10 Peninggalan Kerajaan Mughal, Wisata Sejarah di India

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 Oktober 2021

Saat berbicara tentang peninggalan Kerajaan Mughal, mungkin alam pikir kita akan langsung teringat pada sebuah drama televisi India berjudul Jodha Akbar yang sempat tayang di Indonesia. Kejayaan dari masa pemerintahan Mughal menyimpan jejaknya berupa bangunan yang mereka tinggalkan.

Bangunan peninggalan dari kerajaan Mughal ini menarik untuk dikunjungi, melihat betapa besarnya mereka pernah berjaya dapat terlihat dari bangunannya yang megah dan berseni. Berikut ini beberapa peninggalan dari Kerajaan Mughal yang menarik untuk kamu kunjungi saat traveling ke India.

1. Taj Mahal

Taj Mahal Tempat Wisata di India
  • Alamat: Dharmapuri, Forest Colony, Tajganj, Agra, Uttar Pradesh, India 282001
  • Jam Buka: 06 .00 – 17.00
  • HTM: Domestik INR 40, Turis Asing INR 1.000

Taj Mahal merupakan sebuah makam yang dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk Istri yang sangat dicintainya yaitu Mumtaz Mahal. Istrinya meninggal setelah melahirkan anaknya yang ke-14 Gauhara Begum. Bangunannya dibangun di Agra tepatnya di tepi selatan sungai Yamuna.

Bangunannya terbuat dari marmer putih, dengan makam sebagai pusat dari keseluruhan komplek Taj Mahal. Bangunannya berdiri pada sebuah alas persegi empat dengan empat buah minaret yang membingkainya. Pembangunan Taj Mahal memerlukan waktu hingga 22 tahun lamanya.

2. Red Fort

Red Fort_
  • Alamat: Netaji Subhash Marg, Lal Qila, Chandni Chowk, New Delhi, India
  • Jam Buka: Selasa Dan Sabtu, 09.30 – 17.30
  • HTM: Domestik INR 35, Turis Asing INR 500

Benteng merah sempat menjadi ibu kota dari dinasti Mughal selama masa pemerintahan Kaisar Shah Jahan. Benteng merah atau juga biasa disebut dengan nama Lal Qila, memiliki luas sekitar 92,6 hektar. Nama bentengnya sendiri diambil dari material pembuat bangunannya yaitu berupa batu pasir merah.

Bangunannya diperkirakan dibangun pada tahun 1639 oleh Shah Jahan dan menjadi puncak dari kreativitas bangsa Mughal. Pembangunan benteng ini awalnya adalah untuk memindahkan ibukota dari Agra ke Delhi. Bentengnya sendiri memiliki dua gerbang yaitu gerbang Lahore dan Delhi.

3. Makam Raja Humayun

Makam Raja Humayun_
  • Alamat: Bharat Scouts and Guides Marg, Nizamuddin East, New Delhi, India
  • Telepon: 011 2435 5275
  • Jam Buka: 06.00 – 21.00
  • HTM: Domestik INR 35, Turis Asing INR 550

Makan Raja Humayun dibangun atas inisiasi dari istrinya yaitu Ratu Hamida Banu Begum. Makamnya merupakan sebuah monumen pertama yang bercirikan arsitektur Mughal di India. Arsitektur dari makamnya sangat dipengaruhi oleh arsitektur Persia, dan arsiteknya adalah Mirak Mirza Ghiyas.

Makam ini tak hanya jadi tempat terakhir dari Raja Humayun, tetapi beberapa raja Mughal pun dikebumikan di tempat ini. Tempat ini akhirnya mendapat gelar sebagai makam dari dinasti Mughal. Makam Humayun juga merupakan taman makam pertama yang ada di anak benua India.

4. Masjid Jama Delhi

Masjid Jama Delhi_
  • Alamat: Jama Masjid Rd,  Chandni Chowk, New Delhi, India
  • Jam Buka: 07.00 – 12.00, 13.30 – 18.30
  • HTM: Gratis

Masjid Jama dikenal juga dengan nama Masjid Jehan-Numa, bangunan masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Shah Jahan. Bangunannya dibangun di sekitar tahun 1650 – 1656, dengan menggunakan marmer putih dan juga batu pasir merah, dengan ketinggian  minaretnya 40 meter.

Bangunan masjid ini termasuk yang terbesar di India, dapat menampung hingga 25 ribu jamaah. Masjidnya memiliki 3 gerbang, 4 menara, dan 2 minaret. Bangunan megah ini diperkirakan menelan biaya sekitar sekitar satu juta rupee pada masa itu, dan dibangun oleh 5 ribu orang pekerja.

5. Fatehpur Sikri

Fatehpur Sikri_
  • Alamat: Fatehpur Sikri Road, Agra, Uttar Pradesh, India
  • Jam Buka: 06.00 – 18.00
  • HTM: Domestik INR 35, Turis Asing INR 550

Fatehpur Sikri merupakan sebuah komplek yang di dalamnya terdapat banyak bangunan. Bangunan komplek ini dibangun pada masa Raja Akbar, dengan tujuan untuk menghormati seorang sufi Sheikh Salim Chisti. Fatehpur Sikri memiliki ciri arsitektur perpaduan dari Islam dan juga Hindu.

Fatehpur Sikri memiliki beragam bangunan di dalamnya yang menarik untuk kamu kunjungi. Kompleksnya berisikan sebuah bangunan di antaranya adalah gerbang Buland Darwana, Masjid Jami, Istana Jodha Bai, sebuah hall bernama Diwan-I-Am, dan masih banyak monumen yang lainnya.

6. Makam Raja Akbar

Makam Raja Akbar_
  • Alamat: Sikandra, Agra, Uttar Pradesh, India
  • Jam Buka: 06.00 – 18.00
  • HTM: Domestik INR 20, Turis Asing INR 250

Pembuatan makam Raja Akbar diinisiasi oleh dirinya sendiri dan diselesaikan oleh anaknya Jahangir. Bangunan tempat makam itu berada memiliki gaya arsitektur Mughal. Bahan yang digunakan untuk pembuatannya adalah marmer putih dan juga pasir batu merah sebagai ciri khasnya.

Bangunannya memiliki ornamen geometris, dengan struktur bangunan yang merupakan perpaduan antara budaya Hindu, Islam, Jain, Kristen, serta Budha. Taman dari pemakaman ini dirancang sendiri oleh Raja Akbar karena dia sangat menyukai taman. Makam istrinya Jodha Bai terletak 1 km darinya.

7. Itmad ud-Daula

Itmad ud-Daula_
  • Alamat: Sikandra, Agra, Uttar Pradesh, India
  • Jam Buka: 06.00 – 18.00
  • HTM: Domestik INR 20, Turis Asing INR 250

Bangunan Itimad-ud-Daula merupakan sebuah makam yang terletak di kota tua Agra. Makam tersebut adalah makam dari Mirza Ghiyas Beg, beliau adalah ayah dari Nur Jahan Istri dari Raja Jahangir. Bangunan ini juga dikenal dengan nama Jewel Box atau kotak perhiasan dan juga Baby Taj.

Letak bangunan ini berada di sebelah timur di tepian sungai Yamuna. Hal yang paling menonjol dari bangunan ini adalah ornamen yang menghiasinya penuh dengan nuansa Persia. Bangunannya tampak indah dengan ornamen bunga serta serta geometri Arab yang terlihat di seluruh eksterior ruangannya.

8. Benteng Agra

Benteng Agra_
  • Alamat: Rakabganj, Agra, Uttar Pradesh, India
  • Telepon: +91 562 222 6431
  • Jam Buka: 06.00 – 18.00
  • HTM: Domestik INR 35, Turis Asing INR 550, anak dibawah 15 tahun gratis

Benteng Agra merupakan bangunan karya dari Raja Jalaludin Akbar. Benteng ini tak hanya berfungsi sebagai tempat pertahanan tetapi juga merupakan tempat tinggal utama dari Raja-raja Mughal. Benteng ini dapat dikatakan sebagai sebuah kota yang dikelilingi tembok.

Benteng Agra memiliki empat buah gerbang dengan dua gerbang utamanya bernama Gerbang Delhi dan Gerbang Lahore. Pembangunan benteng ini memerlukan waktu 8 tahun lamanya untuk rampung. 4 ribu orang yang dibutuhkan untuk membangun benteng yang menggunakan batu pasir merah.

9. Benteng Akbari

Benteng Akbari_
  • Alamat: Naya Bazaar, Ajmer, Rajasthan, India
  • Jam Buka: 10.00 – 17.00 (Hari Senin Tutup)
  • HTM: Domestik INR 10, Turis Asing INR 50

Benteng Akbari dikenal juga dengan nama Benteng Ajmer, benteng ini merupakan empat tinggal dari Pangeran Salim anak dari Raja Akbar yang dikenal juga dengan nama Raja Jahangir. Saat ini benteng ini berfungsi sebagai museum yang menyimpan koleksi baju zirah dan seni dari Mughal dan Rajput.

Benteng Ajmer ini letaknya tidak berada di atas bukit seperti kebanyakan benteng lainnya, tetapi berada di pusat kota Ajmer. Benteng ini menjadi saksi saat Raja Jahangir berdiri di Jendela bentengnya, memberikan izin kepada Perusahaan India Timur untuk berbisnis di Kerajaan Mughal.

10. Pari Mahal

Pari Mahal_
  • Alamat: Srinagar, Jammu dan Kashmir
  • Jam Buka: 09.30 – 17.30 (Tutup Hari Jum’at)
  • HTM: INR 20

Pari Mahal merupakan sebuah taman yang memiliki tujuh tingkat yang dibuat oleh Pangeran Mughal Dara Shikoh anak dari Raja Jahangir. Pari Mahal terletak di daerah Pegunungan di Zabarwan di daerah Srinagar. Tempat ini berfungsi sebagai tempat mengajar astrologi dan astronomi, serta observatorium.

Pari Mahal yang mendapat julukan sebagai istana para peri ini memiliki struktur bangunan dengan aristektur Islam dan juga seni yang digunakan selama masa pemerintahan Raja Mughal Shah Jahan. Tamannya ditanami banyak tanaman bunga, pepohonan serta semak-semak.

Itulah beberapa peninggalan dari Kerajaan Mughal yang menarik untuk kamu kunjungi. Peninggalan berupa makam-makan yang megah serta arsitekturnya yang sangat berkesan. Bangunannya memperlihatkan kejayaan dari kerajaan Mughal saat berkuasa pada masanya.

Setiap monumennya menjadi saksi sejarah saat mereka mengalami masa jaya serta di saat kemundurannya. Arsitekturnya yang banyak dipengaruhi oleh Persia dapat kamu lihat pada bangunannya. Bangunannya menjadikannya tempat menarik untuk dikunjungi oleh pecinta sejarah.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram