7 Pemandian Air Panas yang Mengasyikkan di Pacet, Mojokerto

Ditulis oleh Siti Hasanah

Salah satu kota di Jawa Timur ini punya beragam destinasi wisata yang menyenangkan. Hal itu membuat para pelancong punya banyak pilihan untuk berlibur. Pacet, Kota di Jawa Timur ini merupakan bagian dari Kabupaten Mojokerto. Karena banyaknya objek wisata, Pacet dijuluki sebagai Daerah Wisata-nya Mojokerto.

Pacet berada di lereng dan kaki Gunung Welirang serta Gunung Penanggungan. Dua gunung ini membuat Pacet berhawa sejuk dan punya panorama alam yang cantik.

Salah satu destinasi wisata terkenal di Pacet adalah pemandian air panasnya. Tercatat ada beberapa lokasi yang sering diburu oleh para turis yang ingin merelaksasikan tubuh. Berikut daftar pemandian air panas di Pacet!

1. Pemandian Air Panas Padusan

  • Alamat: Padusan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia, 61374
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket: Rp 10.500 - Rp 15.500

Lokasi Pemandian Air Panas Padusan berada di komplek Taman Hutan Rakyat Pacet. Ini merupakan wisata alam di Mojokerto. Luasnya sekitar 2 hektar dan punya beberapa kolam renang plus lima kolam berendam air panas.

Mata air di Pemandian air panas Padusan berasal dari Gunung welirang. Sumber mata air panas ini berkhasiat bagi tubuh lantaran adanya kandungan belerang di dalamnya. Selain itu, berendam di air panas membuat tubuh lebih santai dan semua penat akan hilang.

Dikelilingi dengan pemandangan yang indah hutan pinus yang asri, berendam di kolam ini jadi semakin menarik. Tubuh dan mata sama-sama dimanjakan dengan panorama alam yang ada di kawasan ini. Jika cuaca berkabut, pemandangan hutan-hutan ini menjadi semakin elok.

2. Jacuzzi Pool Café & Karaoke

Jacuzzi Pool Café & KaraokeSumber: jatimnow.com
  • Alamat: Jl Raya, Padusan, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61374
  • Jam Buka: 24 jam
  • Telepon: 0856-4838-1796
  • HTM: Rp 15.000

Pacet punya tempat unik yang memberikan pengalaman berendam di air hangat menjadi lebih menyenangkan, yakni di Jacuzzi Pool Café & Karaoke. Tempat yang baru dibuka tahun 2021 ini mempunyai tiga kolam air hangat berukuran 3x8 yang disediakan untuk pengunjung.

Sumber air panas yang mengalir ke kolam Jacuzzi Pool Café & Karaoke berasal dari pegunungan di sekitarnya. Itulah kenapa air hangat di kolam-kolam ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Selain dapat merelaksasi tubuh dan pikiran. Pengunjung dapat sekalian menikmati hidangan berupa menu makanan dan minuman di tempat ini.

Baca juga: Ke Mojokerto? Kunjungi 10 Tempat Wisata di Pacet Ini!

3. Kolam Berendam Air Panas Whirlpool Padusan

  • Alamat: Hutan, Kec. Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61374
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Telepon: (031) 5343851
  • HTM: Rp 18.000

Whirlpool Padusan adalah salah satu objek wisata di kawasan Wana Wisata Padusan, Pacet. Wilayah ini sudah lama dikenal sebagai salah satu spot berendam air panas terbaik. Air panas yang mengalir dari Gunung Welirang di tempat ini bisa mencapai 350C.

Tempat ini mulai beroperasi sejak tahun 2012. Kolam berendam di sini dibuat agak dalam, yakni sampai 80 cm. Meskipun mengandung belerang, namun di sekitar tempat ini tidak begitu tercium baru belerang yang menusuk indera penciuman. Sebaliknya, atmosfernya nyaman dan menenangkan.

Itulah sebabnya, pengunjung di tempat ini selalu membludak. Malam hari adalah jumlah pengunjung lebih banyak dibandingkan siang hari. Lebih-lebih di akhir pekan dan libur nasional serta akhir tahun. Kapasitas kolam yang hanya 30 orang menjadi penuh sesak.

Di sini terdapat 12 titik sumber mata air panas yang mengalirkan air dari Gunung Welirang. Pengunjung hanya diperbolehkan berendam selama 30 menit. Jika kondisi tubuh sedang tidak fit, boleh agak lama. Namun, untuk orang yang punya penyakit kronis, tidak disarankan untuk berendam di kolam itu.

4. Pemandian Air Panas Cangar

  • Alamat: Tulungrejo, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336
  • Jam Buka: Setiap Hari Jam 06.00 – 18.00
  • HTM: Rp 11.000

Pemandian Air Panas Cangar adalah bagian dari Tahura Raden Soerjo. Wilayah ini terdapat tipografi yang datar dan landai. Pada area landai, ada banyak wahana outbond dan dijadikan sebagai camping ground.

Tempat ini berhawa sejuk dan punya pemandangan alam yang asri. Hal ini karena banyaknya pepohonan yang tumbuh lebat di seluruh area Tahura.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram