10 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Surganya Pecinta Buku

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 5 Juli 2021

Bagi orang yang senang dengan membaca, berkunjung ke perpustakaan tentunya sama menyenangkannya dengan pergi berwisata ke pantai. Koleksi-koleksi terbaru hingga koleksi yang paling langka pun dapat kamu temukan di sana, seperti sebuah permata yang paling berharga.

Berikut ini adalah beberapa perpustakaan yang terbesar di dunia yang menarik untuk kamu kunjungi. Mereka memiliki beragam koleksi yang dapat kamu akses baik koleksi dalam bentuk fisik ataupun koleksi digital, dari Koleksi buku, suara, majalah, jurnal, dan masih banyak lagi.

1. Perpustakaan Inggris (The British Library)

10 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Surganya Pecinta Buku 1Sumber: bl.uk
  • Alamat: 96 Euston Road, London NW1 2DB, Inggris
  • Website: https://www.bl.uk/#
  • Jam Buka: Senin Tutup, Selasa & Jumat 10.30-18.00, Rabu& Kamis 10.30 – 19.30, Minggu 11.00 – 17.00

Perpustakaan Inggris, atau lebih dikenal dengan sebutan British Library merupakan perpustakaan terbesar di dunia yang terdapat di negara Inggris. Tepatnya berada di kota London dan cabangnya juga berada di Boston Spa, daerah West Yorkshire. Koleksi yang dimilikinya sekitar 170 juta -200 juta item.

Perpustakaan ini dibangun pada sekitar tahun 1973, dan merupakan bagian dari Museum Inggris. Perpustakaannya sendiri merupakan bagian dari perpustakaan penelitian. Koleksinya terdiri dari beragam bentuk dari buku berbentuk digital ataupun fisik, koran, jurnal, suara, dan masih banyak lagi.

2. Perpustakaan Kongres (Library of Congress)

  • Alamat: 101 Independence Ave SE, Washington DC, Amerika Serikat
  • Website: https://loc.gov/
  • Jam Buka: Senin- Sabtu 08.30 – 16.30, Minggu Tutup

Perpustakaan terbesar selanjutnya adalah Perpustakaan Kongres yang berada di Amerika Serikat, tepatnya berada di  Washingtong D.C. Perpustakaannya merupakan perpustakaan nasional dari Negara Amerika Serikat.  Koleksinya bersifat universal dari seluruh dunia dengan 450 bahasa.

Koleksi dari perpustakaan ini berjumlah sekitar 170 juta item. Tetapi tidak seperti kebanyakan perpustakaan lainnya, perpustakaan ini lebih banyak untuk keperluan anggota kongres. Jika peneliti ingin masuk ke data digitalnya, mereka harus mengajukan izin terlebih dahulu.

3. Perpustakaan Shanghai (Shanghai Library)

Perpustakaan terbesar selanjutnya berada si daratan Tiongkok, yaitu Perpustakaan Shanghai. Perpustakaan ini dapat dikatakan sebagai perpustakaan tertinggi kedua di dunia, dengan ketinggian menara sekitar 348 kaki. Koleksi perpustakaan yang mereka miliki sekitar 56 juta item.

Perpustakaan Shanghai ini merupakan bagian dari Institut Sains dan Teknologi Informasi Shanghai.  Perpustakaan dan institut ini adalah hasil merger yang dilakukan pada Oktober 1995. Koleksinya yang mereka terdiri dari buku berbahasa asing serta buku-buku langka, dan banyak lagi yang lainnya.

4. Perpustakaan Publik New York (New York Public Library)

  • Alamat: 224 East 125th Street New York, Amerika Serikat
  • Website: https://www.nypl.org/
  • Jam Buka: Senin 08.00 – 20.00 Selasa-Rabu 08.00 – 09.00, Kamis 08.00 – 20.00, Jumat 08.00 – 18.00, Sabtu 10.00 – 18.00

Perpustakaan berikut ini merupakan perpustakaan yang terdapat di Amerika Serikat. Koleksi yang mereka miliki sekitar 55 juta dan dikunjungi oleh sekitar 18 juta orang setiap tahunnya. Perpustakaannya merupakan perpustakaan terbesar keempat di dunia dan memiliki beberapa cabang.

Perpustakaan ini dapat diakses oleh masyarakat umum. Perpustakaannya bukan milik pemerintah, melainkan perpustakaan yang didanai oleh swasta dan juga oleh masyarakat. Perpustakaan ini juga menyimpan Alkitab Gutenberg Amerika yang pertama, dan juga banyak literatur Amerika Serikat.

5. Perpustakaan dan Arsip Kanada (The Library and Archives Canada)

10 Perpustakaan Terbesar di Dunia, Surganya Pecinta Buku 5
  • Alamat: 395 Wellington St, Ottawa, ON K1A 0N4, Kanada
  • Website: https://www.bac-lac.gc.ca/Pages/default.aspx
  • Jam Buka: Tutup sementara sejak Pandemi Covid-19. Kecuali di daerah Vancouver untuk ruang penelitian, harus booking terlebih dahulu.

Perpustakaan dan arsip dari Kanada ini letaknya berada di Ottawa Kanada, dan merupakan perpustakaan federal yang memiliki tugas untuk melestarikan dan menyediakan akses ke warisan dokumenter, dan berkewajiban melapor ke Parlemen melalui Menteri Warisan Kanada.

Perpustakaan dan Arsip Kanada sendiri dibentuk pada tahun 2004 atas inisisasi Roch Carrier seorang pustakawan dan Ian E. Wilson seorang arsiparis. Keduanya menggabungkan fungsi Perpustakaan Nasional Kanada dan Arsip Nasional Kanada menjadi Library and Archives Canada (LAC).

Baca juga: Ingin Membaca Buku di Jakarta? Datangi 10 Perpustakaan Ini!

6. Perpustakaan Negara Rusia (Russian State Library)

Perpustakaan Negara Rusia merupakan bagian dari Museum Umum dan Rumyantsev Moskow. Perpustakaannya memiliki koleksi sekitar 47,5 juta item dengan pengunjung setiap tahunnya sekitar 1,12 juta orang. Perpustakaan Negara Rusia merupakan perpustakaan terbesar yang ada di Rusia.

Koleksi dari perpustakaan ini banyak diterbitkan dalam bahasa Rusia, dan juga dalam bahasa lain pada periode waktu yang berbeda. Perpustakaannya sendiri dibangun pada tahun 1862, dan nama yang disandangnya sekarang merupakan penamaan yang diberikan oleh Presiden Boris Yeltsin tahun 1992.

7. Perpustakaan Diet Nasional (National Diet Library)

  • Alamat: 1-10-1 Nagata-cho, Chiyoda-ku, Tokyo 100-8924 Jepang
  • Website: https://www.ndl.go.jp/
  • Jam Buka: Senin-Jumat 09.30 – 19.00, Sabtu 09.30 – 17.00 (Harus Reservasi Dahulu)

Sama halnya dengan Perpustakaan Kongres yang ada di Amerika Serikat, Perpustakaan Diet Nasional di Jepang ini berfungsi sebagai tempat para anggota legislatif memperoleh referensi yang dibutuhkan dalam pekerjaan mereka. Perpustakaannya memiliki dua cabang utama di Tokyo dan juga di Kyoto.

Pada awalnya perpustakaan ini bernama perpustakaan kekaisaran di tahun 1872, dan berubah menjadi The National Diet Library (NDL) pada tahun 1948. Misi dari NDL sendiri berpijak pada keteguhan bahwa kebenaran memberikan kebebasan dan berkontribusi pada perdamaian dunia.

8. Perpustakaan Kerajaan Denmark (Royal Danish Library)

  • Alamat: Søren Kierkegaards Plads 1, 1221 Copenhagen K, Denmark.
  • Website: https://www.kb.dk/en
  • Jam Buka: Senin- Jumat 08.00 – 19.00, Sabtu 08.00-18.00, Minggu Tutup

Perpustakaan Kerajaan Denmark memiliki dua lokasi utama yaitu Copenhagen dan Aarhus. Mereka memiliki sekitar 42,5 juta koleksi, dengan jumlah pengunjung per tahunnya adalah 1,45 juta orang. Perpustakaannya pertama kali didirikan pada tahun 1648 oleh Raja Frederik III.

Perpustakaannya kebanyakan menyimpan semua karya yang di cetak di Denmark sejak abad ke-17. Perpustakaan ini termasuk perpustakaan terbesar yang berada di daerah Nordik. Banyak karya penting disimpan di perpustakaan ini termasuk korespondensi dari Hans Christian Anderson.

9. Perpustakaan Nasional Perancis (The Bibliothèque Nationale de France)

  • Alamat  : Quai François Mauriac, 75706 Paris, Prancis
  • Website: https://www.bnf.fr/fr
  • Jam Buka: Selasa- Jumat 10.00 – 17.00, Sabtu-Senin Tutup

Perpustakaan ini menurut sejarahnya berasal dari tahun 1368, pada saat raja Charles V mendirikan perpustakaan kerajaan di Istana Louvre. Saat ini koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan ini sekitar 40 juta item, dengan jumlah pengunjung dari perpustakaannya sekitar 1,3 juta orang per tahunnya.

Semasa Revolusi Perancis koleksi yang terdapat di perpustakaan ini dapat diselamatkan berkat kerja keras dari para cendikiawan juga para pustakawan. Pada masa revolusi Perancis koleksi dari perpustakaan semakin bertambah pada dari perpustakaan para bangsawan yang dieksekusi.

10. Perpustakaan Nasional Tiongkok (The National Library of China)

  • Alamat: 33 Zhongguancun S St, Zi Zhu Qiao, Distrik Haidian, Tiongkok
  • Website: http://www.nlc.cn/
  • Jam Buka: Senin Tutup, Selasa- Minggu 09.00 – 17.00

Perpustakaan terbesar kedua di Tiongkok ini memiliki koleksi perpustakaan sekitar 37,7 juta item, dengan jumlah pengunjungnya sekitar 5,2 juta orang pengunjung per tahunnya. Perpustakaan yang berlokasi di Kota Beijing ini memiliki item yang cukup langka seperti buku kuno, serta manuskrip Budha.

Sejarah dari Perpustakaan Nasional Tiongkok sendiri berawal dari masa pemerintahan Dinasti Qing. Pada masa itu namanya masih Perpustakaan Kekaisaran Peking yang didirikan pada 9 September 1909. Pembukaan pertama kali dari perpustakaan ini  pada tahun 1912 setelah Revolusi Xinhai.

Nah, itulah beberapa perpustakaan terbesar yang ada di dunia. Perpustakaan ini memiliki banyak koleksi dari yang berbentuk fisik ataupun digital, ada juga item-item yang sangat langka. Sayangnya banyak perpustakaan harus tutup sementara atau membatasi kunjungan semasa pandemi Covid-19.

Bagi kamu yang berminat untuk mengunjungi perpustakaan tersebut apabila pandemi telah berlalu, kamu bisa mengecek waktu jam buka pada website resmi yang mereka miliki. Bagi kamu pecinta buku, tempat-tempat tersebut tentunya menjadi tepat yang wajib untuk dikunjungi.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram