Yuk, Kunjungi 10 Pantai Terindah di Jawa Tengah Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Januari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau lagi liburan, kamu tim yang mana? Pantai? Gunung? Air Terjun? Atau wisata kota? Bagi sebagian orang, liburan ke pantai menjadi momen yang tepat untuk sekadar refreshing dan menghilangkan penat. Menikmati pemandangan laut lepas, mendengarkan deburan ombak, dan membasahi kaki dengan air laut menjadi hal yang menyenangkan.

Di Jawa Tengah, ada banyak sekali destinasi pantai yang bisa dikunjungi. Mulai dari pantai utara hingga pantai selatan. Terlebih, jalur pantai selatan (Pansela) sudah dijadikan sebagai jalur alternatif untuk menuju ke Jawa Tengah dari Jawa Barat. Kali ini, Keluyuran akan menginformasikan 10 pantai terindah di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi pada musim libur nanti. Yuk, disimak artikelnya!

1. Pantai Menganti

Pantai Menganti

* sumber: www.jejakpiknik.com

Pariwisata di Kebumen semakin banyak dikenal orang semenjak jalur pantai selatan dijadikan sebagai alternatif untuk menghindari macet di kala musim lebaran tiba. Salah satu pantai yang recommended untuk dikunjungi adalah Pantai Menganti. Berjarak sekitar 42 km dari Kota Kebumen, kamu perlu menempuh waktu sekitar 60 menit untuk sampai di sini.

Sepanjang perjalanan menuju Pantai Menganti, kamu akan disuguhkan dengan jalur bukit yang berkelok-kelok, pemandangan yang indah, serta hawa yang sejuk. Sesampainya di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan pantai yang cantik. Dilengkapi pula dengan jembatan merah, Lembah Menguneng, hingga kamu bisa mendaki Bukit Sigatel.

  • Alamat : Jl. Pantai Menganti, Karangduwur, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

2. Pantai Nampu

Pantai Nampu

* sumber: www.pantainesia.com

Bergeser ke ujung timur bagian selatan Jawa Tengah, terdapat Pantai Nampu yang terletak di Kabupaten Wonogiri dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai yang dikelola oleh perusahaan Batik Keris ini menyajikan pemandangan pasir putih yang bersih dan halus, serta air laut yang jernih.

Pantai Nampu banyak dihidupi ikan-ikan kecil yang berenang di karang-karang tepi pantai. Jika air laut sedang surut, karang-karang tersebut akan terlihat sangat jelas dan kamu bisa melihat ikan-ikan kecil di sela-sela karang. Sungguh cantik!

  • Alamat : Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  •  Tiket Masuk : Rp2.000/orang

3. Pantai Karang Jahe

Pantai Karang Jahe

Siapa bilang pantai utara hanya memiliki pantai berpasir hitam dan kotor? Di Kabupaten Rembang, terdapat Pantai Karang Jahe yang menjadi salah satu tempat favorit untuk berlibur ke pantai utara. Letaknya berada di antara Rembang dan Lasem, Pantai Karang Jahe menyajikan panorama yang cantik.

Pasir pantai yang halus berwarna putih kecokelatan, dan air laut yang tenang khas pantai utara, aman juga menyenangkan dipakai bermain untuk anak-anak. Di sini disediakan pula payung-payung untuk sekadar beristirahat dan menghindar dari panasnya terik matahari. Liburanmu akan semakin menyenangkan!

  • Alamat : Pantai Karang Jahe, Jetakbelah, Punjulharjo, Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Pantai Bopong

Pantai Bopong

* sumber: www.rayadventure.com

Berbeda dengan lainnya, di Kebumen ada Pantai Bopong yang memiliki laguna di sekitar pantainya. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi tebing-tebing yang tinggi. Pantai Bopong merupakan tempat penangkaran penyu. Jika datang saat musim kawin, kamu bisa melihat penyu yang berdatangan ke daratan untuk mengubur telur di bawah pasir.

Perjalanan menuju Pantai Bopong, kamu perlu menempuh jarak kurang lebih 27 km dari Kota Kebumen dengan waktu tempuh selama 40 menit. Sesampainya di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Pantai Bopong. Tak hanya laguna saja, kamu bisa berfoto di taman ilalang dekat laguna. Pasti seru!

  • Alamat : Surorejan, Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.000/motor, Rp5.000/mobil

5. Pulau Panjang

Pulau Panjang

* sumber: travelingyuk.com

Jepara merupakan akses untuk menuju ke Pulau Karimun Jawa yang cantik nan eksotis. Jepara juga memiliki banyak gugusan pulau-pulau kecil yang cantik. Salah satunya, Pulau Panjang. Berjarak 2,5 km dari Pantai Kartini Jepara, kamu perlu menyeberang menggunakan kapal kayu selama 15 menit dengan tarif Rp13.000/orang untuk pulang-pergi.

Sesampainya di Pulau Panjang, kamu akan dihipnotis dengan indahnya pantai berpasir putih bersih dan air laut yang sangat jernih, serta dilengkapi pula dengan hutan tropis di tengah pulau. Di Pulau Panjang tidak terdapat penginapan, namun dilengkapi dengan warung-warung yang berjajar di tepi pantai. Jadi, tak perlu khawatir kelaparan.

  • Alamat : Ujungbatu I, Ujungbatu, Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron

* sumber: wowkebumen.blogspot.com

Satu lagi pantai eksotis di Kebumen. Pantai Pecaron masih masuk ke dalam wilayah kecamatan Ayah. Pantai dengan nuansa perbukitan alami yang mengelilingi area pantai memberikan suasana sejuk dipandang mata. Selain itu, di pinggir pantainya terdapat pepohonan yang bisa kamu gunakan untuk berteduh.

Perjalanan dari Kota Kebumen ke Pantai Pecaron cukup jauh. Kamu perlu menempuh 40 km menggunakan kendaraan bermotor. Sesampainya di Pantai Pecaron, kamu bisa bersantai di bawah pepohonan rindang tepi pantai, atau berfoto di sisi timur pantai yang terdapat tebing besar. Unik dan sangat menarik!

  • Alamat : Hutan, Srati, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp2.500/orang

7. Pulau Cilik

Pulau Cilik

* sumber: panduanwisata.id

Sudah pernah menjelajah Karimun Jawa? Pulau yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang cantik nan eksotis, mampu membuat siapa saja yang datang merasa betak dan ingin kembali ke sini. Salah satu pulau yang eksotis di Karimun Jawa adalah Pulau Cilik. Sesuai dengan namanya, pulau ini berukuran kecil, luasnya hanya sekitar 2 hektar saja.

Pulau Cilik bisa kamu akses menggunakan speed boat dari dermaga Karimun Jawa dengan waktu tempuh antara 60 – 90 menit. Sesampainya di sini, kamu akan disambut dengan pulau yang sepi dan tak berpenghuni. Buat kamu yang suka dengan aktivitas bawah laut, jangan lewatkan untuk snorkeling hingga freediving di sini. Serasa pulau milik sendiri!

  • Alamat : Kemujan, Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Penyeberangan : Rp28.500 – Rp70.000/orang

8. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan

* sumber: piknikasik.com

Jepara tidak hanya memiliki pulau-pulau nan eksotis juga, namun memiliki pantai-pantai di sekitar kota yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu pantai yang populer di Jepara adalah Pantai Bandengan. Pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung dari dalam dan luar kota Jepara, terutama pada libur akhir pekan.

Pantai Bandengan memiliki pasir putih dengan garis pantai yang panjang dan luas. Di sini pengunjung bisa mencoba water sport, berenang, hingga bermain voli. Pada waktu tertentu, Pantai Bandengan digunakan sebagai tempat diselenggarakannya event festival rutinan yang diadakan setiap tahun. Menyaksikan festivalnya, akan menambah keseruan liburanmu!

  • Alamat : Bandengan, Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

9. Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan

* sumber: rubrikwisata.com

Jika mendengar kata Nusa Kambangan, apa yang ada di pikiranmu? Pulau yang dijadikan sebagai Lembaga Pemasyarakatan paling mengerikan. Namun, disamping itu, Nusa Kambangan menyimpan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi lho. Keindahan pantainya tak kalah dengan pantai lainnya di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah.

Salah satu pantai yang cantik di Nusa Kambangan adalah Pantai Karang Pandan. Menuju ke sini, kamu perlu menyeberang selama 10 menit. Lalu setelah itu, kamu bisa berjalan kaki selama 30 menit untuk sampai di pantai, atau menggunakan odong-odong/kendaraan tradisional. Perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan cantiknya Pantai Karang Pandan.

  • Alamat : Tambakreja, Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

10. Pantai Pringjono

Pantai Pringjono

* sumber: www.altundo.com

Satu lagi pantai eksotis di Wonogiri. Pantai Pringjono masih satu kawasan dengan Pantai Nampu. Bisa dijadikan sebagai alternatif bila ingin liburan ke pantai yang lebih sepi. Jika membawa kendaraan pribadi, kamu perlu memarkirkan kendaraan di Pantai Nampu, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama 5 menit.

Berbeda dengan Pantai Nampu, Pantai Pringjono belum dilengkapi dengan fasilitas wisata. Bahkan, karena letaknya yang tersembunyi, pantai ini masih belum banyak diketahui orang. Pantai Pringjono yang berukuran kecil dan masih sepi ini cocok dikunjungi untuk kamu yang tidak suka tempat ramai. Jika Pantai Nampu terlalu ramai, pantai ini bisa dijadikan alternatif.

  • Alamat : Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Demikian informasi tentang 10 pantai terindah di Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi liburanmu. Jadi, liburan kali ini mau keluyuran ke pantai mana?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *