8 Pantai di Sukabumi yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Keindahan wisata pantai di Jawa Barat memang tidak bisa dihiraukan begitu saja. Sebut saja Pantai Ujung Genteng yang menjadi primadona di Sukabumi. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai berpasir putih tersebut. Entah itu untuk sekadar jalan-jalan santai, menikmati sunset bareng si dia atau foto-foto semata.

Tapi tahukah kamu, ada beberapa pantai di Sukabumi lainnya yang nggak kalah keren dari Ujung Genteng. Pantai mana sajakah itu? Yuk, simak langsung saja pembahasan dari Keluyuran berikut ini untuk mengetahui pantai mana saja yang wajib kamu kunjungi saat liburan di Sukabumi.

1. Pantai Cikembang

pantai di sukabumi pantai cikembang

Yup, bukan hanya pantai Ujung Genteng saja yang bisa kamu sambangi di Sukabumi. Ada pantai Cikembang yang pemandangannya nggak kalah memukau. Pantainya masih bersih dan tidak begitu penuh sesak oleh pengunjung. Sehingga kamu benar-benar bisa menikmati suasana pantai dengan nyaman.

Hamparan pasir di pantai Cikembang pun sangat amat bersih. Air lautnya juga jernih. Di pantai ini, kamu bisa menghabiskan quality time bareng teman atau keluarga tercinta. Kamu bisa berswafoto ria, menikmati olahan seafood yang lezat hingga menginap di villa terdekat.

Oh ya, di kawasan pantai Cikembang, ada jembatan yang sangat populer dan sering digunakan pengunjung untuk berfoto. Jembatan tersebut diberi nama Sophie. Nah, jembatan Sophie merupakan akses jalan menuju villa yang lokasinya tak jauh dari pantai. Hayo, kamu tertarik untuk mengunjungi pantai Cikembang?

  • Alamat: Pasir Baru, Pelabuhan Ratu, Pasir Baru, Cisolok, Sukabumi

2. Pantai Minajaya

pantai di sukabumi pantai minajaya

Selanjutnya, ada pantai Minajaya yang nggak kalah elok pemandangannya. Serupa dengan pantai Cikembang, pantai ini juga belum ramai oleh wisatawan. Hamparan pasir putih yang membentang luas bisa kamu lihat di pantai ini.

Pantai Minajaya yang ada di Kecamatan Surade, Sukabumi ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Ada saung alias gazebo yang dapat kamu sewa juga, lho. Kamu yang berkunjung ke sini nggak perlu takut kelaparan, karena di pantai Minajaya ada tempat makan yang menyediakan olahan seafood yang lezat.

Gazebonya bisa kamu pakai untuk beristirahat atau bahkan menikmati bekal piknik sembari melihat indahnya lautan. Sayangnya, pantai yang masih alami ini kurang aman untuk dipakai berenang karena terdapat banyak sekali karang.

  • Alamat:  Pasiripis, Surade, Sukabumi

3. Pantai Cipatuguran

pantai di sukabumi pantai cipatuguran

Nyari pantai yang pas untuk melihat sunset dan sunrise? Datang saja ke Pantai Cipatuguran. Pantai yang berada di Kecamatan Pelabuhan Ratu ini masih sangat amat asri dan terbilang sepi. Jadi, kamu bisa menikmati suasana pantai dengan tenang.

Pantai Cipatuguran cocok buat kamu yang ingin berlibur dan beristirahat dari semua rutinitas harian. Di sini, kamu bisa berenang dan bermain air dengan nyaman juga, lho. Akses jalan menuju pantai ini nggak sulit dan kamu nggak akan dikenakan biaya untuk bisa menikmati indahnya pemandangan di pantai yang dikelilingi perbukitan ini. Gimana, kamu tertarik untuk mengunjungi pantai Cipatuguran?


  • Alamat: Jl. Pelita - Cipatuguran, Pelabuhanratu, Kec. Pelabuhan Ratu, Sukabumi

4. Pantai Cicaladi

pantai di sukabumi pantai cicaladi

Sukabumi juga punya pantai berpasir hitam yang nggak kalah cantik dari pantai berpasir putih. Ya, pantai Cicaladi namanya. Keberadaan pantai yang satu ini masih belum diketahui oleh banyak orang. Sehingga, masih tergolong sepi dan nyaman untuk dikunjungi.

Di kawasan pantai yang dikelilingi tebing dan punya ombak besar ini kamu juga bisa berkemah, lho. Sayangnya, akses jalan menuju pantai yang sedang dikembangkan oleh pemerintah setempat untuk jadi tujuan wisata ini terbilang sulit.

Kalau kamu yang hobi off road, sih, pasti bakalan merasa tertantang banget. Meski begitu, keindahan pantai Cicaladi ini tetap menjadi alasan wajib mengapa kamu harus berkunjung dan menghabiskan waktu di sini.

  • Alamat: Desa Sukatani, Surade, Sukabumi

5. Pantai Batu Bintang

pantai batu bintang

Kamu hobi mancing? Nah, di Sukabumi ada salah satu pantai yang cocok buat kamu kunjungi. Namanya pantai Batu Bintang. Selain mancing, di pantai yang punya tanggul unik yang terbuat dari bebatuan yang diukir ini, kamu juga bisa berkemah dan menyaksikan pemandangan matahari terbit yang indah.

Hamparan pasir di pantai Batu Bintang memang tidak seputih pantai Ujung Genteng, tapi, pantai Batu Bintang pun tetap wajib untuk disambangi saat kamu berlibur ke Sukabumi. Serupa dengan pantai-pantai lain yang sudah dibahas di poin-poin sebelumnya, pantai Batu Bintang ini relatif sepi dari kunjungan para wisatawan.

  • Alamat: Citarik, Kec. Pelabuhan Ratu, Sukabumi

6. Pantai Geopark Ciletuh

pantai geopark ciletuh

Next, ada pantai Geopark Ciletuh. Pantai yang berada di kawasan Geopark Ciletuh, Ciemas, Sukabumi ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, lho. Di pantai yang satu ini, kamu bisa berswafoto ria, jalan-jalan sore sambil menunggu datangnya sunset atau sekadar duduk santai di atas hamparan pasir.

Pantai Geopark Ciletuh ini sedang dikembangkan oleh pemerintah setempat agar menjadi kawasan wisata yang mampu menarik minat pengunjung untuk datang. Kalau kamu berkunjung kemari, kamu juga bisa menyeberang ke Lembah Kunti dan Curug Sodong, salah satu curug di Sukabumi yang tersohor di kalangan masyarakat karena pemandangannya yang sangat cantik.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram