Keluyuran / Tips Liburan / Perbedaan Kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif pada Kereta Api

Perbedaan Kelas Ekonomi, Bisnis, Eksekutif pada Kereta Api

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 November 2019

Transportasi umum di Indonesia khususnya Pulau Jawa sudah sangat lengkap dan memadai. Mulai dari angkutan kota/desa, bus dalam/luar kota, pesawat terbang, hingga kereta api. Di Indonesia terdapat perusahaan kereta api terbesar, yaitu PT. Kereta Api Indonesia (Persero), yang menyediakan perjalanan di Pulau Jawa dan Sumatera.

Kereta api memiliki tiga kelas dengan fasilitas yang berbeda-beda. Ada kelas ekonomi, bisnis, dan juga eksekutif. Dengan fasilitas yang berbeda, tentu harganya pun berbeda pula. Jenis-jenis kelas ini bukan tanpa tujuan, namun PT. Kereta Api Indonesia ingin masyarakat bisa memilih transportasi dengan fasilitas seperti apa yang dapat mengantar mereka ke tempat tujuan.

Meskipun pada seluruh rangkaian kereta sudah terdapat AC, colokan listrik, serta toilet, namun tetap ada perbedaan di ketiga kelas tersebut. Apa saja? Berikut ini saya jabarkan perbedaan kereta ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Siapa tahu, bisa menjadi referensi pilihan transportasi untuk perjalananmu selanjutnya.

1. Ekonomi

Ekonomi (Copy)

* sumber: bisnis.tempo.co

Apa yang kamu pikirkan setelah mendengar jenis kelas yang satu ini? Sesuai dengan namanya, kelas ekonomi paling ekonomis dibanding kelas lainnya. Kelas ekonomi ini banyak membuat penumpang terkecoh. Pasalnya, pada kelas yang sama, memiliki interior serta harga yang berbeda-beda pula.

Kelas ekonomi lama sudah keluar sejak belasan tahun yang lalu. Kursi dengan model 2-3, dan berhadap-hadapan, sangat cocok bagi kamu yang hendak berpergian ke luar kota bersama teman-teman menggunakan kereta api. Jika yang pergi 4 orang, maka bisa memilih kursi yang cukup untuk berdua, dan jika yang pergi 6 orang bisa memilih di kursi 3 seater.

Selain itu, ada pula kelas ekonomi dengan model kursi 2-2, dan tetap berhadapan. Kereta ekonomi model ini memiliki jalur pejalan kaki yang lebih luas jika dibandingkan dengan ekonomi model 2-3. Persamaannya, kedua kelas ekonomi ini sama-sama duduk tegak 900. Jika tidak biasa berpergian jauh, pasti akan terasa pegal dengan tempat duduk yang seperti ini.

Ekonomi Premium

Ekonomi Premium (Copy)

Pada tahun 2016, PT. Kereta Api Indonesia meluncurkan kereta ekonomi baru dengan interior yang sangat berbeda dibandingkan kelas ekonomi sebelumnya. Kursi dengan model 2-2, tidak tegak 900, kursi yang empuk, terdapat tirai penutup jendela yang sama seperti pada kelas eksekutif. Kelas ekonomi ini juga tidak semua berhadapan. Hanya nomor kursi 11 dan 12 saja yang berhadapan.

 Selain kelas ekonomi baru yang diluncurkan pada tahun 2016, ada pula kereta ekonomi premium yang diluncurkan pada awal tahun 2018. Kereta ekonomi 2016 tak begitu banyak perbedaan dengan ekonomi premium. Bedanya hanya satu, kelas ekonomi premium dilengkapi dengan reclining seat jadi kamu tidak akan merasa lelah meski berpergian jauh sekalipun.

Satu lagi perbedaan ekonomi lama dan baru, yaitu AC-nya. Ekonomi 2016 dan premium menggunakan AC sentral yang sama seperti pada kelas eksekutif. Munculnya gebrakan baru untuk kereta api kelas ekonomi, diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang hendak berpergian jauh namun tidak ingin terkena macet di perjalanan.

Kelas ekonomi baru ini hanya melayani beberapa tujuan saja. Karena, kelas ekonomi yang satu ini merupakan pengganti kelas bisnis. Beberapa kelas bisnis sudah digantikan dengan ekonomi baru. Seperti kereta api Lodaya, Harina, dan Argo Parahyangan. Meskipun dinamakan kelas ekonomi, namun kenyamanannya mirip dengan kelas eksekutif.

2. Bisnis

Bisnis (Copy)

* sumber: www.radarcirebon.com

Kelas bisnis sebenarnya sudah tidak banyak digunakan, karena sudah digantikan dengan ekonomi premium. Namun, beberapa kereta masih menggunakan kelas bisnis untuk kereta api jarak jauh. Salah satunya kereta api Malabar, relasi Bandung – Malang.

Kereta kelas bisnis cukup berbeda dengan kelas ekonomi. Kursinya yang empuk dengan model 2-2, semua kursi menghadap ke depan, namun bisa diputar balik, sehingga jika kamu pergi bersama keluarga atau teman akan tetap nyaman. Kelas bisnis bisa dikatakan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan kelas ekonomi.

Berdasarkan pengalaman, toilet pada kelas bisnis lebih bersih dibanding kelas ekonomi. Maka dari itu kelas ini masih menjadi primadona bagi pengguna kereta api jarak jauh. Meskipun beberapa rangkaian sudah mengganti kelas ekonomi menjadi kelas ekonomi premium.

3. Eksekutif

Eksekutif (Copy)

*

Sesuai dengan namanya, kelas eksekutif memberikan fasilitas yang lebih baik dibanding ekonomi dan bisnis. Kini, kelas eksekutif sudah terbagi juga menjadi eksekutif, priority, luxury, dan super luxury/sleeper train. Kelas eksekutif masih digunakan di hampir seluruh rangkaian kereta api jarak jauh.

Fasilitas yang membedakan dengan kelas di bawahnya adalah, kelas eksekutif memiliki ruang kaki lebih luas, reclining seat, footrest, bantal, dan selimut untuk perjalanan malam. Sehingga perjalanan 8 hingga 15 jam takkan terasa lelah karena kamu akan dimanjakan dengan beragam fasilitasnya.

Pada kelas eksekutif keluaran 2016 hingga yang terbaru, diberikan fasilitas meja lipat yang bisa kamu gunakan untuk makan, hingga bekerja dengan laptop. Fasilitas ini tidak ada di kelas ekonomi dan bisnis. Selain itu juga, kelas eksekutif lebih kedap suara, jadi sangat nyaman apalagi jika kamu yang kurang suka tempat bising.

Priority Class

Priority Class (Copy)

* sumber: www.pegipegi.com

Selanjutnya, ada kelas priority, dengan fasilitas yang lebih bagus lagi. Karena di sini, setiap penumpang mendapatkan fasilitas snack gratis dan bisa refill air minum. Pramugara dan pramugari pun akan senantiasa melayani penumpang dengan sangat baik.

Kelas priority ini sebenarnya adalah kereta wisata yang kemudian melayani penumpang umum. Harga tiket yang ditawarkan pun lebih mahal dibanding kelas eksekutif. Namun, fasilitasnya yang memanjakan, akan memberikan pengalaman berbeda ketika naik kereta api jarak jauh.

Beberapa rangkaian kereta api sudah dilengkapi dengan kelas priority ini, seperti kereta api Jakarta – Malang, Jakarta – Surabaya, Jakarta – Yogyakarta, Jakarta – Bandung, dan Bandung – Malang. Sepanjang perjalanan, kamu bisa menonton film favorit yang disediakan di setiap sandaran kursi. Jalan-jalan akan semakin menyenangkan!

Super Luxury / Sleeper Train

Super Luxury (Copy)

* sumber: www.cosmopolitan.co.id

Tahun 2018 lalu, PT. Kereta Api Indonesia meluncurkan kereta api super luxury atau biasa disebut sleeper train. Berbeda dengan kereta kelas lainnya, kereta super luxury didesain dengan model 1-1, dengan kursi reclining seat yang bisa dijadikan kasur. Setiap kursinya diberi pembatas hingga lebih terkesan private.

Di sini, disediakan loker untuk barang berharga, lengkap dengan kuncinya. Jadi kamu tidak perlu khawatir meninggalkan barang di kursi jika hendak ke toilet atau ke restorasi kereta api. Selain itu, disediakan LCD untuk kamu yang suka nonton. Ada banyak film serta lagu yang bisa kamu nikmati selama perjalanan.

Kelas super luxury saat ini disediakan di Kereta Api Argo Bromo Anggrek relasi Bandung – Surabaya Pasar Turi. Jadi buat kamu yang berencana ke pulau Jawa bagian utara, bisa coba kereta mewah ini!

Luxury Class

Luxury Class (Copy)

* sumber: rri.co.id

Selain super luxury, baru-baru ini PT. Kereta Api Indonesia meluncurkan kereta api kelas luxury yang juga memiliki perbedaan dengan kelas super luxury. Model kursi 1-2 dengan pembatas di setiap kursinya, kamu bisa memilih duduk sendiri atau berdua dengan penumpang lain.

Luxury class ini terdapat legrest sehingga kamu takkan merasa pegal meski dalam perjalanan jauh sekalipun. Sama seperti pada kelas super luxury, di sini kamu juga mendapatkan LCD di setiap seat, jadi takkan merasa bosan selama perjalanan.

Pada sleeper train maupun luxury class, penumpang mendapatkan lampu baca, mini bar dalam kereta, serta free flow air mineral dan snack. Selain tak akan merasa lelah dan bosan di perjalanan, kamu pun tetap bisa ngemil tanpa membeli makanan terlebih dahulu. Mau coba kereta luxury?

Itulah perbedaan antara kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Kamu tentu bisa memilih kelas kereta sesuai dengan budget-mu. Jadi, kapan kamu jalan-jalan naik kereta api?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar