10 Pantai Terindah di Indonesia yang Jadi Objek Wisata Baru

Ditulis oleh Siti Hasanah

Apakah kamu berencana menghabiskan liburan di pantai dan masih mencari pantai yang indah dan asri yang ingin kamu kunjungi? Keluyuran punya rekomedasi pantai yang sangat indah yang mungkin bisa jadi destinasi wisata pantai kamu pada musim liburan nanti.

Ingin tahu pantai cantik di Indonesia mana saja yang mesti kamu kunjungi nanti? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Pantai Ngurtafur – Maluku

Pantai Ngurtafur – Maluku

Pantai Ngurtafur berlokasi di daerah Maluku Tenggara, Sebuah pantai yang unik yang berada di lautan dengan pasir putihnya yang timbul disaat air laut sedang surut. Di sepanjang pantai ini kamu tidak akan menemukan pepohonan atau tanaman yang lain, hanya pasir dan lautan.

Di pantai ini kamu akan melihat burung bangau yang jumlahnya ratusan sedang mencari makan, juga terdapat kawanan penyu dengan penyu tertua bernama ‘Tabob”. Pantai ini tak berpenghuni maka kalian wajib membawa bekal makanan.

Jika kamu ingin berkunjung, maka kamu harus terbang dahulu ke kota Ambon yang selanjutnya dilanjutkan  menuju Kota Tual di Maluku Tenggara untuk dilanjutkan ke Pelabuhan Debut. Untuk sampai ke pantai kamu harus menyewa kapal dari pelabuhan dengan harga sekitar 700 rb – 1 juta.

  • Alamat: Pulau Warbal, Kep. Kei, Kab. Maluku Tenggara Provinsi Maluku
  • HTM: Gratis (Kamu hanya butuh uang sekitar Rp8.000.000 untuk transportasi)

2. Pantai Pink – Nusa Tenggara Timur (NTT)

Pantai Pink – Nusa Tenggara Timur (NTT)

Pantai Merah Muda atau lebih dikenal dengan Pantai Pink, berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya berada di Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo. Pantai Pink tak hanya menawarkan keindahan dari pasirnya yang berwarna merah muda, tetapi tempat hidup dari banyak biota laut.

Biota laut yang banyak terdapat di Pantai Pink menjadikan aktivitas snorkeling atau diving adalah hal yang harus kamu coba lakukan, sebuah tempat snorkeling dan divingnya kelas dunia. Pantai dengan pasir pink hanya ada 7 di dunia ini, dan warna pink itu berasal dari hewan mikroskopik foraminifier.

Pantai cantik ini harus kamu tempuh dengan menggunakan speed boat yang kamu sewa dari Labuan Bajo. Pantai Pink ini tidak berpenghuni jadi kamu harus membawa perbekalan sendiri. Selain itu kamu juga harus waspada jika terdapat Komodo, jika melihatnya sebaiknya segera menjauh.

  • Alamat: Taman Nasional Pulau Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur
  • HTM: Domestik Rp5.000, Mancanegara Rp150.000 (+ Rp80.000 Untuk Guide)

3. Karimun Jawa – Provinsi Jawa Tengah

Karimun Jawa – Provinsi Jawa Tengah

Karimun Jawa adalah sebuah kepulauan yang masih masuk dalam sebuah kecamatan di Jepara. Letaknya berada di laut Jawa, dengan jumlah pulau sebanyak 27 pulau dan hanya 5 pulau yang dihuni. Dan tempat ini telah dinobatkan sebagai Taman laut Nasional Indonesia.

Taman Laut di Karimun Jawa terkenal untuk aktivitas bawah lautnya seperti diving dan snorkeling. Kamu akan banyak melihat biota laut di terumbu karang yang jenisnya ada sekitar 90 jenis, dan jenis ikannya ada sekitar 240 jenis. Selain itu kamu juga dapat menyusuri pantai dengan pasir putihnya.

Jika kamu berencana mengungjungi Karimun Jawa dengan air pantainya yang berwarna tosca dan jernih, kamu sebaiknya datang di musim Kemarau. Saat itu lautnya stabil, tidak banyak gelombang. Kamu harus menggunakan kapal untuk sampai ke sana atau menyewa pesawat berbadan kecil.


  • Alamat: Kec. Karimun Jawa, Kab. Jepara, Provinsi Jawa Tengah
  • Website: tnkarimunjawa.id
  • HTM: Domestik Rp5.000, Mancanegara Rp150.000 (weekday), Domestik Rp7.500, Mancanegara Rp225.000 (weekend)

4. Derawan – Kalimantan Timur

Derawan – Kalimantan Timur

Derawan sendiri sesungguhnya adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kepulauan derawan Juga memiliki tempat snorkeling dan diving terbaik, selain dari pantainya yang berpasir putihnya yang menawan, dan warna airnya yang sangat jernih.

Keasrian dari tempat ini masih terjaga dengan baik, selain itu masih banyak dari kehidupan satwa liarnya yang dilindungi. Kamu juga dapat melihat proses penyu saat sedang bertelur. Keindahannya menjadi daya tarik untuk para wisatawan mancanegara untuk mendatanginya.

Untuk dapat  menuju ke sana kamu dapat  menggunakan dua cara yaitu dengan jalan udara, dan juga jalan darat. Tetapi kamu harus terlebih dahulu sampai ke Balikpapan, sebagai gerbang utamanya sebelum melanjutkan lewat via Samarinda atau juga via Tarakan.

  • Alamat: Kep. Derwan Kec. Dearwan, Kab. Berau, Provinsi Kalimantan Timur
  • HTM: Gratis

5. Raja Ampat – Papua

Raja Ampat – Papua

Kepulauan Raja Ampat, Papua menjadi tempat yang sangat terkenal karena keindahan pemandangan alam bawah lautnya, yang merupakan sebuah gugusan pulau. Terdapat empat gugusan pulau di Raja Ampat, yaitu Pulau Waigeo, Salaswati, Misool, dan juga Batanta.

Menurut mitos, cerita Raja ampat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh butir telur, dan empat butir telut yang  menetas menjadi seorang pangeran yang kemudian menjadi raja di empat gugusan pulau tadi, sedang tiga lagi menetas menjadi hantu, wanita, dan sebuah batu.

Raja Ampat menjadi salah satu tempat untuk diving terbaik di dunia, dengan  terumbu karangnya yang dihiasi dengan ragam biota laut yang diperkirakan sekitar 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Selain itu kamu juga akan menemukan sepesies unik lainnya seperti Pari Manta.

  • Alamat: Kab. Raja Ampat, Provinsi Papua Barat
  • HTM: Domestik Rp.500.000, Mancanegara Rp1.000.000

6. Pantai Kanawa – Nusa Tenggara Timur

Pantai Kanawa – Nusa Tenggara Timur

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram