Keluyuran / Lampung / Ingin Makan Pempek Enak di Lampung? Datangi 7 Tempat Ini!

Ingin Makan Pempek Enak di Lampung? Datangi 7 Tempat Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2019

Siapa bilang pempek hanya di Palembang? Makanan tradisional ini ternyata bisa ditemukan di daerah lain. Lampung menjadi salah satunya. Di Lampung, makanan ini menjadi salah satu makanan yang lazim tersaji di sejumlah tempat makan.

Pempek yang dijual di Lampung mayoritas adalah pempek asal Palembang. Walau begitu, tak sedikit tempat yang menjual pempek asli dari Lampung. Bahkan, tak sedikit pula yang menjual sajian pempek dengan gaya kontemporer. Dalam artian, pempek-nya berisi bahan yang tak lazim dipakai untuk pempek. Atau, tampilannya berbeda dari pempek pada lazimnya.

Ada beberapa tempat yang menyajikan pempek enak di Lampung. Penasaran? Simak ulasan lengkap dari Keluyuran berikut ini, ya.

1. Pempek 123

Pempek 123

* sumber: lampung.tribunnews.com

Ini adalah salah satu kedai pempek ternama di Lampung. Beragam jenis pempek Palembang bisa kamu icip di tempat makan ini. Salah satu yang menjadi andalan adalah Pempek Lenggang. Menu ini adalah sebuah pempek ikan yang dipotong kecil-kecil, lalu dimasukkan ke dalam sebuah omelet telur. Setelah itu, diberi acar dan timun, serta siraman kuah cuka dan ebi.

Tingkat kepedasan pempek di sini bisa kamu pilih sendiri. Jadi, kalau kamu kurang suka pempek yang terlalu pedas, kamu pun bisa mengatur kepedasannya sesuai dengan selera. Tempat ini tak hanya cocok buat menyantap pempek saja. Kamu pun juga bisa membawa pempek di sini sebagai buah tanganmu nanti.

Terdapat beragam jenis pempek bisa kamu jadikan buah tanganmu nanti. Bahkan, tempat ini juga punya pilihan paket yang bisa kamu pilih untuk oleh-olehmu nanti. Tempat makan ini sudah punya dua gerai di Lampung. Adapun pusatnya sendiri ada di Jalan Ikan Belanak No. 15, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Lampung.

2. Pempek Palembang 91

Pempek Palembang 91

* sumber: www.saibumi.com

Kalau yang satu ini adalah tempat makan pempek yang cukup lawas di Lampung. Bagaimana tidak, kedai yang ada di daerah Betug Utara ini sudah hadir di Lampung sejak 1983 silam. Andalan pempek di sini adalah Pempek Cerewet yang memiliki isian tak biasa. Tak seperti pempek umumnya, pempek satu ini berisi kates atau yang kita kenal dengan pepaya. Unik juga, ya!

Masih ada varian pempek lainnya yang bisa kamu coba di sini. Lenjer Besar dan Kapal Selam adalah dua di antaranya. Bahkan, kamu bisa memesan Pempek Campur yang berisi sejumlah varian pempek di sini. Semua pempek di sini di buat secara homemade, sehingga kualitas dan kehigienisannya pun terjamin.

Di sini, kamu juga bisa membeli sejumlah buah tangan khas Lampung. Mulai dari Keripik pisang hingga Kerupuk Ikan, bisa kamu bawa pulang dari kedai pempek satu ini. Bila kamu tertarik, sila datang ke alamat lengkapnya yang ada di Jalan Salim Batubara No. 38, Kupang Teba, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, Lampung.

3. Pempek Tenda Biru

Pempek Tenda Biru

* sumber: www.tribunnews.com

Pempek Tenda Biru merupakan kedai pempek yang cukup banyak cabangnya. Satu di antaranya ada di Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.57, Gedong Meneng, Rajabasa, Kota Bandar Lampung. Sama seperti tempat-tempat sebelumnya, tempat ini juga punya banyak varian menu pempeknya. Pempek Lenjer, Kepiting, serta Pempek Kulit adalah beberapa di antaranya.

Yang bikin pempek di sini istimewa adalah bumbu cukanya. Cuka yang dipakai di sini terbuat dari campuran air dengan gula merah, bawang putih, ebi yang telah digerus, cabai, dan juga asam Jawa. Semua campuran bahan tersebut membuat cuka pempek di sini begitu gurih, segar, dan agak pedas.

4. Pempek 56

Pempek 56

* sumber: www.saibumi.com

Selain Pempek Palembang 91, masih ada kedai pempek lawas lainnya di Lampung. Pempek 56 adalah kedai yang dimaksud. Lebih tua dari Pempek Palembang 91, kedai ini sudah ada di Lampung sejak 1980 silam.

Hampir semua sajian pempek tersedia di sini. Bila nanti menyantap pempek di sini, maka cobalah untuk menyantapnya dengan bersama menu Es Kacang. Di sini, menu Es Kacang merupakan menu es andalan, sehingga sayang untuk dilewatkan. Es Kacang di kedai ini begitu lezat, lantaran kacang yang ada di dalamnya begitu empuk kala digigit.

Bila kamu tertarik, datang saja ke alamat lengkapnya di Jalan Salim Batubara No. 56, Kupang Teba, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, Lampung.

5. Pempek Nori

Pempek Nori

* sumber: lapahbetandang.com

Bisa dibilang, kalau kedai pempek ini tergolong berani dalam penyajian pempeknya. Bagaimana tidak, beberapa varian pempek ini berisi topping yang tak biasa untuk ukuran pempek. Di Pempek Nori, kamu bisa menemukan pempek dengan isian sosis dan juga keju. Sungguh menarik, ya!.

Keberanian dalam memilih topping tersebut membuat kedai ini begitu banyak peminatnya. Bagi kamu yang tak biasa dengan pempek sosis dan keju, maka kamu bisa memesan pempek dengan isian yang lebih “konservatif”. Misalnya: pempek berisi udang ataupun telur.

Pempek Nori bisa kamu temui di Jalan Ikan Kakap No. 46, Pesawahan, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Lampung.

6. Pempek 40

Pempek 40

* sumber: pempeksulthan.com

Bila kamu ingin menyantap pempek beserta beberapa menu khas Palembang lainnya, maka tempat ini laik dikunjungi. Beragam varian pempek bisa kamu pesan di sini. Selain itu, terdapat pula dua menu khas Palembang yang enak dan layak kamu pesan. Burgo dan Mi Celor adalah dua menu yang dimaksud.

Burgo merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras yang diblender bersama ikan gabus dan santan. Sementara itu, Mi Celor adalah sajian mi yang dicampur kuah santan, kaldu ebi, taoge, irisan telur rebus, daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Tempat menyantap pempek enak di Lampung ini ada di Jalan Salim Batubara, Kupang Teba, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, Lampung.

7. Pempek Judes

Pempek Judes

* sumber: duajurai.co

Tak kalah dengan Pempek Nori, Pempek Judes juga menyediakan pempek tak biasa. Di sini, kamu bisa menemukan pempek dengan varian warna tak biasa. Ada pempek Hitam, Pempek Merah, Hijau, hingga Pempek Kuning. Semua pempek tersebut diwarnai dengan sayuran dan/atau tinta cumi-cumi, sehingga aman untuk kamu konsumsi.

Andalan lain pempek di sini adalah Pempek Judes. Ini adalah pempek bercita rasa agak pedas dengan tiga varian rasa yang bisa kamu pilih. Tiga rasa yang dimaksud adalah: Manis, Judes Aja, dan Super Pedas.

Apa kamu tertarik? Bila ya, kamu tinggal datang saja ke Jalan Ikan Kakap No. 100 B, Teluk Betung, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Lampung.

Pempek ternyata tak hanya bisa kamu jumpai di Palembang. Di Lampung, kamu pun juga bisa menemukan dan menyantap makanan satu ini. Bila kamu mau makan pempek enak di Lampung, maka datangilah saja tujuh tempat yang sudah kami sebutkan di atas.

Di antara tujuh tempat di atas, mana yang ingin kamu sambangi nanti? Yuk, beritahu kami di kolom komentar! Baca juga artikel oleh-oleh khas Lampung ini jika kamu mau mencari buah tangan lain selain pempek.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar