Keluyuran / Tips Liburan / Inilah 10 Daftar Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa

Inilah 10 Daftar Perlengkapan Camping yang Wajib Dibawa

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Juli 2019

Camping merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menikmati pemandangan alam secara bebas. Selain itu, camping juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan baik fisik maupun psikis. Saat ini, kegiatan camping mulai banyak diminati. Namun, sebelum melakukan camping ada baiknya Anda mengetahui peralatan apa saja yang wajib untuk dibawa. Berikut adalah daftar perlengkapan camping yang tidak boleh tertinggal.

1. Tenda

tenda dome

Tenda merupakan peralatan penting yang wajib dibawa saat camping. Bisa dibilang, tidak membawa tenda berarti tidak camping. Ada beberapa jenis tenda yang dapat Anda gunakan, diantaranya adalah tenda pramuka, dome, dan flysheet.

Saat memilih tenda, pastikan Anda memilih tenda yang kuat, aman, dan mudah digunakan. Sekarang ini, tenda dome lebih banyak diminati karena mudah dibawa kemana-mana dan mudah didirikan. Saat menggunakan tenda dome, hal yang harus Anda ingat adalah membawa pasak dan frame. Karena tanpa kedua alat tersebut, tenda tidak akan bisa berdiri.

2. Kompor

Salah satu daftar perlengkapan camping lainnya yang wajib Anda bawa adalah kompor atau gas untuk memasak. Camping akan terasa lebih menyenangkan dan bermakna jika Anda memasak makanan sendiri. Saat ini, sudah banyak kompor khusus camping dengan ukuran yang kecil, sehingga mudah dan praktis untuk dibawa kemana-mana.

3. Alat Masak

alat masak camping

Jika ingin memasak saat camping, jangan lupa membawa peralatan masak dan makan. Saat ini sudah banyak toko yang menjual peralatan masak khusus untuk camping. Anda dapat membeli peralatan masak tersebut dengan harga terjangkau, yaitu mulai dari harga 100 ribuan.

4. Sleeping Bag

sleep bag

Sleeping bag atau kantong tidur merupakan daftar perlengkapan camping yang tidak boleh ketinggalan. Camping biasanya dilakukan di alam terbuka yang suhu udaranya akan lebih dingin di malam hari. Menggunakan kantong tidur tentunya akan membuat tubuh Anda hangat dan tidak kedinginan, sehingga tidur Anda nyenyak sepanjang malam.

5. Matras

matras

Ada berbagai jenis matras yang dapat dibawa saat camping yaitu matras lipat, matras isi udara, dan matras biasa. Pilihlah jenis matras yang sesuai kebutuhan. Jika membawa keluarga saat camping, sebaiknya pilihlah matras lipat ataupun matras isi udara.

6. Senter, Headlamp, dan Baterai Cadangan

senter headlamp

Camping dilakukan di alam terbuka, sehingga pencahayaan akan kurang saat malam hari. Oleh karena itu, jangan sampai lupa membawa senter atau headlamp saat camping. Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa serta baterai isi ulang untuk berjaga-jaga. Usahakan jumlah headlamp yang dibawa sesuai dengan jumlah orang yang mengikuti kegiatan camping.

7. Bahan Makanan

Saat camping, Anda mungkin akan kesulitan untuk menemukan bahan makanan, sehingga lebih baik Anda membawa beberapa perbekalan dari rumah. Bawalah bahan makanan yang mudah untuk dimasak, seperti cokelat kentang, sosis, telur, dan mie instan. Dengan begitu Anda tidak perlu kebingungan lagi mencari makanan ketika rasa lapar melanda di tengah waktu camping.

8. Pakaian

Pakaian merupakan salah satu barang yang wajib dibawa saat camping. Anda harus membawa jaket, jas hujan, dan pakaian ganti saat camping. Saat di alam terbuka, suhu udara akan lebih dingin, sehingga harus membawa jaket. Selain itu, cuaca juga sering tidak bisa ditebak, sehingga perlu mempersiapkan jas hujan.

9. P3K dan Survival Kit

survival kit

Meskipun hanya camping di dekat rumah, P3K dan survival kit wajib dibawa. Hal ini penting dilakukan untuk berjaga-jaga, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Bawalah juga obat-obatan pribadi Anda serta vitamin untuk menjaga stamina ketika camping.

10. Kamera

foto-wisata-alam-

Saat ini, hampir semua kegiatan yang Anda lakukan harus diabadikan lewat kamera. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda membawa kamera saat camping. Apalagi mengingat lokasi camping sering dilakukan di alam terbuka yang indah, tentunya sayang sekali jika Anda melewatkan kesempatan untuk memotret kecantikan panorama ini. Anda dapat membeli kamera dan perlengkapan camping di Bukalapak.

Banyak promo menarik di Bukalapak

Anda dapat menemukan berbagai daftar perlengkapan camping yang wajib dibawa di Bukalapak dengan mudah. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai promo menarik setiap harinya. Pada event tertentu, Bukalapak juga memberikan diskon khusus. Saat lebaran atau harbolnas, Bukalapak akan memberikan diskon besar-besaran yang tidak boleh terlewatkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar