Paris Van Java Mall, Tempat Berbelanja dan Rekreasi Keluarga

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung punya banyak mal yang cocok dijadikan destinasi wisata. Salah satunya adalah Paris Van Java Mall atau yang lazim disingkat PVJ. Mal yang diresmikan pada Juli 2006 ini memiliki konsep open air yang dilengkapi dengan burung merpati hias yang bersliweran di atas mal ini. Dan konsep itulah bikin mal ini unik dibanding mal lainnya.

Ada hal lain yang bikin mal ini terlihat makin unik. hal itu tak lain adalah kehadiran kolam ikan besar yang berada di depan jajaran kafe di PVJ. Sempat dikosongkan beberapa waktu, kolam tersebut kini seringnya dipakai sebagai tempat festival dan pentas seni. Ingin tahu ada hal menarik apa saja di PVJ Mall Bandung? Simak ulasannya berikut ini.

Wahana dan Spot Menarik Paris Van Java Mall

Wahana dan Spot Menarik Paris Van Java Mall

* sumber: asiklibur.com

Jangan lewatkan beragam wahana dan spot menyenangkan saat di PVJ nanti ya karena PVJ tak hanya sekadar tempat belanja semata, melainkan tempat yang cocok untuk bersenang-senang atau rekreasi bersama keluarga.

Berikut ini wahana dan spot yang dimaksud:

1. Gardenice

Gardenice

Ini adalah wahana ice skating rink yang sudah ada di PVJ sejak 2010 silam. Boleh dikata kalau PVJ adalah salah satu mal yang menyediakan wahana ice skating di Bandung.

Wahana ini sangat cocok untukmu yang suka ice skating atau sekadar mencoba olahraga tersebut. Gardenice letaknya persis di lantai Sky Level yang juga merupakan tempat parkir di PVJ.

2. Dunia Bajing

Dunia Bajing

* sumber: bisnishotel.com

Sesuai namanya, ini adalah wahana yang berisi hewan bajing. Koleksi bajing yang ada di sini terbilang cukup banyak. Kamu harus membayar Rp20.000 untuk bisa masuk ke wahana ini. Di sini, kamu bisa melihat sambil berfoto bersama bajing.

3. Skyfield

Skyfield

* sumber: www.bobocantik.com

Merupakan wahana berupa taman buatan seluas 2 ribu meter persegi. Di dalamnya, terdapat taman berisi aneka jenis spesies kupu-kupu, area pesawahan, kandang sapi, hingga taman bunga dan kolam ikan.

Skyfield sendiri sempat dipakai untuk Butterfly Festival beberapa tahun lalu. Selama di wahana ini, kamu bisa melihat kupu-kupu dan hal menarik lainnya, sambil berfoto ria tentunya.

4. Weekend Market

Weekend Market

* sumber: blog.malaysia-asia.my

Spot ini hanya buka tiap akhir pekan. Tepatnya, tiap hari Jumat hingga Minggu. Di spot ini, kamu bisa melihat barang dagangan menarik seperti kerajinan tangan, sayuran organik, dan minuman sehat.

Tak cuma melihat, kamu pun bisa membeli barang-barang itu bila kamu tertarik. Tenang saja, harga barang-barang yang ada di spot ini lumayan terjangkau. Weekend Market sendiri bisa kamu sambangi di wilayah Sky Garden, tak jauh dari wahana Gardenice.

Harga Tiket dan Jam Operasional PVJ Mall

Harga Tiket dan Jam Operasional PVJ Mall

Selama masa new normal, PVJ Mall hanya akan buka setiap hari selama 8 jam, mulai dari pukul 12 siang hingga 8 malam. Seperti mal pada umumnya, PVJ juga tidak menerapkan harga tiket masuk. Walau begitu, bukan berarti kamu bisa datang ke mal ini tanpa membawa uang sepeser pun.

Apalagi, jika kamu hendak berbelanja atau menikmati sejumlah wahana di mal ini. setiap wahana di PVJ punya harga tiketnya sendiri. Dunia Bajing misalnya. Untuk bisa masuk ke wahana ini, kamu perlu membayar tiket Rp20.000 untuk tiap orangnya.

Ice Skating (Gardenice) adalah contoh wahana lain yang punya harga tiketnya sendiri. wahana ini menerapkan tarif Rp80.000/orang pada hari kerja, dan Rp100.000 untuk akhir pekan.

Ice Skating pun juga menerapkan tarif khusus untuk kunjungan di Hari Libur Nasional yaitu sebesar Rp120.000/orang.

  • HTM : Gratis.
  • Jam Operasional  Setiap hari pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Fasilitas di PVJ Mall

Fasilitas di PVJ Mall

Sebagaimana mal umumnya, PVJ juga kaya akan fasilitas penunjang. Fasilitas-fasilitas itu dijamin akan bikin kamu nyaman selama rekreasi di mal satu ini. Adapun fasilitas-fasilitas itu adalah:

1. Tempat Parkir

Ada dua jenis tempat parkir di PVJ, yaitu parkir luar dan dalam. Parkir luar diperuntukkan untuk kendaraan mobil dan motor. Sedangkan parkir dalam hanya untuk mobil saja. Parkir dalam sendiri bisa menampung mobil sebanyak 2000 unit.

Bila ingin parkir ke PVJ, pastikan untuk membawa e-money. Soalnya, parkir di mal satu ini hanya bisa dilakukan dengan e-money saja.

2. Mushola di Sky Level

PVJ punya beberapa mushola. Satu di antaranya yang proper  terletak persis di Sky Level (1 lantai di atas Miniapolis). Mushola ini tergolong terang dan terawat bersih. Tempat wudunya terpisah, baik laki-laki maupun perempuan.

Tempat salatnya pun menarik, lantaran dihiasi dengan pot tanaman. Khusus shaf perempuan, shaf ini juga dilengkapi oleh beberapa mukena yang bisa dipakai.

3. Fasilitas Lainnya

Selain dua fasilitas di atas, PVJ masih menyimpan banyak fasilitas. Fasilitas-fasilitas itu tak lain adalah kafe, tenant pakaian, pusat perbelanjaan, dan toilet dengan interior berbeda dari mal pada umumnya.

Alamat dan Akses Transportasi ke PVJ

Alamat dan Akses Transportasi ke PVJ

Paris Van Java Mall berada persis di Jalan Sukajadi No. 131 – 139, Cipedes, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat 40162. 6 km dari tempat wisata Dago Dream Park, serta 12 km dari Floating Market Lembang.

  • Kendaraan Pribadi

Kalau mau pakai kendaraan pribadi, kami sarankan untuk memakai mobil saja. Apalagi, jika kamu hendak ke PVJ bareng keluarga.

Naik mobil pribadi sendiri juga bisa membuatmu terlindung dari hujan dan panasnya Bandung. Jangan khawatir, karena tempat parkir mobil di PVJ sendiri cukup luas.

Saking luasnya, bisa menampung hingga 1000 unit mobil! Lalu, rute mana saja yang harus dilewati dengan mobil pribadi, jika hendak ke PVJ nanti?

Jawabannya adalah lewat jalur Pasteur. Terutama, yang mengarah ke jalan layang Pasteur dan Rumah Sakit Hasan Sadikin. Jalur tersebut bisa membawamu langsung sampai di PVJ. Meskipun nanti di perjalanan kamu bakal dihadang macet.

Kemacetan sendiri memang lazim terjadi di jalur tersebut. Apalagi, jika tengah akhir pekan atau libur panjang.

  • Kendaraan Umum

Lalu, bagaimana jika kamu hendak ke PVJ dengan kendaraan umum? Tenang, Bandung punya beberapa kendaraan umum yang bisa mengantarkanmu ke sana.

Kendaraan-kendaraan tersebut adalah:

  • Angkot 22 Sukajadi – Kebon Kalapa.
  • Angkot 19 Ciroyom – Sarijadi.
  • Angkot L300 Stasiun Hall – Lembang.
  • Damri Leuwipanjang – Ledeng.

Di antara semua kendaraan umum tersebut, angkot L300 Stasiun Hall – Lembang, serta Damri Leuwipanjang – Ledeng adalah dua yang paling recommended. Angkot L300 bisa kamu naiki saat di Stasiun Bandung. Tepatnya di sisi utara alias Jalan Kebon Kawung.

Adapun Damri Leuwi Panjang – Ledeng bisa kamu temui dan naiki dari arah terminal Leuwi Panjang. Kedua angkutan umum itu dijamin akan langsung mengantarkanmu ke depan PVJ.

  • Alamat : Jalan Sukajadi No. 131 – 139, Cipedes, Sukajadi, Bandung, Jawa Barat 40162
  • Telepon : (022) 2060800

Hotel di Sekitar Paris Van Java Mall

Bila kamu berencana menginap sebelum atau setelah ke PVJ, maka kamu bisa menginap di beberapa hotel terdekat di sekitar PVJ. Setidaknya ada dua hotel yang bisa kamu inapi nanti. keduanya adalah:

  • Park View Hotel, Jalan Sukajadi No. 153, Cipedes, Kecamtan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40612. 600 meter dari PVJ.
  • Grand Setiabudi Hotel, Jalan Dr. Setiabudi No. 130 – 134, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141. 1,7 km dari PVJ.

Demikianlah ulasan mengenai Paris Van Java Mall. Salah satu mal unik dan terlengkap yang ada di kota Bandung. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *