10 Pemancingan Terbaik di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 16 Februari 2021

Memancing menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Namun, tidak hanya berguna untuk mengisi waktu luang saja, memancing juga bisa menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian orang.

Bagi yang hobi memancing, di Jogja banyak tempat pemancingan yang recommended untuk dikunjungi bersama keluarga. Pemandangannya pun sangat terlihat indah dan eksotis. Tidak bikin kamu bosan jika lama saat memancing di sana. 

Inilah 10 tempat pemancingan yang wajib di kunjungi saat berada di Jogja. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Ledok Gebang

Ledok Gebang

* sumber: www.yogyalagi.com

Ledok Gebang adalah sebuah nama restoran yang terletak di daerah Dusun Krajan. Sambil menunggu makanan biasanya para pengunjung meluangkan waktu untuk memancing. Semua kalangan usia boleh ikutan, asal sudah mempunyai perlengkapannya. Jika belum punya, kamu bisa beli di tempat dengan biaya Rp7.500.

Tempat pemancingan ini tidak hanya berlaku bagi pelanggan restoran, warga setempat juga diperbolehkan ikutan. Hasil tangkapannya nanti bisa untuk makan di tempat atau dibawa pulang. Sebelum dibawa pulang ikan harus ditimbang terlebih dahulu. Untuk fasilitas di Ledok Gebang cukup memadai, seperti toilet, musala, tempat sewa pancing dan umpan.

  • Alamat : Jalan Gatot Kaca, RT3/RW59 Desa Wedomartani Dusun Krajan, Jetis, Wedomartani, Kec. Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIB
  • Telepon : +6285100411893

2. Sendang Ayu Kalasan

Sendang Ayu Kalasan

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=KuysGq0FC1U

Sendang Ayu Kalasan merupakan tempat pemancingan yang populer di Jogja. Pemancing yang datang diharapkan sudah membawa perlengkapan mancing sendiri. Akan tetapi jika tidak bawa atau tidak punya bisa beli di tempat dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, tempat ini juga memiliki wahana permainan yang cocok untuk anak-anak. Ada perahu kecil untuk berkeliling kolam bersama keluarga. Meskipun letaknya berada di jalan utama Jogja-Solo tempat ini cukup asri untuk dikunjungi karena banyak pepohonan hijau di sekelilingnya.

    • Alamat : Jl. Raya Solo - Yogyakarta, Bendan, Tirtomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
    • Jam Buka : 07.30 – 20.00 WIB
    • Telepon : +622742851800

3. Embung Tambal Boyo

Embung Tambal Boyo

Embung Tambal Boyo fungsi utamanya sebagai cadangan, resapan tanah, air PDAM di masa yang akan datang. Namun, seiring berjalannya waktu Embung Tambak Boyo kini menjadi tempat rekreasi masyarakat. Hal itu karena tempat tersebut memiliki pemandangan yang indah dan asri.

Jika berkunjung ke Embung Tambak Boyo kamu bisa menikmati pemandangan sambil memancing. Semua kalangan boleh memacing asalkan membawa perlengkapan masing-masing dari rumah. Ikan yang ada, yaitu ikan nila, bawal, lele, dan red slayer.

  • Alamat : Ngringin, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 24 Jam
  • Telepon : -

4. Jogja Adventure Zone

Jogja Adventure Zone

* sumber: www.uajy.ac.id

Jogja Adventure Zone hampir setiap tahun menyelenggarakan acara mancing mania yang diikuti oleh masyarakat setempat. Saat lomba diadakan siapapun boleh ikut berpartisipasi dengan syarat perlengkapan milik pribadi. Ada dua kolam yang tersedia, kolam pertama mempunyai luas 200 m2, kolam kedua 900 m2.

Di tempat ini kamu dan keluarga juga bisa menikmati permainan lainnya yang seru dan asyik. Kamu bisa mencoba permainan paintball, aeromodelling, dan offroad. Jika kamu senang olahraga bisa mencoba jogging track atau bicycle track.

  • Alamat : Dusun, Jl. Amarta, Karang Janbe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00 WIB
  • Telepon : -

5. Waduk Sermo

Waduk Sermo

* sumber: www.piknikdong.com

Waduk Sermo merupakan satu-satunya waduk yang ada di Yogyakarta dengan luas 157 hektare. Untuk mencapai Waduk Sermo kamu harus menempuh perjalanan selama 1,5 jam dari pusat kota. Tempat parkir dengan waduk memang agak jauh, jadi pastikan kendaraan sudah dikunci dengan aman.

Waduk yang satu ini juga menjadi tempat favorit untuk mancing. Hal itu karena jumlah ikan yang banyak dan bervariasi, seperti ikan mujair, nila, red evil, dan buso. Kamu bisa menikmati ikan di tempat dengan membakarnya menggunakan kayu sambil melihat pamandangan indah Waduk Sermo.

  • Alamat : Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 09.00 – 16.00 WIB
  • Telepon : -

6. Pemancingan Kadisoka

Pemancingan Kadisoka

* sumber: nurhardiyantoumacina.blogspot.com

Pemancingan Kadisoka merupakan tempat mancing paling digemari oleh masyarakat setempat. Meskipun hanya tersedia satu kolam saja, tetapi ikan yang ada banyak berbagai jenis. Suasana tempat pemancingan cukup nyaman dan asri.

Di sini juga tersedia restoran yang hasil tangkapnya bisa menjadi lauk makanan. Ikan tangkapan akan dihitung per kilo untuk ditentukan harganya. Jenis ikan yang tersedia, yaitu ikan lele, ikan gurami, ikan bawal, dan ikan nila.

  • Alamat : Kadisoko, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 10.00 – 17.00 WIB
  • Telepon : -

7. Karangasri Fishing Valley

Karangasri Fishing Valley

* sumber: karangasrijogja.wordpress.com

Karangasri Fishing Valley cocok buat kamu yang hobi mancing tapi tidak suka makan ikan tawar. Di tempat ini kamu bisa mancing sepuasnya, dengan catatan ikan harus dilepas kembali. Bagi yang suka ikan tawar, bisa langsung dimasak di dapur Karangasri atau membawa pulang ke rumah.

Ikan yang dibawa pulang ditentukan harganya per kilo. Bagi pemancing harus menggunakan mata kail yang sudah ditentukan oleh Karangasri. Tempatnya cukup nyaman dan sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan. Kamu dan keluarga bisa bersantai sambil mancing atau menyantap makanan di saung yang sudah disediakan.

  • Alamat : Karanggeneng, Purwobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 09.00 – 17.00 WIB
  • Telepon : +6281218237177

8. Arum Mina

Arum Mina

* sumber: djawanews.com

Arum Mina adalah tempat pemancingan yang cukup populer di Jogja. Letakya memang agak terpencil di daerah Jomegatan. Meskipun demikian, tempat tersebut memiliki lahan yang luas untuk mancing dan kumpul bersama keluarga.

Biasanya Arum Mina menjadi tempat favorit acara keluarga, arisan, dan reuni. Hal itu karena harganya yang murah dan tempatnya jauh dari kebisingan kendaraan pusat kota. Jika berkunjung ke tempat ini hitung-hitung untuk refreshing dari padatnya jadwal kerja.

  • Alamat : Jl. Prapanca, Jomegatan, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 10.00 – 17.00 WIB
  • Telepon : +6285228833849

9. Pemancingan Tempo Dulu

Pemancingan Tempo Dulu

Pemancingan Tempo Dulu menjadi tempat yang recommended untuk dikunjungi. Tempat ini sudah memiliki banyak pelanggan tetap karena harganya yang murah dan tempatnya unik. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sambil mancing ikan.

Hasil tangkapan ikan bisa langsung diolah menjadi makanan atau dibawa pulang. Banyak pasangan kekasih yang datang untuk menikmati quality time berdua. Di sisi lain juga tersedia aula besar yang bisa menampung sekitar 400 orang.

  • Alamat : Jalan Godean KM. 8, Godean, Kelajuran, Sidokarto, Klajuran, Sidokarto, Kec. Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 11.00 – 20.00 WIB
  • Telepon : +62274798947

10. Sendang Kumitir

Sendang Kumitir

Sendang Kumitir tempat pemancingan yang berukuran minimalis. Akan tetapi ikan yang ada jumlahnya bisa ratusan. Tempatnya asri dan sejuk karena dikelilingi pepohonan. Sambil menunggu hidangan matang pengunjung bisa menikmati mancing di Sendang Kumitir.

Hasil ikan tangkapan boleh langsung dimasak atau dibawa pulang. Anak-anak diperbolehkan ikut mancing asal didampingi oleh orang tua. Bagi yang tidak membawa alat pancingan bisa menyewa di tempat dengan harga yang terjangkau.

  • Alamat : kembangarum, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Telepon : +6285100847155

Jogja memang terkenal dengan makanan gudegnya. Tempatnya yang nyaman dengan berbagai wisata unggulan, salah satunya pemancingan. Jogja menawarkan berbagai tempat pemancingan yang seru dengan pemandangan indahnya. Kalau dapat ikan hasil tangkapan kamu lebih suka diolah langsung di tempat pemancingan atau dibawa pulang ke rumah nih?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram