5 Perpustakaan Terbaik, Termegah, & Mencengangkan di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Perpustakaan bagi beberapa orang mungkin akan sangat membosankan. Namun, lain halnya jika untuk para pecinta buku atau orang-orang yang memiliki hobi membaca. Bagi mereka mungkin perpustakaan adalah surga dimana mereka bisa mencari segala macam jenis buku yang mereka inginkan.

Kali ini Keluyuran akan membahas beberapa perpustakaan terbaik bukan hanya karena koleksi bukunya saja yang lengkap namun juga karena desain perpustakaan yang indah dan pastinya membuat para pembaca betah untuk berlama-lama di dalamnya. Beberapa perpustakaan indah dan terbaik ini tersebar di beberapa belahan Negara. Negara apa saja itu? Simak ulasan Keluyuran berikut:

1. Library of Congress

library of congress

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan perpustakaan nasional Negara Amerika Serikat yang satu ini. Selain sebagai perpustakaan nasional, Library Congress merupakan perpustakaan tertua yang ada di Amerika lho.

Perpustakaan ini dibagi menjadi tiga gedung yang berbeda. Banyak yang bilang juga bahwa perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar di dunia dilihat dari banyaknya buku dan rak-rak buku yang tersedia. Siapapun boleh mengunjungi perpustakaan megah yang satu ini karena memang terbuka untuk umum.

Di dalam perpustakaan ini Anda bisa menemukan berbagai macam bacaan. Disini terdapat lebih dari 32 juta buku dan lebih dari 61 juta naskah. Selain itu, tempat ini juga merupakan tempat dimana deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat disimpan.

Selain buku, naskah, dan deklarasi kemerdekaan, tersedia juga vellum copy dari alkitab Gutenberg dan ini merupakan salah satu dari 4 vellum copy alkitab Gutenberg lho. Saking lengkapnya, perpustakaan ini juga menyediakan sekitar 5 juta peta, 6 juta lembaran kertas musik, lebih dari 1 juta Koran, dan juga 14 juta foto serta cetakan.

2. The Admont Library

admont library

Nah kali ini perpustakaan hebat dan megah lainnya datang dari Negara Austria. Perpustakaan Admont terletak di bukit kaki gunung Alps. Konon, perpustakaan ini merupakan perpustakaan terindah yang pernah ada. Jika dilihat, perpustakaan Admont memiliki desain yang unik. Seorang arsitek bernama Joseph Hueber mendesain perpustakaan ini layaknya ala Baroque. Ia mendesain perpustakaan Admont pada tahun 1776.

Luas ruangan ini seluas 230 kaki orang dewasa dan berisikan sekitar 200.000 volume buku. Atap-atap yang ada pada perpustakaan Admont dilukis oleh seseorang bernama Batolomeo Altomonte. Ia memiliki arti sendiri dalam lukisan tersebut. Arti dari lukisan ini adalah Ia ingin memperlihatkan tahap pengetahuan manusia sampai titik tertinggi sang Ilahi.

3. Bibliotheque Nationale de France

bibliotheque

Bibliotheque Nationale de France merupakan perpustakaan terbesar ketiga yang ada di Eropa. Perpustakaan ini juga merupakan perpustakaan nasional Negara Perancis. Perpustakaan ini sudah berdiri sejak tahun 1561.

Awalnya perpustakaan Nasional Perancis ini tidak memiliki gedung semewah seperti sekarang, namun gedung perpustakaan dipindahkan ke gedung baru pada tahun 1995 dengan gedung yang lebih mewah, indah, dan tentu saja dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Gedung baru perpustakaan ini memiliki 4 bagian, dimana bagian tersebut berbentuk L pada bagian ujung atau sudut-sudutnya. Gedung yang baru ini juga memiliki desain yang sangat elegan dan nyaman. Perpustakaan Perancis memiliki kapasitas sebesar 1600 pembaca di dalam gedung.

Selain itu, Anda bisa memilih ruang baca pribadi juga lho. Namun ruangan ini hanya diperuntukkan untuk para peneliti. Bahan-bahan utama yang digunakan dalam pembuatan gedung antara lain kaca, baja dan juga kayu. Dengan adanya bahan kaca yang tempus pandang membuat suasana natural dan sangat nyaman.

Jumlah keseluruhan koleksi yang ada pada perpustakaan Nasional Perancis yaitu sebanyak 40 juta. Semua itu termasuk dalam 14 juta buku, 10 juta dokumen bersejarah, 5000 manuskrip Yunani, dan 100.000 peta dan gambar.

Setiap tahunnya perpustakaan ini selalu menambahkan koleksinya sekitar 150.000. selain itu, perpustakaan Nasional Perancis menyediakan sebuah perpustakaan berbasis online yang dinamakan dengan Gallica. Hal ini diperuntukan untuk para pembaca offline yang tidak sempat pergi ke perpustakaan.

4. Bodleian Library

bodleian

Kali ini perpustakaan termegah berikutnya datang dari salah satu universitas ternama di Inggris. Bodleian merupakan perpustakaan yang ada di Universitas Oxford UK. Perpustakaan ini sudah didirikan sejak tahun 1602 dan menjadi salah satu perpustakaan tertua yang ada di Eropa.

Di perpustakaan Universitas Oxford ini, Anda dapat menemukan lebih dari 11 juta koleksi dan memiliki banyak sekali koleksi. Koleksi tersebut sudah termasuk 4 salinan dari magna Carta, Gutenberg Bible, dan Shakespeare’s First Folio dari tahun 1623.

Perpustakaan ini dibagi menjadi beberapa gedung, namun yang paling menarik adalah gedung Radcliffe Camera yang didirikan pada tahun 1737 – 1749. Gedung ini dikhususkan untuk Radcliffe Science Library. Gedung ini juga digunakan sebagai tempat film Young Sherlock Holmes, The Saint, The Red Violin, dan juga The Golden Compass.

5. George Peabody

george peabody

Perpustakaan termegah berikutnya yaitu perpustakaan George Peabody. Perpustakaan ini didirikan oleh seorang yang dermawan bernama George Peabody. Ia membangun sebuah perpustakaan sebagai hadiah untuk para warga Baltimore karena kebaikan dan keramahannya.

Perpustakaan ini berlokasi di Baltimore, Maryland, USA. Perpustakaan ini di desain oleh arsitek di abad ke 19 yaitu Edmund Lind. Peabody dikenal sebagai seseorang yang senang dengan gaya atrium yang menjulang tinggi. Jika dilihat kedalam, perpustakaan ini memiliki 5 lantai berupa balkon yang terisi penuh oleh banyaknya buku-buku. Dan perpustakaan ini memiliki atap yang berbahan kaca, sehingga cahaya akan mudah masuk ke dalam perpustakaan.

Nah itulah 5 perpustakaan di dunia yang mewah, megah, indah, dan juga memiliki koleksi yang tidak hanya buku yang banyak saja. Masih banyak perpustakaan lainnya yang juga tak kalah bagusnya. Dengan begini bukankah para pembaca akan merasa betah untuk membaca buku? Setuju?

Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena ada banyak perpustakaan di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Selamat membaca dan selamat berwisata buku!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *