis

6. Pantai Jatikontal

Pantai Jatikontal

Sepertinya pantai-pantai yang ada di Kabupaten Purworejo memang surganya bagi para pemancing. Pasalnya hampir di setiap pantai yang ada di sana, menyediakan spot memancing yang sangat nyaman. Spot pemancingan di Pantai Jatikontal bahkan sudah sangat terkenal dan selalu menjadi tempat mancing favorit banyak orang.

Pantai jatikontal ini juga suasananya masih sepi dan bersih, sehingga kamu bisa menikmati keindahan laut dengan nyaman. Di sekitar pantai ini juga banyak sekali tambak udang, jadi kamu bisa membeli udang yang masih segar. Selain udang, kamu juga bisa membeli ikan, kerang hasil melaut para nelayan yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

  • Alamat: Jatikontal, Kec. Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Kisaran Harga: Gratis

Berikut adalah daftar pantai yang berada di daerah Kabupaten Purworejo yang bisa kamu kunjungi. Hal terpenting saat berwisata ke pantai adalah selalu berhati-hati dan menjaga keselamatan. Jangan sampai kalian melanggar aturan yang ada karena akibatnya justru bisa mencelakai diri sendiri.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram