keluyuran web banner

Pantai Srau, Private Beach Paling Unik di Pacitan Jawa Timur

Ditulis oleh Winda Widyaningsih - Diperbaharui 14 April 2020

Liburan bukan hanya lagi menjadi obat untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Namun akhir-akhir ini, liburan atau sekedar jalan-jalan sudah menjadi semacam lifestyle. Yups, banyak orang yang berlibur bukan hanya untuk tujuan tersebut, namun mereka juga menjadikannya sebagai kesempatan untuk hunting tempat bagus terutama tempat-tempat yang ingstagramable.

Dari berbagai destinasi yang ada, pantai merupakan salah satu tempat yang menjadi tujuan para pelancong. Kali ini Keluyuran akan memberikan review salah satu pantai di Pacitan, Jawa Timur.

Pacitan merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Kota kelahiran mantan presiden ke-6 Indonesia ini juga dikenal dengan Kota 1001 Gua. Hal ini dikarenakan banyak sekali objek wisata alam gua di Pacitan. Namun happy reader, Pacitan tidak hanya menyuguhkan gua sebagai daya tarik wisata, melainkan juga hamparan lautan dengan pasir putih yang menggoda.

Ya, pantai-pantai di Pacitan juga terkenal dengan keindahannya. Hamparan pasir putih yang lembut, ombak yang tidak begitu besar, dan beberapa pantai di Pacitan ini masih sangat sepi pengunjung. Salah satunya adalah pantai Srau.

1. Letak dan rute

letak pantai srau

Pantai Srau terletak di desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya kira-kira 24km dari kota Pacitan. Istilah No pain, no gain sepertinya memang cocok untuk menggambarkan perjuangan yang harus ditempuh untuk menuju pantai Srau.

Perjalanan dari kota Pacitan ke pantai Srau memang agak sulit dijangkau. Hal ini karena tidak ada angkutan umum yang menuju langsung ke private beach ini. Selain itu, jalanan sempit dan sedikit rusak juga harus kita lewati demi mendapatkan keindahan di Pantai Srau. Maka akan lebih mudah jika kita menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.

Di sepanjang perjalanan menuju pantai Srau, kita akan melewati pinggiran hutan yang hijau dan rindang, jauh dari pemukiman penduduk. Pantai Srau merupakan pantai yang jarang dikunjungi dan terbilang masih “perawan”. Oleh karena itu, keaslian dari pantai ini masih benar-benar terasa.

2. Budget needed

Sesuaikan dengan Budget

Setelah menempuh perjalanan sekitar 24km dari kota Pacitan, menempuh jalanan sempit dan sedikit rusak, maka siap-siap saja untuk bermain air dan pasir di Pantai Srau. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menikmati private beach ini juga sangat terjangkau. Berikut rinciannya:

  • Tiket masuk : 5.000/orang
  • Mobil : 5.000,-
  • Motor : 2.000,-

3. Tiket ditangan, private beach di depan mata

Private beach bukan?

Private beach bukan?

Setelah membayar, kita akan langsung disuguhkan dengan hamparan pasir putih yang lembut. Jangan salah dulu, dengan tiket yang sangat terjangkau, pantai Srau menyajikan 3 bagian pantai yang sangat indah, yaitu bagian barat, tengah dan timur. Masing-masing pantai dipisahkan oleh batu karang dan dataran yang lumayan luas.

Pantai bagian barat sangat cocok untuk area bermain air dan pasir. Karena pada bagian ini pantai memiliki dataran yang luas dan landai. Selain itu, spot ini juga lah yang cocok untuk menyaksikan matahari terbenam.

Pantai bagian tengah memiliki pemandangan langsung ke laut lepas, ditambah batu-batu besar yang berdiri tegak di tengah laut. Namun, saat air sedang surut, bibir pantai akan memunculkan karang-karang yang lumayan tajam. Sehingga tidak cocok untuk bermain air.

Jika di bagian barat kita dapat menikmati sunset alias matahari terbenam, maka dibagian timur kita dapat menyaksikan bagaimana sang surya terbit.  Bagian pantai ini memiliki garis pantai yang paling panjang dibandingkan bagian pantai yang lain.

Selain ketiga bagian pantai yang memiliki nilai keindahan masing-masing tersebut, Pantai Srau juga menyediakan pemandangan yang luar biasa dari atas bukit. Ada beberapa bukit yang bisa digunakan untuk menyaksikan hempasan ombak menerjang karang, bebatuan karang di tengah dan di tepi pantai juga terlihat jelas dari atas bukit ini. Sungguh pemandangan yang mungkin tidak akan ditemui di pantai-pantai lainnya.

spot untuk camping

Salah satu spot yang cocok untuk camping

Pantai ini juga cocok untuk dijadikan tempat camping atau mendirikan tenda. Karena terdapat dataran-dataran luas antara pantai yang satu dengan pantai lainnya. Suasana yang masih sepi akan membuat camping di sini terasa seperti di alam lepas, padahal pantai ini adalah salah satu objek wisata di Pacitan.

4. Fasilitas

tips menghilangkan bau wc yang menguap

* sumber: www.signaturehardware.com

Walaupun pantai Srau ini masih sepi pengunjung, tetapi fasilitas yang disediakan sudah cukup untuk para pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain adalah wc umum dan tempat makan. Ada wc umum yang disediakan di Pantai Srau ini. Wc umum ini dikelola oleh warga sekitar.

Kita cukup membayar 3.000 rupiah saja untuk membuat badan kita bersih kembali. Memang airnya tidak terlalu bening, mengingat cukup sulit menemukan air bersih di daerah pantai. Namun, sudah cukup membuat badan kita kembali bersih dari pasir-pasir yang menempel.

Selain wc umum, ada juga beberapa warung makan yang bisa kita jumpai. Bukan warung makan yang besar, namun  warung-warung tersebut menyediakan berbagai macam makanan berat dan makanan ringan. Warung makan ini juga dikelola oleh warga sekitar. Harga makanan di warung-warung ini berkisar antara 10.000 – 30.000 per porsi.

5. Beach equimpents

perlengkapan ke pantai

Jika lokasi sudah ditentukan, maka  jangan sampai nanti perlengkapan yang kamu butuhkan tidak sesuai dengan lokasi yang kamu tuju. Happy reader, di bawah ini ada beberapa barang yang wajib kamu bawa saat kamu mau liburan ke pantai.

  • Jangan salah kostum, bawa pakaian berbahan ringan dan tipis saja

Selain untuk memudahkan kamu saat bermain air, pakaian yang memiliki bahan ringan akan mempermudah pakaian kita cepat kering.

  • Sunglasses

Selain membuat tampilanmu lebih chic selama liburan, sunglasses bisa membantu matamu untuk terhindar dari sinar matahari. Ditambah kamu juga tidak perlu memincingkan matamu saat hendak berfoto.

  • Sunblock

Sunblock membantu melindungi kulitmu dari sinar uv yang berbahaya. Fungsi lain dari sunblock juga tentunya membuat kulitmu tidak terbakar. Sehingga dapat mengurangi kulit belang saat liburanmu telah selesai.

  • Topi fedora

Selain membuat foto-fotomu terlihat kece, topi fedora juga membantu melindungi wajahmu dari paparan sinar matahari secara langsung. Dengan begini, kamu tidak perlu takut wajahmu akan gosong karena sinar matahari.

  • Sendal jepit

Sepatu kets, high heels, boots tidak akan berguna disini. Yang paling pas untuk menjadi alas kakimu adalah sendal jepit. Karena sendal jepit akan membuat kakimu lebih bebas bergerak dan tidak perlu takut basah.

  • Kain pantai

Kain pantai dapat digunakan untuk alas duduk atau dililit menjadi rok.

  • Air putih

Air putih dibutuhkan untuk menjaga cairan yang ada di dalam tubuh kita. Suhu di daerah pantai yang panas akan membuat tubuh kita membutuhkan cairan lebih banyak. Maka dari itu, bawalah air putih untuk memenuhi cairan di tubuhmu.

  • Camera

No picture=hoax. Jadi, untuk kenang-kenangan dan untuk “pamer” di medsos, kita tidak boleh lupa membawa kamera. Take some pictures and enjoy the private beach!

Destinasi sudah ditentukan, perlengkapan sudah selesai dikemas, maka sekarang saatnya liburan. Bagaimana, tertarik mengunjungi private beach di Pacitan ini?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram