10 Pemandian Air Panas di Bali yang Mesti Dikunjungi

Ditulis oleh Dhiya Awlia Azzahra - Diperbaharui 20 Januari 2021

Liburan ke tempat yang jauh untuk menghilangkan penat menjadi pilihan bagi sebagian orang. Tak sedikit orang yang memilih untuk pergi ke Pulau Dewata. Pulau yang identik dengan pantainya ini memang selalu berhasil menarik perhatian banyak wisatawan.

Namun, Bali tak hanya memiliki pantai, kamu juga bisa liburan ke pemandian air panas untuk menghilangkan penat. Bahkan beberapa tempat ini dikelilingi pemandangan alam dengan udara yang sejuk. Yuk, simak rekomendasi 10 pemandian air panas di Bali yang mesti kamu kunjungi berikut ini!

1. Air Panas Angseri

Air Panas Angseri

  • Alamat: Angseri, Bangli, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 09.00-18.00 WITA
  • Nomor telepon: 0819-1629-1220
  • Harga tiket: Rp10.000/orang (kolam umum), Rp30.000/jam (kolam private)

Tempat pemandian yang sudah berdiri sejak 2007 ini memiliki daya tarik berupa pemandangan alam disekitarnya. Tempat ini dikelilingi taman yang tertata rapi dan indah. Selain itu, kamu juga bisa menikmati area sawah hijau yang memanjakan mata sehingga selain bikin sehat, pikiranmu juga bisa menjadi lebih rileks.

Air Panas Angseri menyediakan dua kolam yang berbeda untuk dewasa dan anak-anak. Tempat ini juga menyediakan kolam privasi yang bisa membuat kamu lebih nyaman saat berendam. Selain itu, pemandian air panas ini juga memiliki fasilitas yang mendukung seperti toilet, ruang ganti, kantin, hingga restoran.

2. Air Panas Penatahan

Air Panas Penatahan

* sumber: travelspromo.com

  • Alamat: Penatahan, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 07.00-20.00 WITA
  • Nomor telepon: 0851-0054-0851
  • Harga tiket: Rp15.000/jam (kolam umum), Rp25.000/jam (kolam private)

Air Panas Penatahan dikelilingi pemandangan hutan dan sawah yang sangat asri. Lokasinya yang berada di area pegunungan ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Sehingga udaranya sangat sejuk dan bikin betah untuk berlama-lama. Pemandian air panas ini juga memiliki konsep seperti tempat SPA dengan kolam renang privasi.

Menariknya, tempat ini menyediakan delapan kolam privasi dan tiga jenis kolam pemandian umum. Setiap kolam memilki ukuran dan suasana yang berbeda. Tak hanya itu, tempat ini juga menyediakan kolam untuk anak-anak. Selain memiliki fasilitas yang cukup lengkap, tempat ini juga dekat dengan sebuah restoran yang berada di depan lokasi pemandian.

3. Kolam Alami Air Sanih

Kolam Alami Air Sanih

* sumber: bukti-buleleng.desa.id

  • Alamat: Jl. Raya Air Sanih, Bukti, Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 07.00-18.00 WITA
  • Nomor telepon: 0821-4676-7776
  • Harga tiket: Rp10.000/orang (dewasa), Rp5.000/orang (anak-anak)

Buat kamu yang ingin berendam di dekat pantai, tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kolam Alami Air Sanih adalah pemandian air yang berada di dekat Pantai Lovina. Sumber air tawar alami ini memiliki mitos yang sudah dipercaya masyarakat setempat. Masyarakat percaya bahwa kolam ini bisa membuat pasangan awet jodoh.

Kolam ini memiliki dua area yang berbeda untuk dewasa dan anak-anak sehingga cocok jadi tempat rekreasi keluarga atau pasangan muda yang baru menikah. Selain itu, kolam ini juga digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu.

4. Air Panas Banjar

Air Panas Banjar

* sumber: metrobali.com

  • Alamat: Jalan Banjar, Banjar, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 08.30-17.30 WITA
  • Nomor telepon: (0362) 92901
  • Harga tiket: Rp20.000/orang (dewasa), Rp10.000/orang (anak-anak)

Air Panas Banjar ini salah satu pemandian yang terpopuler di Bali. Keberadaannya sudah dikenal sejak zaman penjajahan Jepang di Bali. Tempat ini memiliki kolam-kolam dengan pancuran air hangat, serta dikelilingi taman hijau yang tertata rapi. Tempat pemandian ini memilki tiga kolam dengan letak dan ukuran yang berbeda.

Menariknya kolam di sana memiliki pancuran berbentuk kepala naga. Jadi, kamu bisa merasakan sensasi disiram air hangat dari pancuran-pancuran tersebut. Selain itu, tempat ini menyediakan area spa dan massage, serta restoran yang bisa digunakan untuk makan bersama keluarga atau teman-teman.

5. Banyuwedang Hotspring

Banyuwedang Hotspring

* sumber: mimpi.com

  • Alamat: Pejarakan, Gerokgak, kabupaten Buleleng, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 07.00-22.00 WITA
  • Nomor telepon: 0823-4187-5070
  • Harga tiket: Rp10.000/orang (kolam umum), Rp25.000/orang (kolam private)

Banyuwedang Hot Spring memiliki dua kolam berbeda untuk dewasa dan anak-anak. Tempat pemandian ini mengandung yang sangat tinggi. Sehingga dikenal ampuh untuk mengatasi penyakit kulit. Bahkan suhu air panas di tempat ini bisa mencapai 40 derajat celcius. Tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk berendam di sana.

Selain memiliki area yang nyaman, tempat ini juga berada di lokasi yang cukup strategis. Kamu dapat dengan mudah menemukan warung makan, restoran dekat lokasi pemandian air panas, hingga tempat menginap di sekitarnya.

6. Batur Natural Hotspring

Batur Natural Hotspring

* sumber: www.myguidebali.com

  • Alamat: Toya Bungkah Kintamani Desa Pekraman Batur, Songan B, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 07.00-19.00 WITA
  • Nomor telepon: 0821-4468-1554
  • Harga tiket: Rp70.000/orang (dewasa), Rp35.000/orang (anak-anak)

Sesuai dengan namanya, pemandian air panas ini berada di dekat Danau Batur. Tempat ini disebut sebagai the only one healing spa di Bali.  Jadi, kamu bisa menikmati berendam air panas sambil melihat pemandangan Danau Batur yang menenangkan. Ditambah dengan udara sejuk yang bikin suasana semakin menyenangkan.

Selain itu, tempat ini menyediakan restoran, cafe, hingga area untuk mengadakan acara. Bahkan, mereka menyediakan perahu sebagai akses untuk menyusuri danau. Memiliki area yang indah dan tertata rapi membuat tempat ini cocok untuk berfoto.

7. Air Panas Belulang

Air Panas Belulang

* sumber: bali.panduanwisata.id

  • Alamat: Mengesta, Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Jam operasional: 24 jam
  • Harga tiket: Rp10.000/orang

Pemandian Air Panas Belulang menjadi salah satu tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Tempat ini kerap ramai saat akhir pekan, terutama saat hari raya atau tahun baru. Sebab, sumber air panasnya berasal dari suatu pura yang dialirkan melalui beberapa pancuran.

Salah satunya dialirkan ke tempat pemandian privasi, sedangkan yang lainnya dialirkan ke kolam untuk berendam. Sumber air panas tersebut diyakini untuk mengatasi beberapa penyakit kulit hingga penyakit rematik. Sehingga tubuh akan terasa lebih sehat dan segar setelah berendam di Pemandian Air Panas Belulang.

8. Pemandian Air Panas Tirta Usadha

Pemandian Air Panas Tirta Usadha

* sumber: blog.gogonesia.com

  • Alamat: Jl. Pendakian Gn. Batur, Batur Tengah, Kintamani, Batur Tengah, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu, pukul 07.00-19.00 WITA
  • Harga tiket: Rp20.000/orang

Pemandian Air Panas Tirta Usadha merupakan salah satu yang terpopuler di Bali. Tempat ini kerap dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Suhu panasnya pun cukup aman dan nyaman di tubuh. Sehingga akan membuat kamu merasa rileks saat berendam di dalamnya.

Harganya yang terjangkau, serta lokasinya yang strategis membuat tempat ini wajib dikunjungi. Selain itu, tempatnya pun ramah anak, tetapi perlu diawasi karena dikhawatirkan terluka karena licin. Pemandian ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk kenyamanan wisatawan.

9. Toya Devasya Natural Hotspring

Toya Devasya Natural Hotspring

  • Alamat: Central Batur, Kintamani, kabupaten Bangli, Bali
  • Jam operasional: Senin-Jumat pukul 09.00-17.00 WITA
  • Jumat-Minggu pukul 08.00-18.00 WITA
  • Nomor telepon: (0366) 51205
  • Harga tiket: Rp100.000/orang (dewasa), Rp60.000/orang (anak-anak)

Toya Devasya adalah salah satu pemandian air panas terbaik dan terindah di Bali. Tempat ini memiliki delapan kolam air panas alami dan satu kolam renang ukuran olimpiade yang hangat. Sumber mata air panas di tempat ini tak berbau dan tak berwarna. Sehingga aman dan bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit.

Tempat ini sempurna untuk bersantai setelah olahraga, hiking atau sekedar meredakan nyeri otot. Cocok jadi tempat liburan yang sederhana sambil menikmati panorama indah di sekitarnya. Tempat bernuansa biru ini juga instagramable. Terlihat eye catching dan cukup mewah untuk menjadi salah satu tempat liburan yang nyaman.

10. Wisata Eka Tirta

Wisata Eka Tirta 

* sumber: pariwisataku.com

  • Alamat: Jl. Raya Apuan Senganan - Baturiti No.552, Apuan, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali
  • Jam operasional: Senin-Minggu pukul 08.00-21.00 WITA
  • Nomor telepon: 0878-6159-6824
  • Harga tiket: Rp10.000/orang (dewasa), Rp5.000/orang (anak-anak)

Wisata Eka Tirta adalah pemandian air panas alami yang memiliki daya tarik tersendiri. Selain memiliki pemandangan yang indah, tempat ini juga memiliki taman yang tertata rapi. Tempat ini memiliki dua kolam umum untuk berendam dengan suhu sekitar 46 derajat celsius. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki bilik privasi untuk berendam, sehingga lebih aman.

Bilik tersebut terbuat seperti rumah bambu mini yang berisi kolam. Bahkan tempat ini memiliki kelebihan lain, yakni debit dan suhu yang stabil. Namun, tempat ini memiliki peraturan pengunjung dibatasi berendam maksimal 30 menit. Sebab jika lebih dari 30 menit maka bisa merasa lemas karena pengaruh belerang.

Itulah 10 pemandian air panas di Bali yang terpopuler. Ternyata Bali juga memiliki sejumlah tempat liburan alternatif yang tidak kalah seru dari pantai. Jika kamu tahu pemandian air panas lainnya di Bali, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram