6 Rekomendasi Pantai di Tasikmalaya yang Menarik Dikunjungi

Ditulis oleh Muhamad Dikdik - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Pantai Pangandaran yang berlokasi di Kabupaten Pangandaran bisa dibilang sebagai pantai paling populer di Jawa Barat. Selain menawarkan pemandangan yang indah dan spektakuler, Pantai Pangandaran juga sudah dilengkapi dengan berbagai sarana yang sangat memadai.

Namun, wisata pantai Jawa Barat ternyata tidak hanya di Pangandaran saja, tapi juga di berbagai daerah lainnya yang berbatasan langsung dengan lautan. Salah satu wilayah Jawa Barat yang menawarkan wisata pantai yang memukau adalah Tasikmalaya yang memiliki beberapa puluh kilometer garis pantai.

Di Tasikmalaya terdapat beberapa pantai yang dapat dikunjungi oleh masyarakat. Pantai-pantai ini biasanya cukup ramai di akhir pekan dan di hari libur. Siap menjelajahi pantai di Tasikmalaya? Berikut adalah daftarnya.

1. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan

*Sumber: Komar Komara via maps.google.com

Ini adalah salah satu pantai paling favorit bagi warga Tasikmalaya dan sekitarnya. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan menyenangkan lainnya di Pantai Karang Tawulan, salah satunya adalah camping di atas tebing sembari menikmati pemandangan Samudera Hindia yang megah.

Kawasan Pantai Karang Tawulan ditumbuhi banyak pepohonan yang membuatnya terlihat dan terasa menyegarkan. Di beberapa lokasi Anda bisa menemukan hamparan rerumputan yang biasa digunakan pengunjung untuk istirahat dan makan-makan di atasnya.

Pantai ini menyimpan beberapa spot indah atau surga tersembunyi. Hanya saja untuk menggapai tempat-tempat spektakuler tersebut dibutuhkan sedikit perjuangan. Saat ini Pantai Karang Tawulan sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, termasuk mushola, toilet umum dan warung-warung kecil.

  • Alamat: Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat 46195
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)

2. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

*Sumber: Ferry Malirano via maps.google.com

Pantai di Tasikmalaya lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Pantai Sindangkerta. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang memukau, berupa hamparan pasir luas yang dipadukan dengan batu-batu karang khas pantai selatan. Ombaknya yang menggulung cukup besar juga merupakan hal yang sangat menarik untuk disaksikan.

Kawasan Pantai Sindangkerta juga ditumbuhi banyak pepohonan, sehingga udara di sana sangat menyegarkan. Jalan-jalan santai di pinggir pantai merupakan hal yang paling cocok dilakukan di Pantai Sindangkerta. Tidak disarankan untuk berenang di pantai ini karena kondisinya yang kurang mendukung.

Untuk menunjang berbagai kebutuhan pengunjung, Pantai Sindangkerta telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti tempat ibadah, toilet umum, warung-warung yang menjual sejumlah makanan dan minuman, hingga toko souvenir.

  • Alamat: Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat 46189
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)

3. Pantai Cipatujah

Pantai Cipatujah

*Sumber: Muhammad Rifqi Janjani via maps.google.com

Pantai Cipatujah adalah pantai populer lainnya yang terdapat di Tasikmalaya. Selain bibir pantai luas, pantai ini juga memiliki pemandangan yang keren dan pasir yang cukup lembut. Kawasan pantainya yang cukup berangin membuat Pantai Cipatujah terasa sejuk dan menyegarkan.

Karena masih belum terlalu ramai dan jauh dari kesibukan, Pantai Cipatujah cocok dijadikan tempat refreshing dan melepas penat. Hanya saja, karena ombak di sana tergolong besar dan tinggi, maka pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang. Tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Cipatujah selain menikmati alamnya yang indah.

  • Alamat: Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)

4. Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari

*Sumber: Indra Permana via maps.google.com

Karena letaknya yang berdekatan dengan jalan raya, Pantai Pamayangsari ini sering dijadikan tempat beristirahat oleh mereka yang sedang melakukan perjalanan. Pemandangan di pantai ini juga sangat keren, dengan perpaduan antara pasir, batu karang, dan gelombang ombak yang besar.

Pantai ini cukup ramai karena di sana terdapat perkampungan. Oleh karena itu, Anda akan menemukan puluhan perahu nelayan yang sedang terparkir atau berlayar di pantai. Ada juga pula sejumlah warung yang makan yang menawarkan hidangan seafood (ikan, udang, kepiting, dll), sehingga Anda tidak perlu khawatir saat perut sedang kosong.

Pantai Pamayangsari sudah memiliki sejumlah fasilitas penunjang yang disediakan oleh warga sekitar, termasuk mushola dan toilet umum. Karena ombaknya cukup deras, tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

  • Alamat: Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat 46189
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)

5. Pantai Bubujung

Pantai Bubujung

*Sumber: Din S via maps.google.com sumber: maps.google.com

Pantai Bubujung ini terletak di perbatasan antara Tasikmalaya dan Garut, sehingga sering dikunjungi oleh masyarakat di kedua wilayah. Akses ke pantai ini juga tergolong baik karena dilalui oleh jalan nasional yang cukup ramai. Oleh karena itu, tidak sedikit pengendara yang menyempatkan untuk beristirahat sejenak di Pantai Bubujung.

Pemandangan Pantai Bubujung juga sangat indah dan menawan. Karena dekat dengan kawasan hijau yang luas, udara di pantai ini sangat indah. Meskipun jarang ditemui batu karang, namun tidak disarankan untuk berenang di Pantai Bubujung karena gelombangnya yang besar.

Karena fasilitas di Pantai Bubujung masih cukup standar, maka kunjungan sekali jalan sangat direkomendasikan. Salah satu kegiatan paling menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah menikmati keindahan matahari sore.

  • Alamat: Ciheras, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat 46189
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)

6. Pantai Cimanuk

Pantai Cimanuk

*Sumber: Oki Muhamad Safari via maps.google.com

Pantai Cimanuk adalah pantai berpasir hitam yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Meskipun masih kurang populer jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang sudah dibahas di atas, namun akses menuju Pantai Cimanuk sudah lumayan baik.

Beberapa hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Cimanuk adalah jalan-jalan santai di sekitar pantai yang masih alami dan belum terlalu ramai, menikmati matahari sore atau sunset yang keren, dan tentu saja foto-foto. Belum banyak fasilitas yang tersedia di Pantai Cimanuk, sehingga kunjungan sekali jalan lebih direkomendasikan.

  • Alamat: Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat 46195
  • Jam buka: Setiap hari (24 jam)

Nah, itulah beberapa pantai di Tasikmalaya yang menarik untuk dikunjungi. Semoga kedepannya pantai-pantai di atas dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, sehingga pengunjung semakin betah dan bertambah banyak.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan yang merupakan tanggung jawab semua orang, dalam hal ini adalah warga sekitar dan pengunjung. Pantai yang bersih menjadi lebih menarik untuk dikunjungi. Bahkan bukan tidak mungkin menjadi banyak didatangi oleh wisatawan dari luar daerah dan mancanegara.

Selain bagi manusia, lingkungan pantai yang bersih dan terjaga juga sangat bermanfaat bagi ekosistem pantai. Dengan demikian, keindahan dan hasil alamnya bisa terus dinikmati oleh generasi mendatang. Jadi, jangan lupa untuk menjaga kebersihan pantai manapun yang kita kunjungi.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram