10 Pohon Natal Terindah di Dunia yang Unik dan Memukau

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di negara empat musim, pohon Natal melambangkan harapan dan cahaya di tengah kegelapan musim dingin. Namun berbagai negara di dunia sudah lama mengadopsi tradisi pohon Natal ini dan menjadikannya sebagai bagian dari budaya mereka. Keindahan pohon natal dengan beragam hiasannya menjadikan banyak orang senang melihatnya.

Berkilauan dengan pernak-pernik, pita, manik-manik dan lampu-lampu atau lentera bintang yang berada di puncak, pohon Natal memancarkan keindahannya dan sentuhan unik penghiasnya. Di dunia, banyak pohon Natal yang dihias dengan cara yang tak hanya indah tapi juga unik, contohnya pohon Natal di kota New York, Dubai hingga Rio de Janeiro.

Sudah pernahkan kamu melihat pohon natal yang sangat memukau? Simak ulasan berikut ini tentang beberapa pohon natal paling indah di dunia.

1. Vilnius, Lithuania

Vilnius, Lithuania

Pohon Natal Vilnius yang dikelilingi oleh Lapangan Katedral yang indah dan dihiasi ribuan lampu sering disebut sebagai pohon natal yang paling indah di Eropa. Pohon ini juga dikatakan pohon yang paling terang sehingga bisa terlihat dari pesawat terbang yang turun ke Vilnius.

Kalau kamu mengira pohon Natal yang dipenuhi perhiasan itu adalah pohon asli, kamu salah. Pohon itu sebenarnya dibuat dengan cara yang cukup rumit dari ranting-ranting pohon cemara dan dekorasi yang digantungkan pada bingkai logam besar sehingga menghasilkan efek yang paling menakjubkan.

Pengunjung berbaur dengan penduduk lokal dan berjalan-jalan di sekeliling kota yang berkilauan, sambil mengunyah roti jahe dan kue madu. Semangat Natal semakin terasa dengan kehadiaran pohon natal terindah tersebut.

2. Rockefeller Center – Kota New York, New York

Rockefeller Center - Kota New York, New York

Berbicara tentang dekorasi Natal, Jangan lupakan pohon Natal yang ada di Kota New York. Pohon cemara Norwegia di Rockefeller Center mungkin pohon Natal paling terkenal di dunia. Biasanya pohon ini tingginya antara 70 hingga 100 kaki dan merupakan pemandangan yang harus dilihat setiap tahun.

Pohon yang terang benderang itu merupakan tradisi Amerika yang sudah lama ada sejak tahun 1933 saat para pekerja konstruksi membangun Rockefeller Center. Pohon itu biasanya memiliki lampu senar sepanjang lima mil dan bintang di atas yang terbuat dari kristal Swarovski.

Penyalaan pohon ini berlangsung pada 4 Desember dan terbuka untuk umum gratis. Pohon tersebut tak hanya menghibur pengunjung selama musim liburan, tetapi juga bermanfaat karena ketika ditebang pada awal Januari, kayu akan disumbangkan ke Habitat for Humanity untuk konstruksi in-house.

3. Galeries Lafayette – Paris, Prancis

Galeries Lafayette - Paris, Prancis

Tiap tahunnya pohon Natal empat lantai yang menakjubkan tersebut diletakkan di dalam department store Galeries Lafayette di Paris, Prancis. Pohon Natal ini selalu mempunyai tema yang berbeda untuk memberikan kejutan yang menyenangkan kepada pembeli.

Tema-tema masa lalu yang pernah dipakai di antaranya “From Another Planet,” lengkap dengan dekorasi meteor; “Arktik,” yang keseluruhan bahannya  terbuat dari kertas dan dibuat oleh seniman Prancis Lorenzo Papace; dan “Spectacular Spectacular,” dari film Moulin Rouge.

Tema tahun 2019 adalah “Christmas Beehive” sehingga pohon dimahkotai dengan ratu lebah yang berubah menjadi malaikat, diisi dengan ornamen berbentuk bunga, dan memiliki pertunjukan cahaya dramatis setiap setengah jam.

Untuk pertama kalinya, di atapnya, toko Galeries Lafayette membuka arena ice skating, tempat pengunjung bisa berseluncur dengan pemandangan Menara Eiffel, Panthéon, juga landmark ikonik Paris lainnya sebagai latar belakang.

4. Osaka, Jepang

Osaka, Jepang

Pengunjung tidak perlu menunggu bunga sakura bermekaran untuk menerangi Jepang dalam warna magisnya karena Osaka memiliki pohon yang paling terang. Pohon tersebut merupakan pemegang rekor Guinness untuk “Pohon natal buatan dengan lampu yang paling banyak”.

550.000 lampu cukup menghadirkan pesona di Pulau Matahari Terbit. Maka tak mengherankan jika Jepang kembali berhasil memegang piala untuk pohon Natal yang paling banyak pitanya, kilauan dan kemewahan pada hari Natal.

5. Rio de Janeiro, Brasil

Rio de Janeiro, Brasil

Pohon Natal mengambang di Laguna Rodrigo de Freitas di kota Rio de Janeiro, Brasil, berdiri dengan ketinggian 85 meter. Struktur yang sangat besar diresmikan dengan tampilan kembang api selama ekstravaganza yang menampilkan pertunjukan cahaya dan musik, yang menarik ribuan orang datang.

Sekali lagi pohon Natal itu menyuguhkan pertunjukan lampu mencolok tahun ini, dengan lebih dari 2 juta lampu menerangi pohon Natal yang mengambang. Dikelilingi oleh pertunjukan kembang api atau tidak, pohon Natal ini tentu menarik perhatian.

6. Monte Ingino – Gubbio, Italia

Monte Ingino - Gubbio, Italia

Di lereng Monte Ingino, yang berada tepat di luar Gubbio di Italia tengah, tiap pohon pinusnya dilengkapi dengan lampu untuk membuat satu “pohon” besar yang membentang 610 meter, di sisi gunung.

Guinness Book of Records pada tahun 1991 menamakan pohon-pohon tersebut sebagai pohon Natal terbesar di dunia, dan lampu-lampu dinyalakan oleh Paus dari jarak jauh, menggunakan komputer tablet.

7. Praha, Republik Ceko

Praha, Republik Ceko

Pohon setinggi 80 kaki dihiasi dengan warna hijau, merah, putih juga emas yang memesona dan di atas pohonnya dihiasi bintang yang bersinar naik di atas arsitektur dongeng Gotik di Alun-Alun Kota Tua, jantung bersejarah Praha.

Di bawah cabang-cabangnya, salah satu pasar Natal terbesar di Eropa membentang, dengan gerai-gerai yang menjual hiasan pohon Natal, kerajinan tangan, makanan tradisional Ceko, seperti Trdelník, kue manis bergula, dan mulled wine untuk menangkal rasa dingin.

Tema pohon Natal di Praha pada tahun 2018 adalah “Kembali ke akar tradisi rakyat Ceko,” dan setiap hari selama musim liburan berlangsung konser dan pertunjukan. Semuanya menambah kemeriahan Natal di Praha.

8. Basilika Santo Petrus, Kota Vatikan

Basilika Santo Petrus, Kota Vatikan

Setiap tahun pohon Natal Vatikan ditempatkan di depan Basilika Santo Petrus untuk mengawali musim Natal di Kota Vatikan. Pada tahun 1982 dimulailah tradisi mendirikan pohon dan adegan kelahiran Yesus. Tradisi seperti dimulai selama kepausan Paus Yohanes Paulus II.

Paus Yonanes Paulus II mengimpor pohon Natal sebagai simbol Utara dari kegembiraan liburan. Pohon Natal tersebut diterangi oleh 18.000 lampu LED dan dihiasi dengan ornamen yang dibuat oleh anak-anak dari rumah sakit di seluruh Italia.

9. Dubai, Uni Emirat Arab

Dubai, Uni Emirat Arab

Berbicara tentang Dubai pasti kita akan teringat dengan salah satu gedung tingginya yang terkenal, Burj Khalifa. Ibukota kemewahan ini merupakan tempat yang indah untuk menghabiskan liburan. Saat libur Natal, Pohon cemara bercahaya menghiasi kota tersebut.

Salah satu pohon Natal terindah dan terbesar di Dubai bisa disaksikan di WAFI Mall. Pohon Natal menempati area pusat mall menjulang hingga melampaui lantai dua. Ukuran serta desain dan dekorasi lainnya di sekitarnya membuat orang terkagum-kagum.

Di sana juga terdapat pohon Natal berukuran biasa, peri, dan ornamen lainnya yang menambah kemegahannya. Semua ini berkat kehebatan tim tampilan visual dari Mal WAFI yang melakukan pekerjaannya dengan luar biasa sehingga menghasilkan kreasi yang indah.

10. Berlin, Jerman

Berlin, Jerman

Ketika Jerman dipercaya sebagai tempat dimulainya tradisi pohon Natal di tahun 1500-an, kita pasti berpikir bahwa negara ini memiliki banyak contoh pohon natal yang indah. Di antara yang paling indah adalah pohon Natal yang didirikan di depan Gerbang Brandenburg di Berlin.

Meskipun tidak ada pasar Natal yang bergerombol di sekitar pohon itu berdiri, seperti halnya di banyak tempat lain, kota ini memiliki lebih dari 60 pasar, sehingga tidak ada satu pun pasar yang terlalu jauh. Yang paling dekat adalah di Gendarmenmarkt Square.

Pohon Natal selain membawa kegembiraan juga menyajikan keindahan bagi siapa saja yang melihatnya. Beberapa tempat berusaha membuat pohon Natal dengan kreasi yang unik dan menarik. 10 pohon Natal tadi merupakan beberapa contoh dari keindahan pohon Natal. Apakah kamu punya referensi pohon Natal terindah lainnya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *