10 Olahan Pasta Khas Italia dengan Berbagai Bentuk dan Rasa

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 Juli 2021

Kalau berbicara soal pasta, Italia tidak usah diragukan lagi. Sebagai produsen dan konsumen terbesar di dunia, sekitar 25 kg per orang setiap tahun, orang Italia mungkin adalah satu-satunya orang yang senang makan pasta lebih dari sekali setiap hari.

Bagi orang Italia pasta selalu dianggap sebagai hidangan tersendiri dan bukan sebagai karbohidrat dasar untuk menemani lauk-pauk. Pasta di Italia disajikan setelah hidangan pembuka dan sebelum hidangan daging atau ikan.

Dengan lebih dari 300 bentuk yang berbeda, seperti yang paling umum yaitu spaghetti dan rigatoni sampai varian pasta segar yang diberi nama aneh, menghasilkan kemungkinan kombinasi bahan yang hampir tak terbatas. Berikut ini adalah olahan pasta khas Italia yang mungkin belum pernah kamu dengar.

1. Pasta alla Norma

Pasta alla Norma adalah hidangan khas dari kota Catania di Sisilia yang menggabungkan produk tradisional Mediterania, yaitu terong. Nama ini terinspirasi oleh Nino Martoglio, seorang penyair dan penulis Sisilia.

Dia membandingkan hidangan ini dengan mahakarya Bellini “Norma” saat mencicipi hidangan mewah ini untuk pertama kalinya. Seperti kebanyakan pasta Italia, bahannya tidak banyak.

Namun yang membuat setiap hidangan pasta Italia begitu lezat adalah kualitas produk dan perpaduan dengan variasi pasta yang tepat sehingga menghasilkan rasa yang menggugah selera. Bahannya yaitu terong, tomat matang, ricotta asin, bawang putih, basil, minyak zaitun, garam, dan merica.

Sebelum dimasak, tambahkan garam ke terong dan biarkan sesaat untuk melepaskan beberapa jus pahitnya. Murah, enak, mudah dibuat, dan cocok untuk vegetarian, hidangan lezat namun sederhana ini selalu disukai banyak orang.

2. Amatriciana

AmatricianaSumber: pxhere.com

Jika tomat adalah makanan pokok Napoli dan masakan Italia Selatan, keju Pecorino dan guanciale, yaitu daging babi yang diawetkan yang dibuat dari pipi babi, adalah makanan pokok di Roma. Berawal dari dua bahan yang sangat gurih ini lahirlah sejumlah resep pasta yang enak.

Salah satunya adalah amatriciana. Banyak orang Italia masih bertengkar tentang bagaimana menamainya, dengan atau tanpa inisial 'a' (matriciana). Namun nama tersebut jelas mengacu pada desa pegunungan Amatrice, tempat guanciale terbaik berasal.

Ini adalah salah satu resep Romawi paling popular. Olahan pasta khas Italia yang kaya dan beraroma ini dibuat dengan saus tomat, potongan guanciale kecil yang renyah dan keju Pecorino parut yang banyak.

Versi lama dari resep yang disebut gricia, yang masih sangat populer di restoran Roma, tidak memasukkan tomat dan menambahkan bahan lain seperti bawang putih atau bawang bombay yang tidak disukai oleh setiap pecinta kuliner Italia.

Saus amatriciana dapat digunakan baik dengan pasta panjang, seperti spaghetti atau bucatini (yang lebih tebal dengan lubang di tengahnya) dan pasta pendek, yaitu rigatoni (pasta bergerigi yang dapat menahan saus lebih baik).

3. Ziti alla Genovese

Ziti alla GenoveseSumber: cookist.it

Olahan pasta khas Italia ini bisa membingungkan karena saus Genovese menyandang nama kota Genoa di Italia utara, tetapi aroma hidangan ini berasal dari Napoli di selatan Italia.

Baik nama maupun resepnya bisa jadi sebenarnya berasal dari Genoa yang diperkenalkan ke Napoli oleh para pelaut yang datang dari Liguria. Namun hari ini, tidak ada jejak hidangan serupa ini di Genoa.

Namun pasta alla Genovese adalah menu utama makan siang hari Minggu Neapolitan. Memotong-motong ziti buatan sendiri (pasta berbentuk tabung panjang yang menyerupai makaroni besar yang harus dipotong kecil-kecil untuk dimasak dan dimakan) adalah bagian dari tradisi lokal.

Saus berbahan dasar bawang yang kaya ini dimasak perlahan selama berjam-jam bersama dengan wortel cincang dan seledri, potongan daging dan potongan lemak babi.

Hasil akhirnya adalah saus kental yang creamy dengan bawang bombay yang benar-benar meleleh dan dagingnya yang lembut dan mudah disobek.

Parmesan atau Pecorino parut sering ditaburkan di atas pasta. Adapun bawang bombay muda manis yang ditemukan tumbuh di Campania sangat cocok untuk memasak hidangan khusus ini.

4. Orecchiette con le Cime di Rapa

Orecchiette con le Cime di RapaSumber: flickr.com

Produk dari cucina povera Puglia atau “masakan orang miskin” ini adalah hidangan ini yang mengandalkan bahan-bahan yang tidak mahal dan mudah didapat oleh masyarakat di wilayah tersebut, seperti rabe brokoli dan remah roti yang terbuat dari roti yang lama.

Olahan pasta khas Italia ini dibuat dengan merebus daun dan kuntum brokoli rabe secara cepat. Hal tersebutlah yang membantu melunakkan daun sambil tetap mempertahankan warnanya kemudian sisihkan.

Orecchiette lalu dimasak dalam kuah yang tadi sementara bawang putih, ikan teri, dan serpihan cabai dimasak dalam minyak zaitun. Ketiga komponen ini dimasak bersama dan diberi topping remah roti sebagai pengganti keju. Hasilnya adalah pasta dengan rasa pahit, pedas, dan gurih yang memuaskan.

5. Cacio e pepe

Hidangan kuno yang asalnya dari zaman Romawi ini dianggap sebagai salah satu hidangan Italia paling sederhana dan paling memuaskan. Cacio e pepe terdiri dari pasta yang biasanya berupa spaghetti, keju Pecorino Romano yang sudah tua, garam, dan banyak lada hitam.

Karena bahan-bahannya mudah dibawa dan tidak mudah rusak, makanan ini pernah menjadi hidangan favorit para gembala Romawi.

Lada pedas melindungi para gembala dari pengaruh cuaca dingin di malam hari. Sementara pasta memberi mereka karbohidrat yang mereka butuhkan untuk melakukan kerja keras mereka.

Namun makanan sederhana ini begitu enak sehingga koki terkenal dan tokoh televisi, Anthony Bourdain, menggambarkannya dengan mengatakan "bisa menjadi hal terbesar dalam sejarah dunia."

6. Rigatoni con la pajata

Rigatoni con la pajata merupakan hidangan klasik dari cucina povera Romawi. La pajata adalah istilah untuk usus anak sapi yang hanya diberi susu induknya dan tidak pernah makan rumput. Usus dibersihkan dan dikuliti, tetapi susu yang mereka minum tertinggal di dalam.

Ketika dimasak, kombinasi panas dan enzim mengentalkan susu tadi sehingga menciptakan saus kental, creamy, seperti ricotta.

Sekarang tidak banyak tempat yang menempatkan hidangan ini di menu mereka, tetapi bagi penggemar menu ini, mengklaim bahwa pajata yang dimasak dengan bawang, seledri, wortel, tomat, anggur putih, lardo, dan rempah-rempah yang disajikan di atas rigatoni adalah kelezatan sejati.

7. Tagliatelle alla Boscaiola

Tagliatelle alla boscaiola merupakan olahan pasta khas Italia yang lezat yang dibuat dengan jamur porcini. Di berbagai daerah di Italia, menu ini dibuat dalam versi bianco, dengan krim kental atau dalam rosso, dengan tomat.

Variasi resep populer ini hampir tidak ada habisnya sehingga hidangan ini sering kali dibumbui dengan bawang bombay, bawang merah, merica, garam, peterseli cincang, anggur putih, sosis, atau pancetta.

Biasanya tagliatelle alla boscaiola disiapkan pada musim gugur ketika jamur porcini segar tersedia di Italia. Namun jamur porcini kering (direndam dalam air) juga dapat digunakan.

8. Pasta e ceci

Ini adalah tradisi minestre Italia, pasta e ceci dibuat dengan memasak pasta dalam semacam kaldu bersama dengan bahan lain seperti sayuran, kentang atau kacang-kacangan. Kombinasi kacang arab dan pasta ini adalah resep yang sederhana, lezat, menghangatkan dan sangat memuaskan.

Rahasianya terletak pada penggunaan kacang arab kering berkualitas baik, minyak zaitun extra virgin yang kuat dan setangkai rosemary untuk menambah rasa. Biasanya pasta pendek atau spaghetti yang dipotong-potong digunakan untuk minestre.

Sementara orang Italia utara biasanya memakannya dalam bentuk yang lebih cair, di Italia selatan versi yang lebih kental dan lebih creamy dari pasta e ceci lebih disukai.

Kekentalan pasta ini dihasilkan dari mencampurkan beberapa kacang polong dan perlahan memasak pasta dengan sedikit air atau kaldu sampai setengah matang dan diamkan sebentar.

9. Vincisgrassi

Vincisgrassi merupakan hidangan pasta tradisional Italia yang berasal dari Marche. Hidangan lasagna panggang berlapis-lapis ini tidak memiliki resep pasti karena setiap juru masak dan dapur lokal membuat versi pribadi mereka sendiri.

Namun, selain lembaran pasta lasagna, sebagian besar versi vincisgrassi termasuk saus béchamel dan ragù yang mengandung pancetta, prosciutto crudo, bawang bombay, bawang putih, seledri, wortel, anggur putih, pure tomat, dan jeroan ayam.

Ada juga versi dengan tambahan daging giling, otak, roti manis, dan hati ayam. Setelah dicampurkan dan ditaburi Parmigiano-Reggiano parut, vincisgrassi dipanggang perlahan di dalam oven hingga bagian atasnya berwarna keemasan.

Olahan pasta khas Italia ini konon namanya diambil dari nama Pangeran Austria, Alfred zu Windisgrätz, yang memimpin pasukan yang menduduki Ancona pada tahun 1799.

10. Ravioli alla Genovese

Ravioli alla Genovese merupakan salah satu hidangan favorit Liguria tradisional dan klasik Natal. Umumnya olahan pasta khas Italia ini berisi campuran daging, endive, dan borage. Ravioli alla Genovese disajikan dengan saus yang disebut tocco atau tuccu dalam dialek Genoa.

Itulah mengapa olahan pasta ini juga dikenal sebagai ravioli al tocco. Tocco adalah saus yang disiapkan dengan satu potong daging kemudian dimasak selama berjam-jam pada suhu yang sangat rendah. Sausnya digunakan untuk membumbui ravioli, sementara dagingnya sebagian digunakan untuk isian.

Sementara itu sebagian daging lainnya disajikan sebagai hidangan utama. Diakhiri dengan taburan Parmigiano parut segar, ravioli alla Genovese merupakan pengalaman gastronomi yang benar-benar otentik dan harus dicoba ketika mengunjungi Genoa.

Olahan pasta ini ternyata banyak sekali jenisnya karena pasta sendiri memiliki banyak bentuk dan bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan. Nama-nama olahan pasta khas Italia di atas beberapa mungkin agak asing di telingamu. Namun jika kamu menyambangi restoran Italia yang autentik, kamu bisa menikmati salah satu menu yang disebutkan di atas tadi.

Apakah kamu jadi craving ingin makan olahan pasta khas Italia setelah membaca ulasan di atas? Segera kunjungi restoran Italia di kotamu atau segera cari menunya di internet dan bereksperimen di rumah. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram