7 Pemandian Air Panas di Malang yang Cocok untuk Bersantai

Ditulis oleh Siti Hasanah

Berendam di air panas sejak dulu dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Apalagi berendam di air panas alami yang berasal dari mata air gunung api. Air yang berasal dari pegunungan tersebut membawa mineral dan sulfur yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit dan penyakit lainnya. 

Kota-kota di Indonesia diketahui memiliki sumber mata air panas alami yang nyaman menyegarkan. Kota Malang menjadi salah satu kota memiliki pemandian air panas yang sering dijadikan tempat berlibur. Beberapa lokasi memadukan konsep-konsep menarik yang dapat membuat pengunjung tertarik seperti di pemandian air panas Malang berikut ini. 

1. Mata Air Wendit Lanang 

Mata Air Wendit Lanang 

* sumber: petawisatadunia.blogspot.com

Pemandian air panas Wendit Lanang berada di kawasan TamanWisata Wendit Lanang. Taman wisata ini merupakan tempat favorit untuk menghabiskan waktu liburan. Pemandian di kawasan ini telah berusia ratusan tahun. 

Pada masa kolonial pemandian ini dilengkapi dengan lapanan tenis yang di sisi lapangannya terdapat pepohonan menyerupai hutan kecil. Kini taman ini dikelola oleh BUMN Kabupaten Malang. 

Sampai sekarang kawasan pemandian Wendit lanang banyak mengalami perubahan. Kolam berendamnya saja sudah semakin lengkap. Pengunjung tidak hanya disuguhi kenikmatan air hangat untuk berendam di kolam air panas, melainkan ada pula kolam spa bertabur mawar.

Di kolan ini pengunjung dapat berenang dan bermain bersama ikan-ikan yang berenang di dasar kolam. Selain itu, ada pula kolam buatan yang dibuat dengan cara membendung aliran sungai sehingga air terkumpul dan memenuhi kolam seperti danau kecil. 

Di kolam buatan ini terdapat wahana permainan air seperti perahu motor, bebek kayuh dan permainan air lainnya. Wahana lain seperti area bermainan dibangun untuk melengkapi area pemandian air panas Wendit Lanang. 

Yang unik dari mata air panas Wendit Lanang adalah kepercayaan yang dipercaya oleh masyarakat Malang. Konon tempat mata air ini merupakan tempat Raja Hayam Wuruk beristirahat. Air kolam ini pun dipercaya dapat menjadi obat dan membuat awet muda. 

Nama Wendit sendiri berasal dari kata Wendita yang artinya pendeta. Konon, dahulu kala ada seorang pendeta yang bersemedi di kawasan Mangliawan. Lalu pada suatu hari tiba-tiba muncul mata air ini. 

  • Alamat: wendit utara Rt 4 Rw 8 Desa Mangliawan. kec. Pakis Kab Malang. Kp, Krajan, Mangliawan, Kec. Pakis, Malang, Jawa Timur 65154
  • Jam buka: 09.00-16.00
  • HTM: Rp15.000

2. Pemandian Air Panas Tiris 

Pemandian Air Panas Tiris 

* sumber: beldexintravel.blogspot.com

Pemandian air panas ini memiliki suasana yang tenang dan asri. Rimbunnya pepohonan yang mengelilingi kawasan pemandian membuat betah untuk berlama-lama di kolam berendamnya. 


Aliran air panas di pemandian air panas Tiris merupakan satu muara dengan Aktivitas Gn Bromo. Pemandian air panas ini cukup populer di kota Malang. Tak heran tempat ini tak pernah sepi pengunjung. 

  • Alamat: desa Tiris, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur,
  • Jam buka: 07.00-17.00
  • HTM: Rp5.000

3. Pemandian Air Panas Cangar 

Pemandian Air Panas Cangar 

* sumber: jejakpiknik.com

Kota Batu, Malang Jawa Timur punya tempat pemandian air panas lain yang terkenal juga loh. Pemilik menamai pemandian air panasnya dengan nama Cangar. Kolam air panas ini persis terletak di lereng Gunung Welirang. 

Dari gunung itu lah air panas di pemandian Cangar berasal. Di sini terdapat beberapa kolam pemandian. Kamu bisa memilih kolam mana yang nyaman untuk berendam. Tempat ini menyatukan wisata pemandian air panas dengan wisata kebun binatang mini. 

Pasalnya di tempat ini terdapat beberapa hewan yang berkeliaran di sekitar TAHURA Soerjo. Selain berendam, kamu dapat bermain bercengkerama dengan hewan-hewan jinak ini.

  • Alamat: Tulungrejo Bumiaji Sumber Brantas Kota Batu Jawa Timur
  • Jam buka: 06.00-18.000
  • HTM: turis domestik Rp15.000, Turis asing Rp25.000
  • Parkir: mobil Rp5.000 motor Rp3.000

4. Pemandian Air Panas Songgoriti

Pemandian Air Panas Songgoriti

* sumber: www.tempatwisata.pro

Daerah Songgoriti terkenal dengan berbagai jenis villa dan pemandian air panas. Berada di sini tak akaan kesulitan mencari tempat untuk bermalam. Pasalnya di kawasan ini terdapat begitu banyak pilihan kolam dan penginapan.

Alasan dinamakan pemandian air panas Songgoriti adalah sebab air panas yang mengalir ke pemandian ini berasa dari bawah Candi songgoriti. Ada dua jenis kolam berendam yang terdapat di pemandian air panas Songgoriti. 

Jika ingin sedikit bersantai sendiri pengunjung dapat berendam di kolam pribadi yang berkapasitas satu-dua orang. Sedangkan kalau sedang ingin beramai-ramai, kolam terbuka dapat menjadi pilihan berendammu. 

Pengunjung tinggal mencari tempat yang cocok lalu menikmati segarnya air berendam di air yang mengandung belerang ini. Ada dua tipe kolam yang tersedia di pemandian air panas Songgoriti, yakni kolam terbuka dan kolam bilik tertutup. 

  • Alamat: desa Tiris, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
  • Jam buka: 08.00-17.00
  • HTM: Rp10.000

5. The Onsen Resort Batu

The Onsen Resort Batu

* sumber: www.bobocantik.com

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram