keluyuran web banner

10 Patung Tertinggi di Indonesia yang Bikin Kamu Takjub

Ditulis oleh Randi Mulyadi - Diperbaharui 16 Oktober 2020

Patung merupakan simbol. Seringkali didirikan untuk memperingati sebuah peristiwa sejarah, baik itu menyerupai pahlawan untuk mengenangnya, tokoh mitologi, dan dewa-dewa dari bermacam kepercayaan. Setiap negara hampir mempunyai hal tersebut, termasuk di Indonesia.

Indonesia yang merupakan negara dengan kebudayaan dan kepercayaan lebih dari satu, telah mempunyai sejumlah patung, bahkan ketika masih menjadi Nusantara. Jika dulu digunakan untuk sembahyang, kini berbeda fungsi, seperti yang dikatakan sebelumnya.

Patung-patung seperti tokoh pahlawan dan dewa-dewa kepercayaan berdiri kokoh tiap sudut daerah. Maka dari itu, kamu harus tahu kalau ada yang tertinggi di antara semuanya, bahkan ada yang masuk tiga besar sebagai patung tertinggi di dunia. Apa sajakah itu? Yuk simak di bawah ini, Keluyuran telah merangkum 10 patung tertinggi di Indoneisa.

1. Garuda Wisnu Kencana

10 Patung Tertinggi di Indonesia yang Bikin Kamu Takjub 1

* sumber: Instagram

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) digadang-gadang akan menjadi ikon pariwisata Bali masa depan. Bagaimana tidak, patung ini berdiri kokoh dengan tinggi 121 meter dengan sayap selebar 64 meter, kedua tertinggi di dunia. Letaknya berada di Bukit Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, tepatnya di kawasan GWK Cultural Park seluas 60 hektar.

Patung GWK memiliki 30 lantai, semuanya bisa dikunjungi oleh semua wisatawan. Di lantai dasar, ada sejarah perjalanan patung GWK yang digagas Nyoman Nuarta. Nah, untuk menikmati keindahan luar biasa, kamu bisa naik ke lantai 23. Di sana kamu tengah berada di bahu Dewa Wisnu. Ada lubang khusus yang disediakan untuk melihat panorama Bali dari ketinggian.

Bagi kamu yang ingin berkunjung, bisa datang saja ke GWK. Karena luas dan cukup jauh menuju patungnya, ada bus khusus yang akan mengantarkanmu. Jadi, kamu enggak akan kecapean.

2. Monumen Jalesveva Jayamahe

10 Patung Tertinggi di Indonesia yang Bikin Kamu Takjub 2

* sumber: Instagram

Arek-arek Suroboyo pasti tahu patung ini. Ya, patung yang lebih familiar disebut sebagai Monjaya ini terletak di Ujung, Semampir, Kota Surabaya. Patung ini menggambarkan seorang prajurit TNI AL lengkap dengan seragamnya. Kegagahannya ditambah dengan tinggi yang mencapai 60,6 meter.

Monjaya didirikan pada 1993 oleh Kepala Staf TNI AL dan dirancang oleh Nyoman Nuarta, seniman patung kenamaan asal Bali. Selain sebagai monumen, patung juga berfungsi sebagai mercusuar bagi kapal-kapal di laut sekitar.

3. Patung Yesus Memberkati

Patung Yesus Memberkati

* sumber: Instagram

Selama ini orang-orang dan dunia mengetahui patung Yesus yang sangat menakjubkan itu di Brazil. Ternyata, Indonesia juga punya, namanya Patung Yesus Memberkat yang letaknya di Manado, Sulawesi Utara. Patung ini memiliki total tinggi 50 meter.

Kalian harus bangga, lho, dengan patung ini. Sebab, Patung Yesus Memberkati menjadi yang tertinggi kedua setelah Cristo Redentor di Brazil. Jadi, patung di Manado ini tertinggi di empat benua, Afrika, Eropa, Asia, dan Australia.

Patung dibangun cukup unik, dengan kemiringan 20 derajat menghadap kota Manado. Hal ini digambarkan sebagai sosok Yesus yang memberkati kota. Untuk mencapai patung, kamu harus melalui 200 anak tangga dengan 14 titik pemberhentian.

4. Patung Maria Bunda Segala Bangsa – Maumere

Patung Maria Bunda Segala Bangsa – Maumere

* sumber: foto.metrotvnews.com

Pernah mendengar kata Maumere? Tenang, memang itu sebuah daerah di Nusa Tenggara Timur. Kamu pasti pernah mendengar dari lagu daerahnya, kan? Di sana, ternyata ada Patung Maria Bunda Segala Bangsa. Tingginya dengan total 28 meter dengan kaki patung setinggi 18 meter, totalnya jadi 46 meter.

Patung ini telah menjadi salah satu ikon Maumere yang ternama. Patung dibangun di atas bukit yang masih sangat hijau. Di depannya disediakan kursi-kursi dari kayu untuk beribadah.

5. Patung Yesus Burake – Tana Toraja

Patung Yesus Burake – Tana Toraja

* sumber: Instagram

Patung Yesus Burake hampir sama seperti yang di Manado. Patung yang terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, ini dibangun di bukit setinggi 1.700. Tingginya mencapai 45 meter berbahan coran perunggu.

Patung Yesus Buntu Burake kini kian hits bagi para pelancong, khususnya yang berburu foto. Selain pemandangannya yang menakjubkan, telah dibangun jembatan kaca di sekitarnya. Bahkan, diklaim sebagai jembatan kaca terluas di Indonesia.

6. Patung Bunda Maria Assumpta

Patung Bunda Maria Assumpta

* sumber: Instagram

Jika patung Yesus menempati urutan kedua di dunia, Patung Bunda Maria Assumpta menjadi patung Bunda Maria yang tertinggi di dunia. Kamu bisa menemukannya di kompleks Wisata Religi Gua Maria Kerep, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Patung yang dibuat seniman asli dari Ambarawa itu memiliki tinggi 42 meter.

Patung Maria menghadap ke arah timur. Maknanya, Bunda Maria selalu menyinari apa dan siapa pun. Di sekitarnya, terdapat replika 7 pancaran sinar yang menggambarkan Sapta Duka Bunda Maria.

7. Patung Kwan Sing Tee Koen - Tuban

Patung Kwan Sing Tee Koen - Tuban

* sumber: Instagram

Patung ini berdiri di Tuban, Jawa Timur, dengan ketinggian mencapai 30,4 meter. Di sejumlah negara, khususnya Asia, ada beberapa patung Kwang Sing Tee yang merupakan jenderal perang China tersebut. Di Indonesia, patung tersebut merupakan yang tertinggi dan terbesar di Asia Tenggara. Masih kalah dari negara asalnya, China, yang memiliki ketinggian 80 meter.

Patung Kwang Sing Tee terletak di Kelenteng Kwan Sing Bio. Pembangunan didirikan saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kelenteng Kwan Sing Bio ke 1857 tahun. Kwang Sing Tee sendiri merupakan ksatria sejati bagi masyarakat China. Ia memiliki kejujuran dan tak pernah mengingkari janjinya. Maka dari itu, masyarakat China dan keturunan yang berada di Indonesia menjadikannya teladan.

8. Patung Dewi Kwan Im – Pematang Siantar

Patung Dewi Kwan Im – Pematang Siantar

* sumber: Instagram

Selanjutnya adalah Patung Dewi Kwan Im di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Tingginya mencapai 22,8 meter yang terletak di antaranya dua Vihara Avalokitesvara di Jalan Siposo-poso. Selain tinggi, ternyata patung ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara.

Dewi Kwan Im yang terkenal cantik tentu tak diragukan lagi keindahannya. Para pengunjung pun berbondong untuk ke sana. Selain itu, di antara patung tersebut, terdapat empat pilar naga yang dibangun sangat indah. Pilar-pilar tersebut digunakan sebagai penopang Patung Dewi Kwan Im.

9. Patung Dirgantara

Patung Dirgantara

* sumber: Instagram

Patung ini terletak di Jakarta Selatan. Kamu akan sangat jarang mendengar nama patung ini. Sebab, orang-orang lebih mengenal Patung Pancoran. Patung ini memiliki tinggi 11 meter, dengan kaki sepanjang 27 meter. Sosok di belakang pembangunannya adalah seniman patung Edhi Sunarso dan idenya dicetuskan oleh Ir. Soekarno.

Patung Dirgantara adalah tokoh pewayangan, yaitu Gatotkaca. Namun, usut punya usut, patung ini juga terinspirasi dari kosmonaut yang juga orang pertama kali ke bulan asal Rusia, yaitu Yuri Gagarin.

10. Patung Pembebasan Irian Barat

Patung Pembebasan Irian Barat

* sumber: Instagram

Sama halnya seperti Patung Dirgantara, Patung Pembebasan Irian Barat pun jarang diketahui namanya. Orang-orang lebih menyebut Patung Lapangan Banteng. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Patung ini tingginya mencapai 11 meter, dengan kaki patung 20 meter. Pembangunan patung lahir dari tangan seniman bernama Henk Ngatung yang terinspirasi dari Bung Karno saat berpidato tentang Irian Barat. Bentuk patung menggambarkan seseorang yang telah bebas dari belenggu.

Nah, itulah kesepuluh patung tertinggi di Indonesia. Kamu sudah mengunjungi salah satunya? Atau hanya melihat saja?

Oh iya, selain wisata mengunjungi patung, Indonesia juga punya sejumlah tempat kemping yang asik untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga. Ingin tahu? Silakan cari tahu selengkapnya di artikel 10 Tempat Camping Keluarga yang bagus ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram