5 Pasar di Bali yang Menarik dan Nggak Bikin Dompet Jebol

Ditulis oleh Syuri

Bali tak melulu tentang pantai, loh. Ada gunung, ada bukit, ada pura (tentu saja), tapi ada juga tempat yang tak kalah keren, yaitu pasar. Di Bali, Anda bisa menemukan dua jenis pasar, yaitu pasar tradisional biasa dan pasar seni.

Keduanya sama-sama memiliki daya tarik tersendiri yang sayang banget buat Anda lewatkan, apalagi jika Anda wisatawan mancanegara. Akan tetapi, walaupun Anda orang Indonesia, siapa tahu di pasar-pasar berikut ini Anda bisa menemukan sesuatu yang lain dan berbeda yang tak ada di tempat Anda tinggal?

Pasar tradisional, seperti pasar-pasar di daerah lain, menjual aneka sayuran, buah, daging dan ikan segar, serta makanan khas setempat. Memang, terdengar sepele, tapi, siapa tahu Anda menemukan makanan unik yang ternyata enak banget dan cuma ada di Bali?

Sedangkan, pasar seni memiliki pernak-pernik dan karya seni hasil jerih payah penduduk lokal, yang tentunya bisa Anda beli untuk buah tangan. Daripada menyesal setelah pulang karena tidak ke sana saat Anda di Bali, inilah daftar pasar di Bali yang harus Anda jambangi.

Pasar di Bali yang Unik

Kalau ke Bali, memang Anda wajib datangi tempat wisatanya. Namun, jangan lupa untuk belanja oleh-oleh di beberapa pasar di Bali ini, ya. Selain murah, banyak ragam barang dan jajanan unik lho!

1. Pasar Badung

* sumber: denpasartourism.com

Memiliki 9.632 ulasan di Google, ini adalah pasar paling terkenal seantero Bali, sekaligus yang terbesar. Lihat saja wujudnya, terlihat sangat megah untuk ukuran pasar, bukan? Di sini Anda bisa menemukan aneka bahan makanan, suvenir, pakaian, tas, sandal, dan masih banyak lagi.

Terletak di pusat Kota Denpasar, lebih tepatnya di Jalan Gajah Mada, pasar ini bisa dibilang merupakan yang terlengkap. Soalnya, barang sehari-hari, ada di sana. Barang yang mungkin tidak terlalu Anda butuhkan tapi lucu juga ada di sana.

Di luarnya, Anda bisa menikmati Tukad (sungai) Badung yang alirannya membelah menjadi pembatas antara Pasar Badung dan Pasar Seni Kumbasari. Pasar Badung memiliki area parkir yang sangat luas untuk sepeda motor, mobil, bahkan bus. Tapi, perlu diperhatikan timing-nya, karena jika Anda datang saat menjelang hari raya keagamaan di sana, maka pasar akan penuh sesak oleh warga setempat.

  • Alamat: Dangin Puri Kangin. Jalan Sulawesi No. 1, Dauh Puri Kangin, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80233
  • Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

2. Pasar Seni Sukawati

* sumber: www.kintamani.id

Nyaris sama terkenalnya, Pasar Seni Sukawati adalah pasar seni paling ngehits di Bali. Pasar yang telah direview oleh 7.735 orang di Google ini menyediakan aneka cinderamata dan barang-barang khas Pulau Dewata.

Ada daster, kaos oblong, baju dan topi pantai, aksesoris seperti gelang dan kacamata hitam, untuk Anda pakai di sana. Lalu, untuk oleh-olehnya ada aneka gantungan kunci, sandal, tas, patung, lukisan, dan lainnya. Pasar ini terbagi menjadi tiga teritori, yaitu Pasar Sukawati I, II dan III, tapi ketiga tempat tersebut letaknya tidak saling berjauhan, kok.


  • Alamat: Jalan Raya Sukawati, Desa Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
  • Jam Buka: Setiap hari, jam 6 pagi–6 sore

3. Pasar Tradisional Bedugul

*Sumber: https://www.instagram.com/niluhdjelantik/?hl=id

Dikenal juga dengan nama Pasar Tradisional Candi Kuning, ini adalah tempat belanja suvenir yang anti-mainstream. Pertama-tama, yang membuat pasar ini unik adalah udaranya, karena di sini sejuk. Padahal, Bali identik dengan suhunya yang panas, kan?

Soalnya, Pasar Tradisional Bedugul berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Karenanya, daerah ini memiliki tanah yang subur. Jadi, Anda bisa menemukan banyak buah dan sayur segar, bahkan yang jarang ada di tempat lain di Bali. Seperti stroberi, misalnya, yang hanya bisa tumbuh di udara dingin.

Selain stroberi, ada buah pepaya, jeruk Bali, pisang, alpukat, markisa, salak Bali, wortel, kol, tomat, sayuran hijau, dan aneka makanan halal juga ada. Ya, semua penjajak makanan di sini halal, tak ada babi sama sekali (tapi, coba tanya dulu siapa tahu berubah sistemnya saat Anda ke sana). Anda harus mencoba sate kelincinya!

Terus, kalau Anda mau sekalian beli oleh-oleh, di sana ada aneka baju khas pulau dan keripik yang bisa dibawa pulang tanpa takut basi. Untuk pakaiannya agak berbeda dengan yang dijual di daerah yang lebih 'ngota'. Karena di sini dingin, jadi baju yang dijual pun lebih 'tertutup'. Walaupun harganya tergolong murah, Anda masih bisa tawar-menawar juga di sana.

Tak jauh dari pasar, ada Pura Ulun Danu Beratan. Anda mungkin familiar dengan pura ini, karena ini adalah gambar pada uang Rp 50.000! Anda tinggal berjalan kaki lima menit dari pasar untuk mencapai pura.

  • Alamat: Candi Kuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191
  • Jam Buka: Setiap hari, 6 pagi–6 sore

4. Love Anchor Canggu

* sumber: www.thebalibible.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram