10 Tempat Bersejarah Umat Buddha di India untuk Diziarahi

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 4 Juli 2021

India merupakan negara yang kental dengan ritual-ritual agama Hindu yang mungkin sering kamu lihat di media sosial. Tetapi sesungguhnya India juga merupakan negara yang menjadi bagian dari sejarah dari penganut Buddha Gautama dengan perjalanan spiritualnya di kota-kota yang terdapat di India.

Kota-kota di India menjadi bagian penting dari perjalanan Siddharta Gautama memperoleh pencerahan dalam hidupnya. Beliau juga meninggalkan jejak perjalanannya di kota-kota dan tempat-tempat yang ia singgahi. Berikut ini beberapa lokasi yang berhubungan dengan perjalanan Sang Buddha di India yang dapat kamu ziarahi.

1. Bodh Gaya – Bihar

Bodh Gaya merupakan sebuah kota yang terdapat di distrik Gaya di negara bagian Bihar. Tempat ini dipercaya sebagai tempat Buddha Gautama mencapai pencerahan di bawah sebuah pohon yang kini dikenal sebagai pohon Bodhi. Kota ini menjadi satu tempat ziarah yang penting bagi umat Buddha.

Tempat sang Buddha mendapat pencerahan kemudian dibangun sebuah kuil yang bernama kuil Mahaboddhi oleh Raja Ashoka di sekitar tahun 260 SM. Saat ini Bodh Gaya masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 2002. Di tempat ini juga terdapat patung Buddha berukuran 80 kaki.

2. Sarnath – Uttar Pradesh

Sarnath adalah kota yang terletak di distrik Varanasi di negara bagian Uttar Pradesh. Sarnath menjadi tempat yang banyak di kunjungi peziarah, bahkan hingga dari luar India. Sarnath menjadi tepat suci tempat Buddha Gautama mengajarkan ajarannya berupa Darma.

Sarnath merupakan tempat ziarah dari para pengikut Buddha. Tempatnya banyak memiliki lokasi yang indah dan juga tenang dari stupa Buddha, museum, hingga situs-situs kunonya. Lingkungan yang tenang ini merupakan tempat pertama kalinya Sang Buddha menyampaikan ajarannya.

Bangunan yang dibangun di kota Sarnath merupakan bangunan yang diprakarsai oleh Raja Ashoka. Ada dua stupa yang terkenal yang dibangun oleh Raja Ashoka, yaitu stupa Chaukandi dan juga stupa Dhamek. Ada juga Museum Arkeologi yang memperlihatkan peninggalan Buddha dari zaman kuno.

3. Gua Karla dan Bhaja – Maharastra

Kedua gua ini merupakan peninggalan dari sekitar abad ke-2 sebelum masehi. Gua ini terbilang cukup tenang karena tak banyak pengunjung ke gua ini. Gua Karla terdiri dari sebuah ruang untuk berdoa dengan stupa di bagian depan. Ukuran ruangan berdoa tersebut sekitar panjang 40 m dan tinggi 15 m.

Gua Bhaja jika dilihat dari segi arsitekturnya mirip dengan arsitektur dari gua karla. Tempat paling penting dari gua ini tentunya adalah tempat stupanya berada. Selain itu tempat yang menonjol adalah sebuah ruangan gua yang bernama chaitya atau disebut juga dengan nama gua XII.

Gua Bhaja tidak hanya ada satu gua tetapi terdapat beberapa gua dengan beragam ukiran yang menghiasinya. Setiap ruangan gua memiliki fungsinya masing-masing ada yang berupa wihara, biara dan juga ada yang berupa hall tempat para biara melantunkan doa-doanya.

4. Shravasti – Uttar Pradesh

10 Tempat Bersejarah Umat Buddha di India untuk Diziarahi 4Sumber: oyorooms.com

Sharasti merupakan distrik yang terdapat di negara bagian Uttasr Pradesh. Distrik ini merupakan sebuah kota kuno yang pada zaman dahulu dikenal dengan nama Kosala. Shravasti merupakan tempat yang sering di asosiasikan dengan Buddha Gautama yang pernah tinggal di kota ini.

Shravasti adalah kota yang cukup lama ditinggali Buddha Gautama, yang juga merupakan ibu kota dari kerajaan Kosala. Buddha Gautama banyak menghabiskan waktunya tinggal Shravasri selama 25 musim hujan. Dia menghabiskannya waktunya di biara Jetavana 19 musim, dan Pubbarama 6 musim.

Peninggalan Buddha Gautama yang dapat kamu kunjungi di Shravasti adalah biara tempat ia menghabiskan banyak waktunya. Lalu ada juga stupa dan pohon Anandabodhi, selain itu juga terdapat biara yang dibangun di Shravasti berasal dari beberapa negara, seperti Thailand, Tibet, Korea, dll.

5. Kushinagar - Uttar Pradesh

10 Tempat Bersejarah Umat Buddha di India untuk Diziarahi 5

Kushinagar adalah sebuah distrik yang ada di negara bagian Uttar Pradesh. Kushinagar juga merupakan satu tempat yang jadi pusat ziarah dari umat Buddha. Distrik ini adalah tempat yang menjadi saksi di saat Buddha Gautama meraih Parinirvana atau nirvana setelah kematiannya.

Distrik Kushinagar memiliki banyak peninggalan bersejarah berupa biara dan juga stupa. Satu tempat yang paling dikunjungi adalah stupa Mahaparinirvana, yang dikatakan sebagai tempat peristirahatan terakhir dari Sang Buddha. Mahaparinirvana merupakan stupa yang dibangun oleh Raja Ashoka.

Stupa itu dibangun di tempat yang dipercaya sebagai tempat sang Buddha wafat. Di Stupa tersebut terdapat sebuah patung Buddha yang digambarkan dalam posisi terbaring di saat kematiannya. Patungnya sendiri terbuat dari batu pasir merah monolit dengan panjang sekitar 6,1 meter.

Baca juga: Kota Suci di India yang Menarik untuk Dikunjungi

6. Rajgir dan Nalanda

Rajgir adalah sebuah kota kuno yang terdapat di distrik Nalanda di negara bagian Bihar. Rajgir sendiri adalah ibukota dari kerajaan Maghada. Satu tempat di daerah Rajgir juga menjadi tempat favorit bagi Sang Buddha. Di sini ia menyampaikan Sutra teratai dan juga Prajnaparamita.

Tempat yang menjadi lokasi favorit dari Buddha Gautama adalah Gridha-kuta, sebuah tempat yang berada di ketinggian. Tempat ini digunakan oleh Sang Buddha untuk melakukan meditasi  dan juga menyampaikan ajarannya. Tempat ini juga dikenal dengan nama Puncak Bukit Nasar.

Selain dari Gridha-kuta ada beberapa tempat lagi yang dapat dikunjungi yaitu Pagoda perdamaian, dan Vishwa Shanti Stupa. Dan juga tidak lupa adalah satu unik adalah adanya universitas kuno yang bernama Nalada yang letaknya tidak jauh dari Rajgir tempat Buddha menyebarkan ajarannya.

7. Sankissa – Uttar Pradesh

10 Tempat Bersejarah Umat Buddha di India untuk Diziarahi 7

Sankissa memiliki beraga sebutan dari Sanksia, Sankassa, dan juga Sankasya. Sankissa merupakan kota kuno. Pada zaman Buddha Gautama kota Sankissa menjadi terkenal. Sehingga setelah Buddha Gautama wafat Raja Ashoka mendirikan Pilar Ashoka dan Stupa  untuk mengenang kedatangannya.

Tempat ini cukup jarang dikunjungi oleh peziarah dikarenakan tak banyak fasilitas penunjang. Di kota ini terdapat retuntuhan dari biara tua dan juga monumen Buddha. Ada juga peninggalan berupa kuil dan juga sebuah pilar dengan patung gajah yang merupakan peninggalan periode kerajaan Mauryas.

8. Vaishali – Bihar

10 Tempat Bersejarah Umat Buddha di India untuk Diziarahi 8

Vaishali adalah sebuah kota kuno yang dimasa kini bernama Bihar. Kotanya kaya akan sejarah budaya dan juga agama terutama yang berkenaan dengan Buddha Gautama. Vaishali merupakan kota tempat Buddha Gautama menyampaikan khotbah terakhirnya sebelum beliau wafat.

Kota ini menjadi kota yang cukup sering dikunjungi oleh Sang Buddha. Vaishali merupakan sebuah kota arkeologi, kamu dapat melihat peninggalan bersejarah yang berkenaan dengan kehidupan Sang Buddha. Di kota inilah untuk pertama kalinya Sang Buddha memperbolehkan wanita jadi muridnya.

Situs-situs yang dapat kamu temukan di Kota Vaishali adalah Ananda Stupa dengan pilar Ashoka yang menjadi ciri khasnya. Ada juga Wihara Kutagarasala yang sering dikunjungi oleh Buddha saat berada di Vaishali. Selain itu ada juga Stupa Relik yang dibangun oleh Klan Licchavis.

9. Sanchi – Madhya Pradesh

10 Tempat Bersejarah Umat Buddha di India untuk Diziarahi 9

Sanchi merupakan sebuah komplek Buddha yang terletak di distrik Raisen di negara bagian Madhya Pradesh. Sabuah tempat yang terkenal akan stupanya yang besar, dan dapat dikatakn sebagai struktur batu yang tertua di India.  Bangunannya di bangun oleh Raja Ashoka di sekitar abad ke-3 SM.

Struktur yang terkenal adalah kubahnya yang memiliki ukuran tinggi 50 kaki dan berdiameter 30 meter. Bangunannya diciptakan untuk menghormati Sang Buddha, selain itu tempat ini juga menyimpan peninggalan-peninggalan Sang Buddha. Tempatnya menjadi lokasi yang penting untuk diziarahi.

Di tempat ini tak hanya stupa Sanchi yang dapat kamu lihat. Ada juga Pilar Ashoka yang serta Gerbang-gerbangnya stupa Sanchi yang memperlihatkan tahapan kehidupan dari Sang Buddha hingga memperoleh pencerahan. Hiasannya memiliki detail yang cukup rumit yang bertahan hingga kini.

10. Biara Key – Himachal Pradesh

10 Tempat Bersejarah Umat Buddha di India untuk Diziarahi 10Sumber: id.wikipedia.org

Biara Key atau juga Kye Gompa merupakan sebuah biara yang terletak di negara bagian Himachal Pradesh yang berbatasan dengan dengan Tibet. Tepatnya tempat ini berada di sebuah lembah yang bernama lembah Spiti. Biara Key merupakan sebuah biara terbesar tempat pelatihan para Lama.

Lama sendiri adalah gelar kehormatan yang diberikan pada seorang bhikku atau juga bhikkuni, dan merupakan gelar bagi seorang guru Dharma. Tempat ini pernah mengalami penyerangan dari bangsa Mongol pada sekitar abad ke-17, saat masih dipimpin oleh Dalai Lama ke-5

Itulah beberapa tepat yang dapat kamu ziarahi saat berkunjung ke India. Tempat-tempat itu penuh dengan nilai-nilai spiritual terutama tempat-tempat yang pernah dikunjungi oleh Buddha Gautama sendiri. Ada juga tempat yang menjadi saksi tempat Buddha Gautama memperoleh pencerahan.

Kota-kota yang pernah disinggahi oleh Sang Buddha juga meninggalkan beberapa situs yang memperlihatkan perjalanan Sang Buddha hingga akhirnya beliau mencapai parinirvana. Perjalanan spiritual dari Sang Buddha dapat kamu rasakan dari tempat ia menyampaikan ajarannya dan tempatnya untuk bermeditasi.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram