Liburan Seru di Yogyakarta, Kunjungi 10 Pantai di Wonosari!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 23 Maret 2021

Wonosari merupakan Ibukota Kabupaten Gunung Kidul yang dikenal memiliki banyak destinasi wisata pantai yang cantik. Wonosari selalu dijadikan sebagai tujuan wisata di Yogyakarta, terutama bagi pencinta wisata pantai.

Saat liburan ke Yogyakarta, belum lengkap jika kamu tidak singgah di pantai Yogyakarta. Inilah 10 destinasi pantai di Wonosari yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi liburanmu!

1. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

* sumber: wisatabagus.com

  • Alamat : Tepus, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000/motor, Rp5.000/mobil

Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai indah di Wonosari yang ramai dikunjungi wisatawan. Di pantai ini terdapat sebuah pohon duras tua yang berdiri kokoh sampai saat ini. Uniknya lagi, di sekeliling pantai ada tebing perbukitan karst yang ditumbuhi pepohonan lebat di dalamnya.

Pantai Pok Tunggal cocok digunakan sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari snorkeling, camping, berenang, hingga diving. Pantai Pok Tunggal memiliki pasir putih yang halus dan bersih. Membuat pengunjung betah untuk berlama-lama ketika liburan ke Gunung Kidul.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

  • Alamat : Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

Selanjutnya, ada Pantai Indrayanti. Pantai yang sangat terkenal di Daerah Istimewa Yogyakarta ini tak pernah sepi pengunjung. Pantai Indrayanti lokasinya tidak jauh dari Pantai Pok Tunggal. Di sini, kamu bisa menikmati matahari terbenam di sisi barat, dan sudah disediakan gazebo untuk bersantai di tepi pantai.

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai berpasir putih di Yogyakarta yang menjadi primadona bagi wisata bahari. Disebut juga sebagai Pantai Pulang Syawal oleh masyarakat setempat. Pantainya yang bersih mampu menarik minat wisatawan dari dalam maupun luar kota Yogyakarta.

3. Pantai Siung

Pantai Siung

* sumber: www.wisatapositive.com

  • Alamat : Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

Pantai Siung merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang memiliki tebing tinggi. Jadi, di sini kamu bisa melihat pemandangan laut dari atas bukit yang memesona. Pantai Siung menjadi jalur alternatif untuk menuju ke Pantai Nglambor. Pantai ini cukup strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun empat.

Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan ketika berlibur ke Pantai Siung. Mulai dari aktivitas camping di tepi pantai, mendaki bukit karang yang indah, hingga melakukan aktivitas wall climbing jika kamu suka dengan kegiatan yang menantang.

4. Pantai Ngrenehean

Pantai Ngrenehean

* sumber: campatour.com

  • Alamat : Wonosari, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000/motor, Rp5.000/mobil

Pantai Ngrenehan merupakan salah satu pantai yang memiliki cerita sejarah di Gunung Kidul. Nama pantai ini diberi oleh Raden Fatah yang saat itu menjadi Raja Demak. Konon, Ayah dari Raden Fatah melarikan diri ke pantai ini, dan ketika dicari tidak ditemukan. Akhirnya diberilah nama Ngrenehan yang maksudnya “rene” atau “sini” dalam bahasa Jawa.

Pantai Ngrenehan disebut juga sebagai tempat untuk mengabadikan kedatangan Raden Fatah pada zaman lampau. Pantai yang diapit oleh dua bukit ini memiliki arus laut yang tenang. Lautnya yang biru, pasir putih nan halus, dan terdapat perahu nelayan di tepi pantai, membuat pantai ini terlihat cantik dan memesona.

5. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

* sumber: mytrip123.com

  • Alamat : Pule Gundes II, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

Tak hanya Lombok, Yogyakarta juga memiliki pantai dengan karang koral yang dekat dengan bibir pantai. Pasir putih bersih yang terhampar dari barat hingga timur, dan gradasi warna air laut yang jernih, menjadikan Pantai Sadranan menjadi salah satu primadona wisata pantai di Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai Sadranan aman digunakan untuk berenang dan bermain air. Arus lautnya yang tenang karena terdapat sebuah pulau kecil berupa gugusan karang di tengah laut yang menghalangi kerasnya ombak di pantai selatan. Pantai ini juga dikenal sebagai spot snorkeling yang menarik, dan juga bisa mencoba sensasi berlayar menggunakan perahu kano.

6. Pantai Drini

Pantai Drini

* sumber: dolanyok.com

  • Alamat : Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp4.000

Salah satu pantai yang bisa dinikmati dari berbagai sisi di Yogyakarta adalah Pantai Drini. Pantai ini terbilang luas dan landai. Terdapat dua bagian dengan sensasi yang berbeda. Pantai sebelah barat memiliki ombak yang lebih besar. Sedangkan pantai di sebelah timur memiliki arus laut yang lebih tenang sehingga cocok untuk dijadikan sebagai spot snorkeling.

Pantai Drini memiliki sebuah pulau kecil di tengah-tengah yang memisahkan antara pantai bagian timur dan bagian barat. Fasilitas di Pantai Drini sangat lengkap, mulai dari gazebo untuk beristirahat, restoran, toilet, hingga penginapan. Pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga.

7. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

* sumber: mytrip123.com

  • Alamat : Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

Sebelumnya sudah membahas tentang pantai yang sudah cukup terkenal di Gunung Kidul. Selain itu, masih ada pantai yang tersembunyi dan belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Berdasarkan cerita sejarah, Pantai Ngobaran merupakan tempat dimana Ayah dari Raden Fatah membakar diri. Hingga akhirnya tempat ini disebut Pantai Ngobaran yang berasal dari kata “kobaran”.

Pantai Ngobaran terlihat sangat unik. Saat masuk ke kawasan pantai, terdapat sebuah gapura yang memadukan budaya dan agama menjadi satu. Ada juga patung yang menjadi simbol agama Hindu dan Budha didirikan. Di balik cerita sejarah dan agamanya, Pantai Ngobaran sangat cantik dan menarik untuk dikunjungi.

8. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput

  • Alamat : Ngestiharjo, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

Siapa yang tidak suka aktivitas camping? Tak hanya di dataran tinggi seperti gunung atau bukit, camping juga bisa dilakukan di pantai lho. Salah satunya di Pantai Ngrumput yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini terbilang landai dan memiliki arus laut yang cukup tenang, sehingga aman dijadikan sebagai tempat camping.

Pantai Ngrumput juga memiliki bukit setinggi 50 meter di atas permukaan laut yang bisa kamu daki untuk menikmati sunset dan sunrise yang memesona. Bukit ini diberi nama Bukit Kosakora. Menjadi salah satu destinasi favorit di Gunung Kidul, sangat sayang jika kamu melewatkan keseruan di Pantai Ngrumput.

9. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong

* sumber: timesofindia.indiatimes.com

  • Alamat : Jl. Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

Pantai Ngandong merupakan salah satu destinasi dimana kamu bisa melihat langsung aktivitas nelayan di Gunung Kidul. Pantai berpasir putih ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Di sisi barat, arus laut lebih besar dibandingkan dengan sisi timur.

Di tengah laut, terdapat sebuah batu karang yang menjadi pemisah antara pantai sisi barat dan timur. saat air laut sedang surut, batu karang tersebut bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki. Namun ketika air laut sedang pasang, bisa menggunakan perahu nelayan untuk mengeksplor keindahan laut di Pantai Ngandong.

10. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

  • Alamat : Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

Tak hanya menikmati keindahan laut dari tepi pantai, di Pantai Kesirat kamu bisa menikmati pemandangan dari atas bukit. Pantai ini masih belum banyak dijamah oleh wisatawan, sehingga cukup private dan cocok untuk quality time dengan teman-teman.

Pantai Kesirat menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama matahari terbenam. Di pantai ini, kamu perlu mencoba berkemah dan menikmati keindahan pantai lebih lama. Terdapat satu pohon abadi yang berdiri di pinggir tebing, menjadikan Pantai Kesirat terlihat unik.

Yogyakarta memang tak pernah ada habisnya untuk dieksplor. Tempat yang dijuluki sebagai Kota Istimewa ini selalu membuat rindu wisatawan. Tak hanya wisata budaya, Yogyakarta juga memiliki wisata pantai yang tak kalah menarik. Yuk, liburan ke pantai di Wonosari!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram