Inilah 8 Penyebab Visa Korea Ditolak yang Mesti Diketahui

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Agustus 2021

Sudah tidak sabar ingin berlibur ke korea tapi ternyata visa ditolak! Itu pasti menjadi hal yang sangat mengecewakan. Apalagi jika mengingat kamu sudah siap dengan rencana perjalanan dan hal-hal yang akan kamu lakukan di negeri ginseng itu nanti tapi visa menjadi kendala sehingga menyebabkan perjalanan kamu ke Korea batal.

Penolakan visa bukan lah hal yang baru. Banyak negara yang tidak mengabulkan visa para aplikan dari negara lain dengan berbagai macam alasan.

Ada yang dikarenakan hal sepele atau ada pula yang disebabkan karena adanya hal besar yang membuat visa tidak dikabulkan. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab visa Korea ditolak. 

1. Dokumen Tidak Lengkap

Dokumen yang tidak lengkap adalah alasan yang paling umum dan paling sering terjadi. Sering dianggap remeh karena dikira mengumpulkan dokumen yang lengkap itu adalah pekerjaan mudah. Memang mudah, bagi orang yang teliti namun sulit bagi orang ceroboh. 

Kejadian permohonan visa ke Korea ditolak karena alasan ini kerap dialami oleh para pemohon visa. Biasanya ini terjadi karena pemohon kurang teliti dalam mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan atau bisa juga karena pemohon salah membaca persyaratan. 

2. Penulisan Nama yang Berbeda

Penulisan Nama yang Berbeda

Ini nih yang sepele tapi berdampak besar, kesalahan penulisan huruf pada nama atau nama yang berbeda dengan dokumen kependudukan lainnya. 

Misalnya ada kasus seperti ini, seorang A bernama Yudha mengajukan aplikasi visa ke Korea. Di identitas ditulis seperti itu, namun ternyata ada satu dokumen yang menulis nama Yudha tanpa huruf H. Jika terjadi hal seperti itu kemungkinan visa akan ditolak. 

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan nama yang sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas yang diperlukan untuk pembuatan visa ke Korea. Disamping itu, perlu dicek ulang untuk memastikan bahwa semua ejaan nama lengkapmu sudah sesuai dengan dokumen persyaratan pembuatan visa. 

Jika kesalahan penulisan nama terlanjur terjadi kamu masih bisa kok memperbaikinya. Kamu perlu surat keterangan dari lembaga-lembaga yang dapat mengesahkan kesesuaian namamu seperti pengadilan dan kelurahan sehingga nama yang berbeda itu tetap merujuk pada kamu. 

3. Sponsor yang Berbeda Kartu Keluarga

Sponsor yang Berbeda Kartu Keluarga
*

Apabila kamu berangkat ke Korea dengan biaya ditanggung orang lain atau sponsor pastikan orang tersebut terdapat dalam kartu keluarga yang sama denganmu, misal saja, adik, kakak, ayah atau ibu. 

Jika orang yang mensponsori keberangkatanmu sudah punya keluarga sendiri dan sudah tidak terdaftar dalam kartu keluarga yang berbeda denganmu, permohonan visa ke Korea mungkin saja ditolak. 

4. Bagi Mahasiswa Perlu Dokumen Pendukung Lain

Bagi Mahasiswa Perlu Dokumen Pendukung Lain
*

Selain KTP biasanya kartu identitas yang biasa digunakan untuk registrasi adalah kartu mahasiswa, bagi orang yang berstatus mahasiswa tentu saja. Para mahasiswa ini dapat menggunakan kartu mahasiswa yang dikeluarkan dari kampus masing-masing sebagai identitas. 

Namun, untuk pengajuan visa ke Korea kartu mahasiswa saja tidak cukup. Kamu perlu surat keterangan pendukung resmi dari universitas tempat kamu kuliah. Surat keterangan tersebut menyatakan bahwa kamu adalah seorang mahasiswa aktif yang belajar di sebuah universitas itu. 

5. Cantumkan Nomor Kontak Aktif

Cantumkan Nomor Kontak Aktif

Dokumen lain seperti surat keterangan dari HRD atau surat keterangan sponsor biasanya disertai dengan nomor kontak. Nah, pastikan nomor-nomor tersebut masih aktif dan dapat dihubungi. 

Pihak Korea Visa Application Center (KVAC), lembaga yang berwenang mengeluarkan visa Korea biasanya akan mengecek apakah nomor kontak pada aplikasi pengajuan visa bisa dihubungi atau tidak. Hal tersebut dilakukan untuk mengkonfirmasi statusmu kepada pihak KVAC. 

Jika pihak KVAC sulit menghubungi nomor-nomor kontak tersebut bisa jadi visa Korea ditolak. Kamu tentu tidak mau hal itu terjadi, kan? Nah sebelum kamu mencantumkan nomor kontak pada aplikasi pengajuan visa pastikan nomor-nomor tersebut masih aktif dan si pemilik nomor dapat menjawab telepon.

6. Surat Pemberitahuan Pajak (SPT)

Surat Pemberitahuan Pajak (SPT)
*

Surat pemberitahuan pajak atau SPT pajak adalah faktor terbesar visa Korea ditolak. Banyak pemohon visa yang terjegal akibat surat ini. 

Surat pemberitahuan pajak ini adalah surat keterangan yang berisi laporan pajak tahunan. Karyawan yang baru atau belum memenuhi masa kerja sehingga belum mendapatkan SPT pajak belum memiliki surat ini. 

Karyawan honorer dari lembaga atau dinas-dinas pemerintah tertentu pun tidak memiliki surat ini. Termasuk pula karyawan magang, fotografer, programmer, desainer grafis mengalami nasib yang sama. Lalu bagaimana jika orang-orang ini ingin bepergian ke Korea?

Tenang! Kamu dapat meminta surat keterangan tambahan yang didukung dengan keterangan aktivitas keuanganmu. Transaksi yang bagus di dalam rekening kamu dapat membantu memperbesar kemungkinan visa Korea kamu dikeluarkan. 

Yang dimaksud dari transaksi bagus dalam rekening adalah jumlah transaksi uang yang masuk dan keluar sangat tinggi. Selain itu, saldo di rekening kamu haruslah besar. Misalnya saja saldo minimalnya adalah 30 juta. Biasanya pihak KVAC akan meminta catatan transaksi dalam rekening koran 3 bulan terakhir. 

Jika petugas menemukan sesuatu yang mencurigakan dari aktivitas transaksi di rekening koran maka hampir bisa dipastikan visa ke Korea akan ditolak. 

Aktivitas mencurigakan dalam transaksi keuangan yang biasa terjadi adalah transfer yang sangat besar dalam waktu singkat sebelum rekening Koran dicetak. Petugas tidak asing dengan trik seperti ini sebab hal ini sering dilakukan oleh para pemohon visa yang ingin visanya segera dikeluarkan pihak KVAC.

Karena saking ngebetnya ingin ke korea, para pemohon biasanya meminta teman atau kerabatnya untuk mentransfer sejumlah uang sampai batas minimal aman untuk biaya hidup di Korea. Tapi justru hal ini adalah yang wajib kamu hindari. Trik ini dianggap sebagai sebuah manipulasi. Tentu salah jika dilakukan. 

Tapi bagi karyawan lepas yang pendapatan bulannya tidak tentu, hal ini masih bisa diakali. Caranya adalah dengan melakukan transfer dengan jumlah yang besar dalam tiga bulan terakhir. Lalu, sisakan saldo minimal 30 juta di rekening koranmu. Pengajuan visa ke Korea kamu berpotensi dikabulkan oleh pihak KVAC. 

7. Slip Gaji dan Catatan Keuangan Lain

Inilah 8 Penyebab Visa Korea Ditolak yang Mesti Diketahui 1

Slip gaji biasanya dikeluarkan sebagai bukti rincian pendapatan dan pengeluaran uang seorang pegawai. Di dalam rincian slip gaji kamu dapat melihat catatan pendapatan, cicilan asuransi yang wajib dibayar oleh karyawan, tunjangan dan jaminan-jaminan lainnya. 

Jika kamu seorang karyawan tapi tidak mendapat atau tidak menyertakan slip gaji dalam dokumen pengajuan visa, jangan harap pengajuan visa ke Korea kamu dikabulkan. 

Nominal uang yang terlalu kecil di dalam saldo rekeningmu bisa juga menggagalkan pengajuan visa ke Korea. Sebetulnya jumlah minimal saldo rekening tidak menjadi persyaratan mutlak. Hanya saja, berkaca pada pengalaman, nominal kecil bisa jadi pertimbangan seberapa lama kamu tinggal di Korea nantinya. 

Ada hitungan tersendiri yang dapat memprediksi berapa lama kamu dapat berada di Korea dan berapa banyak uang yang kamu butuhnya selama tinggal di sana. Contohnya seperti ini; kamu berencana untuk tinggal di Korea selama tujuh hari. Maka kamu harus punya minimal 15 juta di dalam rekeningmu.

Hitungannya seperti ini 1 juta X jumlah hari kunjungan di Korea. Jadi, jika kamu berencana tinggal di Korea selama 7 hari, maka 7x1 juta= 7 juta. Jumlah ini terlalu kecil untuk biaya hidup di Korea. Nominal uang yang harus kamu punya untuk biaya hidup di Korea selama 7 hari adalah 15 juta. 

Semakin lama kamu tinggal di Korea, maka semakin besar jumlah uang yang harus ada di dalam rekeningmu sebagai bukti keuangan yang diperlukan dalam pembuatan visa ke Korea. 

8. Masa Berlaku Paspor Habis Atau Menuju Kadaluarsa

Inilah 8 Penyebab Visa Korea Ditolak yang Mesti Diketahui 2

Untuk berkunjung ke Korea atau ke luar negeri lainnya kamu butuh paspor sebagai dokumen pelengkapnya. Masa berlaku paspor Indonesianya biasanya hanya lima tahun. Tetapi itu bukan berarti kamu dapat menggunakan paspor selama lima tahun penuh. 

Pasalnya paspor sudah tidak bisa digunakan untuk bepergian ke luar negeri jika masa berlakunya kurang dari enam bulan. Oleh karena itu, jika kamu mengajukan visa Korea tapi masa berlaku paspormu akan kadaluarsa dalam waktu enam bulan, kemungkinan besar pengajuanmu akan ditolak. 

Nah, sudah tahu kan penyebab visa Korea ditolak? Jangan sampai kejadian ini kamu alami jika kamu punya rencana pergi ke Korea. Periksa ulang dokumen persyaratan beserta kelengkapannya agar permohonan bisa ke Koreamu tidak mengalami hambatan. Teliti sebelum pergi jauh lebih baik daripada repot urus ini di waktu nanti. Selamat bepergian!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram