Inilah 3 Penjual Pisang Epe Paling Enak di Makassar

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 2 Juni 2021

Berkunjung ke kota Makassar tak lengkap rasanya jika tak mencicipi pisang epe khas Makassar. Jajanan unik berbahan dasar pisang ini mudah ditemui di sudut pantai Losari. Jadi, jika kamu sedang berlibur ke pantai Losari jangan sampai melewatkan camilan manis dan legit ini. 

Pisang Epe dan Pantai Losari

Pisang Epe dan Pantai LosariSumber: nativeindonesia.com

Di balik jajanan yang simple ini pisang epe punya sejarah yang panjang. Pisang epe sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Pantai Losari dan pisang epe merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan. 

Menyebut pisang epe pasti langsung teringat dengan pantai indah yang mendapat nama dari walikota DM van Switten tahun 1945 ini. Saking melekatnya citra pisang epe dan pantai Losari, pantai ini bahkan disebut sebagai ‘restaurant pisang epe’. 

Kemunculan pisang epe dipengaruhi oleh semakin meningkatnya jumlah pengunjung yang mendatangi pantai Losari. Meskipun di tahun tersebut terdapat larangan berjualan di sepanjang pantai. Di awal-awal tahun kemunculan pisang epe di pantai Losari baru terdapat lima gerobak yang beroperasi. 

Rasa lezat dan aroma enak dari camilan sederhana ini banyak diminati oleh para wisatawan yang datang ke pantai Losari. Pisang epe dari Pantai Losari laku keras dan menjadi camilan favorit para wisatawan, oleh karena itu pedagang lain banyak yang ikut menjual pisang serupa. 

Setiap akhir pekan dan libur nasional pantai ini kerap dipenuhi oleh para pengunjung yang hendak berlibur di pantai ini. apalagi sejak fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar pantai diperbaiki dan dilengkapi. Makin betahlah para pengunjung menikmati waktu bermain di pantai. 

Perbaikan pantai Losari hanya sebatas pemasangan lantai dasar beton yang panjangnya mencapai 910 meter. Pemasangan lantai ini diharapkan mampu melindungi fasilitas yang ada di pantai dari terjangan ombak besar di Selat Makassar. 

Sejak saat itu pantai ini maju dan berkembang menjadi ikon wisata populer di Makassar. Ketenaran pantai ini sampai ke negara-negara lain. Banyak wisatawan asing yang tertarik berkunjung ke pantai Losari. Tidak hanya untuk menikmati keindahan pantai nya, melainkan tergiur pisang epe yang enak.

Cara penyajian Pisang Epe

Cara penyajian Pisang EpeSumber: idntimes.com

Pisang epe khas Makassar dibuat menggunakan pisang raja. Pisang raja dipilih karena tekstur pisangnya yang tidak mudah lembek dan beraroma enak. Cara membuatnya yaitu dijepit hingga pisang menjadi pipih, itulah kenapa camilan manis ini dinamai pisang epe. 

Sebab dalam bahasa Makassar epe artinya jepit maka penamaan camilan ini sederhana dan mudah diingat. Plus, rasanya lezat. Setelah dijepit pisang epe dibakar di atas pemanggang sampai masak. Lalu, pisang diberi siraman gula merah yang dicairkan. 

Paduan manis dari pisang raja dan gula merah menghadirkan rasa unik. Oleh karena itu pantaslah jika camilan sederhana ini terkenal sebagai camilan khas dari Makassar

Inovasi Pisang Epe

Inovasi Pisang EpeSumber: edelweisnews.com

Varian original pisang epe adalah pisang bakar dan saur gula merah yang dicairkan. Rasa original ini menonjolkan rasa manis dan aroma harum pisang yang dibakar. Dan varian rasa ini lah yang membawa pisang epe dikenal oleh para pengunjung pantai Losari. 

Seiring waktu, pisang epe mengalami perkembangan. Kini, kamu dapat melihat ratusan gerobak pisang epe yang berjajar di sepanjang pantai. Para penjual ni pun banyak berinovasi dengan pisang epe. Kalau dulu saus pelengkap pisang hanya berupa gula merah yang dicairkan. 

Saat ini sudah terdapat pilihan rasa saus yang beraneka ragam. Ada pisang epe dengan pilihan saus coklat, saus coklat plus topping keju, dan saus durian. Ada pula yang diberi topping coklat meises dan kelapa sangrai. Kamu tinggal memilih mana yang cocok dengan seleramu. 

Buah durian tidak hanya digunakan sebagai saus pelangkap pisang epe saja. Pada musim durian di Makassar, buah yang tumbuh subur di daerah tropis ini ditambahkan ke dalam menu pisang epe. Pisang raja yang telah dibakar diberi topping pasta durian. 

Rasa durian yang legit bercampur dengan manisnya pisang bakar membuat camilan ini semakin nikmat. Apalagi dimakan di pinggir pantai dengan panorama indah yang memanjakan mata. Kamu pasti tak mampu menolaknya. 

Penjual Pisang Epe Makasar yang Legendaris

Pisang Epe Makasar yang Legendaris

Seperti yang telah kita ketahui bahwa pisang epe di pantai Losari sudah menjadi camilan khas. Ada beberapa penjual pisang epe yang sudah berjualan selama puluhan tahun, sudah melegenda. Para penjual ini bertahan di tengah gempuran camilan-camilan yang lebih inovatif dan menarik. Beberapa di antaranya adalah:

1. Pisang Epe Mandiri

Pisang Epe MandiriSumber: edelweisnews.com

Pisang epe Mandiri adalah salah satu yang terkenal di pantai Losari. Usaha yang dirintis oleh Ibu Hafsah sejak tahun 1990 bertahan hingga kini. Banyak penggemar setia pisang epe Mandiri yang hanya mau makan pisang epe buatan perempuan yang berasal dari Bugis Makassar ini. 

Bahkan usahanya ini kini diteruskan oleh anaknya. Salah satu faktor yang menyebabkan pisang ini tetap jadi idola pengunjung di pantai Losari meskipun telah berpindah tangan adalah rasa pisang epenya yang enak dan berbeda dengan pisang epe di tempat lain. 

Pengunjung dapat menikmati pisang epe sambil diiringi penampilan pengamen yang memainkan biola bagi para pengunjung. Bukan hanya pisang epe yang menjadi andalan di sini. Aneka minuman dan jus melengkapi menu yang tersedia. Ada jus alpukat, jeruk, apel dan lain-lain. 

Selain itu lokasi pisang epe Mandiri terbilang strategi dan mudah dijangkau. Letaknya berada di samping masjid Azhar. 

  • Alamat: Jl. Ali Malaka No.45, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111
  • Harga: Rp15.000-Rp25.000
  • Jam buka: Setiap hari 16.00-03.00

2. Pisang Epe Lamadukelleng Khas Bu Tia

Yang tak kalah enak dari pisang epe yang ada di pantai Losari adalah pisang epe buatah Bu Tia. Bu Tia mulai berjualan pisang epe sejak lama. Bu Tia menjajakan pisang epe khasnya bersama suaminya. Perempuan setengah baya ini menyediakan pisang epe dengan beberapa varian rasa. 

Ada pisang epe dengan saus coklat, keju dan saus original yang dibuat dari gula merah. Sedapnya pisang epe. Lapak jualan pisang epe Lamadukelleng Bu Tia dapat kamu temukan dengan mudah. Dari Pantai Losari kamu tinggal berbelok 100 meter ke arah barat. Di situ Bu Tia dan suami berjualan. 

  • Alamat: Jl. Lamaddukelleng No.3 Maloku Kec. Ujung Pandang Kota Makassar Sulawesi Selatan 90112
  • Harga: Rp10.000-Rp13.000
  • Jam buka: hari kerja 14.00-23.59, akhir pekan 14.00-05.00

3. Pisang Epe Daeng Sollong

Ini dia penjual pisang epe yang disebut-sebut pionirnya jualan pisang epe. Adalah Daeng Sollong, orang pertama yang berjualan pisang epe khas pantai Losari Makassar. Menurut penuturannya ia telah berjualan pisang epe di pantai tersebut sejak tahun 1977. 

Kakek yang mengaku sudah berumur 100 tahun ini masih kuat mendorong gerobak pisang epe miliknya ini. menjelas pukul 3 sore, ia sudah mendorong gerobak dari rumah kontrakannya di Jl Rajawali 1 Lorong 10 ke lapak pantai jualannya yang berada di urutan ke-4 dari arah Golden Hotel.

Mulanya ia berjualan bersama sang istri namun kini istrinya sudah wafat dan Daeng Sollong berjualan sendiri. Meski kadang-kadang ditemani oleh anaknya yang bekerja sebagai petugas kebersihan pantai. 

Lapak pisang epe Daeng Sollong selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan setianya. Bahkan jika akhir pekan kakek yang berasal dari Galesong, Takalar ini dapat berjualan hingga subuh. Daeng Sollong yang ramah selalu melayani pelanggannya dengan baik. 

Kakek yang telah mengajarkan cara membuat pisang epe yang enak kepada para juniornya yang berjualan di Pantai Losari ini selalu bersedia menjawab pertanyaan para pelanggan sambil tangannya tak berhenti mengipas-ngipasi pisang yang tengah dibakar. 

  • Alamat: JL. Ps. Ikan No.52, Bulo Gading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111
  • Harga: Rp10.000
  • Jam buka: Setiap hari pukul 15.00-24.00, akhir pekan 15.00-05.00

Cara Membuat Pisang Epe

Cara Membuat Pisang Epe dan Rekomendasi Pisang Epe di MakassarSumber: adira.co.id

Jika kamu tak bisa mengunjungi pantai Losari untuk menikmati pisang enak khas pantai tersebut, kamu bisa kok membuatnya sendiri. Resep sederhana ini dapat kamu tiru di rumah. Bahan-bahannya pun sederhana dan mudah didapat. 

Untuk membuat pisang epe, kamu perlu pisang raja yang telah matang, margarin yang digunakan pada saat membakar pisangnya dan bahan tambahan untuk saus, daun pandan, air secukupnya, garam dapur dan gula pasir. Ingat, Sesuaikan jumlah pisang dan bahan pelengkap lainnya yang akan kamu masak. 

Tahap pertama adalah kupas pisang yang akan dibakar. Bersihkan pisang dari serabut yang biasa menempel pada dagingnya. Cara membakar pisang ini mirip dengan cara membakar roti. Bedanya pisang raja harus dipipihkan terlebih dahulu sebelum dimasukan ke pembakaran. 

Olesi pisang dengan margarin pada seluruh bagian daging pisang. Kemudian, masukan pisang pada panggangan yang telah disiapkan setelah pisang benar-benar rata terbalut margarin. 

Agar hasil maksimal, disarankan gunakan kipas tangan. Kipas tangan yang biasanya terbuat dari bilah bambu yang dianyam ini dipercaya membuat aroma pisang lebih sedap. Selain itu, panas dari bara api dari pembakaran dapat merata pada seluruh bagian pisang. 

Usahakan api tidak terlalu besar sebab pisang bukanlah bahan makanan yang membutuhkan jumlah api yang besar. Dengan api kecil-sedang pisang raja dapat matang sempurna. Asal kamu tidak salah menggunakan metode memasaknya. Bolak-balik pisang agar api tidak membakar satu sisi saja. 

Untuk membuat sausnya pun tidak sulit. Saus original pisang epe hanya menggunakan gula merah sebagai bahan utamanya. Tahap awal membuat saus adalah rebus air putih hingga matang. Ketika air sudah mulai mendidih masukan gula merah dan aduk rata sampai gula mencair. 

Agar rasa lebih mantap tambahkan sedikit garam dan gula pasir secukupnya. Gula pasir dan garam dapur membuat rasa saus lebih sedap. Jika hanya menggunakan gula merah tanpa tambahan apapun, rasanya akan manis saja. Peran garam dan gula pasir adalah untuk menyeimbangkan rasa saus. 

Perlu kamu ketahui bahwa pisang raja mempunyai rasa yang manis. Dengan saus yang rasanya pas tentu akan membuat cita rasa pisang raja semakin sedap. Bisa-bisa kamu minta tambah. 

Itu dia informasi mengenai pisang epe di Makassar. Meskipun sederhana dan praktis cara pembuatannya nyatanya pisang epe mampu memikat para wisatawan dengan aromanya yang membuat orang tergiur. Yakin mau melewatkan camilan lezat khas Makassar ini? 

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram