Barangkali Belum Tahu, Ini Bedanya Bintang Hotel 1 Sampai 7

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 20 Juli 2021

Sebagaimana yang kita ketahui, hotel memiliki kualifikasi dan klasifikasi bintangnya tersendiri. Mulai dari bintang satu yang terendah, hingga bintang tujuh yang tertinggi. Pemberian bintang pada hotel sendiri tidak muncul begitu saja. Ada sejumlah syarat dan indikator mengapa sebuah hotel mendapatkan bintang, entah bintang 1 ataupun 7.

Pelayanan, tipe dan jumlah kamar, fasilitas kamar dan fasilitas hotel secara keseluruhan, kebersihan, lokasi, dan makanan adalah contoh indikator-indikator yang dimaksud. Adapun pihak yang berhak memberi bintang ke sebuah hotel adalah LSU Pariwisata. Lembaga ini lazimnya akan memberikan bintang pada sebuah hotel tiap 3 tahun sekali, berdasarkan indikator-indikator yang telah disebutkan sebelumnya.

Tiap bintang pada hotel memiliki ciri-ciri yang membuat tiap hotel berbintang berbeda satu sama lain. Lantas, apa saja perbedaan bintang 1 hingga 7? Untuk mengetahui jawabannya, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

1. Hotel Bintang 1

Bintang 1 (Copy)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kalau ini adalah bintang yang paling rendah. Ciri khas pada hotel bintang ini adalah jumlah kamarnya yang relatif sedikit, yaitu sekitar 15 kamar. Luas kamarnya pun sangatlah kecil, yakni sekitar 20 meter persegi. Fasilitas kamar pun seadanya. Hotel bintang 1 adalah satu-satunya hotel yang tidak memiliki kamar bertipe suite.

Hotel dengan bintang ini biasanya memiliki room cleaning, tempat sarapan, dan restoran yang tidak terlalu luas. Hotel dengan bintang satu ini sangat cocok bagi kamu para backpackers atau kamu yang ingin menginap di hotel namun berbudget rendah soalnya hotel dengan bintang ini biasanya dipatok dengan harga yang ramah di kantong.

2. Hotel Bintang 2

Secara fasilitas, hotel dengan bintang ini jauh lebih baik dan banyak dibanding hotel bintang 1. Jadi, selain memiliki sejumlah fasilitas pada hotel bintang satu, hotel dengan bintang ini juga punya beberapa fasilitas tambahan seperti TV kabel, AC, WiFi, air panas, lobi hotel dan telepon.

Jumlah kamarnya pun lebih banyak dan luas, bila dibandingkan dengan hotel bintang 1. Adapun jumlah kamar pada hotel bintang 2 adalah 20 kamar standar dengan luas tiap kamarnya mencapai 22 meter persegi.

Selain 20 kamar standar, hotel bintang 2 pun juga lazim dilengkapi 1 kamar suite dengan luas 44 meter persegi. Di beberapa hotel bintang dua, kamu bakal menemukan beberapa fasilitas tambahan lainnya seperti sarana olahraga dan juga bar.

Biasanya hotel bintang 2 berlokasi di tempat yang strategis dan dekat dengan jalan utama, sehingga tamunya mudah untuk bepergian.

3. Hotel Bintang 3

Hotel yang memiliki bintang ini tak hanya cocok bagi wisatawan perorangan. Hotel dengan bintang ini juga cocok bagi mereka yang tengah berwisata bersama keluarga atau untuk mereka yang hendak melakukan kepentingan bisnis dengan para kolega.

Ini tak lepas dari lokasi hotel bintang tiga yang cenderung strategis. Biasanya, hotel dengan bintang tiga letaknya persis di dekat tol, pusat perbelanjaan, pusat bisnis, dan jalan raya. Fasilitasnya pun sangat menunjang bagi pengunjung yang membawa keluarga atau hendak melakukan keperluan bisnis.

Adapun fasilitas-fasilitas tersebut adalah kolam renang, tempat olahraga, dan sarapan. Khusus untuk sarapan, menu yang disajikan hotel bintang ini biasanya cenderung mewah dibanding hotel bintang satu dan dua. Ini tentu akan membuatmu merasakan sensasi makan enak dan mewah, baik bersama keluarga maupun rekan bisnismu.

Dari segi kamar, hotel bintang 3 punya kamar sebanyak 30 buah. Tiap kamarnya memiliki luas minimal 24 meter persegi. Hotel dengan bintang ini juga punya kamar suite sebanyak 2 buah, di mana tiap kamarnya memiliki luas 48 meter persegi.

Kamar di hotel bintang 3 pun sudah dibekali dengan fasilitas kamar mandi yang luas, lengkap dengan peralatan mandi, air hangat dan shower. Di dalam kamarnya juga biasanya terdapat meja dan kursi.

Hotel bintang 3 umumnya dimiliki atau dipegang oleh perusahaan perhotelan yang cukup besar. Di Indonesia, hotel bintang 3 yang terkenal adalah Ibis dan All Season Hotel Neo, Holiday Inn Express dan masih banyak lagi.

4. Hotel Bintang 4

Kalau mau hotel yang tak sekedar tempat tidur, hotel dengan bintang ini adalah pilihan tepat. Di hotel bintang empat yang dikenal juga sebagai hotel business class, terdapat beragam fasilitas mewah yang membuatmu bisa bersantai ria. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah kolam renang, bar, gym, valet parking dan restoran.

Semua fasilitas itu barangkali bisa kamu temukan di hotel 1, 2, ataupun 3. Namun, di hotel bintang 4, semua fasilitas tersebut tergolong lebih mewah dibanding hotel bintang 1, 2, ataupun 3. Meski mewah, semua fasilitas hotel bintang 4 relatif terjangkau dibanding bintang 5. Cocok buatmu yang ingin hotel mewah, namun dengan harga yang sedikit lebih ramah di kantong.

Kamar di hotel bintang 4 tergolong luas. Beberapa hotel bahkan punya dapur pribadi sendiri. Untuk tarif hotel seperti ini biasanya berkisar antara Rp800.000 sampai dengan Rp1.400.000 sekali menginap.

Hotel bintang 4 juga dilengkapi oleh para staf profesional. Para staf tersebut bakal membantumu dalam banyak hal. Mulai dari komplain soal fasilitas, membawakan barang, hingga rekomendasi tempat wisata yang berada di dekat hotel tersebut.

Hotel bintang 4 biasanya berlokasi di kota besar yang memiliki tempat komersial dan perkantoran yang banyak. Hotel bintang 4 umumnya memiliki ruang rapat yang cukup besar, lho.

5. Hotel Bintang 5

Barangkali Belum Tahu, Ini Bedanya Bintang Hotel 1 Sampai 7 1

Bintang 5 adalah bintang paling tinggi dalam sebuah hotel. Hotel dengan bintang ini lazimnya diperuntukkan bagi pegunjung menengah ke atas. Semua fasilitas di hotel bintang ini amat mewah, begitu pun dengan pelayanannya.

Saat pertama kali masuk hotel bintang ini, kamu bakal disambut dengan welcome drink yang membuatmu merasa seperti tamu kehormatan. Kamu pun juga bakal disambut oleh pelayan yang ramah dan pandai berbincang dalam beragam bahasa.

Untuk kamar, hotel bintang lima mempunyai kamar standar biasanya sebanyak 100 kamar, serta 4 kamar yang terdiri dari Junior, Deluxe, Superior dan Presidential Suite. Kamar standar pada hotel bintang 5 memiliki luas 26 meter persegi.

Adapun kamar suite memiliki luas hingga 52-60 meter persegi. Tiap kamarnya berisi perabotan yang mewah, ada walk-in closet, kamar mandi kecil, ruang baca, kamar mandi besar hingga brankas. Bahkan, ada beberapa kamar hotel bintang lima yang berisi dapur dan mini bar di dalamnya.

Salah satu fasilitas paling menonjol pada hotel bintang 5 adalah restoran. Pada hotel bintang 5, restoran bisa kamu akses selama 24 jam. Bahkan, kamu pun bisa meminta layanan pesan antar kepada pihak restoran. Sungguh memanjakan, bukan?

6. Hotel Bintang 7

Di luar 5 bintang yang telah disebutkan di atas, rupanya masih ada satu bintang lainnya yang ada dalam sebuah hotel. Bintang 7 adalah bintang tersebut. Bintang ini merujuk pada sebuah hotel yang fasilitasnya begitu mewah, melampaui hotel bintang 5 sekalipun.

Tidak jelas apakah pemberian bintang 7 tersebut betul-betul ada dan diberikan oleh pihak terkait, atau hanya akal-akalan marketing saja. Yang jelas, kini sudah ada sebuah hotel yang mendaku diri sebagai hotel bintang 7.

Hotel tersebut adalah hotel Burj Al Arab di Dubai. Bisa dibilang ini adalah hotel pertama dan mungkin satu-satunya yang mengklaim diri sebagai hotel bintang 7. Untuk menginap di sini, kamu harus merogoh kocek sebesar $11.000 atau sekitar Rp154 juta dalam kurs saat ini.

Hotel yang dibangun pada 1998 ini punya fasilitas yang mewah dan membuat mereka mengaku diri sebagai hotel bintang 7 di dunia.

Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

  • Kamar suite sebanyak 202 buah, di mana tiap kamarnya dilapisi emas dan asisten pribadi.
  • Helipad yang bisa dipakai pengunjung hotel untuk melihat pemandangan kota-kota di Dubai.
  • Restoran dan bar yang totalnya mencapai sembilan buah.
  • Minuman dan air terjun melayang. Dua fasilitas ini diberikan saat pengunjung hotel pertama kali masuk ke lobi hotel.

Kesimpulan

Setiap bintang dalam sebuah hotel berbeda satu sama lain. Banyak hal yang membuat hal tersebut terjadi. Mulai dari fasilitas dan pelayanan, jumlah kamar, tempat hotel itu berada, hingga target pasar dan harga dari hotel tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan bintang pada hotel. Semoga penjelasan di atas bermanfaat buatmu. Entah itu untuk menambah wawasanmu soal hotel, ataupun untuk membantumu menemukan hotel yang kamu butuhkan saat liburan nanti.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram