Keluyuran / Pizza / 5 Pizza yang Pernah Mendapat Gelar ‘Terbesar’ di Dunia

5 Pizza yang Pernah Mendapat Gelar ‘Terbesar’ di Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Oktober 2019

Pizza memang bukan makanan khas Indonesia. Akan tetapi, makanan yang berasal dari Italia ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Banyaknya restoran pizza yang berdiri di Indonesia membuat makanan tersebut menjadi familiar bagi masyarakat kita. Bahkan, pizza termasuk dalam jenis makanan terfavorit bagi orang-orang Indonesia.

Seberapa banyak pizza yang bisa kamu makan? Mungkin penggemar pizza bisa menghabiskan satu loyang besar pizza sekaligus. Namun, apakah kalian para pecinta pizza masih bisa menghabiskan pizza-pizza yang mendapat predikat ‘terbesar’ di dunia ini? Nah, penasaran dengan pizza-pizza berukuran super besar? Yuk, baca informasi lengkap dari Keluyuran berikut ini.

Gluten Free Pizza

Gluten Free Pizza

Dewasa ini, kita bisa membeli pizza dengan mudah. Ada banyak restoran pizza yang siap menyediakan pizza favoritmu. Sayangnya, pizza yang dijual di luar sebagian besar tinggi kandungan gluten, zat protein yang ditemukan di padi-padian dan serealia. Makanan dengan kandungan gluten yang tinggi tidak aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac, intoleransi gluten, sensitivitas gluten non-celiac, dan irritable bowel syndrome.

Sulit untuk mendapatkan pizza yang dijamin gluten-free. Namun, sekitar tahun 2012 lalu sebuah perusahaan makanan bebas gluten, Dr. Schär, membuat pizza dengan ukuran yang sangat besar. Tak tanggung-tanggung, pizza yang dibuat oleh chef dari Roma ini berhasil mendapatkan rekor pizza terbesar di dunia dari Guiness Book of World Records.

Pizza seberat 25 ton ini memiliki diameter 40 meter. Diameternya saja mungkin sudah melebihi lebar rumah kita, ya? Yang pasti pizza terbesar di dunia ini bebas gluten sehingga dijamin lebih sehat dibanding pizza yang biasa kamu makan.

Untuk membuat pizza raksasa ini diperlukan 10 ton tepung terigu bebas gluten, 5 ton saus tomat, 249 kilogram garam, 4,4 ton keju mozarella, 100 kilogram selada, 9,387 liter air, 656 kilogram margarin, 124 kilogram keju parmesan, dan 1.128 liter ragi.

Jika pizza biasanya dipanggang dalam waktu 5-10 menit saja, pizza bernama Ottavia ini membutuhkan waktu 48 jam pemanggangan. Dalam waktu 48 jam tersebut, chef dan timnya harus bekerja tiada henti agar lima bagian pizza terpanggang dengan baik.

Kerja keras chef dan timnya membuahkan hasil. Pizza Ottavia ini berhasil menggeser rekor “pizza terbesar di dunia” yang sebelumnya dipegang oleh Norwood Pick’n Pay yang dibuat di Afrika Selatan pada tahun 1990 silam.

Menu Pizza Terbesar di Restoran

Menu Pizza Terbesar di Restoran

* sumber: www.guinnessworldrecords.com

Untuk memuaskan keinginan menyantap pizza sebanyak-banyaknya, kamu harus memesan beberapa loyang pizza berukuran besar. Namun, ketika kamu berkunjung ke Moontower Pizza Bar di Texas, Amerika Serikat, kamu hanya perlu memesan seloyang pizza berukuran paling besar. Mengapa? Karena pizza yang disajikan restoran ini berukuran 96 x 32 inci.

Jika Ottavia dari Dr. Schär mendapat predikat pizza terbesar di dunia, pizza di Moontower Pizza Bar ini juga mendapat gelar “pizza komersial terbesar” dari Guinness Book of World Record. Yang membedakan keduanya adalah, Ottavia hanya dibuat sekali saja, sedangkan pizza dari Moontower ini selalu available jika dipesan oleh pengunjung restorannya.

Pembuatan pizza ini memerlukan 4,5 kilogram keju dan beberapa topping khas pizza, seperti pepperoni, jamur, dan paprika. Untuk memanggang pizza jumbo ini hanya dibutuhkan waktu 30 jam saja.

Nah, apakah kamu tertarik untuk menyantap pizza dengan ukuran super besar ini? Jika ya, datang saja langsung ke Moontower Pizza Bar di Texas. Siapkan juga uang sekitar USD 299,95 atau sekitar 4,5 juta rupiah untuk membeli seloyang pizza berukuran sangat besar ini.

Lomba Makan Pizza Terbesar

Lomba Makan Pizza Terbesar

* sumber: metro.co.uk

Pernah berpikir untuk bisa menikmati pizza berukuran jumbo tanpa harus mengeluarkan banyak uang? Perlombaan yang satu ini bakal cocok banget untukmu, nih! Ya, apalagi jika bukan lomba makan pizza terbesar. Pizza super jumbo bernama “Da Big Kahuna” ini digagas oleh Glenn Takeda, pemilik 8 Buck Pizza di Inggris.

“Da Big Kahuna” berukuran 30 inci dengan bobot 15 pon (2,3 kilogram). Bagi siapapun yang berhasil menghabiskan seloyang pizza berukuran besar ini seorang diri, maka akan disediakan hadiah uang tunai sekitar 28 juta rupiah. Wah, tentu nggak kebayang kan bisa makan pizza cuma-cuma sembari membawa uang tunai sebanyak itu?

Sayangnya, sampai perlombaan ini ditutup tetap saja tidak ada peserta yang sanggup menghabiskan seloyang pizza seorang diri. Alhasil, tidak ada satupun yang bisa membawa pulang hadiah berupa uang tunai sebesar 28 juta rupiah tersebut. Meskipun gagal membawa uang tunai yang penting para peserta bisa makan pizza gratis sampai kenyang, ya?

Layan Antar Pizza Terbesar

Layan Antar Pizza Terbesar

* sumber: www.foxnews.com

Pizza dengan ukuran terbesar di dunia ternyata tidak hanya bisa dinikmati di restorannya saja, lho. Jika kamu ingin menyantap pizza berukuran besar di rumah, kantor, atau di mana pun kamu berada, Michigan’s Mallie’s Sports Grill & Bar siap mengantarkannya untukmu.

Biasanya kamu akan memesan satu loyang pizza dengan ukuran diameter paling besar 30 sentimeter. Namun, saat kamu memesan pizza ‘terbesar’ di Michigan’s Mallie’s Sports Grill & Bar, kamu akan mendapatkan pizza dengan diameter sekitar 182,8 sentimeter atau kurang lebih 1,8 meter.

Untuk membuat pizza berbobot 45 kilogram ini, pihak restoran harus mengerahkan 5 orang chef yang harus menyiapkan adonan sekitar 20 menit. Adonan pizza nantinya akan diolesi dengan 16 kilogram saus tomat, ditaburi 7 kilogram keju, dan dipenuhi dengan pepperoni yang tak terhitung jumlahnya. Proses pemanggangan pizza memakan waktu yang sama dengan pizza pada umumnya, yakni sekitar 15 menit.

Untuk bisa menikmati layan antar pizza terbesar ini, kamu harus menyiapkan budget USD 300 atau sekitar 4 jutaan rupiah. Bila ingin menambah topping daging atau keju, pihak restoran akan mengenakan additional charge sebesar USD 50. Namun, biaya pengantaran pizza gratis selama tempatnya berjarak tidak lebih dari 5 kilometer.

Pizza Terbesar di “Hari Pizza Sedunia”

Pizza Terbesar di “Hari Pizza Sedunia”

* sumber: lifestyle.okezone.com

Meskipun pizza berasal dari Italia, tetapi masyarakat di Sao Paulo, Brasil pernah merayakan “Hari Pizza Sedunia” dengan membuat pizza berukuran besar, lho. Menariknya, pizza ini tidak untuk diperjualbelikan, melainkan hanya untuk dibagikan ke anak-anak.

Pizza raksasa ini dibuat pada tahun 2010. Kala itu, pizza super jumbo ini mempunyai diameter 2,3 meter dengan berat keseluruhan 35 kilogram. Kemudian, pizza raksasa ini dipotong-potong menjadi 500 bagian. Sekitar 250 anak menerima pizza terbesar ini dengan sangat bahagia. Bagaimana? Apakah kamu juga tertarik menggagas pizza terbesar di Indonesia?

Melalui artikel ini, kita jadi tahu bahwa ukuran pizza yang dijual di Indonesia masih belum ‘ada apa-apanya’ jika dibandingkan dengan pizza yang menyandang gelar ‘terbesar’ di dunia ini. Nah, mungkin kamu atau para pembuat pizza di Indonesia tertarik untuk merebut rekor pizza terbesar di dunia?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar