10 Patung-patung Terkenal di Brazil dengan Ragam Sejarahnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Januari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat kamu sedang berjalan-jalan dan melihat sebuah patung apa yang terlintas dalam benakmu? Kisah apa yang dimiliki patung itu, atau mungkin pesan apa yang ingin di sampaikan oleh patung itu. Terkadang mungkin kita pun bertanya mengapa patung itu diletakan di sana. Seperti pada patung -patung di Brasil ini mereka akan menceritakan kisah mereka masing-masing. Yuk, simak ulasannya.

1. Kristus Sang Penebus

Kristus Sang Penebus

Sebuah Patung yang menjadi ikon dari kota Rio de Janeiro, patung Kristus Sang Penebus berdiri tegak di atas gunung Corcovado dengan tinggi sekitar 30 meter. Tangannya yang membentang dengan ukuran 28 meter dan alasnya memiliki tinggi 8 meter. Patung ini adalah sebuah karya seni dengan gaya art deco terbesar di dunia.

Patung ini diusulkan oleh Keuskupan Agung Katholik Roma dari Rio de Janeiro walaupun sebelumnya pernah diusulkan juga oleh pendeta Vinsensius Pedro Maria Boss. Didesain oleh Heitor da Silva Costa, patung Kristus ini desain awalnya patung memegang salib di tangan kanan dan bola dunia di sebelah kiri. Namun akhirnya mengalami perubahan atas saran dari Carlos Oswald.

Carlos Oswald adalah seorang seniman Brasil yang mengusulkan agar desain patung Kristus tersebut berpose dengan tangan terbentang. Selain Carlos ada juga Paul Landowski seorang pemahat asal Perancis yang bergabung pada tahap akhir penyelesaian patung tersebut. Setelang rampung patung Kristus Sang Penebus di resmikan pada tanggal 12 oktober 1931.

2. Curumim

Curumim

Sebuah patung yang memperlihatkan seorang bocah laki-laki ramping sedang mengarahkan panahnya ke air dari atas sebuah batu, saat melihatnya perasaan apa yang kamu rasakan? Pernahkah terlintas dalam benakmu jika patung bocah itu menceritakan kisah yang penuh tragedi.

Tempat patung ini berdiri adalah Lagoa Rodrigo de Freitas di Rio de Janeiro. Dahulu tempat ini ditinggali oleh suku Indian Tamoios. Lalu bagaimana tragedi yang sangat tragis itu terjadi? Pada saat bangsa Portugis datang ketempat itu, mereka berencana untuk membuat pabrik gula di tempat tersebut. Agar rencana mereka berhasil, mereka harus memusnahkan suku Indian Tamoios.

Mereka menyebarkan pakaian dari pasien cacar di sepanjang tepi laguna, dan ribuan orang terbunuh saat virus mulai menyebar. Kisah ini terus hidup dari orang-orang yang dapat selamat dan di ceritakan dari generasi ke generasi tanpa ada pengakuan. Hingga suatu saat seorang seniman Pedro Coreeia Araujo memutuskan membuat patung untuk mengenang mereka.

3. Patung Hideraldo Luiz Bellini

Patung Hideraldo Luiz Bellini

Patung Bellini dibuat untuk menghormati Bellini yang merupakan seorang pesepakbola asal Brasil keturunan Italia yang bermain pada posisi bek dan dikenal sebagai bek tengah yang paling solid. Bellini menjadi kapten tim nasional pada tahun 1958, pada saat Brasil menang di Piala Dunia melawan Swedia dengan skor 5-2 pada pertandingan yang digelar di Stockholm.

Gerakannya mengangkat piala dunia tinggi di atas kepalanya yang di kemudian hari ditiru oleh banyak pesepakbola di seluruh dunia dan pose dari patung ini didedikasikan untuknya. Patung ini kini berdiri di depan Stadion Maracanã di Rio de Janeiro.

4. Monumen Perang Dunia II

Monumen Perang Dunia II

Sebuah moumen yang terletak di taman Flamenco, yang dibuat oleh seorang arsitek Marcos Konder dan Helios Ribas Marinho. Sedangkan untuk patung granitnya oleh Alfredo Ceschiatti untuk memperingati para Personel Angkatan Darat, Laut, dan Udara Brazil. Patung metal dibuat oleh Julio Filho untuk memperingati angkatan udara Brasil.

Mural pada dinding adalah hasil karya Anisio Medeiros untuk menghormati mereka yang berasal dari angkatan laut dan para pedagang laut yang mati di laut. Dalam penghargan ini terdapat 2.000 nama orang Brasil dari militer juga warga sipil yang terbunuh oleh pasukan Jerman di perang dunia kedua. Di bagian bawah monumen terdapat makam dari 467 tentara yang mati di Italia pada perang dunia II. 

5. Os Candangos

Os Candangos

Os Candangos yang berarti Para Pejuang adalah patung hasil karya Bruno Giorgi yang terbuat dari perunggu yang dibuat pada tahun 1959. Patung yang memiliki tinggi 8 meter ini, terletak di tengah tengah sebuah alun-alun pusat pemerintahan Brasil, Praça dos Três Poderes atau Three Powers Plaza, yang berada di ibukota Brasilia.

Patung Os Candangos adalah patung yang didirikan untuk memberi penghormatan kepada ribuan pekerja yang telah membangun kota Brasilia. Patung ini kini telah menjadi simbol kota Brasilia. Kedua patung itu menggambarkan dua sosok yang memanjang dengan anggun memegang tiang, di sebrang Palácio do Planalto. Tertarik untuk berwisata ke sini?

6. Monumento a Independencia do Brasil

Monumento a Independencia do Brasil

Monumen kemerdekaan Brasil ini dikenal juga dengan nama monumen Ipiringa. Monumen ini terbuat dari granit dan patung yang terbuat dari perunggu. Pada monumen ini terdapat patung yang mennggambarkan tokoh revolusi dari pemberontakan Penambucan tahun 1817, yaitu José Bonifácio de Andrada e Silva dan Hipólito da Costa.

Selain itu, ada juga patung yang menggambarkan momen yang penting dalam kemerdekaan Brasil seperti Oncofidencia Mineira. Dan satu bagian penting juga adalah relief dari perunggu yang menggambarkan lukisan Pedro Américo yang terkenal Kemerdekaan atau Kematian.

Monumen ini dibuat oleh seorang pematung Ettore Ximenes dan seorang arsitek Manfredo Manfredi yang berasal dari Italia. Pada monumen ini di bagian bawah terdapat makan dari tokoh yang medeklarasikan kemerdekaan Brasil yaitu Pedro I berserta Istri dan anaknya. Saat ini monumen ini bagian dari Taman da Indepedência, Sao Paulo. 

7. Discovery of Brazil oleh Rodolfo Bernadelli

Discovery of Brazil oleh Rodolfo Bernadelli

Discovery of Brazil adalah patung yang dibuat sebagai bagian dari perayaan seratus tahun ditemukannya Brasil. Patung ini memperlihatkan sosok Cabral mengibarkan bendera di atas alas yang tinggi dan di belakangnya terdapat ada sosok Pero Vaz de Caminha dan Frei Henrique Soares. Patung tersebut dibuat di Perancis di bawah pengawasan Bernadelli.

8. Patung Pedro I

Patung Pedro I

Patung ini dibuat atas inisiatif dari sang putra Dom Pedro II, dalam memperingati 40 tahun kemerdekaan Brasil yang diproklamirkan oleh ayahnya yaitu Dom Pedro I. Patung perunggu yang menggambarkan Dom Pedro I di atas kuda dengan menggengam kertas adalah karya dari seniman Brasil Joao Maximiano Mafira.

Dom Pedro I adalah kaisar pertama Brasil yang sekaligus Dom Pedro IV dari Portugal. Dia adalah yang mendeklarasikan kemerdekaan Brasil dari Portugal pada tahun 1822 dengan meneriakan kata-kata yang terkenal “ Brasil, Kemerdekaan atau Kematian”.

9. Monument to the Bandeiras

Monument to the Bandeiras

Monument to the Bandeiras atau Monumen Bendera adalah patung dari batu granit yang sangat besar karya Victor Brecheret yang terletak di pintu masuk ke tanam Ibirapuera di São Paolo. Patung ini dibuat untuk memperingati kedatangan penjelalah yang datang ke Sao Paolo. Patung yang dibuat dari 240 Blok granit yang berat setiap batunya 50 ton, panjangnya 50 meter dan tingginya 16 meter.

10. Monumento O Passageiro

Monumento O Passageiro

Patung dengan tinggi  15 meter, yang terletak di terminal Bus Londrina, terdiri dari kolom beton yang menyangga sebuah bola berdiameter  setengah meter yang dipotong menjadi tiga bagian. Bola tersebut menyangga dua sosok manusia, serta di dalam bola tersebut terdapat bola yang lebih kecil dari kuningan yang dilapisi emas.

Menurut pencipta patung tersebut Henrique Aragão, kedua sosok manusia adalah melambangkan pelancong yang sedang dalam pencarian integritas dan kesatuan antara hasrat dan kematian. Sang seniman mencoba menggambarkan manusia yang utuh. Sedangkan bola kecil ditengah memiliki arti semua yang diciptakan, semua yang dilahirkan, dan semua yang diubah.

Semua patung yang kita lihat  bisa jadi merupakan sejarah dari tempat patung itu berada. Patung itu bisa jadi menceritakan kisah sejarah yang mungkin mulai kita lupakan, dan mereka menjadi pengingat agar kita terus belajar dan melakukan perbaikan untuk masa depan yang lebih baik. Apakah kamu tahu nama patung-patung apa yang paling terkenal di Indonesia?

Oh iya, selain terkenal akan patung-patungnya yang bersejarah, Brazil juga memiliki kuliner yang enak dan khas banget lho. Ingin tahu makanan khas Brazil? Yuk, baca artikel ini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *