10 Pantai di Thailand yang Terkenal di Kalangan Wisatawan

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Thailand dikenal karena memiliki banyak pantai yang indah. Tak mengherankan negara ini selalu tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan asing maupun lokal. Mungkin kamu masih ingat dengan salah satu film dari Leonardo DiCaprio yang berjudul “The Beach”? Ya, film itu mengambil lokasi syuting di salah satu pantai yang indah yang ada di Pulau Koh Phi Phi.

Memilih pantai yang tepat untuk liburan akan tergantung pada bagaimana kamu ingin menghabiskan waktu dan jenis lingkungan yang sesuai dengan suasana hatimu. Beberapa pantai selalu ramai dan sebagain merupakan hidden gem yang tersembunyi dan butuh sedikit usaha.

Ingin tahu pantai di Thailand yang menarik? Cari tahu pantai apa yang cocok denganmu dari daftar pantai terbaik di Thailand berikut ini ya!

1. Pantai Patong, Phuket

Pantai Patong, Phuket

Diucapkan “poo-ket”, Phuket merupakan pulau terbesar di Thailand. Patong adalah pantai terbesar di pulau itu dan merupakan pantai paling populer di Thailand. Dengan garis pantai yang luas, pasir putih lembut, air yang hangat, dan banyak hotel, restoran, dan perbelanjaan pasti tidak akan bosan di sini.

Kehidupan malam yang semarak sukses menarik banyak wisatawan untuk berpesta. Jet ski membuat tempat ini volume kunjungannya tetap tinggi di siang hari. Kalau kamu ingin mencari kedamaian, sebaiknya kamu mencari tempat yang lain.

Di sini juga terdapat beberapa olahraga air untuk memanjakan pengunjung. Kamu bahkan bisa mencoba seni tradisional Thailand atau berkayak di laut. Jika kamu menyukai pantai yang sibuk dan hidup untuk berpesta, Pantai Patong adalah tempat yang sempurna untukmu.

  • Alamat: Pantai Patong, Pa Tong, Distrik Kathu, Phuket 83150, Thailand
  • HTM: gratis
  • Jam buka: 24 jam

2. Thong Nai Pan Noi, Koh Phangan

Thong Nai Pan Noi, Koh Phangan

Pantai Thong Nai Pan Noi yang berada di daerah terpencil adalah pantai yang tenang. Pantai ini memiliki kembaran yaitu Thong Nai Pan Yai yang terbentang di pantai timur Koh Phangan. Pantai Thong Nai Pan Noi tempat yang sempurna untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit di pulau itu setiap pagi.

Pantai yang berbentuk bulan sabit yang panjang dikelilingi oleh akomodasi yang beragam, dari mulai bungalow milik keluarga yang sederhana sampai resor mewah kelas atas, tetapi tidak peduli berapa banyak resor pantai Thailand yang ada, pantai ini masih memiliki vibe bohemian berkat para backpacker.

  • Alamat: Ban Tai, Distrik Ko Pha-ngan, Surat Thani, Thailand

3. Pantai Railay

Pantai Railay

Pantai Railay yang megah merupakan salah satu daya tarik utama di Thailand. Untuk bisa berkunjung ke pantai ini kamu harus naik perahu ekor panjang karena pantai ini berada di semenanjung kecil. Meski perlu untuk sampai di sini tapi tempat ini layak untuk didatangi.

Pasir putih yang lembut hanyalah salah satu dari daya tarik pantai ini. Pantai Railay dikelilingi oleh tebing dan gua, lanskap hutan, monolit batu kapur, dan area berenang seperti laguna. Terdapat beberapa pantai kecil yang membentuk Pantai Railay, dan semuanya berada dalam jarak yang dekat.

Selain cocok untuk menjadi tempat yang asyik untuk menikmati pantai, Railay juga memiliki beberapa pulau untuk dieksplorasi. Kamu bisa mencoba island hopping ke Pulau Kai atau disebut juga Chicken Island, Pulau Tup dan Pulau Koh Mawr, Pulau Poda dan Pantai Phra Nang.

  • Alamat: Ao Nang, Distrik Mueang Krabi, Krabi, Thailand
  • HTM: gratis
  • Jam buka: 24 jam

4. Long Beach, Koh Lanta

Long Beach, Koh Lanta

Long Beach yang berjarak 2,5 mil dari pasir yang landai ini tidak dibatasi oleh pohon palem, seperti yang biasanya, tetapi oleh dibatasi oleh pinus besar. Pemandangn dari atas pantai memperlihatkan kalau tempat ini dipenuhi oleh tempat penginapan tapi pantai tidak tampak berantakan.

Banyak Long Beach juga belum berkembang, jadi jika kamu mencari tempat yang tenang, Long Beach adalah tempat yang kamu cari. Selain pemandangan matahari terbenam di Long Beach, kamu juga bisa melihat yang lain di sekitar, ke arah utara ada Pantai Klong Dao dan selatan ada pantai Relax.

  • Alamat: Krabi 81150, Thailand
  • HTM: gratis
  • Jam buka: 24 jam

5. Pantai Lamai, Koh Samui

Pantai Lamai, Koh Samui

Walaupun pantai-pantai di daerah Koh Samui sangat padat karena jaraknya yang dekat dari Bangkok, Pantai Lamai memberikan keseimbangan sempurna bagi pengunjung yang mencari pemandangan yang indah, tempat berenang yang asyik, dan hal-hal lain yang harus dilakukan ketika tidak bermain air.

Jajaran pohon-pohon palem dan air biru kehijauan membuat Pantai Lamai surga yang eksotis yang dicari oleh para pelancong. Ujung selatan pantai merupakan area yang terbaik dan tersibuk, dengan pasir akhirnya meruncing ke bebatuan di ujung utara.

Jika bosan berpanas-panas di pantai, lihatlah ke dalam Wat Khunaram. Di tempat tersebut terdapat tubuh seorang bhikkhu yang terhormat dimumikan dan dipajang sesuai permintaannya di dalam wadah kaca.

Cara terbaik untuk menjelajahi pulau besar Koh Samui adalah menyewa sepeda motor, tapi kamu hanya bisa menyewanya jika kamu punya pengalaman mengemudi dan mahir. Desa nelayan yang berada sedikit ke selatan, bisa menjadi hal lain yang menarik untuk dilihat.

  • Alamat: Maret, Distrik Koh Samui, Surat Thani 84310, Thailand

6. Pantai Nai Harn, Phuket

Pantai Nai Harn, Phuket

Walaupun Pantai Nai Harn lumayan ramai, tapi pantai ini masih salah satu pantai paling populer di Thailand. Pantai Nai Harn berlokasi di Phuket. Nai Harn dikenal karena airnya yang jernih, pasir putih, dan ombak yang ramah untuk berenang.

Nai Harn bisa agak ramai selama bulan-bulan puncak Desember dan Januari. Bagian selatan Pantai Nai Harn dilintasi oleh sungai kecil yang berasal dari danau di dekatnya, jadi kamu berbasah-basahan agar bisa pergi ke sisi yang lain.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling populer karena iklimnya yang konsisten dan kondisi cuaca yang membuat pantai ini cocok untuk dikunjungi sepanjang tahun. Restoran terdekat dan penjual makanan lokal membuat pengunjung nyaman untuk berada di pantai seharian penuh.

  • Alamat: Mueang Phuket, Mueang Phuket District, Phuket 83100, Thailand
  • HTM: gratis
  • Jam buka: 24 jam

7. Kata Beach, Phuket

Kata Beach, Phuket

Hanya beberapa mil dari Pantai Patong dan selatan Pantai Karon yang ramai dan penuh dengan hiruk pikuk terdapat Pantai Kata. Pantai ini merupakan pantai yang lebih tenang dan lebih santai di Phuket Selatan.

Pantai Kata mempunyai semua hal yang membuat Phuket begitu populer, yaitu pohon palem, air yang hangat, dan pemandangan yang indah. Namun, di sini tidak banyak hotel menjulang tinggi atau pusat perbelanjaan yang ramai. Resor indah tersebut berbaris di sepanjang pantai.

Untuk ber-snorkeling, kamu bisa melakukannya di sekitar ujung utara Pantai Kata. Jika ingin ber-snorkeling kamu bisa sewa peralatan dari toko selam atau dibeli di minimart lokal. Untuk mendapatkan hasil foto atau koktail yang luar biasa berkendaralah ke sudut pandang antara Pantai Kata dan Nai Harn.

  • Alamat: Kata Beach, Karon, Mueang Phuket District, Phuket 83100, Thailand
  • HTM: gratis
  • Jam buka: 24 jam

9. Teluk Maya, Koh Phi Phi

Teluk Maya, Koh Phi Phi

Perairan Teluk Maya yang dangkal dan biru di Koh Phi Phi merupakan salah satu pulau paling indah di dunia. Hampir seluruh areanya dikelilingi oleh monolit batu kapur yang sangat besar. Pemandangan dari indah membuat tempat ini dijadikan sebagai latar belakang untuk film Leonardo DiCaprio The Beach.

Bukit-bukit curam yang mengelilingi air membuat teluk ini terasa seperti surga pribadi. Karena teluknya adalah karang yang besar, kamu akan bisa melihat banyak ikan tropis di sini. Snorkeling merupakan salah satu olahraga air yang populer untuk dilakukan di tempat wisata ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah selama musim turis, yaitu November hingga April ketika laut tenang. Sayangnya sekarang ini Teluk Maya masih belum diizinkan untuk dikunjungi oleh turis asing. Jadi mungkin kamu harus menunggu tempat ini dibuka untuk bisa melihat keindahan Teluk Maya.

  • Alamat: Phi Phi Leh, Phuket, Thailand
  • HTM: –
  • Jam buka: 24 jam

9. Pantai Hua Hin, Hua Hin

Pantai Hua Hin, Hua Hin

Hua Hin sangat populer bagi penduduk lokal dan pengunjung internasional karena dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu pantai terbaik di dekat Bangkok. Sebagian besar popularitasnya berkat hamparan pantai yang datar, aktivitas yang bisa dilakukan, dan kemudahan perjalanan dari Bangkok.

Meskipun bukan pantai terbaik untuk para penggemar berenang, Hua Hin adalah tempat yang bagus untuk bersantai bersama keluarga dengan anak kecil. Selain kegiatan pantai dan olahraga air, Hua Hin mempunyai spa dan pusat kebugaran yang diakui dunia internasional, serta lapangan golf kelas dunia.

Jalur utama Hua Hin selalu sibuk. Kamu bisa menikmati kehidupan malam dan kuliner. Jika lalu lintas yang sibuk merusak harimu, pertimbangkan untuk pergi sedikit lebih jauh ke selatan ke jalur pantai yang damai di Pranburi.

  • Alamat: Pantai Hua Hin, Distrik Hua Hin, Prachuap Khiri Khan, Thailand
  • HTM: gratis
  • Jam buka: 24 jam

10. Pantai Sairee, Koh Tao

Pantai Sairee, Koh Tao

Viewpoint Sairee membuat wisatawan bisa melihat panorama seluruh Pulau Ko Tao bersama dengan bukit-bukit di dekatnya. Pantai ini juga mempunyai pantai yang merupakan pantai terpanjang di pulau tersebut. Sairee juga memiliki kehidupan malam yang paling menarik.

Pantai Sairee berupa bentangan satu mil dari pantai berpasir dengan pemandangan indah pulau-pulau kecil di cakrawala. Sairee merupakan pantai paling populer di Koh Tao yang memiliki banyak banyak akomodasi dan restoran murah juga sejumlah klub malam dan bar.

  • Alamat: Ko Tao, Ko Pha-ngan District, Surat Thani 84280, Thailand
  • HTM: gratis
  • Jam buka: 24 jam

Pantai-pantai di Thailand memang sudah terkenal keindahannya sehingga negara ini menjadi salah satu negara tujuan wisatawan asing. Jika kamu berniat berlibur ke Thailand setelah selesai pandemi Covid-19 ini, pantai mana yang ingin kamu kunjungi? Atau kamu menunggu untuk menyaksikan keindahan Teluk Maya di Koh Phi Phi yang masih tutup saat ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *