10 Pantai Cantik di Pulau-Pulau Kecil di Sumenep

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada begitu banyak pulau-pulau kecil di Sumenep yang ternyata menyimpan potensi besar sebagai wisata bahari Indonesia. Pantai cantik dengan berjuta pesona ini mampu menarik wisatawan untuk menjelajahinya.

Kalau kamu ingin menjelajahi pantai cantik yang ada di Sumenep, simak ulasan tentang pantai dengan pesona yang luar biasa dari Kabupaten Sumenep berikut ini yuk!

 1. Pantai Gili Labak

Pantai Gili Labak

* sumber: www.piknikdong.com%20%20

Gili Labak adalah sebuah pulau yang berada di sebelah tenggara Pulau Madura dan menjadi terkenal di media sosial akhir-akhir ini. Letaknya jauh dari pulau utama, berada di lautan tetapi memiliki bangunan yang dipergunakan sebagai homestay dan juga rumah masyarakat setempat.

Pulau ini menjadi terkenal karena memiliki pantai berpasir putih yang indah mengelilingi seluruh pulaunya. Pulau nan eksotis ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang cantik dari terumbu karang dan juga kawanan ikannya. Pesona dari sunset dan sunrise-nya pun tidak boleh kamu lewatkan.

Karena letak pulaunya cukup jauh kamu harus menempuhnya dengan menggunakan kapal. Fasilitas di pulau ini belum terlalu memadai sehingga kamu wajib mempersiapkan bekal yang cukup untuk menjelajah pulau ini. Ada tempat penyewaan peralatan snorkeling jika kamu ingin menjelajah lautnya.

  • Alamat: Pulau Labak, Kec. Talango, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Jan buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis
  • Sewa Perahu: Rp900.000 – Rp2.000.000 (8-10 Orang)

2. Pantai Sembilan

Pantai Sembilan

Pantai Sembian merupakan pantai yang mendapat julukan “The Soul of Madura” karena keindahannya. Pantai ini berlokasi di bagian utara dari Gili Genting. Nama Pantai Sembilan sendiri diambil  dari bentuk pantai yang tampak seperti angka sembilan, yang juga terjadi saat air menggenangi pantai.

Pantai sembilan memiliki hamparan pasir putih yang terlihat kontras dengan air lautnya yang berwarna biru. Keindahan dari Pantai Sembilan ini akan mbenar-benar memanjakan matamu. Plus ragam spot  untuk swafoto yang berlatar laut biru, menambah daya tarik dari Pantai Sembilan.

Fasilitas di pantai Sembilan terbilang cukup memadai, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika harus mengisi perut yang lapar atau harus menginap jika malam telah tiba. Semua yang kamu perlukan cukup tersedia, sehingga kamu tidak perlu khawatir saat menikmati keindahan dari laut yang kebiruan.

  • Alamat: Jl. Bringsang, Kec. Giligenteng, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Telpon: 0813-3199-1319
  • Jan buka: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

 3. Pantai Kahuripan

Pantai Kahuripan

Walaupun namanya tidak seterkenal Pantai Sembilan, tetapi pantai ini juga memiliki pesonanya sendiri. Sebuah pantai yang juga berada di Giligenting yaitu Pantai Kahuripan. Pantai yang masih alami karena belum banyak tersentuh pengunjung. Pantai yang potensinya belum diketahui banyak orang.

Keindahan dari pantai unik ini, tidak kalah dengan pantai pantai yang ada di Sumenep lainnya. Di pantai ini terdapat hamparan pasir putih yang berpadu dengan karang  yang berada di bibir pantainya. Selain itu juga spot yang unik adalah jajaran pohon yang mirip di Korea sebelum menuju pantai.

Jika kamu tertarik berkunjung ke Pantai Kahuripan kamu harus menjangkaunya dengan menggunakan perahu. Lalu kamu harus menyambungnya dengan menggunakan ojek untuk sampai ke pantai ini. Pantai ini masih dikembangkan agar masuk dalam destiansi wisata pantai yang dapat kamu jelajahi.

  • Alamat: Ds. Gedugan, Kec. Giligenting, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Jan buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis
  • Sewa Perahu: Rp10.000 / orang

4. Pantai Gili Pandan

Pantai Gili Pandan

* sumber: alvilaaveniaaa.wordpress.com

Gili Pandan adalah sebuah pulau yang tak berpenghuni, tetapi memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata Bahari. Pantai di Pulau ini memiliki pasir berwarna putih dengan air laut yang jernih dan tenang. Keindahan dari pantai di Gili Pandan ini tidak kalah dengan pantai di Gili Labak.

Sayangnya, dahulu pasir pantai ini banyak ditambang secara berlebihan, padahal pantainya benar-benar cantik dan eksotis. Dikarenakan pulau ini tak berpenguni, maka tak ada fasilitas dasar yang mendukung di pantai ini. Sekalipun demikian, itu tak menghentikan orang untuk datang kemari.

  • Alamat: Gili Pandan, Kec. Giligenting, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Jan buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis
  • Transport: Rp20.000 (PP)

 5. Pantai Pulau Saebus

Pantai Pulau Saebus

Pulau Saebus merupakan sebuah pulau yang pantainya memiliki potensi sebagai tempat wisata pantai yang tidak kalah dari Lombok atau juga Bali. Keindahan dari Pantai Saebus akan memikat kamu untuk datang kembali. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih dengan air laut yang sangat jernih.

Pantai Saeubus yang jernih dan memiliki kontur pantai landai cocok untuk berwisata bersama anak-anak. Pantai ini biasanya akan sangat ramai terutama di saat libur lebaran. Jadi jika kamu ingin mengunjunginyadi saat tidak terlalu ramai sebaiknya berkunjung disaat akhir pekan.

  • Alamat: Pulau Saebus, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Jan buka: 24 Jam
  • HTM : Gratis
  • Sewa Speedboat: Rp200.000 (PP)

6. Pantai Pulau Mamburit

Pantai Pulau Mamburit

Pulau Mamburit adalah satu pulau kecil dari Kepulauan Kangean, yang masih merupakan bagian dari Kabupaten Sumenep. Pulau ini memiliki potensi besar untuk dijadikan destinasi wisata pantai. Pulau Mamburit memiliki pantai yang berpasir putih dan juga air pantainya yang jernih.

Tak hanya pantainya yang indah, lautnya yang biru dihiasi terumbu karang yang cantik. Kamu dapat bersnorkeling untuk melihat keindahan bawah laut dari Pulau Mamburit ini. Destinasi wisata ini banyak dikenal oleh wisatawan mancanegara, dan disebut sebagai surga yang tersembunyi.

  • Alamat: Ds. Mamburit, Kec. Arjasa, Kep. Kangean, Kab. Sumenep, Madura, Prov. Jatim
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

7. Pantai Slopeng

Pantai Slopeng

Pantai Slopeng merupakan pantai yang memiliki pasir pantai yang luas dengan teksturnya yang lembut. Pantainya yang berkontur landai dan ombaknya yang tenang sangat cocok untuk bermain air dan berenang-renang. Pantai ini  juga memiliki air laut yang jernih dengan warnanya yang kebiruan.

Pantai ini juga dihiasi dengan pepohonan, yang berupa pohon cemara udang. Pohon-pohon ini tumbuh diatas gundukan pasir yang tingginya 15 meter yang menjadi pembatas antara pantai dan jalan raya. Kamu juga bisa menggelar tikar dibawah pohon yang rindang sembari melihat laut lepas.

  • Alamat: Jl. Ambuten Km 17, Ds. Sema’an, Kec. Dasuk, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp5.000
  • Parkir : Motor Rp5.000, Mobil Rp10.000

8. Pantai Ropet

Pantai Ropet

Pantai Ropet merupakan Pantai yang terdapat di Gili Iyang. Pantai ini memiliki karakteristik yang unik, karena pantainya tidak berpasir melainkan dipenuhi batu karang. Pantai ini bentuknya menjorok ke dalam seperti sebuah teluk. Selain itu ada dua buah tebing yang curam mengapit pantai ini.

Gili Iyang  sendiri merupakan sebuah pulau yang berada di Sumenep yang terkenal karena memiliki kadar oksigen yang tinggi. Kandungan oksigen yang tinggi membuat pulau ini di kenal dengan Pulau Awet Muda. Selain kadar oksigen yang tinggi pulau ini memiliki kadar polusi yang terbilang rendah.

Di pantai Ropet kamu dapat melihat terumbu karang dengan jelas, karena air lautnya yang jernih. Jika kamu berwisata ke pantai ini pastikan mengenakan alas kaki yang nyaman karena karangnya bisa saja melukai kaki. Pastikan untuk tidak melewatkan melihat sunset yang indah di pantai ini.

  • Alamat: Ds. Banraas, Kec. Dungkek, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WIB
  • HTM: Rp5.000

9. Pantai Lombang

Pantai Lombang

Pantai Lombang merupakan pantai yang populer di Madura. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas sekitar 12 km. Selain itu pantai ini juga memiliki air yang cukup jernih. Ciri khas dari pantai ini adalah adanya pohon cemara udang yang tumbuh di pinggiran pantai yang meneduhkan.

Fasilitas di pantai Lombang cukup lengkap sehingga kamu dapat menikmati keindahan pantai dengan sangat nyaman. Kamu juga dapat ber-snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut dari Pantai Lombang ini. Pengelola juga menyediakan tempat penyewaan alat snorkeling jika memerlukannya.

  • Alamat: Ds. Lombang, Kec. Batang-batang, Kab. Sumenep, Madura,  Prov. Jawa Timur
  • Telepon: 0817 0339 2934
  • Jam buka : 24 Jam
  • HTM: Rp7.000

10. Pantai Badur

Pantai Badur

Jika kamu mencari pantai dengan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian, maka pantai Badur bisa dijadikan pilihan untuk menenangkan diri. Pantai ini memiliki keistimewaan berupa air tawar yang mengalir membelah pasir pantai yang bertemu dengan air laut.

Aliran air tawar yang dangkal biasa digunakan oleh anak-anak untuk bermain, sehingga orang tua tidak perlu khawatir. Pantai ini juga dihiasi dengan pohon-pohon cemara yang tumbuh di pinggir-pinggir pantai. Selain itu juga terdapat barisan batu karst diantara hamparan pasir pantai.

  • Alamat: Ds. Badur, Kec. Batu Putih, Kab. Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Jam buka: 24 Jam
  • HTM: Rp7.000

Pantai-pantai cantik Di Kabupaten Sumenep ini menunggu untuk kamu kunjungi di saat pandemi covid-19 telah berakhir. Tempat untuk melepaskan semua penat yang terkurung untuk waktu yang lama. Kamu dapat kembali mengisi energi yang sudah lama terkuras selama karantina. Kamu dapat menyelami kembali keindahan alam Indonesia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *