Inilah 10 Patung Terkenal yang Ada di Purwakarta

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Purwakarta merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang dikenal memiliki beragam karya seni patung. Keberadaan patung-patung yang berdiri kokoh menghiasi ruang publik di Purwakarta memang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat daerah maupun pengunjung yang berasal dari luar kota.

Patung-patung apa saja yang berada di kota yang dikenal dengan kuliner khas. Nah, Keluyuran telah merangkum 10 patung terkenal di Purwakarta yang menarik untuk diketahui. Simak daftarnya berikut ini!

1. Patung Soekarno

Patung Soekarno

Patung Soekarno merupakan salah satu patung terkenal di Purwakarta yang berada di persimpangan antara jalan veteran dan jalan Terusan Ibrahim Singadilaga. Patung setinggi 6,5 meter karya seniman, Deden Gustiar ini merupakan patung yang menggambarkan karakter Soekarno yang tegas dan berani.

Seperti yang kita ketahui Soekarno sendiri merupakan seorang pemimpin karismatik yang kerap menjadi inspirasi banyak seniman untuk karyanya. Keberadaan patung yang terbuat dari serat resin tersebut memang menjadi salah satu ikon menarik yang menjadi kebanggaan masyarakat Purwakarta.

2. Patung Gentong

Patung Gentong

Salah satu patung lain yang cukup terkenal di Purwakarta adalah patung Gentong Air yang berada di Pertigaan Jalan R.E. Martadinata. Patung Gentong Air merupakan ikon sekaligus simbol kerajinan khas dari daerah Plered yang terkenal sebagai sentra kerajinan keramik terbesar yang ada di kabupaten Purwakarta.

Plered sendiri merupakan satu daerah yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Mengingat kawasan tersebut merupakan tempat penghasil beragam jenis kerajinan keramik yang khas dan berkualitas dari kabupaten Purwakarta.

3. Patung Bung Hatta

Patung Bung Hatta

Bung Hatta adalah salah satu tokoh bangsa yang juga kerap dibuat ke dalam bentuk monumen patung sebagai penghargaan atas jasanya pada negara. Patung Bung Hatta sendiri kerap digambarkan sebagai sosok pahlawan yang memiliki karakter sederhana dan dekat dengan rakyat.

Patung Bung Hatta berlokasi di kawasan ruang terbuka hijau, yaitu di Taman Pembaharuan yang berada di jalan Bebaru Nagri. Patung Bung Hatta sendiri bukan satu-satunya tokoh bangsa yang berada kawasan tersebut karena di sana terdapat pula tokoh penting lain seperti Soekarno dan sosok Gusdur.

4. Patung anak bermain egrang

Patung anak bermain egrang

Patung anak bermain egrang adalah salah satu patung yang cukup terkenal di Purwakarta. Egrang sendiri merupakan sebuah permainan tradisional zaman dulu yang memanfaatkan media bambu atau kayu yang tinggi untuk berjalan di atas tanah. Egrang sendiri merupakan bagian dari kesenian dan kebudayaan yang cukup populer di Indonesia.

Nah, untuk mengingatian permainan yang hampir tergerus oleh waktu tersebut maka dibuatlah patung anak yang sedang bermain egrang. Patung tersebut berada di jalan pertigaan menuju jalan Taman Pahlawan Purwakarta.

Patung anak bermain egrang sendiri merupakan simbol atas keberhasilan Purwakarta memecahkan rekor sebagai daerah dengan pemain egrang terbanyak di dunia pada catatan Muri beberapa tahun silam, yaitu ketika hari jadi kabupaten Purwakarta.

5. Patung Gusdur

Patung Gusdur

Selain Soekarno dan Bung Hatta, salah satu tokoh bangsa yang dibuat dalam sebuah monumen patung adalah Abdurahman Wahid atau yang akrab disapa dengan Gusdur. Gusdur sendiri merupakan presiden ke-4 Republik Indonesia yang dilantik pada 20 Oktober 1999 menggantikan presiden sebelumnya, B. J Habibie.

Keberadaan patung tokoh bangsa yang kerap menyerukan sikap toleransi ini memang cukup menarik perhatian masyarakat. Patung Gusdur sendiri berlokasi di kawasan ruang terbuka hijau. Kawasan tersebut kerap dijadikan sebagai kawasan wisata dan edukasi bagi masyarakat lokal.

6. Patung Sri Baduga

Patung Sri Baduga

Patung Sri Baduga berada di kawasan wisata Taman Air Mancur Sri Baduga. Kawasan yang sebelumnya merupakan sebuah danau seluas 4 hektare tersebut merupakan objek wisata yang cukup terkenal di Purwakarta. Tempat tersebut menjadi salah satu objek wisata yang cukup banyak di kunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Nah, di kawasan itu sendiri terdapat patung utama yang cukup terkenal, yaitu Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi dengan empat ekor macam yang mengelilinginya. Sri Baduga sendiri merupakan sosok pemimpin terkenal di Jawa Barat yang memiliki sikap bijak dalam kehidupan. Sosok tersebut memang sering juga menjadi inspirasi bagi para seniman, khususnya seniman dari tanah Pasundan.

7. Patung Bima

Patung Bima

Patung terkenal selanjutnya yang ada di Purwakarta adalah patung Bima. Ia adalab salah satu tokoh pewayangan dari cerita Mahabarata. Bima sendiri merupakan tokoh protagonis yang termasuk dalam tokoh Pandawa Lima. Sosoknya sendiri dikenal sangat kuat dan menakutkan bagi para musuh. Meskipun memiliki karakter yang kasar, namun sebenarnya ia memiliki hati yang lembut.

Patung Bima sendiri diketahui berlokasi di persimpangan jalan Basuki Rahmat dan Jalan Pramuka menuju arah Jatiluhur. Keberadaan patung sendiri bisa dengan mudah ditemukan oleh masyarakat ketika menuju pusat kota melalui pintu Tol Jatiluhur.

8. Patung Semar

Patung Semar

Selanjutnya ada patung Semar yang berada tepat jalan Kapten Halim, pertigaan Combro, Purwakarta, Jawa Barat. Semar sendiri merupakan tokoh utama dalam pewayangan Mahabarata dan Ramayana. Semar sering dikisahkan sebagai penasihat bagi para kesatria.

Semar sendiri merupakan salah satu tokoh yang dikenal memiliki ciri khas bertubuh besar dengan tangan yang selalu disimpan ke belakang tubuhnya. Patung Semar menjadi salah satu dari 14 patung yang cukup populer di kabupaten  Purwakarta.

9. Patung Gatot Kaca

Patung Gatot Kaca

Patung selanjutnya yang juga cukup terkenal di Purwakarta adalah patung Gatot Kaca. Patung yang berdiri gagah seolah hendak terbang ke angkasa ini berada di jalan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Gatot kaca sendiri merupakan tokoh pewayangan dari cerita Mahabarata yang cukup populer di Indonesia. Sosoknya kerap dijadikan inspirasi oleh para pematung tanah air, khsusuhnya yang ada di pulau Jawa.

Gatot kaca sendiri merupakan sosok yang memiliki kekuatan besar. Ia kerap dijuluki dengan “otot kawat tulang baja” karena kemampuannya tersebut.

10. Patung Arjuna

Patung Arjuna

Patung Arjuna berada di pusat kota atau lebih tepatnya di Situ Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Patung yang diangkat dari kisah pewayangan tersebut digambarkan sedang berdiri tegak dengan membawa sebuah anak panah.

Arjuna merupakan tokoh utama dalam cerita Mahabarata yang dikenal memiliki paras rupawan dan berhati lembut. Ia sendiri merupakan sahabat baik Kresna, yang tak lain jelmaan dari dewa Wisnu. Patung yang memiliki tinggi sekitar 7 meter tersebut pun menjadi salah satu ikon Purwakarta yang cukup terkenal.

Demikian 10 patung terkenal di Purwakarta yang telah Keluyuran rangkum untuk kamu. Keberadaan patung di suatu daerah memang bisa menjadi objek menarik bagi masyarakat. Sehingga tak heran keberadaannya sendiri mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *