keluyuran web banner

Inilah 7 Monumen dan Patung Terkenal di Amerika Serikat

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 20 April 2020

Amerika Serikat adalah salah negara yang sangat menarik untuk dikunjungi. Negeri itu menawarkan banyak atraksi wisata, termasuk wisata sejarah dan pendidikan. Sejarah panjang negeri Paman Sam ini tidak berlalu begitu saja. Beberapa di antaranya dilambangkan dalam bentuk patung maupun monumen.

Tidak hanya di sana, di Indonesia pun kita dapat menjumpai hal-hal yang sama, misalnya seperti Monas atau Monumen Nasional dan Patung Pancoran di Jakarta. Nah, di Amerika Serikat terdapat banyak monumen dan patung yang terkenal di dunia. Beberapa di antaranya akan kami bahas di bawah ini. Saat kamu pergi ke Amerika kamu dapat berkunjung ke situs-situs umum ini.

1. Patung Liberty

Liberty Statue

* sumber: www.nationalparks.org

Patung Liberty bisa dikatakan sebagai monumen patung paling terkenal di Amerika Serikat. Patung yang sudah berusia lebih dari satu abad tersebut terletak di Pulau Liberty di New York Harbour, Kota New York. Jika kamu sedang menikmati liburan di Kota New York, mengunjungi monumen bersejarah ini bisa jadi menyenangkan dan  menambah wawasanmu tentang sejarah negeri tersebut.

Patung Liberty ini memiliki nilai sejarah yang penting bagi Amerika Serikat. Patung yang terbuat dari tembaga tersebut merupakan hadiah warga Perancis kepada warga Amerika Serikat yang sedang memperingati seratus tahun kemerdekaan, juga sebagai simbol persahabatan kedua negara.

Patung ini dirancang oleh Frédéric Auguste Bartholdi, seorang seniman patung asal Perancis. Patung Liberty menampilkan sosok perempuan dalam jubah yang juga dikenal sebagai Lady Liberty yang melambangkan kemerdekaan dan kebebasan dari tekanan. Patung Liberty juga berfungsi sebagai monumen selamat datang bagi para pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.

2. Patung Abraham Lincoln

Patung Abraham Lincoln

Abraham Lincoln adalah Presiden ke-16 Amerika Serikat  dan merupakan salah satu pemimpin negara yang paling terkenal di dunia. Abraham Lincoln sangat berjasa bagi kehidupan bangsa Amerika di mana ia memimpin bangsanya keluar dari Perang Saudara Amerika, mempertahankan persatuan bangsa, dan menghapuskan perbudakan.

Patung Abraham Lincoln terletak di dalam Lincoln Memorial dan diukir oleh Piccirilli Brothers. Patung yang dirancang pada tahun 1920 ini adalah sebuah monumen nasional Amerika yang dibangun untuk menghormati Abraham Lincoln. Monumen ini berada di ujung barat National Mall di Washington, D.C, ibukota Amerika Serikat.

Terdapat banyak cerita rakyat yang terjadi di sekitar patung, termasuk spekulasi bahwa Lincoln menunjukkan inisialnya menggunakan bahasa isyarat, meskipun hal ini dibantah oleh pihak National Park Service.

3. Patung Gunung Rushmore

Patung Gunung Rushmore

Patung yang terletak di Black Hills, Keystone, Dakota Selatan ini adalah sebuah Memorial Nasional Gunung Rushmore yang merupakan patung yang diukir menjadi batholith, wajah granit Gunung Rushmore. Patung itu diukir oleh seorang seniman Denmark-Amerika yang bernama Gutzon Borglum dan putranya, Lincoln Borglum.

Taman peringatan yang membentang lebih dari 1278 hektar dan 1745 meter di atas permukaan laut ini menampilkan kepala-kepala mantan presiden Amerika Serikat, yaitu George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt dan Abraham Lincoln. Patung-patung yang diukir pada 3 Maret 1925 ini memiliki ketinggian sekitar 18 meter.

Patung Gunung Rushmore sering muncul dalam beberapa karya fiksi, termasuk film-film Hollywood. Untuk mengunjungi monumen tersebut kamu harus terbang atau mengemudi terlebih dahulu melintasi beberapa negara bagian Amerika Serikat (jika penerbanganmu tiba di San Francisco atau Kota New York).

4. Patung The Library Lions

Patung The Library Lions

Jika kamu menyukai wisata pendidikan biasanya tujuan utamamu berkunjung ke suatu kota adalah mengunjungi museum, pusat kebudayaan, hingga perpustakaan kota. Nah, New York juga tidak hanya terkenal sebagai kota belanja barang-barang mewah, tetapi juga sebagai kota pendidikan yang memiliki banyak museum dan perpustakaan terkenal.

Di sebuah cabang utama Perpustakaan Umum New York, terdapat sebuah patung singa dari marmer yang disebut The Liblary Lions. Tidak hanya berfungsi sebagai maskot untuk sistem perpustakaan umum besar di New York, patung singa tersebut juga berfungsi sebagai landmark terkenal di Kota New York.

Patung The Library Lions memiliki sebutan lainnya, seperti Leo Astor, Leo Lenox, Patience dan Fortitude. Patung ini juga sering ditampilkan dalam banyak karya film dan acara televisi.

5. Monumen Cloud Gate

Monumen Cloud Gate

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Jika sedang jalan-jalan di Kota Chicago, kamu perlu mengunjungi salah satu monumen terkenal di sana yang bernama Cloud Gate. Monumen yang dirancang oleh Anish Kapoor, seorang seniman Inggris yang lahir di India tersebut terletak di kawasan pusat bisnis Loop, Chicago, Illinois.

Monumen Cloud Gate lebih sering disebut sebagai "The Bean" karena bentuknya yang menyerupai biji kacang. Konstruksi Cloud Gate berlangsung antara tahun 2004 dan 2006. Monumen itu menampilkan sekitar 168 piringan yang dilas bersama-sama dan terbuat dari stainless steel, di mana bagian luarnya yang sangat halus tidak memiliki jahitan apapun yang terlihat.

Permukaan Cloud Gate yang sangat mulus tersebut mampu mencerminkan cakrawala Kota Chicago yang indah. Ini adalah salah satu tempat yang perlu ada dalam rencana liburanmu di Chicago, Amerika Serikat.

6. Monumen Gateway Arch

Monumen Gateway Arch

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Gateway Arch adalah sebuah landmark utama di St. Louis, Missouri. Gateway Arch sendiri adalah monumen lengkungan tertinggi di dunia, dan monumen buatan manusia tertinggi di dunia Barat (192 meter). Dibalut dengan baja tahan karat, Gateway Arch dibangun sebagai monumen untuk ekspansi ke barat Amerika Serikat, dan secara resmi didedikasikan untuk rakyat Amerika.

Monumen Gateway Arch, yang biasa disebut sebagai "Gerbang ke Barat" adalah pusat dari Taman Nasional Gateway Arch yang menjadi tujuan wisata populer di Kota St. Louis. Monumen ini dirancang oleh seorang arsitek Finlandia-Amerika yang bernama Eero Saarinen pada tahun 1947.

Konstruksi pertama Gateway Arch dimulai pada 12 Februari 1963 dan selesai pada 28 Oktober 1965. Total biaya yang dihabiskannya adalah sekitar 13 juta dolar Amerika (setara dengan $ 80,6 juta pada 2018 atau sekitar Rp 1,1 triliun). Monumen Gateway Arch dibuka untuk umum pada 10 Juni 1967 dan terletak di tepi barat Sungai Mississippi.

7. Monumen Washington

monumen washington

Sudah nonton film Spider-Man: Homecoming? Jika ya pasti kamu sudah tahu aksi manusia laba-laba tersebut dalam menyelamatkan teman-temannya di sebuah bangunan tinggi mirip Monas di Kota Washington. Bangunan itu bernama Monumen Washington yang dibangun untuk memperingati George Washington, yang pernah menjadi panglima Angkatan Darat Kontinental dan Presiden pertama Amerika Serikat.

Monumen Washington yang berbentuk obelisk ini adalah salah satu struktur paling menonjol di Washington, D.C. Dibangun pada tahun 1884, monumen itu memiliki ketinggian 169 meter dan menawarkan pemandangan yang indah hingga puluhan kilometer jauhnya saat kamu naik ke bagian atas menara.

Nah, itulah beberapa monumen dan patung paling terkenal di Amerika Serikat. Negara ini masih memiliki banyak monumen dan patung populer lainnya, baik itu berupa situs umum, keagamaan, maupun yang lainnya. Mayoritas situs yang disebutkan di atas sering muncul di banyak karya fiksi sehingga kamu mungkin sudah mengenalnya. Ingin melihat-lihat situs-situs di atas secara langsung? Siapkan dulu tiket dan Visa-nya ya (dan biaya perjalanan lainnya).

Oh iya, kalau kamu juga penasaran dengan patung yang paling tinggi di dunia, kamu bisa cari tahu selengkapnya di artikel 10 Patung Tertinggi di Dunia ini, ya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram