7 Tempat untuk Menyaksikan Pohon Sakura di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Januari 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bunga sakura adalah bunga yang identik dengan negara Jepang. Bunga sakura yang mekar di musim semi melambangkan kebahagiaan telah datang. Bagi kamu yang tertarik untuk melihat bunga sakura, kamu tidak perlu pergi ke Jepang untuk menikmati bunga tersebut, cukup kunjungi beberapa kota di Indonesia untuk dapat melihatnya.

Sebelum kita membahas tempat-tempat di mana kamu bisa melihat bunga sakura, ada baiknya kamu tahu apa itu pohon bunga sakura. Jangan sampai kamu tertukar dengan bunga tabebuya, keduanya terlihat hampir sama jika kamu melihatnya sekilas, tetapi sesungguhnya keduanya adalah pohon yang berbeda. Simak ulasannya berikut ini ya!

Deskripsi Umum

Deskripsi Umum

Bunga sakura adalah pohon dari genus Prunus, bunga sakura Jepang yang biasa kita lihat adalah dari jenis Prunus serrulata. Semua pohon sakura akan menghasilkan buah ceri, ada ceri yang dapat dimakan dan ceri yang tidak dapat dimakan. Jenis ceri yang dapat dimakan biasanya berasal jenis Prunus avium dan prunus cerasus.

Warna pada bunga sakura bergantung pada spesiesnya, ada bunga yang berwarna putih dengan sedikit campuran warna merah muda, adapula yang berwarna kuning muda, merah muda serta agak kehijauan atau warna merah menyala.

Sedangkan untuk makota bunganya terbagi menjadi tiga golongan. Golongan yang pertama adalah golongan dari bunga tunggal dan hanya memiliki satu lapisan daun mahkota. Kedua adalah golongan bunga ganda dan daun mahkotanya berlapis, serta yang ketiga adalah bunga sakura semi ganda.

 Tempat Untuk melihat bunga sakura di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa tempat yang dapat kamu kunjungi untuk melihat bunga sakura. Sebagian pohon sakura itu ditanam dibeberapa kebun raya, tetapi ada juga pohon sakura yang tumbuh liar. Baca terus untuk tahu di mana saja kamu bisa melihatnya.

1. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Tanaman sakura yang ditanam di Cibodas ini ditanam dengan menggunakan metode cangkok, dan telah ditanam sejak tahun 1953. Bunga sakura yang ditanam di taman ini terdapat 7 jenis yaitu Prunus Cerasoides, Prunus Arborea, Prunus Yodoensis, Prunus Yamasakura, Prunus sp, Prunus Costata, dan juga Prunus lannesiana.

Pada bulan Januari-Februari dan juga bulan Agustus-September, bunga sakura dengan jenis Prunus Cerasoides dapat berbunga dua kali. Jika kamu ingin melihat keindahan sakura yang sedang mekar, sebaiknya kamu datang di saat awal bulan. Keindahan bunga sakura yang sedang mekar hanya bertahan dua minggu.

  • Alamat  : Jl. Kebun Raya Cibodas, Sindang Jaya Kec. Cipanas Kab. Cianjur. Telp. (0263) 512233
  • Jam Operasional: Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM: Rp16.500 per orang
  • Mekar:  Januari-Februari / Agustus-September

2. Waingapu, Sumba Timur

Waingapu, Sumba Timur

Bunga sakura dibawa oleh tentara Jepang pada saat menduduki Pulau Sumba. Biji bunga sakura itu disebarkan sepanjang jalan yang mereka lewati di pesisir pantai utara. Pohon sakura paling banyak ditemukan di sekitar daerah Desa Kuta, Desa Hamba Praing, dan dibeberapa desa lain yang berada di desa di Kecamatan kanatang, serta Kecamatan Haharu, umumnya di wilayah utara Sumba.

Sakura yang berada di Sumba mekar di saat musim kemarau, di sekitar bulan Agustus sampai dengan Oktober. Jika sudah mulai bulan November akan mulai berguguran. Orang Sumba menyebut pohon sakura dengan nama pohon konji, bunganya memiliki warna perpaduan antara merah muda dan putih. Ketika bunganya mulai memutih itu pertanda bahwa bunganya kan mulai berguguran.

  • Alamat: Kota Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
  • Jam Opersional : Setiap Saat
  • HTM: Gratis
  • Mekar: Agustus – Oktober

3. Kebun Raya Eka Karya, Bali

Kebun Raya Eka Karya, Bali

Bunga sakura yang berada di kebun Raya Eka Karya merupakan bunga yam telah dikoleksi sejak tahun 1959 dan pada tahun 1984. Bunga sakura yang ada di kebun raya ini adalah jenis Prunus campanulata Maxim dan Prunus puddum Roxb. Ex.Wall. Bunga sakura di Kebun Raya Eka Karya berbunga pada musim April – September, biasanya mekar selama 7-10 hari.

Selain di Kebun Raya Eka karya, sakura juga di tanam di Karangasem. Bunga sakura yang berada di Karangasem Bali adalah pemberian dari Japan Sakura Exchange Associaton kepada pihak Pemerintah Kabupaten Karangasem. Ada ratusan bibit yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem untuk ditanam di beberapa tempat di Karangasem.

  • Alamat: Jl. Kebun Raya, candi Kuning, Kec Baturiri Kabupaten Tabanan bali. Telp. (0368) 2033211
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 18.00 (Kecuali Pada Hari Raya Nyepi)
  • HTM: Domestik Rp9.000 / Asing Rp17.000
  • Mekar: April -September

4. Taman Bukit Sakura Lawu, Karanganyar

Taman Bukit Sakura Lawu, Karanganyar

Bibit bunga sakura yang ditanam di Gunung Lawu ini adalah kerja sama pemerintah Jawa tengah dengan Perusahaan Toyota. Pada awal Januari 2019 lalu, bunga sakura yang ditanam mulai bermekaran, jenis Sakura Himalaya mulai bermekaran di Cemoro Kandang. Kedepannya diharapkan bungai ini dapat lebih adaptif agar dapat tumbuh sesuai musimnya pada Januari-Februari.

Untuk penanaman sakura ini diperlukan serangkaian riset sebelum dapat benar-benar ditanam. Ini merupakan kerjasama tim yang dilakukan oleh KLHK-Balitek Das Solo, Perum Perhutani Solo, Kebun Raya Cobodas LIPI, serta FMIPA UNS dan tentu saja dari perusahaan Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

  • Alamat: Desa Tlogodrigo Gondosuli Kec. Tawangmangu Cemorokandang Kab, Karanganyar.
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM: Rp7.500 / orang
  • Mekar: Januari – Februari

5. Taman Kota Kijang, Bintan Timur

Taman Kota Kijang, Bintan Timur

Sakura di Kota Kijang Bintan telah ada sebelum Indonesia merdeka, walaupun bunga sakura itu sempat mati tetapi masih dapat diselamatkan. Orang yang berjasa untuk keberadaan pohon sakura di Bintan adalah seorang Pensiunan PT Aneka Tambang (Antam) yaitu Bapak Abdul Muin. Beliaulah yang memiliki ide dengan mengambil anakan pohon sakura di bawah pohon sakura yang mati.

Bunga sakura di sini ada berkat jasa beliau yang melakukan pembibitan dari pohon sakura itu. Kini pembibitan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan Melalui Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman. Sakura yang berada di Kota Bintan merupakan pohon sakura yang ditanam seorang warga Jepang yang dulu pernah tinggal di Bintan di tahun 1942-1945, dia bernama Prof Tanaka.

  • Alamat: Kijang Kota Bintan Timur, Kab. Bintan Kepulauan Riau.
  • Jam Operasional: Tidak Ada
  • HTM: Gratis
  • Mekar: Maret

6. PUSPIPTEK, Tangerang

PUSPIPTEK, Tangerang

PUSPIPTEK atau Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sesungguhnya adalah tempat obyek wisata edukasi. Tempat yang biasa digunakan sebagai tempat studi tour anak-anak sekolah ini juga ternyata memiliki daya tarik yang lain, yaitu tumbuhnya pohon bunga sakura yang mekarnya  dua kali dalam setahun yang berada di dekat wisma tamu.

  • Alamat: Jalan Raya Puspiptek, Serpong Tangerang Selatan Banten.
  • Telp / Email: 021-7560562 / [email protected]
  • Jam Opersional: (Sesuai ajuan permohonan)
  • HTM: (Bergantung jumlah Rombongan)
  • Mekar: Januari-Februari / Juli-Agustus

7. Kebun Raya Baturaden, Banyumas

Kebun Raya Baturaden, Banyumas

Selain di Karanganyar, bunga sakura juga ditanam di Kebun Raya Baturaden. Penanaman dua bibit pohon sakura dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan diharapkan jadi daya tarik baru bagi kebun Raya baturaden.

  • Alamat : Jalan Pancuran Tujuh, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas. Telp. (0281) 681822
  • Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB
  • HTM: Rp10.000 /orangnya, Tiket Terusan Rp.25.000
  • Mekar: –

Itulah beberapa tempat di mana kamu bisa melihat bunga sakura. Agar kamu dapat melihat  bunga sakura di saat bunga sedang mekar, pastikan untuk mencatat bulan-bulan saat bunga sakura mekar supaya kamu tidak melewatkannya. Tak perlu pesan tiket ke Jepang, kamu cukup traveling di Indonesia untuk melihat keindahan sakura yang sedang mekar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *