10 Pantai di Trenggalek dengan Pemandangan yang Memesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pantai selalu menjadi objek wisata favorit bagi kebanyakan orang. Pasir putih, deburan ombak, nyiur yang melambai dan angin sepoi-sepoi pasti membuat orang jatuh cinta dengan pantai. Maka tak heran jika di masa liburan, baik liburan perayaan keagamaan atau libur sekolah, pantai selalu menjadi destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan pantai pasir putihnya adalah Trenggalek. Kota yang sederhana ini memiliki beragam destinasi pantai yang menawan yang tak kalah dari Bali. Yang menjadi daya tarik kota kabupaten ini adalah pantai-pantainya. Jika kamu penasaran dengan keindahan pantai-pantai di Trenggalek, simak ulasan berikut ini dulu yuk!

1. Pantai Pelang Wonocoyo Panggul

Pantai Pelang Wonocoyo Panggul

Terletak di kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, Pantai Pelang Wonocoyo Panggul merupakan tempat destinasi wisata keluarga yang pas untuk akhir pekan. Tiket masuknya yang murah dan fasilitasnya juga memadai. Kawasan pantai ini memiliki area parkir yang sangat luas.

Selain menjadi tempat parkir, area ini bisa juga digunakan untuk camping. Mengapa berkemah di area parkir? Itu karena berkemah di dekat pantai ketika malam hari tidak disarankan dikarenakan adanya ombak pasang.

Fasilitas pendukung yang dimiliki oleh tempat wisata di Trenggalek ini antara lain, mushola, serta kamar mandi yang terdapat di tiap sudut lokasi. Destinasi wisata utamanya adalah pantai pasir putih yang bersih dan masih alami. Selain itu ada juga spot tebing serta ceruk di bagian timur pantai.

Sementara itu di bagian barat pantai terdapat spot bukit karang. Selain itu, di sini juga bisa dijumpai banyak tempat makanan yang menjual seafood. Ada juga toko oleh-oleh bagi kamu yang ingin membawa suvenir untuk keluarga dan teman.

  • Alamat: Hutan, Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek
  • HTM: Rp10.000
  • Jam Operasional : 24 Jam
  • No. Telp: 0823-3019-5065

2. Pantai Cengkrong

Pantai Cengkrong

Salah satu pantai di Trenggalek yang memiliki spot sunrise terbaik adalah Pantai Cengkrong. Tiap pagi, sekitar pukul 05.37 mentari pagi akan muncul secara perlahan pas di antara perbukitan yang berhiaskan beberapa perahu nelayan yang sedang bersandar.

Ada dua spot untuk berburu sunrise. Lokasi pertama yang melalui jembatan jalur lintas selatan dengan jarak sekitar 50 m dari Pantai Cengkrong. Sedangkan lokasi kedua berada di Pantai Cengkrong itu sendiri namun sebagian besar orang akan lebih memilih lokasi pertama.

Pantai Cengkrong letaknya dekat dengan Pantai Prigi yaitu sekitar 4 km. Rata-rata pengunjung lebih senang untuk bermalam di kawasan Pantai Prigi karena terdapat banyak penginapan. Berangkatlah kira-kira pukul 05.15 dari penginapan agar tidak ketinggalan sunrise-nya.

  • Alamat: Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek
  • HTM: Rp8.000 hari biasa, Rp10.000 libur dan akhir pekan
  • Jam Operasional: 24 jam
  • No. Telp: 0823-3019-5065

3. Pantai Prigi

Pantai Prigi

Salah satu pantai yang sangat terkenal di Trenggalek adalah Pantai Prigi. Pengunjung yang datang bisa bermain-main di pantai karena ombaknya yang relatif tenang sehingga pengunjung tak perlu takut akan terseret ombak.

Pantai Prigi bukan hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan yang berencana untuk berlibur tapi juga oleh para nelayan. Itu karena pantai ini adalah salah satu lokasi penangkapan ikan yang paling besar yang ada di Pulau Jawa.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung yang datang ke pantai ini. Kamu bisa berkemah, memancing hingga berolah raga. Di Pantai Prigi juga terdapat taman serta ruang terbuka hijau. Taman tersebut dirancang secara modern dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung.

  • Alamat: Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek
  • HTM: Rp10.000
  • Jam operasional: 07:00 – 18:00
  • No. Telp:-

4. Pantai Karanggongso

Pantai Karanggongso

* sumber: aariabodpk.blogspot.com

Pantai ini lebih dikenal dengan sebutan pantai pasir putih oleh orang-orang sekitar. Itu karena pasir di pantai ini sangat putih dan bersih sehingga tak mengherankan jika disebut Pantai Pasir Putih. Pantai ini memiliki ombak yang bersahabat sehingga kamu bisa berenang namun harus tetap hati-hati.

Untuk yang tak bisa berenang, ada penyewaan ban sehingga kamu masih bisa berenang. Ada juga penyewaan perahu yang harganya terjangkau. Kamu bisa berkeliling daerah di sekitar Pantai Karanggongso.

Tak hanya itu, untuk yang hobi berkemah, kamu bisa bermalam dengan menggunakan tenda di tepi pantai. Untuk berkemah, kamu bisa datang kapan saja. Karena memiliki pemandangan yang indah dan tempat yang nyaman membuat pantai ini sukses menarik banyak wisatawan.

  • Alamat: Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek
  • HTM: Rp15.000 untuk orang dewasa
  • Jam Operasional: 08.00-18.00
  • No. Telp: 0812 1737 2229

5. Pantai Ngulungwetan

Pantai Ngulungwetan

Pantai lainnya di Trenggalek yang mempunyai pasir putih adalah Pantai Ngulungwetan. Banyak ditemukan pohon kelapa di tepian pantainya sehingga membuat pantai ini semakin rindang. Karenanya Pantai Ngulungwetan merupakan pantai yang cocok untuk piknik dan liburan bareng keluarga.

Ombak di pantai ini cukup tenang dan kecil sehingga pengunjung akan senang berlama-lama di sini baik untuk bermain ataupun berenang. Jarak pantai ini dari pusat kota Terenggalek sekitar 66 km saja. Walaupun jalannya berkolak-kelok, tapi lelahmu akan terbayang dengan pemandangan pantainya.

  • Alamat: Area hutan, Desa Ngulungwetan, Kecamatan Munjungan, Trenggalek
  • HTM: Rp5.000
  • Jam operasional: 24 jam
  • No. Telp: –

6. Pantai Indah Djoketro

Pantai Indah Djoketro

Tempat wisata pantai di Trenggalek yang memiliki pemandangan sangat indah serta rimbun pepohonan di sekitar pantai adalah Pantai Indah Djokerto. Selain itu, pantai ini juga memiliki suasananya sejuk dan asri berkat pepohonan tersebut.

Selain itu, pantai ini masih sepi sehingga enak dijadikan sebagai tempat untuk bersantai juga bermain dengan pasir putih yang bersih. Keindahannya berpadu dengan birunya air laut. Meskipun aksesnya cukup sulit tapi keindahan pantainya membuatnya layak untuk dikunjungi.

  • Alamat: Joketro, Nglebeng, Panggul, Trenggalek
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000,-
  • Jam Operasional : 24 Jam
  • No. Telp: 0823-1554-8747

7. Pantai Kuyon

Pantai Kuyon

Pantai Kuyon mempunyai batu karang di sekelilingnya sehingga terlihat sangat indah jika disaksikan ketika sunset. Sambil bersantai ditemani minuman air kelapa, pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal nelayan yang berlayar di atas birunya laut.

Karena ombaknya cukup besar, pantai ini tak cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berenang. Banyak tempat yang bagus untuk dijadikan spot menikmati pemandangan, seperti di atas bukit karang. Tak sulit menuju bukit ini karena disediakan tangga.

  • Alamat: Nglumpang, Nglebeng, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66364
  • Harga Tiket Masuk : Rp5.000,-
  • Jam Operasional : 24 Jam
  • No. Telp: –

8. Pantai Damas

Pantai Damas

Terletak sekitar 5 km ke arah barat daya dari Pantai Prigi, kamu akan menemukan pantai lain yang keren seperti yang lain. Namanya pantai tersebut adalah Pantai Damas. Jika Pantai Prigi cukup ramai dan terkenal, Pantai Damas cukup sepi.

Pasir di Pantai Damas warnanya kecoklatan serta ombaknya sedang. Pantai Damas dikelilingi oleh bukit-bukit hijau sehingga menjadikan pemandangan di sana terlihat semakin indah. Karena relatif masih sepi, belum ada fasilitas apapun di pantai ini. Jadi, bawa perbekalan jika mau bersenang-senang di sini.

  • Alamat: Karanggandu, Kec. Watulimo, Trenggalek
  • HTM: Rp5.000 orang dewasa dan Rp3.000 anak-anak
  • Jam buka: 24 jam
  • No. Telp: –

9. Pantai Taman Kili-Kili

Pantai Taman Kili-Kili

Pantai di Trenggalek ini menawarkan pemandangan pantai yang indah juga bersih tapi ombaknya cukup besar namun demikian karena masih sepi pengunjung, pantai ini terasa nyaman. Selain itu, pantai ini juga merupakan lokasi penangkaran penyu yang ada di wilayah Jawa Timur.

Bermacam jenis penyu ditangkarkan di pantai ini, mulai dari penyu belimbing, penyu sisi, penyu hijau dan jenis lainnya sehingga pantai ini sangat cocok jadi tujuan wisata keluarga. Anak-anak bisa mengikuti wisata edukasi untuk lebih dekat dengan alam.

  • Alamat: Bendogolor, Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66364
  • HTM : Rp5.000 orang dewasa dan Rp3.000 anak-anak
  • Jam Operasional : 24 Jam
  • No. Telp: –

10. Pantai Blado

Pantai Blado

Untuk yang suka tantangan ada pantai yang cocok untuk kamu. Kamu yang senang berburu ombak yang menantang tepat sekali jika kamu datang ke Pantai Blado yang ada di Kabupaten Trenggalek. Kamu bisa coba aktivita olah raga air yang menantang, yaitu surfing.

Ombak di Pantai Blado dibandingkan pantai lain di Trenggalek terkenal cukup besar. Karena itu Pantai Blado cocok untuk dijadikan tempat berselancar atau surfing. Tak perlu khawatir, tempatnya tidak jauh  dari Pantai Ngulungwetan.  Karenanya pantai ini bisa dibilang sepaket dengan pantai Ngulungwetan.

Pantai ini lokasinya terletak di Desa Munjungan, tepatnya di Kecamatan Munjungan, kira-kir 49 km arah selatan dari Trenggalek. Pantai ini dilengkapi fasilitas yang cukup memadai, seperti keberadaan pondok wisata, area parkir, dan penginapan.

  • Alamat: Kelurahan Macaran, Kecamatan Munjungan, Trenggalek
  • HTM: Rp5.000 orang dewasa dan Rp3.000 anak-anak
  • Jam operasional: 24 jam
  • No. Telp: –

Meski belum setenar pantai-pantai di Pulau Bali atau Lombok, tapi pantai di Trenggalek pun layak untuk jadi tujuan wisata. Tak hanya menikmati pantai, ada juga pantai yang bisa untuk berselancar. Ada niat untuk berkunjung ke Trenggalek?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *