Mau Liburan Musim Dingin? Yuk, Bawa 10 Perlengkapan Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bulan Desember merupakan awal musim dingin di sejumlah negara yang memiliki musim salju. Kamu bisa merasakan liburan musim dingin yang menyenangkan di beberapa negara di Eropa, Amerika Serikat, Jepang, maupun Korea. Namun, mengingat kita terbiasa hidup di negara beriklim tropis, kamu harus membuat persiapan yang matang sebelum berangkat liburan musim dingin ini.

Liburan di tempat yang memiliki musim dingin berarti harus membawa sejumlah perlengkapan khusus. Bagi kamu yang belum pernah berlibur saat musim dingin, Keluyuran akan membantumu menyiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat liburan di tempat yang mempunyai musim dingin, nih! Yuk, catat semua list­ di bawah ini.

1. Pakaian Termal

Pakaian Termal

Salah satu pakaian yang wajib dibawa ketika kamu berkunjung ke tempat bersalju adalah pakaian termal. Ini merupakan pakaian dalam yang berfungsi untuk menahan panas di dalam tubuh. Pakaian termal dibuat dari bahan wol, fleece, nylon, atau polypropylene.

Sebagai catatan, pakaian termal dipakai di bagian dalam baju yang kamu pakai, sama seperti pakaian dalam pada umumnya. Pakaian ini memang tidak menghangatkan tubuh secara langsung, tapi setidaknya dengan memakai pakaian termal kamu jadi tidak merasa terlalu kedinginan.

2. Jaket, Mantel, dan Baju Hangat

Jaket, Mantel, dan Baju Hangat

* sumber: www.finerminds.com

Negara-negara yang memiliki musim salju suhu udaranya bisa mencapai minus 0 derajat celcius. Dengan kondisi yang seperti itu, tentu saja kamu memerlukan banyak pakaian hangat untuk menghangatkan tubuh. Jaket, mantel, dan baju hangat adalah benda yang harus ada di dalam kopermu.

Untuk baju hangat, bawalah beberapa potong karena kamu tetap harus berganti baju setiap hari meskipun di sana kamu jarang berkeringat. Sementara untuk mantel maupun jaket, bawa saja satu atau dua potong agar tidak memenuhi kapasitas bagasi yang kamu miliki. Kamu bisa membeli jaket di Bukalapak dengan cara masuk ke link ini.

3. Sarung Tangan

Sarung Tangan

* sumber: www.switchbacktravel.com

Satu lagi perlengkapan yang harus tersedia ketika kamu hendak berangkat ke tempat dengan musim dingin, yakni sarung tangan. Dengan suhu mencapai minus 0 derajat celcius, tentu saja kamu akan merasakan kedinginan yang teramat sangat. Telapak tangan tentu tak luput dari suhu dingin yang terasa seperti menusuk tulang.

Untuk menjaga agar badan tetap hangat, pakaikan sarung tangan di kedua telapak tanganmu. Sarung tangan akan membuat telapak tangan terasa lebih hangat sehingga kamu tidak perlu terus menerus menggosok kedua telapak tangan atau meletakkan kedua tangan tepat di depan perapian. Beli sarung tangan dingin lewat Bukalapak di link ini.

4. Kaos Kaki

Kaos Kaki

* sumber: www.southernliving.com

Bukan hanya telapak tangan saja yang perlu dihangatkan, tetapi juga telapak kaki. Udara yang terlalu dingin bisa membuat telapak kaki terasa dingin dan kaku. Oleh karena itu, selalu bawa beberapa pasang kaos kaki sebelum kamu berlibur musim dingin.

Fungsi kaos kaki bukan hanya untuk dipakai saat kamu mengenakan sepatu, tetapi juga pada saat tidur. Memakai selimut tebal saja tidak cukup untuk menahan hawa dingin. Jadi, kamu perlu memakai kaos kaki juga saat tidur. Dapatkan kaos kaki dengan harga terjangkau dengan membelinya di Bukalapak via link ini.

5. Topi dan Syal

Topi dan Syal

Topi dan syal adalah perlengkapan wajib yang harus ada dalam daftar barang bawaanmu untuk liburan musim dingin. Topi kain yang bisa menutup kedua telingamu lebih baik dibanding topi snapback. Topi yang bisa menutup telinga akan mencegah udara dingin masuk ke dalam telinga.

Syal juga benda yang harus kamu sediakan jika kamu bukan termasuk orang yang tahan terhadap udara dingin. Syal akan menutupi seluruh bagian leher agar udara dingin tidak menerpa bagian lehermu itu. Namun, kalau kamu tahan terhadap udara dingin dan merasa tidak memerlukan syal, tak masalah jika kamu tidak membawanya. Belum punya syal? Yuk, kunjungi link ini untuk membeli syal lewat Bukalapak.

6. Boots / Sepatu Anti Slip

Boots

* sumber: www.sandyalamode.com

Flat shoes atau sandal jepit bukan alas kaki yang cocok dibawa untuk liburan musim dingin. Bawalah sepatu boots atau sneakers yang nyaman dipakai untuk menyusuri tanah bersalju. Pastikan bahwa sepatu yang kamu pakai anti slip untuk menghindari risiko tergelincir saat berjalan di tanah bersalju.

Sepatu yang tertutup seperti boots atau sneakers akan melindungi kakimu dari udara dingin. Kakimu akan tetap terasa hangat meskipun kamu sedang berjalan di atas salju. Namun, jangan lupa untuk tetap memakai kaos kaki di dalam alas kakimu, ya! Beli boots baru di Bukalapak dengan cara masuk ke link ini, yuk!

7. Pelembap Kulit dan Bibir

Pelembap Kulit dan Bibir

* sumber: health.howstuffworks.com

Perubahan cuaca ekstrem bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan kulitmu. Suhu udara yang terlalu rendah bisa membuat kulit tubuh, wajah, dan bibir menjadi kering. Sediakan pelembap kulit dan bibir di travel bag-mu yang akan dibawa berlibur di negara yang sedang musim dingin.

Pakai pelembap kulit dan bibir secara teratur untuk menjaga kelembapan bibir dan kulit wajah maupun tubuh. Kalau kulit kering dan mengelupas, tentu tampilanmu di foto jadi kurang maksimal. Jadi, tak ada salahnya jika tetap mengaplikasikan pelembab ini selama kamu sedang liburan. Klik link ini untuk membeli lip balm untuk melembapkan bibir via Bukalapak.

8. Vitamin dan Obat-obatan

Vitamin dan Obat-obatan

* sumber: www.csp.org.uk

Tubuhmu harus beradaptasi ketika berpindah dari Indonesia (negara beriklim tropis) ke negara yang memiliki musim salju. Perubahan cuaca bisa membuat daya tahan tubuh melemah dan jatuh sakit. Kamu tentu tidak ingin liburan kali ini menjadi kacau hanya karena harus terbaring sakit, kan?

Bawalah selalu vitamin dan obat-obatan yang dibutuhkan. Sebelum berangkat berlibur, usahakan untuk tetap konsisten mengonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Vitamin dan obat-obatan adalah perlengkapan yang wajib dibawa selama liburan. Jadi, ketika kamu merasa tidak fit, kamu sudah punya “amunisi” sendiri untuk mengatasinya.

9. Koyo atau Balsem Penghangat

Koyo atau Balsem Penghangat

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Ada sejumlah orang yang mungkin tidak tahan terhadap suhu dingin dan mudah mengalami masuk angin. Untuk menjaga tubuh tetap hangat, bawalah koyo atau balsem yang bisa memberikan efek hangat ketika diaplikasikan pada kulit.

Pakailah koyo atau balsem ini selama kamu sedang berlibur. Mengingat kedua benda ini dipakai di tempat yang ditutup oleh pakaian, maka kamu tak perlu malu. Yang terpenting adalah tubuhmu tetap hangat di tengah udara yang sangat dingin. Silakan klik link ini untuk membeli koyo melalui Bukalapak.

10. Aksesori Penghangat

Aksesori Penghangat

Selanjutnya, perlengkapan yang harus dibawa ketika hendak berlibur musim dingin adalah beberapa aksesori penghangat. Sebagai contoh, untuk melindungi ponsel dari suhu ekstrem, gunakan casing yang tebal untuk membungkus ponselmu.

Aksesori penghangat lainnya bisa berupa masker, penutup telinga, atau bantal penghangat. Sesuaikan saja aksesoris yang hendak dibawa dengan kebutuhanmu. Kalau kamu merasa butuh tambahan penghangat tubuh, tambahkan saja aksesoris penghangat lainnya.

Itulah sejumlah item yang wajib kamu bawa ketika berlibur musim dingin. Buat persiapan yang matang agar liburanmu jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan bugdet yang mencukupi sesuai dengan itinerary yang sudah kamu buat sebelumnya. Kunjungi juga artikel tempat wisata bersalju ini untuk referensi liburan musim dinginmu!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *