keluyuran web banner

10 Pantai Terindah di Papua yang Cocok untuk Liburan

Ditulis oleh Okta Tri Umami - Diperbaharui 29 Juli 2020

Papua adalah daerah paling timur yang ada di kawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Meskipun letaknya paling timur, pesona alam dari Papua sudah mendunia, salah satunya destinasi wisata Raja Ampat. Selain itu, papua juga adalah tempat di mana Gunung Jayawijaya berada. Gunung tersebut pula yang memiliki salju abadi menyelimuti puncaknya.

Tapi tahukah Anda bahwasannya di Papua ada berbagai tempat menarik lainnya selain Raja Ampat dan Gunung Jayawijaya? Ya, Papua memang memiliki pesona alam yang luar biasa. Di antaranya adalah pantai-pantai dengan keasrian dan keindahannya. Berikut ini adalah 10 pantai cantik yang ada di Papua.

1. Pantai Bosnik

pantai bosnik

* sumber: alampriangan.com

Pantai Bosnik terletak di Desa Woniki sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Biak. Pantai Bosnik adalah salah satu ojek wisata di Papua yang sudah banyak diketahui oleh wisatawan lokal.

Pantai Bosnik menyuguhkan pemandangan indah dengan hamparan pasir putih yang luas, juga air laut berwarna biru jernih, keindahan bawah laut yang dipenuhi dengan koral-koral indah dan dilengkapi dengan deretan pohon kelapa di sepanjang pesisir Pantai dapat membuat pemandangan menjadi lebih menawan.

Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 kepada pihak pengelola, Anda sudah bisa menikmati keindahan Pantai Bosnik. Selain itu, di Pantai ini Anda bisa menyewa sebuah saung untuk bersantai seharian penuh seharga Rp 50.000. Harga tersebut juga sudah termasuk dengan es kelapa muda yang segar, lho!

2. Pantai Amai

pantai amai

* sumber: sinar-papua.blogspot.co.id

Pantai Amai adalah sebuah destinasi wisata di Papua yang belum banyak diminati karena perjalanan menuju ke Pantai ini cukup ekstrim. Wisatawan harus melewati medan jalan yang berkelok-kelok dan juga melewati bukit-bukit kecil. Meskipun pantai ini belum banyak diminati, bukan berarti pantai ini tidak menarik.

Pantai yang terletak di distrik Depapre ini, jarak tempuhnya dari kota Jayapura kurang lebih memakan waktu 2 jam perjalanan. Pantai Amai sangat cocok bagi Anda yang penat dengan keramaian kota dan ingin menenangkan diri. Pantai ini memiliki sebuah muara sungai yang mempertemukan air laut dengan air tawar. Jadi Anda bisa mendapatkan 2 keindahan dalam 1 tempat sekaligus. Pantai oke, muara pun oke.

Selain itu, di Pantai Amai sudah disediakan gazebo dan juga penginapan berbentuk rumah panggung yang ada di sisi pantai. Jadi, bagi Anda yang ingin bermalam dan ingin berlama-lama menikmati keindahan Pantai Amai, sudah tidak perlu risau dan galau lagi.

3. Pantai Harlem

pantai harlem

* sumber: ketahui.com

Pantai Harlem adalah pantai lain yang bisa ditemukan di Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua, tepatnya di Desa Tablanusu. Pantai ini semacam surga tersembunyi yang masih terjaga keasriannya di Papua. Hal ini karena, selain letaknya yang lumayan “tersembunyi,” pantai ini juga memiliki keindahan yang menawan dengan pasir putih yang membentang di sepanjang pesisir pantainya.

Pantai Harlem juga memiliki perairan yang dangkal dan aman untuk dipakai berenang. Pemandangan yang menawan bersumber dari pepohonan yang rindang, pasir putih yang halus dengan kerikil-kerikil kecil, dan laut dengan warna biru cerah juga jernih. Perpaduan inilah yang membuat pemandangan di Pantai Harlem menjadi lebih segar dan sejuk.

4. Pantai Vanue

pantai vanue

* sumber: adeevatravel.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, Pantai Vanue terletak di sebuah pulau kecil seluas 15 hektar yang terletak di sebelah selatan Distrik Buruway, Kaimana, Papua, benama Pulau Vanue. Pantai Vanue adalah sebuah pantai berpasir putih yang masih terjaga keasriannya.

Keasrian Pantai Vanue, dapat terlihat dari hewan-hewan pesisir pantai yang tinggal dan berkembang biak di pantai ini. Hewan-hewan tersebut adalah Penyu Belimbing atau Dermochelys Soriacea dan juga Burung maleo atau Macrocephalon Maleo. Kedua hewan tersebut menjadikan Pulau Vanue sebagai daerah teraman mereka untuk menyimpan telur.

Selain itu, Pantai Vanue memiliki air yang jernih dan bening dengan keindahan bawah laut yang terdiri atas berbagai jenis terumbu karang dan segala hewan-hewan laut yang tinggal di sisi-sisi terumbu karang tersebut.

5. Pantai Tuturuga

pantai tuturuga

* sumber: cintapiknik.blogspot.co.id

Nama pantai Tuturuga diambil dari kata Tuturuga yakni sebutan dari penyu yang sering dipakai oleh penduduk sekitar. Pantai Tuturuga memiliki keindahan yang luar biasa dengan pasir putih dan air laut yang memiliki degradasi warna hijau toska dengan biru tua. Keindahan bawah lautnya juga menjadi salah satu destinasi snorkeling dan diving yang menyuguhkan berjuta-juta pesona.

Sesuai dengan namanya, Pantai Tuturuga adalah pantai yang menjadi destinasi bagi Penyu belimbing untuk bertelur. Hal inilah yang menjadi keistimewaan dari Pantai Tuturuga. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat penyu-penyu kecil yang baru menetas merangkak menuju ke laut untuk memulai hidup mereka.

6. Pantai Yen Beba

pantai yen beba

* sumber: www.harianpapua.com

Pantai Yen Beba merupakan salah satu Pantai cantik yang ada di Kabupaten Manokwari. Sesuai dengan namanya Yen Beba yang memiliki arti pasir putih, Pantai Yen Beba memang memiliki pasir putih halus yang menyebar luas di sepanjang pesisir yang mencapai 500 meter panjangnya.

Selain pasir, di pesisir Pantai Yen Beba juga dipenuhi dengan deretan pohon ketapang yang siap meneduhkan pengunjung di kala sinar mentari mulai bersinar terik. Pantai ini juga memiliki semilir angin yang sejuk dan air laut yang bersih dan jernih berwarna hijau toska. Arus air yang cukup tenang dan berombak kecil membuat perairannya aman dan nyaman untuk berenang dan menyelam.

Pantai Yen Beba adalah salah satu pantai populer yang ada di Papua. Pantai ini akan ramai ketika hari libur dan juga weekend. Kemudahan dalam akses jangkauannya membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi penduduk lokal.

7. Pantai Bakaro

pantai bakaro

* sumber: www.landscapeindonesia.com

Selain Pantai Yen Beba, Pantai Bakaro juga terletak di Kabupaten Manokwari, tepatnya berada di Desa Bakaro kawasan pesisir timur dari Papua Barat. Pantai Bakaro sendiri sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah dengan pasir putih, bebatuan karang dan lautnya juga bersih dan jernih. Penduduk di pantai ini ramah dan siap menyambut Anda dengan mengucapkan “Winja Monuh Bakaro” atau “Selamat Datang di Bakaro” ketika Anda menginjakkan kaki di Bakaro.

Di Pantai Bakaro Anda tidak disarankan untuk berenang, karena banyaknya terumbu karang yang akan sangat berbahaya bagi Anda. Anda hanya bisa bermain air di sisi pantainya saja. Meskipun demikian, pantai ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan kegiatan memancing karena di sini terdapat spot-spot pancing yang bagus.

8. Pantai Kaironi

pantai kaironi

* sumber: www.kompasiana.com

Pantai Kaironi termasuk ke dalam daerah cagar alam Mubrani. Pantai Kaironi menjadi bagian dari cagar alam karena pantai ini merupakan kawasan terbesar dari pengembangbiakan alami berbagai jenis penyu yang ada di Papua.

Pantai ini tidak menyediakan objek wisata seperti pada pantai-pantai lain yang ada di Papua. Pantai ini menyuguhkan pemandangan dari penyu-penyu yang berkembang biak. Wisatawan dapat melihat secara langsung penetasan dan pelepasan penyu-penyu kecil yang baru akan memulai kehidupannya di lautan. Pemandangan tersebut belum tentu bisa Anda dapatkan di pantai-pantai lain, lho!

9. Pantai Mansinam

pantai mansinam

* sumber: whateverisaid.wordpress.com

Pantai Mansinam adalah sebuah pantai yang terletak di Pulau Mansinam, tepatnya berada di teluk Doreri. Teluk Doreri oleh penduduk sekitar lebih dikenal dengan nama teluk Dorey atau teluk Doreh. Pulau ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15-20 menit perjalanan dari Manokwari.

Pantai Manisam memiliki keindahan dengan air yang jernih dan bersih, hamparan pasir putih yang luas dan rerimbunan pohon yang sangat menyejukan mata. Perairan dari pantai ini pun sangat tenang dengan skala ombak yang tidak terlalu besar, sehingga aman digunakan untuk berenang.

Selain itu, pemandangan bawah lautnya pun sangat indah sehingga Pantai ini cocok digunakan untuk kegiatan snorkeling dan juga diving.

10. Pantai Um

pantai um

* sumber: jalan2.com

Pantai Um adalah Pantai yang terletak di sebuah Pulau yang memiliki ukuran sangat kecil bernama Pulau Um. Pulau Um berada di distrik Makbon, Sorong, Papua. Saking kecilnya pulau ini, pengunjung dapat mengelilingi seluruh pulau hanya dalam waktu 15 menit saja. Pulau ini memiliki daerah pantai yang memiliki hamparan pasir putih dan juga air jernih dan bening.

Pada perairannya pengunjung bisa melakukan kegiatan seperti berenang dan bermain-main di sekitar pantai. Jernihnya air, membuat pengunjung dapat melihat langsung betapa indahnya karang-karang dan hewan-hewan air seperti ikan, penyu dan lain sebagainya dari atas perahu.

Demikianlah informasi 10 pantai cantik yang ada di Papua dan Papua Barat dari Keluyuran. Masih banyak lagi tempat-tempat menarik lainnya yang ada di Papua. Jadi, yuk main ke Papua! Jika Anda memiliki saran atau informasi lain mengenai tempat-tempat indah di Indonesia lainnya, bagikanlah dengan kami di kolom komentar.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram